10 Merk USB Flashdisk Terbaik di Indonesia

8 min read

Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

Perkembangan teknologi yang kian pesat menuntut produsen menciptakan produk-produk yang mendukung mobilitas tinggi. Seperti perangkat penyimpanan mini bernama flashdisk, keberadaannya pun semakin diminati karena selain fungsional, produk ini juga punya sifat praktis. Buat Anda yang sedang memerlukan aksesori eksternal tersebut, kami akan bahas merk flashdisk terbaik untuk Anda pada artikel ini.

Komponen perangkat keras satu ini berguna sekali untuk menunjang kegiatan komputerisasi secara fleksibel. Berbagai produsen turut mengembangkan flashdisk dengan menawarkan spesifikasi yang diklaim lebih unggul dibandingkan produk sejenis dari brand lain. Beberapa merk seperti Kingston, SanDisk, Toshiba, dan V-Gen termasuk yang tak ketinggalan dalam merilis merk flashdisk terbaik.

Cara Memilih Flashdisk yang Bagus

Ketika ingin membeli merk flashdisk terbagus, tentu Anda tidak boleh sembarangan dalam proses pemilihannya. Maka dari itu, pada bagian ini kami akan ajak Anda mengetahui tips dalam memilih flashdisk yang baik dan benar. Silakan dibaca poin-poin berikut hingga tuntas, ya!

Pastikan Kapasitas Penyimpanan Sesuai Dengan Kebutuhan

Pastikan Kapasitas Penyimpanan Sesuai Dengan Kebutuhan

Yang paling pertama untuk diperhatikan adalah mengetahui seperti apa kebutuhan pemakaian Anda terhadan sebuah flashdisk. Ukuran penyimpanan dari merk flashdisk terbaik sendiri berbeda-beda sehingga Anda perlu menyesuaikannya terlebih dahulu dengan kebutuhan. Pilihan kapasitas yang semakin besar akan sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas Anda.

Saat ini kapasitas penyimpanan flashdisk berkisar antara 1 – 64 GB. Tak sedikit juga produsen yang merilis flashdisk dengan ruang penyimpanan lebih besar dari itu, bahkan hingga ratusan gigabyte. Apabila keperluan Anda untuk melakukan editing media semisal video, film, atau lagu yang butuh memori penyimpanan besar, maka pilihlah flashdisk yang menyediakan ruang penyimpanan besar juga.

Perhatikan Kecepatan Transfer Data

Perhatikan Kecepatan Transfer Data

Masing-masing merk flashdisk yang terbaik dibekali dengan kemampuan mentransfer (membaca dan menyimpan) data dengan kecepatan berbeda-beda. Hal ini juga penting untuk diperhatikan karena semakin tinggi angkanya, maka kegiatan Anda juga bisa selesai lebih cepat.

Kecepatan membaca data tertinggi pada flashdisk mencapai 34 Mbyte per detik. Sementara kecepatan menyimpan data maksimal mencapai 28 Mbye per detik. Pada port USB flashdisk versi 2.0 sendiri mempunyai kecepatan transfer data antara 14 Mb per detik hingga 24 Mb per detik. Kecepatan ini bisa berkurang semisal Anda menerapkan perangkat tambahan seperti kabel USB atau USB hub.

Pastikan Port USB Kompatibel Dengan Versi Lain

Pastikan Port USB Kompatibel Dengan Versi Lain

Kompatibilitas antara versi USB yang berbeda akan memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan serah terima data antara satu perangkat dengan perangkat lain. Sebenarnya untuk USB versi 1.1 hingga 3.1 bersifat kompatibel. Maksudnya, versi USB yang lebih rendah misalnya, tetap bisa dicolokkan dan berfungsi sempurna pada port USB dengan versi lebih tinggi.

Untuk mengetahui port USB di komputer Anda berjenis apa, maka lihatlah ke bagian terminal dalam komputer. Biasanya USB 2.0 punya warna hitam atau putih dan USB 3.0 berwarna biru. Anda bisa memasangkan merk flashdisk terbaik dengan versi USB 2.0 pada terminal USB 3.0. Namun demikian, kecepatan transfer paling tinggi tetap mengikuti kecepatan asli dari memori USB 2.0, begitu juga sebaliknya.

Perhatikan Jenis Konektornya

Perhatikan Jenis Konektornya

Selain versi USB, Anda juga perlu memeriksa jenis konektor dari perangkat komputer atau elektronik lain kepunyaan Anda. Secara umum, USB flash drive hanya bisa kompatibel pada port yang sesuai. USB tipe A saat ini masih banyak dipakai. Namun belakangan ini, port microUSB juga mulai bermunculan, terutama untuk perangkat Android. Pada sistem iOS sendiri memakai port Lightning.

Tipe konektor lain yang turut disebarkan secara masif adalah USB-C. Kondisi ini terjadi akibat kebutuhan pasar yang kian meningkat seiring perkembangan teknologi dimana perangkat juga semakin modern. Maka dari itu, usahakan memilih flashdisk yang mempunyai port sesuai dengan perangkat Anda. Namun apabila Anda salah dalam membeli, Anda tetap bisa menggunakan produk tersebut memakai kabel konversi terpisah, namun performanya akan memakan waktu.

Pilihlah Flashdisk yang Dibekali Fitur Pengaman

Pilihlah Flashdisk yang Dibekali Fitur Pengaman

Tentu Anda tidak ingin kalau data di dalam flashdisk bocor ke tangan orang yang salah, bukan? Karena itu, alangkah lebih baik untuk mencari flashdisk terbaik yang sudah ditanamkan fitur pengaman. Namun demikian, saat ini belum banyak flashdisk yang menawarkan fitur tersebut. Sekalipun ada, harganya tergolong mahal dan cukup sulit dicari.

Karena itu, tidak ada salahnya Anda melakukan modifikasi dengan menambahkan fitur pengaman data secara mandiri ke dalam flashdisk Anda. Selain mengurangi risiko akibat perbuatan manusia, Anda juga perlu mengamankan flashdisk dari serangan virus. Anda bisa menggunakan software proteksi seperti BitLocker to Go yang akan melindungi USB flashdisk dengan mudah dan portabel.

Sesuaikan Ukuran, Portabilitas, dan Fitur Tambahan

Sesuaikan Ukuran Portabilitas dan Fitur Tambahan

Flashdisk memiliki banyak ukuran, mulai dari yang besar hingga berukuran sangat mini. Anda bebas memilih ukuran apa, tapi pastikan Anda tidak kesulitan mencari merk flashdisk yang bagus dan awet tersebut karena ukurannya yang begitu mini. Selain itu, flashdisk juga ada yang didesain dengan lubang pada bagian ujung atas ataupun bagian lain. Lubang ini bisa Anda pasangkan tali pengaman atau pengait agar flashdisk tetap mudah dijangkau.

Selain menawarkan portabilitas dan ukuran yang beragam, merk flashdisk terbaik juga dihadirkan dengan fitur lain seperti tahan terhadap guncangan (shockproof) ataupu tahan air. Untuk flashdisk yang tahan air umumnya terdapat tutup pelindung yang akan mencegah masuknya air mengenai material dan konektor dalam dari flashdisk itu sendiri.

Hindari Pemilihan Casing yang Terlalu Besar

Hindari Pemilihan Casing yang Terlalu Besar

Pada komputer ataupun laptop, tentu Anda sering menemui port USB yang bersebelahan. Hal ini patut diperhatikan agar konektor tersebut sewaktu-waktu bisa digunakan untuk dua memori eksternal secara bersamaan. Karena itu, hindari membeli flashdisk yang mempunyai casing terlampau besar sebab bisa menghalangi perangkat lain dicolokkan ke port sebelahnya.

Bukan cuma ukuran casing yang penting diperhatikan, kekuatan dan daya lekat dari material casing tersebut juga harus baik. Ini akan membantu flashdisk tidak mengalami lepas dari badannya. Kemudian pilih juga tutup flashdisk yang menyambung langsung pada badan flashdisk. Alasannya, tutup yang dilepas pasang bisa longgar sehingga membuat flashdisk tidak terlindungi dengan optimal.

10 Merk USB Flashdisk Terbaik dan Berkualitas Tinggi

Cukup panjang kami mengulas bagian cara memilih flashdisk yang bagus. Sekarang Anda sudah bisa memilih merk flashdisk terbaik di bagian ini. Ada sepuluh produk yang hendak kami rekomendasikan untuk Anda. Masing-masing produk mengantongi spesifikasi yang beragam, karena itu sesuaikan dengan tujuan penggunaan Anda.

1. Kingston DataTraveler Ultimate 3.0

Kingston DataTraveler Ultimate 30

Kisaran harga: Rp2.500.000

Deskripsi Produk

  • USB flash drive pertama dari Kingston yang mempunyai kapasitas tertinggi di dunia, yakni 1 TB dan 2 TB.
  • Selain kapasitas yang lapang, flashdisk terbaik merk Kingston ini juga punya kecepatan transfer data (read mencapai 300 Mb/s dan write 200 Mb/s). yang tergolong tinggi
  • Dihadirkan dengan harga yang mahal untuk kebutuhan para profesional, semisal fotografer, videografer, dan editor.
  • Saat membeli produk ini, pembeli akan mendapatkan paket lengkap berupa kemasan berbahan alumunium dan sebuah tas serta kabel extender USB 3.0.

2. DM PD010 OTG Flash Drive

DM PD010 OTG Flash Drive

Kisaran harga: Rp112.000

Deskripsi Produk

  • Digolongkan sebagai flahsdisk dengan port USB on the go (OTG) yang memungkinkan pengguna melakukan kirim simpan data pada PC ataupun smartphone yang sudah memiliki fungsi OTG.
  • Berdesain minimalis dengan bodi yang kokoh dan kuat bermaterialkan alumunium.
  • Mempunyai kesan yang elegan lewat balutan warna biru metalik di luarnya.
  • Dapat diputar hingga 360 derajat untuk memudahkan Anda saat ingin memasukkannya ke dalam port perangkat yang diinginkan.
  • Berat merk flashdisk OTG terbaik ini hanya 10 gram dan panjangnya hanya 30 mm dalam posisi ditutup.

3. Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

Toshiba Mini 360 Duo Flash Drive

Kisaran harga: Rp120.000

Deskripsi Produk

  • Tersedia dalam banya pilihan warna seperti biru, kuning, merah muda, dan hitam.
  • Toshiba merancang merk flashdisk terbaik di dunia ini dengan konektor ganda, yaitu mikro USB 2.0 dan USB 3.0 untuk kebutuhan PC ataupun ponsel pintar dengan standar USB OTG.
  • Terdapat tutup putar untuk melindungi konektor mikro USB.
  • Didesain agar terlihat penuh gaya dan kompak.
  • Pada bagian bawah flashdisk terdapat lubang untuk dipasangkan pengait berupa tali ataupun besi.
  • Sudah dibekali dengan perangkat lunak yang meminta kata sandi saat pemakaian agar data di dalamnya tetap terlindungi.

4. SanDisk Extreme Go

SanDisk Extreme Go

Kisaran harga: Rp340.000

Deskripsi Produk

  • Salah satu merk flashdisk SanDisk terbaik pilihan banyak orang Indonesia..
  • Dengan kecepatan menulis hingga 150 Mb/detik, Anda bisa melakukan pengiriman foto dan video beresolusi tinggi dan dalam jumlah banyak dalam waktu sangat singkat.
  • Versi port USB 3.1 yang 35 kali lebih cepat dibandinkan tipe USB 2.0 standar.
  • Didesain agar konektor USB berada di dalam casing sehingga tetap aman saat tidak digunakan. Untuk mengeluarkannya, pengguna hanya perlu menariknya keluar.
  • Kompatibel untuk dipasangkan ke perangkan dengan port USB 2.0 atau 3.0.
  • Tersedia perangkat lunak enkripsi AES 128 bit bernama SanDisk SecureAccess, Anda bisa memberikan perlindungan bersandi untuk file-file penting.
  • Menawarkan proses unduh software pemulih data bernama RescuePRO Deluxe. Dengan perangkat lunak ini, Anda bisa mengembalikan data yang terhapus akibat tidak sengaja.
  • Kapasitas penyimpanan merk flashdisk terbaik ini mulai dari 64 GB – 128 GB.

5. V-Gen USB Titans 3.0

V Gen USB Titans 3 0

Kisaran harga: Rp120.000

Deskripsi Produk

  • Berdesain unik dengan banyak pilihan warna yang colorful dan menarik untuk menghilangkan kesan flashdisk yang bergaya monoton.
  • Memiliki port 3.0 yang memungkinkan kecepatan membaca mencapai 128 MB/detik dan menulis hingga 108 MB/detik.
  • Material pembuatan dari bahan berkualitas yang menjadikan flashdisk ini tahan terhadap air, cuaca tak menentu, guncangan, dan juga medan magnet.
  • Tersedia pilihan kapasitas simpan 8 GB, 16 GB, hingga 32 GB.
  • Ukuran yang cukup besar sehingga Anda bisa menjangkaunya dengan mudah saat terselip di dalam tas atau kantung celana.

6. Samsung Flash Drive Fit

Samsung Flash Drive Fit

Kisaran harga: Rp175.000

Deskripsi Produk

  • Berukuran mini, flash drive satu ini menawarkan teknologi NAND untuk memfasilitasi kebutuhan dengan mobilitas tinggi.
  • Salah satu flashdisk yang tahan air, guncangan (shockproof), dan sinar-X.
  • Samsung membekali kemampuan transfer file hingga 150 MB/detik.
  • Pilihan kapasitas penyimpanan yang besar, mulai dari 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.
  • Desain yang sangat minimalis dan elegan dengan bahan casing dari material logam untuk memastikan produk ini kokoh dan awet.
  • Garansi 5 tahun pembelian resmi dari Samsung, Anda tak perlu khawatir saat flashdisk ini mengalami rusak selama masa garansi.
  • Tipe USB 3.0 yang kompatibel dengan versi port lain pada perangkat utama.

7. Transcend JetFlash 820

Transcend JetFlash 820

Kisaran harga: Rp182.000

Deskripsi Produk

  • Penyimpanan portabel dengan desain yang kompak, ringkas, dan elegan.
  • Port antarmuka USB 3.1 generasi 1.
  • Diciptakan dengan bahan logam dan alumunium untuk badan pelindung sehingga merk flashdisk yang tidak cepat rusak ini berumur panjang.
  • Hanya tersedia dalam warna emas champagne emas yang terkesan mewah.
  • Walaupun terbuat dari bahan logam, produk ini tetap berbobot ringan.
  • Pada bagian tutupnya bisa dilepas pasang dimana pada beberapa kondisi bisa menyebabkan tutup hilang atau terselip.
  • Garansi resmi 5 tahun dari produsen.

8. Orico U2-16GB Aluminium Mini OTG

Orico U2 16GB Aluminium Mini OTG

Kisaran harga: Rp175.000

Deskripsi Produk

  • Dipasangkan fitur dual interface berupa microUSB dan USB tipe A untuk menambah keleluasaan pengguna saat memakainya ke perangkat PC, smartphone, tablet, atau bahkan perangkat audio system yang kompatibel.
  • Terdapat sistem transmisi canggih yang menjamin flashdisk ini mampu mengirim data lebih cepat dan stabil.
  • Di dalamnya terdapat chip on board (COB) packaging technology sehingga menggolongkannya sebagai flashdisk yang tahan dari guncangan, debu, air, dan sinar-X ataupun medan magnet.
  • Berbobot ringan meskipun terbuat dari bahan alumunium dan panjangnya hanya sekitar 3 – 4 cm.

9. PNY Mini M1 Attache

PNY Mini M1 Attache

Kisaran harga: Rp120.000

Deskripsi Produk

  • Diciptakan dengan desain kompak dengan badan flashdisk dari material logam campuran membuat produk ini mempunyai ketahanan lebih terhadap debu dan air.
  • Pada satu sisi terdapat lubang untuk pengait yang memberikan nilai mobilitas tinggi.
  • Kapasitas penyimpanan tersedia hingga ukruan 32 GB, Anda bisa memuat banyak file penting ke dalamnya.
  • Walaupun bertipe flashdisk mini, produk ini mampu membaca data hingga 32 MB/detik dan menulis hingga 10MB/detik.

10. SanDisk USB 3.0 Ultra Dual USB Drive OTG

SanDisk USB 3 0 Ultra Dual USB Drive OTG

Kisaran harga: Rp65.000

Deskripsi Produk

  • Merk flashdisk paling murah yang ideal untuk menyimpan banyak foto kenangan Anda bersama teman, keluarga, atau sang kekasih.
  • Berkemampuan OTG, Anda bisa mencolokkannya ke banyak perangkat, termasuk ponsel cerdas Android ataupun komputer Mac.
  • Terdapat konektor ganda. Pada satu sisi berjenis microUSB dan sisi lain USB 3.0, menjadikan pemakaian yang lebih fleksibel serta mudah.
  • Ukuran flash drive ini ringkas sehingga tidak memberikan kesan mengganjal meskipun disimpan di dalam poket celana.
  • Kompatibel untuk port USB 2.0 atau lebih rendah.
  • Kecepatan transfer dengan port USB 3.0 dengan laju mencapai 150 MB/detik, tak perlu waktu lama untuk memindahkan konten yang diinginkan.
  • Tersedia dalam kapasitas penyimpanan mulai dari 16 GB hingga 256 GB.
  • Terdapat aplikasi yang dirancang khusus untuk mengorganisir file di dalamnya. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi bernama Zona Memori SanDisk melalui Google Play Store.
  • Tidak perlu di-install. Ketika dicolokkan, perangkat ini langsung terdeteksi dan bisa dipakai pada perangkat mobile berkemampuan OTG.

Lakukan Perawatan Agar Flashdisk Tidak Mudah Rusak

Sebelum menutup artikel ini, kiranya penting bagi kami untuk menginformasikan pada Anda perihal cara merawat flashdisk. Pasti Anda tidak mau kalau flashdisk yang baru dibeli langsung rusak beberapa bulan atau bahkan minggu setelah pembelian, bukan? Karena itu, berikut beberapa langkah perawatan agar flashdisk bisa awet dan berfungsi baik dalam jangka waktu lama.

Scan Flashdisk Secara Berkala

Scan Flashdisk Secara Berkala

Saat ditempelkan ke dalam perangkat, kemungkinan virus masuk ke dalam flashdisk sangatlah besar. Keberadaan virus yang sulit terdeteksi bisa memperbesar risiko Anda kehilangan data atau bahkan mengalami kerusakan perangkat. Karena itu, pastikan Anda rutin melakukan pemindaian virus pada merk flashdisk kualitas terbaik. Terlebih jika Anda sering memindahkan peranti penyimpanan ini dari satu komputer/laptop ke perangkat lain, maka ancaman dari virus semakin besar.

Hindari Mencolok Flashdisk Terus Menerus

Hindari Mencolok Flashdisk Terus Menerus

Bukan satu dua kali ditemui keadaan orang abai terhadap kesehatan flahsdisknya. Sebagai contoh adalah menempelkan flashdisk ke perangkat utama walaupun tidak digunakan. Ini bisa membuat konektor panas semisal komputer atau laptop sedang melaksanakan tugas berat, yang memungkinkan terjadinya kerusakan atau error. Untuk itu, segera cabut media penyimpanan ini setelah Anda menggunakannya, kapan pun itu.

Gunakan Flashdisk Hanya Untuk Menyimpan Data

Gunakan Flashdisk Hanya Untuk Menyimpan Data

Pernahkah Anda melakukan pengeditan dokumen atau video dari data yang diambil langsung dari flashdisk tanpa memindahkannya ke perangkat penyimpanan internal? Kegiatan semacam ini yang dilakukan terus-menerus juga bisa membuat flashdisk cepat rusak. Sebaiknya, Anda menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanan saja. Jika ingin melakukan pengubahan data yang berasal dari flashdisk, pindahkan dulu ke memori internal komputer atau laptop, ya.

Jangan Terlalu Sering Mem-format Flashdisk

Jangan Terlalu Sering Mem format Flashdisk

Saat ruang penyimpanan merk flashdisk yang cocok untuk PS2 atau bukan hampir habis, tak jarang orang mengambil jalan pintas dengan melakukan format dengan tujuan “perut” aksesori penyimpanan eksternal ini kosong dan lega. Tindakan semacam ini sah-sah saja dilakukan selagi tidak terlalu sering. Sebab, apabila flashdisk terlalu sering di-format, maka bisa mengurangi umur keawetan dari perangkat itu sendiri.

Jika tak ada aktivitas mendesak seperti membersihkan virus, sebaiknya Anda tidak melakukan formatting. Pilih saja data yang hendak dihapus dengan cermat, lalu hapus. Kemudian soal virus lagi, apabila ditemui jumlah virus yang banyak, sebaiknya Anda tidak langsung melakukan formatting, melainkan cobalah alternatif deep scan dari antivirus di komputer/laptop Anda. Jika dirasa kurang maksimal, barulah lakukan format flashdisk.