[Update] TP PJOK Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka 2024

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari TP PJOK Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka 2024? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari TP PJOK Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka 2024, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Table of content:


[Hide]
[Show]

PUSAT DAPODIK – TP PJOK atau kepanjangannya Tujuan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka akan dibahas dalam pembahasan dibawah ini. Adapun, Tujuan Pembelajaran ini merupakan istilah baru dalam kurikulum merdeka yang mana pada awalnya disebut dengan KKM (Kriteria Ketercapaian Pembelajaran)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah membuat secara resmi telah membuat perubahan kurikulum yakni dari yang pada awalnya Kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka.

Perlu diketahui, kurikulum merdeka merupakan sebuah kurikulum dengan mengusung pembelajaran intrakurikuler yang sangat beragam. Dimana kontennya akan lebih optimal, tujuannya adalah agar peserta didik tidak mempunyai cukup waktu untuk mendalami konsep serta menguatkan kompetensi kebutuhan belajar serta minat peserta didik.

Sama seperti yang telah disampaikan di atas , perubahan kurikulum ikut berdampak terhadap perubahan istilah dalam perangkat pembelajaran salah satunya KKM K13 (Kriteria Ketercapaian Pembelajaran) menjadi TP (Tujuan Pembelajaran).

Pergantian Istilah Pada Kurikulum Merdeka

  1. Prota
  2. Promes diganti prosem (program semester)
  3. Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran
  4. KI diganti CP (Capaian Pembelajaran)
  5. RPP diganti modul ajar
  6. KD diganti TP (Tujuan Pembelajaran)
  7. KKM diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
  8. IPK diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
  9. PH diganti sumatif
  10. PTS diganti STS (Sumatif Tengah Semester)
  11. Pas diganti SAS (Sumatif Akhir Semester)
  12. Indikator soal diganti dengan indikator asesmen
  13. Penilaian teman sejawat diganti formatif

Adapun, perubahan forman menjadi KKM menjadi KKTP, yaitu sebagai berikut.

Format KKM

  • Nomor urut
  • Kompetensi dasar materi pokok
  • Karakteristik muatan/Mata pelajaran (kompleksitas) 0-100
  • Karakteristik peserta didik (Intake) 0-100
  • Kondisi satuan pendidikan 0-100
  • KBM Per KD (Nilai dan Predikat)

Format KKTP

  • BAB
  • Tujuan pembelajaran
  • Kompleksitas (Tinggi, sedang, rendah)
  • Daya dukung (tinggi, sedang, rendah)
  • Intake (Tinggi, sedang, rendah)
  • Penilaian

TP PJOK Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Sub Elemen Keterampilan Pengembangan Pola Gerak Dasar

1. Mempraktikan Variasi Aktivitas Pola Pengembangan Gerak Dasar

  • Mempraktikkan berbagai macam variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai macam permainan invasi.
  • Mempraktikkan berbagai macam variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai macam permainan net.
  • Mempraktikkan berbagai macam variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif pada berbagai permainan lapangan.
  • Mempraktikkan berbagai macam variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif pada berbagai beladiri.
  • Mempraktikkan berbagai macam variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai macamolahraga atletik.
  • Mempraktikkan berbagai macam variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai macam olahraga tradisional anak Indonesia.

Sub Elemen Keterampilan Aktivitas Gerak Berirama

  • Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor aktivitas gerak berirama.
  • Mempraktikkan pola gerak dasar langkah serta ayunan lengan dengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.

Sub Elemen Keterampilan Aktivitas Senam

  • Mempraktikkan berbagai variasi pola gerak dominan dalam aktivitas senam.
  • Mempraktikkan variasi berbagai macam pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.

Sub Elemen Keterampilan Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (Pilihan)

  • Mempraktikkan gerak dasar satu gaya renang dalam dan aktivitas pilihan permainan dan olahraga air.
  • Mempraktikkan gerak dasar pada salah satu gaya renang.

Materi PJOK Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan)  memiliki tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, aspek pola hidup sehat, dan lainnya

Berikut ini merupakan rangkuman materi PJOK kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka yang dikutip dari buku Buku Panduan Guru PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan), Muhajir, Agus Gunawan (2022).

1. Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor

Pola gerak dasar lokomotor adalah sebagai gerakan atau keterampilan yang menyebabkan tubuh dapat berpindah tempat, dari satu titik ke titik yang lainnya.

Contohnya adalah melompat dan meloncat. Terbagi lagi menjadi beberapa jenis melompat ke depan yakni dengan menggunakan tolakan, gerakan melewati berbagai rintangan, berlari melompati gawang, serta berlari melompati ban.

2. Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor

Contoh gerakan dalam pola gerak dasar dalam PJOK nonlokomotor yaitu mengayun dan membungkuk. Gerakan ayunan dengan gerakan terpisah, perubahan ukuran serta perubahan tingkatan.

3. Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif

Variasi dan kombinasi seperti halnya gerak melempar, menangkap, menendang, serta menahan bola mencakup koordinasi tangan, kaki beserta anggota tubuh lainnya.

Gerak dasar manipulatif merupakan dasar dari terbentuknya kemampuan peserta didik untuk menguasai suatu objek. Biasanya membutuhkan tenaga lebih besar karena melibatkan lebih banyak anggota tubuh.

4. Aktivitas Senam

Pola gerak dominan senam diantaranya seperti bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah, tolakan, putaran, ayunan, serta melayang.

Jadi gerakan ini didasarkan pada terbentuknya suatu keterampilan. Para siswa juga diharapkan mampu mengembangkan nilai-nilai Pancasila yaitu berkolaborasi, kepedulian, meregulasi diri, serta menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Kesimpulan

Itulah kumpulan Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Demikian pembahasannya, semoga informasi yang disampaikan diatas bermanfaat bagi para guru. Khususnya untuk membuat perencanaan pembelajaran dan penilaiannya.

1718085494

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *