10 Merk Vitamin Peninggi Badan Terbaik

Diposting pada

Bentuk badan yang proposional dengan dukungan tinggi badan ideal tentu menjadi keinginan sebagian besar orang. Berbagai cara untuk memperoleh tinggi badan maksimal pun tak luput ditempuh, seperti konsumsi merk vitamin peninggi badan terbaik. Di Indonesia, kita bisa menemukan beragam brand ternama yang mengeluarkan suplemen untuk menambah tinggi badan seseorang, seperti Fitkom, Biolysin, dan Zevit Grow.

Terutama bagi orang tua, memberikan asupan vitamin untuk menunjang pertumbuhan anak agar mencapai tinggi badan yang maksimal ibarat keharusan. Sedangkan bagi usia remaja, meminum suplemen atau vitamin peninggi badan cepat juga akan memberikan dampak yang serupa, meskipun terdapat batasan usia pertumbuhan tulang bagi setiap orang.

Fakta Tentang Tinggi Badan Orang Indonesia

Fakta Tentang Tinggi Badan Orang Indonesia

Pada tulisan ini, kami akan mengulas rekomendasi vitamin peninggi badan yang beredar di pasaran untuk Anda. Tapi sebelum itu, kami rasa perlu bagi Anda mengetahui perihal fakta tinggi badan orang-orang di negara Asia, khususnya Indonesia. Dilansir dari IDN Times, orang Indonesia masuk ke dalam golongan badan terpendek dibandingkan negara-negara Asia lainnya.

Di kawasan Asia, Korea Selatan menempati peringkat yang cukup tinggi dibandingkan orang-orang dari negara Asia lainnya. Indonesia sendiri mencapai tinggi badan rata-rata 1,58 meter. Sedangkan Jepang yang distereotipkan punya tinggi badan rendah justru menempati posisi kedua setelah Korea Selatan dan Indonesia sendiri berada pada nomor terakhir setelah Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Hal ini memang tidak bisa menjadi patokan karena tinggi badan setiap orang tidak melulu dipengaruhi oleh faktor internal seperti gen atau keturunan. Ada anak yang punya badan tinggi meskipun orangtuanya pendek. Ini kembali lagi pada pola hidup sehat, terutama pada masa pertumbuhan, semisal rutin minum susu berkalsium tinggi atau vitamin untuk meninggikan badan.

Cara Memilih Vitamin Peninggi Badan

Kami harap Anda tidak keliru dalam membeli produk suplemen peninggi badan. Maka dari itu, pada bagian ini kami akan berikan panduan tentang memilih vitamin yang bagus untuk meninggikan badan. Silakan disimak beberapa poin berikut, ya!

Ketahui Dulu, Kapan Tinggi Badan Akan Berhenti Tumbuh?

Kapan Tinggi Badan Akan Berhenti Tumbuh

Pada usia dewasa, tentu memaksimalkan tinggi badan sangatlah sulit. Hal ini berkaitan dengan waktu pertumbuhan tulang yang terjadi pada masa anak-anak hingga remaja belasan tahun. Ketika menginjak usia dewasa, maka lempengan pada tulang panjang akan menutup sehingga tidak memungkinkan terjadinya pemanjangan tulang. Masa-masa ini mulai terjadi ketika memasuki usia pubertas akhir.

Berapakah usia pubertas yang menyebabkan terjadinya perlambatan pertumbuhan tulang? Dikutip dari Doktersehat, setiap orang berdasarkan jenis kelamin mempunyai masa pubertas yang berbeda-beda. Untuk wanita sendiri cenderung lebih awal dibandingkan pria. Wanita akan mengalami puncak pertumbuhan pada usia 10 – 14 tahun, sedangkan tinggi badan mulai berhenti saat mencapai usia 14 – 16 tahun.

Sementara untuk kaum pria, biasanya tinggi badan mulai mencapai masa puncak pada usia 12 – 16 tahun. Pada pria pubertas akan dimulai sejak usia 10 hingga 13 tahun. Umumnya, kaum pria akan mengalami perlambatan dan bahkan berhenti pertumbuhan tinggi badannya saat memasuki usia 18 tahun. Ketika mencapai usia tersebut, tulang akan berganti proses dari yang tadinya bertumbuh menjadi berkembang (membesar).

Pastikan Mengandung Jenis-jenis Nutrisi Ini

Pastikan Mengandung Jenis jenis Nutrisi Ini

Dalam menentukan merk vitamin peninggi badan secara cepat, diperlukan perhatian lebih terhadap kandungan yang tersimpan dalam suplemen tersebut. Terutama pada masa kanak-kanak dimana nutrisi pertumbuhan menjadi sangat penting dipenuhi, maka memahami jenis nutrisi yang terkandung adalah wajib diketahui hukumnya. Sebab, jika pemenuhan nutrisi ini tidak cukup, maka akan terjadi masalah stunting atau kondisi kurang gizi yang proses perbaikannya memakan waktu tak sebentar.

Dirangkum dari Alodokter, terutama bagi anak-anak, jika ingin mendapatkan tinggi badan yang optimal, maka berikan asupan vitamin yang menyimpan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan tinggi badannya. Beberapa nutrisi tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Protein
    Tubuh memerlukan protein untuk membentuk sel dan jaringan. Bukan cuma itu, protein juga berfungsi sebagai penghasil hormon, pemerkuat tulang dan otot, serta mendukung proses pemecahan makanan menjadi energi. Setiap jarak usia mengalami kebutuhan protein yang berbeda-beda. Anda bisa memperoleh protein ini dari suplemen ataupun makanan organik seperti telur, daging sapi, daging ayam, ikan, dan biji-bijian.

    Pada tingkatan usia 1 – 3 tahun, tubuh memerlukan 26 gram protein/hari. Untuk usia 4 – 6 tahun sekitar 35 gram/hari, kemudian usia 7 – 9 tahun sebanyak 49 gram, lalu usia 9 – 13 tahun sekitar 30 gram. Pada remaja laki-laki berumur 14 – 18 tahun memerlukan 65 gram dan remaja perempuan pada rentang usia 14 – 18 tahun membutuhkan sekitar 60 gram protein per harinya.

  • Zat Besi
    Nutrisi ini haruslah terdapat pada vitamin peninggi badan anak karena zat besi punya peran dalam membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke organ-organ vital pada tubuh sang anak, terutama otaknya. Keperluan zat besi per hari juga berbeda-beda. Berdasarkan tingkatan usianya, berikut ini angka keperluan tubuh terhadap zat besi.

    Usia 7 – 12 bulan sebanyak 7 gram, usia 1 – 3 tahun sebanyak 8 miligram, usia 4 – 8 tahun sebanyak 9 miligram, usia 9 – 13 tahun sebanyak 10 miligram, remaja laki-laki usia 14 – 18 tahun sebanyak 17 miligram, dan remaja perempuan usia 14 – 18 tahun sebanyak 25 miligram. Anda bisa melihat label kemasan untuk mengetahui kadar zat besi yang terkandung pada vitamin penambah tinggi badan yang Anda beli.

  • Kalsium
    Sudah bukan rahasia kalau kalsium menjadi asupan penting dalam membentuk struktur tulang padat agar bisa bertumbuh lebih panjang. Selain baik untuk tulang, kalsium juga berguna untuk gigi, otot, dan peredaran darah. Kebutuhan tubuh terhadap kalsium per hari berbeda-beda pada tingkatan usianya. Usia – 13 tahun butuh 650mg, usia 4 – 8 tahun perlu 1.000mg dan usia 9 – 18 tahun sekitar 1.200mg.

    Kalsium lebih mudah ditemui pada produk susu peninggi badan. Namun saat ini beberapa produsen juga banyak yang menambahkan kadar kalsium terhadap produk vitamin keluarannya. Selain dari suplemen atau multivitamin, Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari sumber makanan hewani dan nabati semisal daging mreah, ikan laut, sayuran hijau, dan polong-polongan.

 

Pilihlah Bentuk Vitamin yang Paling Cocok

Pilihlah Bentuk Vitamin yang Paling Cocok

Vitamin peninggi badan terbaik bukan hanya tersedia dalam bentuk kaplet atau tablet hisap, beberapa produsen juga memahami target konsumen mereka. Terutama anak-anak, pada usia ini tak sedikit anak yang enggan mengonsumsi vitamin dalam bentuk kaplet. Karena itu, para produsen mengeluarkan vitamin dalam bentuk sirup atau emulsion dengan rasa original atau buah-buahan.

Ada juga vitamin dalam bentuk permen atau gummy yang kenyal. Khusus untuk jenis ini, Anda perlu memastikan kalau vitamin tersebut rendah kandungan gula. Sebab tak sedikit juga ditemui kandungan gula tinggi untuk memberikan cita rasa manis agar disukai anak-anak. Sedangkan selain berbentuk sirup, ada juga vitamin mudah larut dalam air. Ini biasanya lebih cocok sebagai vitamin peninggi badan dewasa atau usia remaja.

10 Merk Vitamin Peninggi Badan Terbaik

Tinggi badan yang ideal kini bukan lagi sebatas mimpi. Anda, anak Anda, atau siapapun bisa meraih keinginan tersebut dengan mengonsumsi vitamin peninggi badan yang saat ini mudah ditemui di Indonesia. Ada apa saja? Berikut kami bagikan rekomendasi suplemen peninggi badan terbaik buat Anda. Pilih dengan memperhatikan tips yang telah kami bagikan sebelumnya, ya!

1. Fitkom Gummy Calcium

Fitkom Gummy Calcium

Kisaran harga: Rp16.700

Deskripsi Produk

  • Fitkom Gummy Calcium menjadi vitamin untuk meninggikan badan anak berjenis permen kenyal yang berbentuk unik.
  • Diciptakan khusus untuk keperluan usia anak pada masa pertumbuhan agar pemenuhan vitamin dan mineral harian berlangsung dengan baik.
  • Terbuat dari komposisi gula, gelatin sapi, pengatur keasaman, minyak nabati, perisa buah, kalsium, sirup glukosa, air, kalsium pidolat, dan vitamin D3.
  • Dosis pemakaian 3 gummy dalam sehari.
  • Dikemas dalam dus berisikan 4 sachet dengan berat masing-masgin 16 gram.
  • Dikarenakan mengandung gula dan perisa buatan, maka pemakaian berlebihan dalam jangka lama bisa menyebabkan efek laksatif.

 

2. Biolysin Emulsion

Biolysin Emulsion

Kisaran harga: Rp25.000

Deskripsi Produk

  • Berjenis sirup emulsi, vitamin peninggi badan anak ini menyimpan nutrisi lengkap untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak.
  • Selain berfungsi untuk menunjang pertumbuhan tulang, produk ini juga akan memelihara daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit.
  • Bisa dikonsumsi oleh usia mulai 1 hingga 12 tahun dengan dosis penggunaan yang berbeda.
  • Pada setiap sendok sirup Biolysin Emulsion, tubuh akan memperoleh asupan berupa vitamin A, B1, B2, B6, D3, kolin, DHA, AA, minyak ikan kod, mg gluconate, dan ca lactate gluconate.
  • Hadir dalam rasa jeruk yang nikmat.

 

3. Height Up

Height Up

Kisaran harga: Rp350.000

Deskripsi Produk

  • Berjenis tablet dengan aturan minum 1 – 2 tablet setiap hari, pada pagi sebelum sarapan dan malam menjelang tidur.
  • Diformulasikan secara khusus sebagai suplemen peninggi badan untuk pria ataupun wanita.
  • Bisa untuk remaja hingga dewasa dengan usia mulai 12  – 35 tahun. Khusus untuk usia 30an ke atas, harus diimbangi dengan lebih banyak aktivitas olahraga.
  • Diklaim mampu menambah tinggi badan antara 2 – 15 cm. Setiap orang akan merasakan hasil yang berbeda-beda.
  • Diklaim tinggi badan akan bertambah dan terlihat hasil yang signifikan dalam waktu kurang lebih 3 bulan.
  • Vitamin peninggi badan orang dewasa yang dirancang dengan teknologi nano berkualitas tinggi dari Korea, menjadikan bahan-bahan alami di dalamnya bekerja optimal untuk menunjang tinggi badan yang paling maksimal.

 

4. Zevit Grow

Zevit Grow

Kisaran harga: Rp14.000

Deskripsi Produk

  • Telah mengantongi penghargaan Top Brand for Teens pada tahun 2018.
  • Zevit Grow sudah dibuktikan banyak orang efektif sebagai vitamin penambah tinggi badan anak hingga remaja.
  • Tersedia dalam dua bentuk, yakni effervescent (tablet mudah larut) dan kaplet siap telan.
  • Dikemas dalam bentuk yang praktis, Anda bisa membawa Zevit Grow ke sekolah atau saat pergi liburan dengan teman maupun keluarga.
  • Bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa remaja untuk memperoleh tinggi badan optimal serta menjaga daya tahan tubuh.
  • Dapat dibeli di supermarket seperti Carrefour, Giant, Hypermart, Lotte Mart, Super Indo, Tip Top, atau situs marketplace seperti Blibli, Lazada, Shopee, dan sebagainya.
  • Mengandung vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin D, kalsium, dan zinc yang masing-masing memainkan peran penting dalam tubuh.
  • Mengandung inositol yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Juga diklaim mampu mencegah rambut rontok karena keberadaan vitamin B8 di dalamnya.
  • Dapat dikonsumsi sebagai vitamin peninggi badan laki-laki ataupun perempuan.

 

5. Scott’s Emulsion Vita

Scotts Emulsion Vita

Kisaran harga: Rp67.000

Deskripsi Produk

  • Multivitamin untuk meninggikan badan dengan rasa jeruk berjenis cair yang nikmat dan pasti disukai anak-anak.
  • Di dalamnya terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin A, vitamin D, minyak omega 3 (DHA dan EPA), dan kalsium.
  • Selain membantu tumbuh kembang anak agar mencapai tinggi badan optimal, vitamin ini juga siap memelihara daya tahan tubuh serta meningkatkan kemampuan otak dan fisik anak.

 

6. Curcuma Plus Grow

Curcuma Plus Grow

Kisaran harga: Rp37.000

Deskripsi Produk

  • Berbentuk sirup siap minum dengan rasa jeruk yang enak.
  • Dibuat khusus untuk vitamin peninggi badan anak usia 1 – 12 tahun.
  • Terdapat kandungan minyak ikan kod yang bisa memperbaiki nafsu makan dan mempromosikan pertumbuhan dan tinggi badan ideal untuk si kecil.
  • Selain minyak ikan kod, Curcuma Plus Grow juga mengandung nutrisi lain seperti curcuma, vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan vitamin D.
  • Terbuat dari campuran bahan alami seperti ekstrak temulawak organik.

 

7. Grow Up Super USA

Grow Up Super USA

Kisaran harga: Rp150.000

Deskripsi Produk

  • Dapat dikonsumsi oleh rentang usia 8 – 12 tahun, 12 – 20 tahun, dan 20 – 40 tahun dengan dosis minum sesuai aturan pada label kemasan.
  • Diklaim mampu meninggikan badan dengan melawan faktor genetik atau keturunan.
  • Dibuat setelah melalui riset panjang oleh para ilmuwan, menjadikan vitamin peninggi badan ini direkomendasikan oleh pakar gizi dari banyak negara.
  • Terbuat dari bahan-bahan herbal alami yang sudah diuji keamanannya.
  • Diimport langsung dari Amerika Serikat dalam bentuk kapsul berjumlah 250 kapsul untuk setiap kemasannya.
  • Bekerja dengan merangsang pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan tulang, dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.
  • Menawarkan manfaat lain seperti menjaga staina dan menambah daya ingat berkat komposisi Ginko Biloba di dalamnya.

 

8. Naturelo Bone Strength Plant Calcium Complex

Naturelo Bone Strength Plant Calcium Complex

Kisaran harga: Rp789.000

Deskripsi Produk

  • Suplemen untuk menambah tinggi badan asal Amerika Serikat.
  • Komposisi bahan berkualitas seperti alga merah sebagai kalsium, ceri acerola organik sebagai vitmain C, dan tanaman lichen sebagai vitamin D.
  • Terdapat pula 7 jenis vitamin peninggi badan dan mineral penting lain yang siap mendukung tulang lebih sehat dan kuat.
  • Bebas kandungan pewarna, perasa, ataupun bahan pengawet buatan.
  • Dapat dikonsumsi sebagai vitamin untuk menurunkan risiko osteoporosis, teurtama bagi pria ataupun wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas.
  • Diklaim dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menguatkan dan menyehatkan janin dalam kandungan (perlu konsultasi ke dokter).
  • Pada satu botol terdapat 120 kapsul yang dianjurkan untuk diminum 1 kapsul per hari (per kapsul terdiri dari 600mg kalsium).

 

9. Puritan’s Pride Chelated Calcium Magnesium Zinc

Puritans Pride Chelated Calcium Magnesium Zinc

Kisaran harga: Rp385.000

Deskripsi Produk

  • Vitamin peninggi badan dalam bentuk kapsul yang akan menyuplai kebutuhan kalsium, magnesium, dan zinc harian dalam jumlah banyak.
  • Terbuat dari bahan-bahan nabati yang cocok untuk vegetarian.
  • Diformulasikan agar kandungan kalsium di dalamnya lebih mudah diserap tubuh dan berfungsi baik dalam meningkatkan struktur tulang.
  • Magnesium di dalamnya akan bekerja sama dengan kalsium untuk menciptakan massa tulang baru serta mengatur kadar gula dalam darah.
  • Zinc yang tidak bisa diproduksi secara mandiri oleh tubuh dalam produk ini akan membantu penyerapan mineral kalsium lebih optimal.
  • Sangat cocok dikonsumsi pada masa pertumbuhan dengan aturan minum 3 kali sehari sesudah makan.

 

10. Blackmores Calcimag Multi

Blackmores Calcimag Multi

Kisaran harga: Rp136.000

Deskripsi Produk

  • Suplemen keluaran brand ternama sebagai sumber kalsium, vitamin D3, vitamin K1, dan magnesium.
  • Menawarkan fungsi mencegah dan mengisi tulang yang keropos (osteoporosis).
  • Memastikan kebutuhan kalsium harian setiap orang terpenuhi.
  • Setiap kandungan di dalam vitamin peninggi badan ini terjamin mudah diserap secara berkala oleh tubuh.
  • Tidak bersifat asam sehingga aman bagi lambung.
  • Manfaat lain yang diberikan seperti membantu mengatasi tulang rapuh akibat osteoporosis ringan.
  • Mudah ditemukan di apotek atau toko obat terdekat.

 

Keuntungan dan Kerugian Punya Postur Badan Tinggi

Keuntungan dan Kerugian Punya Postur Badan Tinggi

Tak bisa dielak kalau badan yang tinggi memang punya banyak keuntungan, terutama dari segi sosial. Namun demikian, ada juga risiko yang mengintai bagi orang yang punya postur badan terlalu tinggi. Dilansir dari Hellosehat, orang yang punya badan tinggi itu rentan mengalami fibrilasi atrial, sebuah kondisi dimana denyut jantung yang tidak beraturan. Hal ini dikarenakan otot jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah agar tersalurkan ke seluruh tubuh.

Selain itu, orang dengan postur tubuh tinggi juga berisiko mengalami penggumpalan darah atau trombosis vena dalam (DVT). Risiko ini muncul akibat orang yang lebih tinggi punya pembuluh darah di kaki yang lebih panjang sehingga menyebabkan area permukaan pembuluh darah ikut meluas. Dalam kasus ini, gravitasi juga memainkan perannya untuk meningkatkan risiko aliran darah melambat atau berhenti sementara.

Walaupun terdapat penelitian yang mengungkapkan hal tersebut, Anda tak perlu khawatir dan mengurungkan niat untuk konsumsi merk vitamin peninggi badan terbaik. Karena jika Anda memilih untuk melakukan gaya hidup sehat, maka persentase terhadap risiko penyakit kronis juga ikut berkurang. Pola makan sehat, olahraga fisik rutin, tidak merokok, dan tidak minum alkohol bisa Anda lakukan untuk meminimalisir munculnya penyakit mengerikan di masa mendatang.