[Update] Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Rekomendasiterbaik.id – Ketahui kelebihan HP Vivo Y30 sebelum membeli ponsel baru. Selain itu, cari tahu dulu spesifikasi dan harganya.

Vivo kerap mengeluarkan produk ponsel baru di pasar global maupun pasar Indonesia. Deretan rekomendasi HP produksi mereka pun semakin bertambah. Tidak usah khawatir soal kualitas, karena Vivo sangat memerhatikan build quality dari produk elektroniknya.

Salah satu ponsel produksi Vivo yang tidak kalah berkualitas adalah Vivo Y30. Di dalamnya, sudah banyak tersedia fitur unggulan untuk memudahkan penggunanya.

Walaupun begitu, HP Y30 tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Kira-kira apa saja? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Tabel Spesifikasi HP Vivo Y30

Dimensi

Ketebalannya 9,1 mm

Bobot seberat 197 gram

Layar

6,47 inci IPS LCD HD+

Layar sentuh kapasitif

Chipset

MediaTek Helio P35

CPU Octa-core kecepatan hingga 2.3 GHz

Funtouch OS 10.

Memori

RAM 4 GB

Memori internal 128GB

Kamera depan

8 MP

Kamera belakang

13 MP (utama) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (makro) + 2 MP (depth).

Baterai

5000 mAh

Tidak mendukung fast charging

SIM

Dual Nano SIM dengan slot microSD

Fitur lain

Fingerprint, Wifi, Bluetooth, USB-C, dan lainnya

Warna

Moonstone White, Emerald Black

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari ponsel Vivo seri Y30. Ini demi bisa memberikan gambaran mengenai kemampuan dari ponsel tersebut.

Kelebihan

Desain Cantik

Bagi sebagian orang, estetika sama pentingnya dengan spesifikasi perangkat keras. Sebagai keluaran HP Vivo, ponsel ini juga memiliki bodi yang apik. Vivo Y30 sendiri memiliki bodi dengan kamera belakang yang disusun secara vertikal dari pojok kiri atas. Tetapi, desain dari modul kamera tidaklah rata.

Sementara model smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni Moonstone White dan Emerald Black. Dalam versi hitamnya, pengguna bisa melihat “cahaya” pada bodi yang seolah terpancar dari kamera saat terkena sinar.

Selain itu, pilihan warna putihnya juga menarik, karena merepresentasikan efek gelombang cahaya saat melihat ponsel dari sudut yang berbeda. Adapun bodi belakang dan bingkai terbuat dari material plastik. Jadi bisa lebih bebas dari bekas sidik jari.

Layar Sudah HD Plus

Adapun kelebihan HP Vivo Y30 ada pada sektor layarnya. Display smartphone ini berukuran 6.47 inci dan masih setia dengan panel IPS LCD.

Desain dari layar menggunakan konsep Ultra O screen dengan rasio ke bodi sekitar 90,7 persen untuk membuat layar semakin lega. Belum cukup, resolusi dari display sudah HD Plus untuk meningkatkan pengalaman multimedia menjadi lebih maksimal.

Punya Kamera AI yang Andal

Karena kebutuhan fotografi semakin meningkat, maka para vendor HP juga meningkatkan berbagai komponen kameranya. Hal ini juga terjadi pada Vivo Y30. Mereka memberikan kamera AI yang cukup andal dalam mengambil gambar. Adapun lensa tersebut terletak di belakang ponsel.

Kamera AI yang dihadirkan HP Vivo Y30 itu memiliki kekuatan berupa 13 MP. Bahkan, kamera tersebut menjadi lensa utamanya. Selain AI, ada juga lensa ultrawide dengan kekuatan 8 MP yang mampu mengambil gambar dalam sudut pandang yang lebih luas.

Akan tetapi konfigurasi kameranya juga bukan itu saja. Smartphone tersebut juga menghadirkan sensor lain di bagian punggungnya, seperti lensa makro dan depth dengan ukuran kekuatan masing-masing 2 MP untuk menghasilkan foto bokeh dan close up yang mendetail. Keempatnya disusun rapi di dalam sebuah modul berbentuk persegi panjang.

RAM Besar

Vivo Y30 tidak hanya bagus dalam hal kamera, tetapi juga memiliki penyimpanan internal dan RAM dalam berkapasitas besar. Hal ini agar pengoperasian bisa berjalan lancar bagi pengguna saat melakukan banyak kegiatan. Sebab, RAM yang berkapasitas kecil dapat menyulitkan pengguna karena membutuhkan waktu lebih lama untuk membuka aplikasi di ponsel. Selain itu, program yang sudah ditutup akan mengulang dari awal saat dibuka kembali.

Vivo Y30 sendiri hanya memiliki satu varian RAM dan penyimpanan internal. Perangkat ini memiliki RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Adapun storage-nya sudah menggunakan teknologi eMMC 5.1 dan dapat diperbesar menggunakan microSD. Dengan kapasitas memori yang besar, hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Vivo Y30. Apalagi, harga yang ditawarkan juga masih terjangkau.

Baterai Awet

Kelebihan HP Vivo Y30 selanjutnya adalah mengenai baterainya yang awet. Vivo menghadirkan kapasitas yang cukup besar pada produknya, yakni 5000 mAh. Hal ini agar bisa dipakai seharian.

Namun walaupun klaimnya bisa bertahan seharian, apakah kenyataannya benar demikian? Vivo sendiri mengklaim bahwa baterainya itu mampu dipakai hingga 27 hari jika dibiarkan dalam keadaan stand by.

Akan tetapi berdasarkan hasil pengetesan yang dilakukan oleh PhoneYear di YouTube-nya, smartphone tersebut bertahan dalam waktu 14 jam dan 12 menit untuk memutar video dalam kondisi WiFi mati, volume penuh, dan pencahayaan yang diatur hingga 50 persen.

Selain itu, ponsel ini menghabiskan daya hingga 33 persen setelah digunakan seharian memainkan beberapa media sosial, seperti Instagram, TikTok, SoundCloud, hingga bermain game selama kurang lebih empat jam.

Masih Punya Fitur Audio Jack

Bagi pengguna yang masih setia dan lebih nyaman dalam menggunakan earphone berkabel, pasti akan suka dengan HP Vivo Y30. Sebab, ponsel ini masih menyediakan audio jack. Kebanyakan vendor memutusakn untuk memangkas fitur ini karena ingin membuat bodi menjadi lebih tipis atau menurunkan harga.

Tetapi hilangnya fitur ini justru disayangkan oleh pengguna yang belum terbiasa dengan wireless earphone. Apalagi harga dari earphone tanpa kabel ini juga terbilang agak mahal. Selain masih memiliki jack audio, bodi Vivo Y30 juga sudah menunjang port USB tipe C guna mengisi daya atau mengirim data.

Kekurangan

Belum Menggunakan Panel Layar OLED

Untuk menawarkan pengalaman bermain game dan memutar video sebaik mungkin, ponsel memerlukan konfigurasi layar OLED atau AMOLED. Ini karena panel IPS LCD masih memancarkan cahaya hitam sehingga tidak bisa menghasilkan kontras warna seperti pada display berpanel OLED.

Selain itu, panel tersebut juga bisa lebih hemat daya karena bisa mengaktifkan dark mode di dalamnya. Sayangnya, Vivo Y30 yang beredar di pasaran masih menggunakan panel IPS di layarnya. Sebenarnya ini bukan hal baru, mengingat panel IPS LCD banyak ditemukan di antara HP entry level.

Namun sayang sekali dengan layarnya yang belum menggunakan OLED. Padahal, Vivo S1 yang berada di kisaran harga yang sama ini sudah menggunakan panel Super AMOLED.

Layar Tidak Terlindungi dengan Antigores

Selain itu, layar dari HP Vivo Y30 juga belum terlindungi dengan kaca antigores. Padahal komponen tersebut bisa menghindari kemungkinan layar retak atau pecah ketika terjatuh. Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan karena di harga dan kelas yang sama, pesaingnya sudah mendapatkan perlindungan berupa kaca Corning Gorilla Glass 5. Walaupun begitu, pengguna bisa mengakalinya dengan membeli antigores secara terpisah.

Kinerja Mesin Kurang Optimal

Masalah kinerja mesin ternyata menjadi salah satu kekurangan dari Vivo Y30. Diketahui mesinnya ditenagai oleh MediaTek Helio P35 yang memiliki kemampuan setara dengan Snapdragon 625. Tetapi ternyata pada seri Y30, chipsetnya terasa kurang optimal.

Saat dipakai untuk bermain game agak berat seperti PUBG Mobile menggunakan grafik Balane, pengguna hanya bisa memilih setelan frame rate maksimal pada Medium. Selebihnya akan membuat frame drop.

Tidak Mendukung Fitur Pengisian Cepat

Baterai dengan kapasitas besar memang diperlukan, namun pengguna lebih menyukainya jika baterai dapat diisi ulang tanpa menghabiskan banyak waktu. Hal ini menjadi hal yang cukup bermasalah bagi pengguna Vivo Y30. Pasalnya, ponsel ini tidak memiliki fitur fast charging.

Alhasil, Vivo Y30 hanya bisa diisi dengan charger standar 10 W. Mengisi daya Vivo Y30 dari nol hingga penuh membutuhkan waktu setidaknya 3 jam 33 menit. Waktu tersebut tentu cukup lama menurut standar HP saat ini. Bahkan apabila dibandingkan dengan Vivo Y50, ponsel itu justru lebih unggul dari Vivo Y30 karena sudah mendukung fast charging 18W.

Harga HP Vivo Y30 Terbaru 2023 di Indonesia

Adapun saat rilis pada 2020, ponsel ini datang dengan harga mulai dari Rp2,6 jutaan. Namun seiring berjalannya waktu, smartphone itu sudah turun harga. Di marketplace Blibli misalnya, perangkat tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,9 jutaan. Akan tetapi harga yang tertera bisa berubah sewaktu-waktu.

Pembelian tersebut bisa dilakukan di berbagai marketplace, karena pada website maupun marketplace Vivo, seri Y30 sudah tidak lagi tersedia. Alhasil, pengguna perlu membelinya di didistributor.

Itulah rangkuman mengenai ponsel atau HP Vivo Y30 beserta kelebihan dan spesifikasi serta harganya. Jadi tertarik untuk membelinya atau lebih memilih untuk mencari yang lain? Apapun pilhannya, lakukan pembelian sesuai kebutuhan dan budget ya! Selamat berbelanja!

Baca Juga:

1718265371

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *