[Update] Ukuran Feed Instagram 3, 12, 15 Kotak (Foto, Video, Reels IGTV)

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Ukuran Feed Instagram 3, 12, 15 Kotak (Foto, Video, Reels IGTV)? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Ukuran Feed Instagram 3, 12, 15 Kotak (Foto, Video, Reels IGTV), Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!






Ukuran Feed Instagram 3, 12, 15 Kotak (Foto, Video, Reels IGTV)



















Skip to content

Mengupload foto dan video terbaik di platform Instagram menjadi sebuah aktifitas yang menyenangkan. Terlebih lagi Ukuran Feed Instagram menjadi terlihat lebih rapi dengan konten foto yang menarik pula.

Tentunya hal ini menjadi keuntungan bagi pengguna IG itu sendiri. Karena pengunjung dan pengikut akan lebih menikmati feed pada akun Instagram yang rapi. Lantas bagaimana mengetahui Ukuran Feed Instagram yang rapi dan ideal? Berikut hajijatim akan membagikan informasinya!

Wajib Tahu! Ukuran Feed Instagram, Bikin Rapi dan Lebih Aesthetic

Platform aplikasi Instagram kini menjadi aplikasi media sosial terpopuler dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Yang mana bukan hanya berbagi upload-an foto saja yang dapat di lakukan penggunanya, namun juga konten video dan lainnya.

Dalam setiap akun Instagram, terdapat fitur utama yang disebut “feed.” Feed Instagram merujuk pada tampilan kronologis postingan yang muncul di halaman beranda pengguna. Feed Instagram adalah kumpulan postingan yang ditampilkan di halaman beranda.

Ketika pengguna membuka aplikasi Instagram, halaman beranda mereka akan menampilkan postingan dari akun yang diikuti. Postingan terbaru akan muncul di bagian atas feed, diikuti oleh postingan yang lebih lama. Pengguna dapat menggulir ke bawah untuk melihat lebih banyak postingan.

Untuk menjadikan Feed Instagram Foto lebih rapi dan menarik di pandang orang. Pengguna instagram pun harus mengetahui ukuran yang tepat mengenai foto atau video yang akan di upload pada feed instagram.

Nah bagi yang ingin menjadikan akun instagramnya lebih terlihat rapi dan aesthetic, ada baiknya perhatikan Ukuran Feed Instagram Foto dan video berikut ini :

Lihat Juga : Instander Apk Mod Download Android/iOS Versi Terbaru 2023

Ukuran Feed Instagram Foto Terbaru

Ukuran foto feed Instagram adalah faktor penting yang perlu diperhatikan agar postingan terlihat optimal di halaman beranda pengguna. Instagram memiliki beberapa persyaratan ukuran foto yang disarankan untuk feed. Berikut adalah ukuran yang direkomendasikan untuk foto feed Instagram:

  1. Ukuran kotak:
    1080 piksel x 1080 piksel. Instagram menampilkan foto dalam bentuk kotak persegi, jadi pastikan foto memiliki ukuran yang sesuai agar tidak terpotong atau terdistorsi.
  2. Rasio aspek:
    1:1. Rasio aspek 1:1 memastikan foto terlihat proporsional di halaman beranda. Hindari menggunakan foto dengan rasio aspek yang berbeda, seperti foto panorama atau foto vertikal yang terlalu panjang.
  3. Kualitas tinggi:
    Pastikan foto memiliki kualitas tinggi dan tajam. Hindari menggunakan foto yang buram atau terlalu kecil karena akan mengurangi daya tarik visual.
  4. Format file:
    Instagram mendukung format file JPG dan PNG. Pilih salah satu format ini untuk memastikan kompatibilitas dengan platform.

Selain itu pengguna juga bisa memerhatikan ukuran dari bentuk, berikut adalah ukuran postingan foto Instagram sesuai dengan bentuknya:

  • Feed Instagram square maksimal 1080 x 1080 piksel atau dengan rasio 1:1.
  • Feed Instagram portrait (vertical) maksimal 1080 x 1350 piksel atau dengan rasio 4:5.
  • Feed Instagram landscape (horizontal) maksimal 1080 x 608 piksel atau dengan rasio 1,91:1.

Selain ukuran foto, penting juga untuk memperhatikan konten foto. Pastikan foto relevan dengan caption dan tema feed. Gunakanlah teknik fotografi yang baik, seperti pencahayaan yang tepat dan komposisi yang menarik, untuk membuat foto lebih menonjol di feed Instagram.

Ukuran Ideal Feed Instagram Video

Ukuran video feed Instagram juga penting untuk diperhatikan agar postingan video terlihat optimal di feed pengguna. Instagram memiliki beberapa persyaratan ukuran video yang direkomendasikan. Berikut adalah ukuran yang perlu diperhatikan untuk video feed Instagram:

  1. Rasio aspek: Instagram mendukung rasio aspek 1:1 (kotak) hingga 4:5 (vertikal). Pilihlah rasio aspek yang sesuai dengan video dan pastikan video tidak terdistorsi ketika ditampilkan di halaman beranda.
  2. Resolusi: Untuk kualitas terbaik, gunakan resolusi video setidaknya 1080 piksel x 1080 piksel. Namun, Instagram juga menerima resolusi video yang lebih rendah, seperti 600 piksel x 600 piksel.
  3. Durasi: Video feed Instagram memiliki batasan durasi maksimal 60 detik. Pastikan video tidak melebihi durasi tersebut agar dapat diunggah dan ditampilkan dengan baik.
  4. Format file: Instagram mendukung format file video seperti MP4 dan MOV. Pastikan video di dalam format yang kompatibel agar dapat diunggah dengan sukses.

Berikut adalah Ukuran rasio Feed Instagram video yang lebih ideal:

  • Portrait (vertical): Maksimal rasio 4:5 dan resolusi video sebesar 1080 x 1350 pixel.
  • Landscape (horizontal): Maksimal rasio 1.91:1 dan resolusi video sebesar 1080 x 608 pixel.
  • Square: Maksimal rasio 1:1 dan resolusi video sebesar 1080 x 1080 pixel.

Penting juga untuk memperhatikan kualitas visual, pencahayaan, dan suara dalam video. Juga pastikan video memiliki kualitas yang baik, jelas, dan menarik perhatian pengguna. Jika memungkinkan, gunakanlah alat pengeditan video untuk meningkatkan kualitas dan kesan visual dari video.

Lihat Juga : Kata Kata Catatan Instagram Lucu, Sad, Bucin, Galau, Kekinian

Ukuran Feed Instagram Story Yang Rapi

Ukuran feed Instagram Story memiliki persyaratan yang berbeda dengan ukuran feed Instagram biasa. Berikut adalah ukuran yang direkomendasikan untuk feed Instagram Story:

  1. Rasio aspek: Instagram Story memiliki rasio aspek 9:16. Ini berarti ukuran vertikal lebih tinggi daripada lebarnya, mirip dengan tampilan ponsel.
  2. Resolusi: Untuk kualitas terbaik, gunakan resolusi video atau gambar setidaknya 1080 piksel x 1920 piksel. Ini akan memastikan tampilan yang jelas dan tajam di layar ponsel.
  3. Durasi: Instagram Story memiliki durasi maksimal 15 detik untuk setiap klip. Jika mengunggah video yang lebih lama, Instagram akan memotongnya menjadi klip 15 detik secara otomatis.
  4. Format file: Instagram Story mendukung format file seperti MP4 dan MOV untuk video, serta JPG dan PNG untuk gambar. Pastikan file sesuai dengan format yang diterima oleh Instagram.

Dengan memperhatikan ukuran, resolusi, dan durasi yang sesuai, pengguna dapat membuat Instagram Story yang menarik dan sesuai dengan tampilan ponsel pengguna.

Ukuran Postingan Instagram Reels Agar Menarik

Instagram Reels adalah fitur yang diperkenalkan oleh Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video pendek dengan durasi maksimal 60 detik.

Fitur ini mirip dengan platform TikTok yang populer, di mana pengguna dapat merekam, mengedit, dan mengunggah video kreatif dengan berbagai efek, filter, dan musik.

Ukuran postingan Instagram Reels memiliki persyaratan yang berbeda dengan ukuran feed Instagram biasa. Berikut adalah ukuran yang direkomendasikan untuk postingan Instagram Reels:

  1. Rasio : Instagram Reels memiliki rasio aspek 9:16, sama dengan Instagram Story. Ini berarti ukuran vertikal lebih tinggi daripada lebarnya, mirip dengan tampilan ponsel.
  2. Resolusi: Untuk kualitas terbaik, gunakan resolusi video setidaknya 1080 piksel x 1920 piksel. Ini akan memastikan tampilan yang jelas dan tajam di layar ponsel.
  3. Durasi: Instagram Reels memiliki durasi maksimal 60 detik untuk setiap video. Pengguna dapat membuat video yang lebih pendek, seperti 15 detik atau 30 detik, sesuai dengan kebutuhan.
  4. Format file: Instagram Reels mendukung format file seperti MP4 dan MOV untuk video.

Dengan Instagram Reels, pengguna dapat menambahkan efek khusus, seperti transisi, penambahan teks, stiker, dan filter, untuk membuat video mereka lebih menarik dan unik.

Cara Membuat Feed IG Agar Tidak Terpotong

Untuk memastikan feed Instagram Anda tidak terpotong dan tampil secara sempurna di halaman beranda pengguna, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

  1. Pilihlah ukuran foto atau video yang sesuai:
    Instagram mengharuskan foto atau video dalam bentuk kotak persegi (rasio aspek 1:1) untuk feed.
  2. Hindari menggunakan teks di bagian tepi foto atau video:
    Beberapa bagian foto atau video mungkin akan terpotong ketika ditampilkan di feed.
  3. Gunakan aplikasi pengeditan foto atau video:
    Jika perlu mengubah ukuran atau memotong foto atau video, dapat menggunakan aplikasi pengeditan foto atau video yang tersedia.
  4. Perhatikan komposisi visual:
    Selain memperhatikan ukuran, pastikan komposisi visual dari foto atau video menarik dan sesuai dengan tema feed.
  5. Preview sebelum mengunggah:
    Sebelum mengunggah foto atau video ke feed Instagram, lihatlah terlebih dahulu pratinjau dan periksa apakah tampilan dan komposisinya sesuai dengan harapan.

Dengan mengikuti tips di atas, pengguna dapat membuat feed Instagram yang tampil sempurna tanpa potongan, memastikan konten terlihat menarik dan profesional di mata pengikut IG.

Tips Mengoptimalkan Feed Instagram

Mengoptimalkan feed Instagram Anda adalah cara efektif untuk menarik perhatian pengikut dan membangun kehadiran yang kuat di platform ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengoptimalkan feed Instagram Anda:

1. Tema dan Konsistensi

Memiliki tema yang konsisten dalam feed Instagram dapat membantu menciptakan identitas yang kuat dan menarik bagi pengikut. Pilihlah tema atau gaya yang sesuai dengan merek atau minat, dan usahakan untuk mempertahankannya dalam setiap postingan.

2. Kualitas Konten

Kualitas konten adalah faktor penting dalam mendapatkan perhatian pengguna Instagram. Pastikan setiap postingan memiliki gambar atau video yang berkualitas, ditambah dengan deskripsi atau caption yang menarik. Gunakanlah alat pengeditan foto dan video jika diperlukan untuk meningkatkan kualitas konten.

3. Penggunaan Hashtag yang Relevan

Hashtag adalah cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas postingan. Gunakanlah hashtag yang relevan dengan konten postingan agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang tertarik dengan topik tersebut. Tetapi jangan menggunakan terlalu banyak hashtag, fokuslah pada beberapa yang paling relevan.

4. Interaksi dengan Pengikut

Jadikan Instagram sebagai komunitas, bukan hanya tempat untuk memposting. Berinteraksilah dengan pengikut melalui komentar, like, dan direct message. Jawab pertanyaan, tanggapi komentar, dan berikan apresiasi terhadap pengikut. Interaksi ini akan meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan pengikut IG.

Fitur Instagram memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan cara yang singkat dan menarik. Hal ini telah menjadi sarana populer bagi pengguna Instagram untuk berbagi konten yang lucu, informatif, musikal, dan kreatif dalam format video dan foto.

Lihat Juga : Insta Followers Pro Apk Unlimited Coins Download Terbaru 2023

1719002874

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *