[Update] Text Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap (Panjang dan Pendek)

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Text Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap (Panjang dan Pendek)? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Text Bacaan Doa Qunut Subuh Lengkap (Panjang dan Pendek), Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Doa Qunut subuh, Membaca Doa Qunut pada shalat subuh merupakan salah satu persoalan yang sangat populer. Dimana sering kali berkembang di masyarakat, terutama indonesia.

Persoalan ini melahirkan sejumlah perbedaan pendapat antar ulama Fiqih. Beberapa ulama memiliki pendapat bahwa membaca doa ini pada saat shalat subuh merupakan sunnah muakkadah.

Namun dalam hal ini, Qunut yang dijadikan sunah dibedakan menjadi tiga jenis. Diantaranya yang dibaca pada salat subuh, pada salat witir separuh akhir Ramadan , dan juga Qunut nazilah.

Pada pembahasan selanjutnya, kita akan mulai membahas mengenai definisi dari Qunut. Kemudian Dalil-dalil yang membahas qunut, jenis-jenis qunut, manfaat dari doa qunut dan sebagainya dari admin Rekomendasiterbaik.id.

Bacaan Doa Qunut Subuh

Secara istilah Qunut dimaknai sebagai ketaatan yang dilakukan beriringan dengan kerendahan hati. salah satu contoh ketika Allah berfirman kepada Maryam.

Doa qunut didefinisikan juga sebagai sesuatu yang telah diajarkan oleh Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam kepada semua umatnya. Dimana doa tersebut biasa dibacakan pada saat melaksanakan salat subuh.

Atau lebih tepatnya ketika kita melaksanakan rakaat kedua setelah membaca surah pendek. Doa qunnut disusun dari beberapa kalimat yang berisikan pujian-pujian kepada Allah SWT ataupun bisa juga sebuah permohonan ampun, ataupun pertolongan-Nya.

Arab:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Sendiri (Latin):

  • Allaahummahdini fii man hadaiit
  • Wa aafinii fii man aafaiit
  • Wa tawallanii fi man tawallaiit
  • Wa baarik lii fiimaa a’thaiit
  • Wa qinii syarra maa qadhaiit
  • Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik.
  • Wa innahu laa yadzillu maw waalaiit
  • Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit
  • Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait
  • Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit
  • Astaghfiruka wa atuubu ilaik
  • Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Berjamaah (Latin):

  • Allaahummahdinaa fii man hadaiit
  • Wa aafinaa fii man aafaiit
  • Wa tawallanaa fi man tawallaiit
  • Wa baarik lana fiimaa a’thaiit
  • Wa qina syarra maa qadhaiit
  • Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik.
  • Wa innahu laa yadzillu maw waalaiit
  • Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit
  • Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait
  • Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit
  • Astaghfiruka wa atuubu ilaik
  • Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Baiklah sebelum kita masuk ke dalam pembahasan mengenai doa ini. kita akan membahas seputar Apa sih pengertian dari shalat subuh.

Jadi salat subuh didefinisikan sebagai salah satu ibadah fardhu yang memiliki keistimewaan tersendiri. Di mana shalat ini dilakukan ketika akan mendekati terbit fajar.

Pada saat ini suasana masih terbilang tenang dan juga banyak orang yang masih tertidur. Oleh sebab itu salat subuh menjadi salah satu momentum yang tepat untuk kita bisa memanjatkan doa. Kita juga dapat memohon keberkahan kepada Allah SWT.

Maka dari itu doa qunnut dijadikan sesuatu yang sangat penting pada saat melaksanakan salat subuh. Hal tersebut dikarenakan dengan membaca doa ini kita dapat bersyukur, menunjukkan rasa kepasrahan kita, dan memohon perlindungan Allah SWT.

Penjelasan Mengenai Doa Qunut

Dalam prakteknya pengamalan doa ini secara kontinu pada shalat subuh akan memberikan manfaat yang sangat besar. Baik dari sisi religius maupun dari sisi psikologis.

Maka dari itu sangatlah penting untuk kita semua. Memahami dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama pada salat subuh.

Baiklah kita kembali pada definisi dari doa qunut itu sendiri. Di mana dalam istilah fiqih doa qunut merupakan suatu pujian kepada Allah SWT yang dilakukan pada saat tertentu pada shalat.

Di mana doa ini di baca pada saat kita dalam posisi yang i’tidal atau pun berdiri. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam menghadapi berbagai kesulitan dalam memperkenalkan doa qunut ini.

Terutama pada saat awal-awal kenabian di Mekkah. Sebagai seorang muslim memaknai ataupun mencari hikmah dibalik mengamalkannya. Memberikan kita suatu pandangan baru akan pentingnya doa qunut ini dalam ibadah shalat sehari-hari.

Pemaknaan yang demikian dapat kita lakukan dengan cara mengikuti tata cara ataupun pelafalan doa qunut. Yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Di mana kita akan memiliki keimanan yang semakin dalam dan ketaatan yang semakin kokoh sebagai seorang muslim.

Pengamalan doa qunut dalam shalat subuh kita sangatlah penting. Dimana menjadi salah satu cerminan ketotalitasan kita. Dalam menjalankan ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan kerendahan hati kita di hadapan-Nya.

Macam-Macam Doa Qunut

Baiklah teman-teman semuanya dalam praktek ibadah kita sehari-hari ternyata, terdapat tiga macam doa qunut. Tentu kita bingung Mengapa ada tiga jenis doa qunut ?.

Untuk menjawab kebingungan ini, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap juga. Tiga macam jenis doa tersebut secara lebih lengkap dan rinci.

Jadi tiga macam doa qunut yang dimaksud merupakan beberapa bentuk pengamalan dari doa tersebut. Bukan dimaknai sebagai bacaan yang berbeda. Tiga macam doa qunut tersebut umum dikenal sebagai qunut nazilah, qunut subuh dan qunut witir.

Selanjutnya kita akan membahas ketiga jenis doa ini secara terpisah. Agar pemahaman kita tentang jenis-jenis dari doa ini menjadi jauh lebih baik. Berikut inilah ulasannya mohon disimak baik-baik.

1. Qunut Nazilah

Salah satu pengamalan doa qunut yaitu ketika umat muslim menghadapi situasi darurat. Ataupun suatu bencana alam. biasanya doa qunut akan dibacakan, ataupun kondisi lain. seperti terjadi peperangan ataupun juga kondisi krisis lainnya.

Doa Qunut Nazilah merupakan salah satu jenis doa qunut yang diamalkan dengan tujuan memohon perlindungan kepada sang pencipta. Ataupun pertolongan untuk keberkahan ketika menghadapi situasi maupun kondisi tertentu.

Jadi dalam kondisi ini, doa qunut dijadikan sebagai sarana kita dalam memohon kemudahan dan kekuatan. Agar dapat mengatasi semua cobaan ataupun rintangan yang sedang kita hadapi.

2. Qunut Subuh

Baiklah untuk jenis Qunut selanjutnya yaitu Qunut subuh. Jika sebelumnya kita asing dengan sebutan apa itu Qunut nazilah.Maka tidak asing lagi bagi kita untuk Qunut ketika salat subuh.

Yang mana doa qunut jenis ini biasanya dibacakan pada saat kita melaksanakan rakaat kedua dalam salat subuh. Di mana salat subuh sendiri merupakan salah satu salat fardhu yang biasa kita lakukan setiap pagi.

Doa qunut ini selain digunakan sebagai sarana memohon perlindungan dari suatu bencana. Ternyata pengamalan doa qunut dalam shalat fardhu. Dapat juga berfungsi sebagai doa yang bisa membantu kita dalam memohon sebuah keberkahan ataupun hidayah.

Salah satunya juga sebagai sarana perlindungan kepada Allah SWT setiap harinya. Di mana ketika kita membaca doa ini kita sangat berharap agar selalu diberikan kesempatan agar dapat selalu beribadah dengan khusyu.

Serta kita dapat menjalankan berbagai amal sholeh dalam kehidupan sehari-hari. Guna mendapat Ridhonya di dunia maupun di akhirat kelak Amin Allahumma Amin.

3. Qunut Witir

Untuk jenis Qunut yang terakhir yaitu disebut dengan Qunut witir. Jadi doa qunnut ini sering dibacakan pada saat kita melaksanakan shalat witir.

Terutama pada saat kita melaksanakan rakaat ketiga dalam shalat witir. Shalat Witir ini merupakan salah satu salat sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya.

Di mana dalam shalat witir biasanya memiliki jumlah rakaat dengan kelipatan ganjil, misalkan satu rakaat ataupun bisa juga sebelas rakaat.

Kemudian doa qunnut witir sering dibacakan ataupun diamalkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan juga keberkahannya. Untuk memohon segala perlindungan kepada kita dari godaan setan.

Baiklah itulah beberapa penjelasan seputar macam-macam doa qunnut secara umum. Di mana doa qunnut sendiri memiliki tujuan yang sama walaupun dalam pelaksanaannya memiliki cara yang berbeda-beda.

Tujuan dari doa qunut tetaplah untuk sarana permohonan sebuah kebaikan ataupun perlindungan dan juga petunjuk Allah SWT.

Namun tetap di garis bawahi untuk kita semua. Setiap jenis Doa Qunut yang dibahas sebelumnya memiliki konteks dan juga waktu pelaksanaan yang berbeda-beda. Yang tentunya tetap harus diperhatikan sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini kita akan mengulas hal yang tidak kalah pentingnya mengenai doa qunu. Hal tersebut yaitu dalil-dalil dan juga pendapat dari beberapa ulama mengenai pengamalan doa qunut ini dalam kehidupan sehari-hari.

Tentunya semoga dengan adanya pembahasan ini akan bisa membuat kita lebih khusyuk dalam beribadah. Dan juga menjalankan syariat Islam sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Dalil Mengenai Pengamalan Doa Qunut

Ketika kita ingin melaksanakan suatu ibadah. Tentunya kita akan menjalankannya sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memahami dalil-dalil yang berkaitan dengan ibadah tersebut.

Maka dari itu ketika kita ingin mengamalkan doa qunut. Tentu akan lebih baik jika kita memahami dengan seksama. Mengenai dalil-dalil apa yang mendukung ataupun menjelaskan mengenai pengamalan dari doa qunut itu sendiri.

Di mana doa qunut sendiri merupakan salah satu komponen yang paling penting dari salat. Ataupun hal yang sangat dianjurkan untuk diamalkan pada salat Sunnah witir.

Doa qunut juga sering dibacakan selain pada salat witir ataupun pada salat-salat lainnya. Seperti sholat subuh, ataupun pada situasi ataupun kondisi tertentu contohnya pada salat Istisqa atau salat gaib.

Pada pembahasan pertama kita akan mencoba memahami suatu hal. Ternyata doa qunut terdiri dari beberapa versi yang berbeda. hal ini bergantung pada mazhab yang kita ikuti.

Walaupun demikian semua jenis Doa Qunut yang ada sama-sama bersumber dari hadis-hadis Shahih yang diriwayatkan oleh sahabat-sahabat Rasulullah SAW terdahulu.

1. Hadis yang berasal dari An-Nu’man bin Bashir

Dalil yang berkaitan dengan hukum doa qunut salah satunya dilandaskan oleh sebuah hadits. Hadist dari An-Nu’man bin Bashir, yang telah diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah dan juga Ahmad.

Di mana dalam hadis ini, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda. Yang artinya jika di Bahasakan dalam bahasa Indonesia yaitu shalat witir merupakan hak (hukumnya fardhu).

Oleh sebab itu barangsiapa yang tidak mau melaksanakan salat tersebut maka dia tidak termasuk dalam golongan kita.

2. Hadits dari Ubay bin Ka’ab

Landasan dalil yang berbeda yang dijadikan dasar pengamalan doa qunut. Salah satunya yaitu hadis yang telah diriwayatkan oleh Ubay Bin Ka’ab.

hadis ini menjelaskan bahwa Rasulullah SAW telah mengajarkan tata cara membaca doa qunut yang benar. Di mana hadis tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi yang dapat diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai berikut

Dari Ubay Bin Ka’ab ataupun dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam menjelaskan bahwasanya. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam telah membaca doa qunut ketika melaksanakan shalat Witir sebelum ruku.

Dari penjelasan dua dalil yang mendasari hukum mengenai pengamalan doa qunut yang telah dijelaskan di atas.

Dapat kita simpulkan bersama bahwa. Doa qunut adalah komponen yang sangat penting dalam melaksanakan shalat Witir dan juga dianjurkan untuk selalu dibaca.

Selain dari itu juga ada beberapa perbedaan dalam pelafalan doa qunut yang tentunya berasal dari pembahasan hadis-hadis yang lain.

Namun secara garis besar semua versi bacaan tersebut memiliki tujuan yang satu. Tujuannya yaitu menjadi sarana memohon petunjuk serta perlindungan dan kebaikan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

5 Manfaat Dari Keutamaan Membaca Doa Qunut

Ternyata Pengamalan dari doa qunnut ketika melaksanakan shalat witir ataupun shalat subuh merupakan suatu hal yang sangat penting. Banyak orang berpikir semua hal tersebut hanyalah suatu kegiatan spiritual saja.

Di balik itu semua terdapat beberapa khasiat ataupun manfaat. Yang bisa kita rasakan dan juga kepada orang-orang yang selalu membaca doa qunnut. Beberapa manfaat tersebut akan kita bahas pada poin ini secara lebih mendetail, berikut ulasannya.

1. Dapat Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Dengan kita sering mengamalkan doa qunut ketika melaksanakan salat. Tanpa kita sadari kita telah merasakan kekhusyukan yang sangat mendalam ataupun juga kedekatan kepada sang pencipta.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan dengan membaca doa tersebut. Kita secara tidak sadar telah meminta permohonan ampun perlindungan atau pun juga pertolongan kepada Allah SWT.

Tentunya impian kita adalah ingin selalu merasa dekat kepada Allah SWT. Dan juga dapat terus berkomunikasi dengan baik dan memohon rahmat serta lindungannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian juga dalam konteks spiritual pelaksanaan membaca doa qunnut dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkuat iman kita selaku umat Islam.

2. Sarana Memohon Petunjuk dan Hikmah Kepada Allah SWT

Selain sebagai upaya pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Membaca doa qunnut dapat dijadikan sebagai sarana untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT.

Dimana ketika kita melafalkan doa ini. Harapan besar kita adalah kita dapat melangkah dengan arah yang tepat dalam meniti kehidupan ini.

Tentunya sebagai umat Islam kita beriman bahwa hanya Allah lah Tuhan satu-satunya yang bisa memberikan kita petunjuk. Jalan yang benar untuk mengingat bahwa dialah sang Maha Mengetahui segala sesuatu. Baik hal yang ada di langit dan di bumi ini.

Oleh sebab itu membaca doa qunnut menjadi salah satu upaya kita untuk mendapatkan support spiritual. Agar bisa menyelesaikan segala rintangan ataupun tantangan dalam menjalani hidup ini dengan lebih bijak.

3. Mendapatkan Kebaikan Di Dunia dan Akhirat

Jika kita mengulas kembali makna dari doa qunnut sendiri. Mencakup beberapa hal yang terdiri dari salah satunya yaitu permohonan agar kita semua diberikan keberkahan. Kebaikan ketika hidup di dunia maupun di akhirat kelak.

Dengan doa ini kita semua telah berharap dapat meraih kesuksesan yang sempurna di dunia. Sekaligus mencapai kebahagiaan setelah kematian yaitu di akhirat.

Oleh sebab itu, membaca doa qunnut sangatlah efektif. Untuk dilakukan guna mempererat hubungan ataupun relasi kita kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.

Sekaligus dapat menjadikan pelajaran bagi kita semua untuk bersikap optimis. Dalam menghadapi seluruh tantangan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

4. Meningkatkan Kualitas Shalat Kita

Salah satu peran penting dari doa kuno diantaranya adalah dapat meningkatkan kualitas dan kualitas dari shalat yang kita laksanakan.

Dimana pada saat doa ini kita lafazkan kita menjadi lebih fokus dan juga khusyuk dalam melaksanakan shalat. Kita dapat memahami bacaan-bacaan sholat setiap gerakannya dengan lebih mendalam dan juga menciptakan ketenangan dalam jiwa kita semua.

Kemudian doa qunut juga menjadi pelajaran penting bagi kita. Untuk bisa menjadi hamba yang memiliki rasa syukur dari kebutuhan yang telah Allah berikan.

Serta kita juga diajak untuk selalu mengingat dan juga merenungi segala kuasa dan kebesaran Allah SWT. Yang berdampak pada kita akan semakin semangat untuk menjaga kualitas shalat kita yang akan berdampak baik secara spiritual kita.

5. Mendapatkan Ketenangan Hati dan Jiwa

Manfaat dari membaca doa qunut yang terakhir adalah kita dapat merasakan ketenangan ataupun rasa damai. Di dalam hati kita semua yaitu dalam melaksanakan shalat.

Serta dapat menjaga hubungan tetap harmonis kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jika ini dilaksanakan secara rutin. Dalam hal ini rutin melantunkan doa qunut pada saat shalat. Kita akan merasakan kedamaian batin yang sebelumnya tidak pernah kita rasakan.

Hal ini tentu akan berdampak positif bagi kualitas hidup kita semua. Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan ketika kita mengamalkan doa qunut dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga beberapa penjelasan di atas menjadikan motivasi yang besar bagi kita semua. Untuk terus istiqomah dalam beribadah kepada Allah agar kita semua mendapatkan Ridhonya hingga akhir hayat nanti.

FAQ

1. Apa hukum secara umum membaca Doa Qunut ketika sholat subuh ?

Secara umum membaca doa qunut hukumnya adalah sunnah. Dan juga berkaitan dengan pelaksanaannya ketika shalat subuh telah dijelaskan sebelumnya. Pada bagian macam-macam dari doa qunut yaitu telah disebutkan adanya Qunut subuh.

2. Apakah boleh tidak membaca doa Qunut ketika sholat subuh ?

Karena hukum membaca doa qunut ketika shalat subuh ataupun shalat lainnya adalah sunnah. Maka ketika kita lupa mengamalkannya ataupun tidak melaksanakannya tidaklah menghasilkan dosa.

Karena sifatnya yang tidak wajib, itupun sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya.

3. Bagaimana ketika kita diimami oleh seorang yang tidak membaca Doa Qunut dalam shalat sedangkan kita selalu membacanya ?

Ketika kita berada pada kondisi menjadi makmum oleh seorang Imam. Di mana Imam tersebut tidak membaca doa qunut sedangkan kita biasanya membaca.

Maka beberapa ulama sepakat keutamaan ketika kita melaksanakan salat berjamaah adalah mengikuti imam.

Itulah sederet penjelasan mengenai persoalan membaca ataupun mengamalkan doa qunnut dalam kehidupan sehari-hari baik dalam salat ataupun dalam keadaan tertentu.

Semoga ilmu yang telah kita bahas pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan juga dapat menambah wawasan kita. Mengenai doa qunut yang mungkin banyak dari kita masih bingung dalam menyikapi perbedaan-perbedaan yang terjadi di sekeliling kita.

Namun Jangan khawatir dengan adanya artikel ini mudah-mudahan menjadi salah satu referensi bagi kita semua untuk bisa bersikap dalam bermasyarakat.

Akhir kata jika ada salah kata ataupun ucapan yang kurang berkenan saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sampai jumpa di pembahasan-pembahasan menarik lainnya saya ucapkan terima kasih.

1701840403

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *