[Update] Penyebab Chat WA Telat Masuk dan Cara Mengatasinya

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Penyebab Chat WA Telat Masuk dan Cara Mengatasinya? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Penyebab Chat WA Telat Masuk dan Cara Mengatasinya, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Jika Anda sering menjumpai chat WA telat masuk dan notifikasi atau pemberitahuan pesan masuk tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya, kemungkinan besar ada yang salah dengan beberapa setelan di HP Anda.

Penyebab chat WA telat masuk cukup beragam, namun Anda dapat mengatasinya dengan sangat mudah. Beberapa hal yang menjadi pemicu munculnya situasi tersebut dijelaskan dibawah ini.

Meskipun notifikasi WhatsApp terus memberi Anda informasi terbaru tentang pesan dan peringatan terbaru, ada kalanya notifikasi tersebut tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Salah satu masalah menjengkelkan yang dihadapi banyak pengguna Android adalah pesan WA lambat masuk dan notifikasi WhatsApp baru muncul setelah Anda membuka aplikasi tersebut.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, panduan ini dapat membantu dan Anda dapat mengikutinya secara mudah.

Beberapa faktor yang menyebabkan WA tidak ada notifikasi, antara lain karena mode penghemat baterai, cache aplikasi yang rusak, dan pengaturan yang salah dikonfigurasi. Hal tersebut dapat menyebabkan pemberitahuan chat WhatsApp terlambat masuk ke HP Android Anda.

Apabila Anda tidak yakin apa penyebab masalahnya, coba tips berikut untuk mengatasi notifikasi WhatsApp yang tertunda di Android.

1. Nonaktifkan Mode Hemat Baterai dan Penghemat Data

Apakah Anda mengaktifkan mode penghemat baterai di HP Android Anda? Hal ini bisa membuat aplikasi seperti WhatsApp tidak berfungsi secara normal di latar belakang dan menimbulkan masalah notifikasi pesan. Sebaiknya nonaktifkan mode penghemat baterai jika notifikasi WhatsApp tidak masuk tepat waktu.

Demikian pula, jika Anda telah mengaktifkan mode penghemat data di Android, aplikasi, termasuk WhatsApp, tidak akan dapat menggunakan data Anda di latar belakang. Oleh karena itu, Anda juga harus menonaktifkannya.

Apabila Anda tidak ingin menonaktifkan mode penghemat data, Anda dapat mengizinkan penggunaan data latar belakang khusus untuk WhatsApp. Untuk melakukannya, ketuk ‘Diizinkan menggunakan data saat Penghemat data aktif’ dan aktifkan tombol aktivasi yang ada di sebelah WhatsApp.

2. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil dapat menyebabkan notifikasi WhatsApp terlambat masuk ke HP Anda. Hal ini juga bisa terjadi jika Android Anda terus terputus dari Wi-Fi atau data seluler tidak berfungsi dengan benar. Anda bisa mengecek kekuatan koneksi internet Anda dengan menjalankan tes kecepatan internet cepat. Jika internet seluler bukanlah masalahnya, lanjutkan ke solusi berikutnya.

Saat Anda menghapus WhatsApp dari daftar aplikasi terbaru di Android, aplikasi tersebut berhenti bekerja di latar belakang. Untungnya, banyak skin Android seperti One UI, Color OS, MIUI, dan lainnya, memungkinkan Anda mengunci aplikasi di latar belakang sehingga Anda tidak menutupnya secara tidak sengaja.

Buka menu aplikasi terkini, ketuk ikon WhatsApp dan pilih Tetap terbuka. Hal tersebut akan memungkinkan WhatsApp berjalan di latar belakang setiap saat, dan notifikasi Anda akan masuk tepat waktu.

4. Matikan Pembatasan Baterai untuk WhatsApp

Di Android, Anda dapat menerapkan pembatasan baterai pada aplikasi agar aplikasi tersebut tidak berjalan di latar belakang. Meskipun hal ini meningkatkan masa pakai baterai, hal ini dapat menyebabkan notifikasi dari aplikasi tersebut datang terlambat. Jadi, Anda perlu mematikan opsi pembatasan baterai untuk WhatsApp agar pesan WA tidak lambat masuk.

5. Cek Mode Jangan Ganggu (DND)

HP Android dilengkapi fitur Do Not Disturb atau Jangan Ganggu. Anda dapat mengonfigurasi mode Jangan Ganggu di Android agar aktif secara otomatis pada waktu tertentu. Hal ini dapat menyebabkan Android menjeda notifikasi selama jangka waktu tertentu, sehingga memberikan efek pada keterlambatan notifikasi.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus memastikan mode Jangan Ganggu tidak dikonfigurasi untuk diaktifkan secara otomatis.

6. Hapus Cache WhatsApp

Data cache yang kedaluwarsa dapat memengaruhi kinerja WhatsApp di ponsel Anda dan menunda notifikasi aplikasi. Untungnya, Android memudahkan pengguna untuk menghilangkan data cache WhatsApp yang berlebihan.

7. Reset Pengaturan Notifikasi WhatsApp

WhatsApp memungkinkan Anda mengubah preferensi notifikasi dari menu pengaturan dalam aplikasinya. Jika pengaturan ini tidak dikonfigurasi dengan benar, notifikasi dapat berhenti berfungsi. Daripada memeriksa setiap pengaturan notifikasi satu per satu, lebih mudah untuk mengatur ulang semua pengaturan notifikasi WhatsApp Anda dan memulai dari awal.

8. Perbarui WhatsApp

Notifikasi WhatsApp Anda mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya jika Anda menggunakan versi aplikasi yang sudah usang atau bermasalah. Ada baiknya Anda memeriksa dan memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Buka Google Play Store dan cari WhatsApp. Ketuk tombol Perbarui untuk menginstal pembaruan yang tertunda untuk WhatsApp.

1718383361

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *