[Update] Terbaru!! Berikut Bocoran Tentang Seleksi CPNS Dan PPPK 2024

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Terbaru!! Berikut Bocoran Tentang Seleksi CPNS Dan PPPK 2024? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Terbaru!! Berikut Bocoran Tentang Seleksi CPNS Dan PPPK 2024, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Table of content:


[Hide]
[Show]

pusat Dapodik – Hai, para pejuang ASN! Kabar gembira buat kalian yang sudah menunggu-nunggu informasi terbaru mengenai seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024. Tahun ini, seleksi CPNS dan PPPK akan mengalami beberapa perubahan penting yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak bocoran terbarunya di bawah ini!

1. Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Banyak yang bertanya-tanya, kapan sih jadwal seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dimulai? Berdasarkan informasi yang kami terima, pendaftaran seleksi akan dibuka pada pertengahan tahun 2024. Proses pendaftaran ini biasanya berlangsung selama satu bulan. Setelah pendaftaran ditutup, tahapan seleksi akan dimulai, mencakup seleksi administrasi, ujian kompetensi dasar (SKD), dan ujian kompetensi bidang (SKB) bagi CPNS, serta tes kompetensi teknis dan wawancara bagi PPPK.

Perkiraan Jadwal:

  • Pendaftaran: Juni – Juli 2024
  • Seleksi Administrasi: Juli – Agustus 2024
  • SKD dan SKB (CPNS): Agustus – September 2024
  • Tes Kompetensi Teknis dan Wawancara (PPPK): Agustus – September 2024

2. Kuota dan Formasi CPNS dan PPPK 2024

Kabar baik bagi kamu yang sudah menanti-nantikan kuota seleksi CPNS dan PPPK 2024. Pemerintah telah menetapkan kuota yang cukup besar untuk tahun ini, mengingat kebutuhan tenaga kerja di berbagai sektor pemerintahan.

Diperkirakan akan ada ribuan formasi yang dibuka untuk berbagai bidang, mulai dari tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, hingga tenaga teknis lainnya. Pemerintah juga akan fokus pada formasi-formasi yang mendukung program prioritas nasional, seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan, dan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

3. Persyaratan Umum dan Khusus

Bicara soal persyaratan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Persyaratan umum untuk mendaftar CPNS dan PPPK 2024 meliputi:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun untuk CPNS, serta 40 tahun untuk PPPK
  • Tidak pernah terlibat dalam tindak pidana
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang dilamar

Selain persyaratan umum, ada juga persyaratan khusus tergantung pada formasi yang kamu pilih. Misalnya, untuk formasi tenaga kesehatan, kamu harus memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang yang dilamar.

4. Proses Seleksi yang Lebih Transparan

Tahun ini, pemerintah berkomitmen untuk membuat proses seleksi lebih transparan dan adil. Salah satu caranya adalah dengan memperketat pengawasan dan menerapkan sistem seleksi berbasis komputer (Computer Assisted Test atau CAT) yang telah terbukti mengurangi kecurangan dan meningkatkan akurasi penilaian.

5. Tips dan Trik Lolos Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Nah, untuk kamu yang ingin lolos seleksi CPNS dan PPPK 2024, berikut beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba:

  • Persiapkan Diri dengan Matang: Mulailah belajar dari sekarang. Banyak bahan belajar dan simulasi CAT yang tersedia secara online. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mempersiapkan diri.
  • Pahami Materi Ujian: Pelajari kisi-kisi materi ujian SKD dan SKB untuk CPNS serta tes kompetensi teknis dan wawancara untuk PPPK. Fokus pada materi yang sering keluar dalam ujian tahun-tahun sebelumnya.
  • Ikuti Bimbingan Belajar: Jika memungkinkan, ikuti bimbingan belajar atau pelatihan khusus yang diselenggarakan oleh lembaga terpercaya. Ini bisa membantu kamu memahami strategi menjawab soal dengan efektif.
  • Tetap Tenang dan Percaya Diri: Saat hari ujian tiba, usahakan tetap tenang dan percaya diri. Jangan biarkan rasa gugup mengganggu konsentrasi kamu.

6. Kebijakan Khusus untuk Daerah Tertentu

Tahun ini, pemerintah juga memberikan perhatian khusus pada daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Bagi kamu yang ingin mendaftar di daerah 3T, ada beberapa kebijakan khusus yang akan mempermudah proses seleksi, seperti tambahan poin untuk putra-putri daerah dan alokasi formasi khusus.

7. Sistem Penggajian dan Tunjangan

Satu lagi yang tidak kalah penting adalah informasi mengenai sistem penggajian dan tunjangan bagi CPNS dan PPPK. Pemerintah telah menjanjikan peningkatan kesejahteraan bagi ASN, termasuk kenaikan gaji pokok dan berbagai tunjangan, seperti tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, dan tunjangan transportasi. Selain itu, PPPK juga akan mendapatkan hak yang hampir setara dengan PNS, termasuk jaminan kesehatan dan jaminan hari tua.

8. Contoh Kasus dan Pengalaman Sukses

Mendengar cerita sukses dari mereka yang telah berhasil melewati seleksi CPNS dan PPPK bisa menjadi motivasi tersendiri. Salah satu contohnya adalah Andi, seorang tenaga kesehatan yang berhasil lolos seleksi CPNS tahun lalu. Dia berbagi bahwa kunci suksesnya adalah konsistensi dalam belajar dan rajin mengikuti simulasi ujian.

Andi juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental selama persiapan. “Jangan lupa untuk berolahraga dan cukup istirahat. Persiapan yang matang juga harus diimbangi dengan tubuh yang sehat,” ujarnya.

9. Sumber Belajar dan Referensi

Buat kamu yang masih bingung mencari referensi belajar, berikut beberapa sumber yang bisa kamu manfaatkan:

  • Website Resmi Pemerintah: Informasi resmi mengenai seleksi CPNS dan PPPK biasanya diumumkan melalui website Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
  • Forum dan Grup Diskusi: Bergabunglah dengan forum atau grup diskusi online yang membahas seleksi CPNS dan PPPK. Di sana kamu bisa bertukar informasi dan mendapatkan tips dari sesama peserta.
  • Buku dan Modul: Banyak buku dan modul yang khusus membahas persiapan seleksi CPNS dan PPPK. Pilih yang terbaru dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

10. Kesimpulan

Seleksi CPNS dan PPPK 2024 merupakan kesempatan emas bagi kamu yang ingin berkarir sebagai aparatur sipil negara. Dengan persiapan yang matang, memahami persyaratan dan prosedur, serta memanfaatkan sumber belajar yang ada, kamu bisa meningkatkan peluang untuk lolos seleksi. Ingatlah bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Selamat berjuang dan semoga sukses!

Jangan lupa untuk terus memantau informasi terbaru mengenai seleksi CPNS dan PPPK 2024. Tetap semangat dan percaya bahwa impianmu menjadi ASN bisa terwujud. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

1717651232

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *