[Update] Susunan Upacara 17 Agustus 2023 di Sekolah, Instansi dan Desa

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Susunan Upacara 17 Agustus 2023 di Sekolah, Instansi dan Desa? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Susunan Upacara 17 Agustus 2023 di Sekolah, Instansi dan Desa, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Ketika kita tiba di hari kemerdekaan, pastinya kita akan di peringati dengan upacara bendera yang tentu saja akan di laksanakan secara besar. Apabila pembaca bertugas sebagai salah satu pembawa upacara, maka pastinya harus tahu tentang Susunan Upacara 17 Agustus yang akan di laksanakan nanti.

Tentu saja upacara bendera ini memang wajib banget di lakukan ya. Karena ini merupakan salah satu hal yang bersejarah sekali. Makanya upacara yang akan di laksanakan nanti ini tidak boleh main – main. Jadi, upacara 17 Agustus ini tentu saja di laksanakan setahun sekali ya.

Memang wajib banget untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia salah satunya dengan pelaksanaan upacara bendera ini. Tentu saja ini merupakan salah satu bentuk menghargai dan juga menghormati sebagai bangsa Indonesia. Makanya upacara ini nantinya harus di lakukan dengan hikmat.

Nah, oleh sebab itulah agar nantinya bisa merasakan kenikmatan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini, maka Susunan Upacara 17 Agustus ini juga harus di buat dengan benar dan jelas. Bagi yang masih bingung dengan susunan upacaranya ini, maka simak saja ulasan berikut.

Berikut Ini Contoh Susunan Upacara 17 Agustus 2023

Setiap tahun tepatnya pada tanggal 17 Agustus ini memang seluruh masyarakat Indonesia wajib mengikuti upacara yang di selenggarakan. Tentu saja ini salah satu upacara penting karena memang hanya di lakukan setahun sekali. Makanya masyarakat di himbau untuk mengikuti upacara tersebut.

Tentu saja upacara yang di laksanakan ini tidak main – main ya, pasalnya upacara tersebut memang telah di selenggarakan mulai dari lingkungan sekolah, kecamatan, RT dan RW serta di Istana Negara. Maka dari itulah upacara ini harus di susun secara khusus agar nantinya bisa berjalan dengan hikmat.

Dengan begitu untuk menyusun upacara ini tentu saja harus lebih di teliti ya jangan sampai salah. Mungkin masih banyak sekali orang yang bingung dengan Susunan Upacara 17 Agustus ini. Sehingga kini banyak yang mencarinya di internet untuk bisa menyusun acaranya dengan baik dan benar.

Karena ini acara yang begitu penting sekali sebagai salah satu kehormatan kita untuk menghargai para pahlawan yang telah mendahului kita untuk merebut kemerdekaan Indonesia ini. Adapun Susunan Upacara 17 Agustus 1945 yang harus di ketahui bisa simak langsung saja di bawah ini.

  1. Pemimpin upacara telah memasuki lapangan upacara;
  2. Pembina upacara telah tiba di lapangan upacara;
  3. Penghormatan kepada pembina upacara;
  4. Laporan pemimpin upacara;
  5. Pengibaran bendera Merah Putih serta diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang di pandu oleh korsik/paduan suara;
  6. Mengheningkan cipta akan dipimpin kepada pembina upacara;
  7. Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh semua peserta upacara;
  8. Pembacaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  9. Amanat pembina upacara;
  10. Pembacaan doa. Sebelum pembacaan doa, diharapkan kepada petugas pembaca doa untuk menjelaskan bahwa doa upacara dibacakan secara agama Islam, maka dari itu pembawa acara harus mempersilakan kepada peserta upacara yang bukan beragama Islam untuk bisa berdoa saja sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
  11. Laporan pemimpin upacara;
  12. Penghormatan kepada pembina upacara;
  13. Pembina upacara meninggalkan lapangan upacara;
  14. Upacara selesai, barisan dibubarkan

Itu merupakan salah satu Susunan Upacara 17 Agustus 2023 Kemendikbud. Jadi, bagi para pembawa acara bisa membacanya dengan baik dan benar untuk bisa memperlancar upacara tersebut.

Tata Tertib Untuk Mengikuti Upacara 17 Agustus

Untuk mengikuti Upacara 17 Agustus ini tentu saja tidak boleh sembarangan ya. Karena ini salah satu upacara yang cukup istimewa sekali. Karena upacara ini di selenggarakan sebagai salah satu menghormati para pahlawan kita yang telah mendahului kita untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Oleh sebab itulah kita juga harus menghormatinya, salah satunya dengan mengikuti Upacara 17 Agustus ini. Nah, kalau sudah tahu apa saja susunan yang akan bisa di lakukan saat upacara nanti, maka kini perlu mengetahui apa saja tata tertib Upacara 17 Agustus yang akan bisa di lakukan.

Makanya jangan sembarangan ya kalau ingin mengikuti Upacara 17 Agustus yang penting ini. Mungkin kini masih banyak yang belum tahu kan apa saja tata tertib yang harus di lakukan saat pengibaran bendera 17 Agustus ini? Tentu saja masih banyak orang yang melanggar tata tertibnya.

Oleh sebab itu makanya bisa persiapkan saja diri dari sekarang untuk mengikuti Upacara 17 Agustus ini dengan adanya tata tertib yang telah di tetapkan bersama. Lalu apa saja sih tata tertib yang harus di terapkan untuk mengikuti Upacara 17 Agustus ini?Simak saja di bawah ini.

  • Untuk yang pertama usahakan menggunakan pakaian yang rapi dan bersih serta memasukkan baju ke dalam celana
  • Menggunakan seragam yang lengkap sesuai dengan yang telah di tentukan
  • Peserta upacara wajib datang secara tepat waktu, apabila upacara di selenggarakan pukul 07.00 WIB, maka para peserta harus sudah hadir setengah jam sebelum upacara dimulai
  • Ketika upacara telah dimulai, maka para peserta juga harus berdiri dengan tegak
  • Selanjutnya, para peserta upacara juga harus bersikap khidmat dan tidak mengobrol saat upacara di berlangsungkan
  • Para peserta juga dihimbau untuk mendengarkan segala arahan yang di berikan dan dengarkan dengan khidmat apa yang telah di sampaikan oleh pembina upacara masing – masing
  • Peserta upacara juga harus mengikuti upacara dengan tertib, artinya para peserta harus mengikuti semua kegiatan upacara yang telah di selenggarakan dari awal hingga berakhirnya upacara

Pembacaan Teks Pancasila Saat Upacara 17 Agustus

Ketika kita melaksanakan upacara, maka tentu saja pembacaan teks Pancasila ini tidak boleh terlewatkan ya. Karena ini merupakan salah satu teks yang paling penting sekali. Oleh sebab itulah Teks Pancasila ini selalu di bacakan pada saat melaksanakan upacara termasuk pada tanggal 17 Agustus ini.

Karena Teks Pancasila adalah dasar falsafah negara Republik Indonesia yang telah di cantumkan pada Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pancasila merupakan ideologi negara yang menggambarkan nilai-nilai dasar yang harus dipegang teguh oleh bangsa Indonesia.

Maka dari itulah saat melakukan upacara jangan sampai terlewatkan pembacaan Teks Pancasila ini ya. Maka dari itulah silahkan untuk memperhatikan lagi susunan upacara yang nantinya akan di laksanakan. Nah, untuk pembacaan teks Pancasila bisa langsung dilihat saja di bawah ini.

  • Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  • Sila Ketiga: Persatuan Indonesia
  • Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  • Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Teks ini menggambarkan lima sila yang menjadi dasar pemikiran dan nilai-nilai bangsa Indonesia. Pancasila merupakan pijakan untuk menyelenggarakan pemerintahan, menjalankan kebijakan, dan membangun negara Indonesia berdasarkan nilai-nilai luhur tersebut. Setiap sila memiliki arti dan makna penting dalam membentuk karakter dan identitas bangsa.

Begini Susunan Acara Lomba 17 Agustus Hari Kemerdekaan Indonesia

Setelah melakukan kegiatan upacara yang wajib di lakukan pada tanggal 17 Agustus, maka pastinya semua masyarakat Indonesia juga berlomba – lomba ingin mengikuti kegiatan lomba yang bisanya di lakukan antar kecamatan atau antar RT. Tentu saja ini salah satu bentuk untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Pastinya memang banyak sekali para masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Karena memang akan ada berbagai macam lomba yang tentunya akan di selenggarakan sesuai dengan tempat masing – masing. Pastinya pada ingin mengikuti lombanya juga bukan?

Tentu saja lomba yang di selenggarakan ini tidak sembarangan juga ya, karena memang ada susunan lomba yang perlu di ketahui agar nantinya perlombaan akan bisa di laksanakan dengan lancar.

Lalu bagaimana Susunan Acara Lomba 17 Agustus ini? Nah, pastinya masih merasa bingung untuk susunan acara lomba 17 Agustus yang nantinya akan di selenggarakan ini bukan? Apabila masih merasa bingung, maka bisa langsung simak saja yuk susunannya berikut ini.

1. Pembukaan dan Sambutan:

  • Pembukaan oleh MC (Master of Ceremony).
  • Sambutan pembuka oleh pihak penyelenggara atau pejabat setempat.

2. Pengibaran Bendera Merah Putih:

  • Pasukan pengibar bendera memasuki lapangan dengan langkah khusus dan membawa bendera Merah Putih.
  • Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

3. Pidato Singkat:

  • Pidato singkat mengenai arti pentingnya Hari Kemerdekaan dan semangat nasional oleh seorang perwakilan peserta.

4. Lomba dan Aktivitas:

  • Lomba makan kerupuk.
  • Lomba balap karung.
  • Lomba tarik tambang.
  • Lomba lari karung.
  • Dll

5. Pertunjukan Seni dan Budaya:

  • Tarian daerah oleh kelompok siswa.
  • Pementasan drama pendek mengenai sejarah kemerdekaan.

6. Lomba Pakaian Nasional:

  • Lomba berpakaian dengan tema nasional.

7. Lomba Mewarnai atau Menggambar:

  • Lomba mewarnai atau menggambar dengan tema kemerdekaan.

8. Lomba Bernyanyi atau Karaoke:

  • Lomba bernyanyi lagu-lagu patriotik atau lagu daerah.

9. Lomba Keterampilan:

  • Lomba menganyam, merajut, atau membuat kerajinan tangan dengan tema nasional.

10. Lomba Olahraga Tradisional:

  • Lomba lompat tali.
  • Lomba tarik tambang.

11. Lomba Baris-Berbaris:

  • Lomba baris-berbaris dengan kreativitas dan semangat.

12. Pemberian Hadiah dan Penghargaan:

  • Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah untuk setiap lomba.

13. Doa Bersama:

  • Doa bersama untuk mendoakan keberkahan dan kemajuan bangsa.

14. Pemutaran Film atau Dokumenter:

  • Pemutaran film atau dokumenter tentang sejarah dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

15. Penutup:

  • Sambutan penutup dan ucapan terima kasih dari pihak penyelenggara.

Nah, jadi itu dia Susunan Upacara 17 Agustus beserta susunan acar lombanya yang perlu di ketahui. Jadi silahkan meriahkan saja acara kemerdekaan Indonesia ini pada tanggal 17 Agustus ini ya. Jangan sampai terlewatkan juga dengan lomba – lomba yang akan di selenggarakan pada tiap daerah masing – masing.

Baca Juga :

1700442679

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *