[Update] Tren Digital Marketing 2024, Pebisnis Wajib Tahu

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Tren Digital Marketing 2024, Pebisnis Wajib Tahu? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Tren Digital Marketing 2024, Pebisnis Wajib Tahu, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Reading Time: 2 minutes

Memasuki awal tahun 2024, sejumlah ahli memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia menunjukkan tren positif. Pertumbuhan ini terutama ditopang oleh bisnis yang bergerak dalam penjualan online (e-commerce). Meski demikian, pelaku usaha akan menghadapi sejumlah tantangan baru. Mengutip dari unpad.ac.id, Prof. Sinta Dewi menuturkan bahwa pada tahun 2024, bisnis harus berhadapan dengan perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) dan risiko kebocoran data pribadi.

Artikel ini akan merangkum tren pemasaran yang mungkin terjadi di tahun 2024, termasuk pemanfaatan AI untuk pemasaran, cara mencegah kebocoran data, serta tren pemasaran lainnya. Diharapkan informasi ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi Anda sebagai pebisnis dalam mengembangkan usaha di tahun ini.

Pemanfaatan Teknologi Realitas Augmentasi (AR) dan Virtual Reality (VR) di E-Commerce

Meski tergolong baru, penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) diprediksi akan menjadi hal yang umum di tahun 2024. Teknologi ini memungkinkan konsumen untuk mencoba produk secara virtual, meningkatkan pengalaman berbelanja dan minat konsumen.

Augmented Reality (AR) di E-Commerce

Salah satu e-commerce yang menggunakan teknologi AR di Indonesia adalah Lazada. Melalui situs e-commerce-nya, Lazada memungkinkan konsumen untuk mengetahui tipe dan permasalahan kulit mereka melalui sistem AR. Kemudian, sistem Lazada akan otomatis merekomendasikan produk-produk perawatan kulit yang dibutuhkan. Misalnya, jika kondisi kulit konsumen A berjerawat, maka produk yang muncul adalah rangkaian khusus untuk merawat kulit berjerawat seperti sabun cuci muka, toner, pelembap, hingga sunscreen dan serum.

Virtual Reality (VR) di E-Commerce

Selain AR, teknologi VR juga semakin banyak diadopsi oleh e-commerce. IKEA, misalnya, menggunakan teknologi VR pada aplikasi mobile mereka. Konsumen bisa memilih produk furnitur yang disukai, kemudian sistem akan menampilkan gambar yang memposisikan furnitur tersebut di ruangan yang mereka targetkan. Setelah peluncuran teknologi VR, IKEA berhasil meningkatkan pertumbuhan hampir 35% dalam rentang waktu beberapa bulan.

Manfaat Teknologi AR dan VR

Pemanfaatan teknologi VR dan AR tidak hanya meningkatkan pengalaman berbelanja, tetapi juga dapat mengurangi pengembalian barang dari konsumen. E-commerce seperti Shopify membuktikan hal ini dengan berhasil mengurangi produk retur sekitar 40% sejak menggunakan Augmented Reality.

Tantangan di Tahun 2024: AI dan Kebocoran Data Pribadi

Di samping manfaat teknologi AR dan VR, perkembangan teknologi AI juga membawa tantangan tersendiri. Salah satu kekhawatiran terbesar adalah risiko kebocoran data pribadi. Pelaku usaha harus bersiap menghadapi tantangan ini dengan memperkuat sistem keamanan dan memastikan bahwa data pelanggan terlindungi dengan baik.

Kesimpulan

Tren pemasaran di tahun 2024 akan didominasi oleh pemanfaatan teknologi canggih seperti AR, VR, dan AI. Teknologi ini menawarkan banyak manfaat, termasuk peningkatan pengalaman berbelanja dan pengurangan tingkat retur produk. Namun, pelaku usaha juga harus siap menghadapi tantangan seperti kebocoran data pribadi. Dengan mempersiapkan strategi yang tepat, bisnis dapat mengoptimalkan peluang yang ada dan menjaga kepercayaan pelanggan di era digital yang semakin maju.

1717478796

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *