[Update] Pengertian Personal Loan dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Pengertian Personal Loan dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Pengertian Personal Loan dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Apa itu personal loan? Saat ini Anda mungkin belum dapat menjawabnya secara detail. Namun, dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian atau definisi personal loans.

Disclaimer:

*Artikel tentang pengertian personal loan ini kami kutip dari sebuah sumber online. Tentunya Anda juga dapat menyimak referensi lainnya yang berisi uraian mengenai personal loans.

*Ketentuan di setiap negara mengenai personal loans mungkin terdapat sejumlah perbedaan, begitu juga untuk mekanisme serta syarat dan kebijakan yang diberlakukan.

Personal loan atau Pinjaman pribadi adalah jenis pinjaman angsuran dengan tingkat bunga tetap dan pembayaran bulanan. Jangka waktu pembayaran berkisar antara satu hingga beberapa tahun.

Anda menerima sejumlah uang sekaligus setelah disetujui dan dapat menggunakan pinjaman tersebut untuk berbagai keperluan sesuai tujuan awal dari pengajuan loan tersebut.

Kebanyakan memilih untuk mengkonsolidasikan hutang, membayar biaya darurat atau menutupi biaya pengeluaran besar, seperti pernikahan atau renovasi rumah.

Anda bisa mendapatkan pinjaman pribadi dari pemberi pinjaman online, bank, dan credit unions. Setelah Anda menerima uang tunai, Anda melakukan pembayaran bulanan berulang hingga utang telah dilunasi seluruhnya dalam jangka waktu yang Anda pilih.

Orang sering memilih pinjaman pribadi karena sejumlah alasan. Pinjaman ini juga populer karena dapat dicairkan dalam hitungan waktu yang relatif cepat.

Tentang Personal Loan

Personal loan berfungsi seperti pinjaman mobil. Anda meminjam uang dari pemberi pinjaman dan membayarnya kembali dengan pembayaran yang sama dalam jangka waktu tertentu (tahun). Namun, tidak seperti pinjaman mobil, sebagian besar pinjaman pribadi mungkin tanpa jaminan. Pemohon tidak memerlukan jaminan untuk proses persetujuan.

Karena pinjaman pribadi tidak dijamin, Anda memenuhi syarat terutama melalui skor kredit dan rasio hutang terhadap pendapatan Anda. Jadi, hal tersebut akan sangat mempengaruhi permohonan Anda.

Pemberi pinjaman (personal loans) juga dapat mempertimbangkan sejumlah faktor tambahan, termasuk diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pendapatan: Pemberi pinjaman ingin melihat sumber pendapatan yang stabil dan dapat diandalkan seperti gaji atau pekerjaan penuh waktu per jam untuk membuktikan bahwa pemohon dapat melakukan pembayaran.
  • Riwayat pembayaran: Jika Anda telah mengelola kredit Anda tanpa keterlambatan pembayaran, pemberi pinjaman biasanya akan memberikan prioritas.
  • Jangka waktu pinjaman: Anda mungkin ditawari bunga yang lebih rendah untuk jangka waktu yang lebih pendek atau mengenakan tarif yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih panjang. Pemberi pinjaman mengetahui semakin lama Anda memiliki pinjaman, semakin besar kemungkinan terjadi perubahan dalam keuangan Anda yang dapat membuat pembayaran menjadi tidak terjangkau.

Penggunaan Personal Loan

Hasil pinjaman pribadi dapat digunakan untuk hampir semua tujuan. Beberapa pemberi pinjaman mungkin membatasi Anda hanya pada opsi tanpa jaminan, sementara yang lain mungkin mengizinkan Anda mendapatkan pinjaman pribadi dengan aset, seperti mobil. Secara keseluruhan, dana pinjaman pribadi memberi Anda uang tunai untuk digunakan untuk berbagai tujuan berbeda.

Penggunan personal loan yang umum antara lain:

  • Konsolidasi utang: Pinjaman konsolidasi utang dapat membantu Anda menghemat uang dengan menggabungkan kartu kredit berbunga tinggi atau utang lainnya ke dalam satu pinjaman pribadi.
  • Membayar biaya darurat: Waktu pendanaan di hari yang sama atau berikutnya membuat pinjaman pribadi darurat menjadi pilihan yang bagus untuk keadaan darurat keuangan, seperti tagihan medis yang tidak terduga, perbaikan rumah, atau keperluan-keperluan mendesak lainnya.
  • Proyek perbaikan rumah: Pinjaman pribadi tanpa jaminan disetujui lebih cepat daripada produk ekuitas rumah dan tidak memerlukan jaminan rumah Anda.
  • Membiayai acara tertentu: Tonggak penting dalam hidup seperti membiayai pernikahan atau liburan impian sering kali memiliki harga yang mahal. Pinjaman pribadi juga merupakan salah satu alternatif untuk menggunakan kartu kredit karena biayanya umumnya lebih rendah. Namun, tetap ingat bahwa Anda mungkin akan melunasi tagihan tersebut selama bertahun-tahun yang akan datang.
  • Membiayai kembali pinjaman yang ada: Jika Anda mengambil pinjaman kredit macet dan skor Anda meningkat, Anda dapat mempertimbangkan untuk membiayai kembali pinjaman yang ada dengan tingkat bunga atau pembayaran bulanan yang lebih rendah.

Beberapa Kesalahan Umum Saat Menggunakan Personal Loans

Dengan mengetahui beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat mengambil pinjaman pribadi dapat membantu Anda menghindarinya.

  • Memilih jangka waktu pinjaman lebih lama dari yang diperlukan: Semakin lama jangka waktu pinjaman, semakin banyak bunga yang harus Anda bayarkan selama masa pinjaman. Sebelum mengambil hutang, gunakan kalkulator pembayaran pinjaman pribadi untuk membantu anggaran.
  • Tidak berusaha mencari penawaran terbaik: Mengumpulkan penawaran dari berbagai pemberi pinjaman dapat membantu Anda menemukan penawaran terbaik dan berpotensi lebih menguntungkan Anda. Bandingkan suku bunga, biaya dan reputasi pemberi pinjaman sebelum mengajukan pinjaman.
  • Tidak mempertimbangkan nilai kredit Anda: Nilai kredit Anda merupakan faktor besar dalam menentukan kelayakan Anda untuk mendapatkan pinjaman serta tingkat bunga. Beberapa pemberi pinjaman dengan klasifikasi pemohon tertentu mungkin juga mengenakan biaya yang lebih tinggi untuk pemohon yang kurang layak mendapatkan kredit. Sebelum mengajukan, ketahui skor Anda sehingga Anda tahu apa yang diharapkan dari segi biaya.
  • Mengabaikan biaya dan denda: Waspadai biaya dan denda tersembunyi dengan membaca halaman syarat dan ketentuan pemberi pinjaman sehingga Anda tidak mendapatkan uang tunai lebih sedikit dari yang Anda perlukan untuk tujuan keuangan Anda.
  • Tidak membaca rinciannya: Sebelum Anda menandatangani dan menyelesaikan perjanjian pinjaman, tinjau persyaratannya untuk memastikan persyaratannya sesuai dengan yang Anda setujui.

Kesimpulan

Personal Loan adalah salah satu jenis pinjaman yang cukup populer. Dalam menggunakan personal loan, penting juga untuk melihat-lihat dan membandingkan suku bunga pinjaman pribadi dengan beberapa pemberi pinjaman pribadi yang lainnya, termasuk perusahaan yang menawarkan pinjaman online.

1720002613

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *