[Update] Makanan yang Baik untuk Darah Tinggi atau Hipertensi

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Makanan yang Baik untuk Darah Tinggi atau Hipertensi? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Makanan yang Baik untuk Darah Tinggi atau Hipertensi, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Rekomendasiterbaik.idSelain dianjurkan minum obat secara rutin, penderita darah tinggi atau hipertensi biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini untuk mencegah naiknya tekanan darah dan untuk mencegah komplikasi di kemudian hari. Lalu, apa saja makanan yang baik untuk darah tinggi?

Beberapa makanan yang baik untuk darah tinggi biasanya makanan-makanan sehat seperti buah dan sayuran. Meskipun normalnya penderita tekanan darah tinggi memiliki tekanan darah di atas rata-rata yakni sekitar 130/80 mmHg, namun dengan mengonsumsi makanan-makanan ini diharapkan dapat membuat tekanan darah stabil.

Sebelumnya, perlu diketahui dulu apa saja penyebab darah tinggi atau hipertensi pada seseorang. Biasanya, penyebab utama timbulnya penyakit ini yakni faktor keturunan. Namun untuk lebih jelasnya simak beberapa uraian berikut.

Penyebab Terjadinya Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Faktor keturunan (genetik)

Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi biasanya diturunkan dari orang tuanya. Itulah mengapa kondisi ini disebut-sebut merupakan faktor genetik, karena ada mutasi gen yang diturunkan oleh orang tua terhadap sang anak, yang membuat si anak secara alami akan mengalami kondisi yang sama.

Pola hidup tidak sehat

Pola hidup tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebabnya seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Contohnya orang-orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan asin atau manis, kurang olahraga, hingga perokok.

Umumnya hal-hal tersebut merupakan faktor penambah berat badan, yang mana penderitanya bisa mengalaminya obesitas. Penderita obesitas secara otomatis akan mengalami tekanan darah tinggi.

Perubahan fisik

Kondisi fisik yang semakin menua juga bisa jadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi. Saat bertambah tua, akan terjadi perubahan fungsi ginjal yang akan mengganggu keseimbangan cairan tubuh dan garam. Hal ini akan berakibat pada tekanan darah.

Terdapat kondisi medis tertentu

Orang-orang yang mengalami tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan karena suatu kondisi medis, misalnya masalah tiroid, mengalami cacat jantung bawaan, sering mengonsumsi alkohol, adanya tumor, adanya masalah kelenjar adrenal, hingga efek samping penggunaan obat.

Beberapa faktor di atas bisa jadi penyebab seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi juga bisa dikenali lewat gejala-gejala seperti mimisan, sesak napas, gangguan penglihatan, sakit kepala parah, kulit memerah, hingga nyeri di bagian dada.

Lantas apa saja makanan yang baik untuk darah tinggi atau hipertensi? Berikut simak penjelasannya.

Makanan yang Baik untuk Darah Tinggi atau Hipertensi

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak manfaatnya, termasuk ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dalam pisang mampu menstabilkan tekanan darah.

Saat penderita darah tinggi rutin mengonsumsi pisang, kandungan kalium akan membantu proses sekresi air dan natrium dalam darah, yang kemudian akan memicu peningkatan tekanan darah. Menjaga kandungan natrium dalam tubuh secara otomatis dapat menurunkan tekanan darah.

Brokoli

Rekomendasi makanan selanjutnya yakni brokoli. Brokoli kaya akan magnesium, kalium, dan kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk pembuluh darah. Ketiga kandungan ini dapat membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, sehingga dapat mencegah penyakit seperti stroke dan jantung yang diakibatkan oleh kondisi tekanan darah yang tinggi.

Wortel

Kandungan senyawa fenolik dalam wortel ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Untuk itu penderita tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk banyak mengonsumsi wortel.

Selain itu, senyawa fenolik juga mampu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan olahan dari susu yang difermentasi yang kaya akan kalsium. Kandungan kalsium dalam yogurt ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi dikarenakan rendah lemak, sehingga tidak akan memicu timbulnya kolesterol.

Kolesterol dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah, yang mana hal itu akan membuat tekanan darah jadi tinggi.

Bawang putih

Banyak mengonsumsi bawang putih juga ternyata sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Bawang putih dikenal memiliki kandungan antibiotik alami bernama allicin. Kandungan allicin ini akan mengurangi risiko terjadinya peradangan pada pembuluh darah.

Selain allicin, bawang putih juga dipercaya memiliki kandungan senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Ikan laut

Ikan laut yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi ternyata baik untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Omega 3 merupakan kandungan yang bisa memberikan efek menurunkan tekanan darah, sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami hipertensi.

Contoh ikan yang bisa dikonsumsi yakni tuna dan salmon.

Kentang

Kandungan dalam kentang juga baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, kentang juga kaya akan kalium, magnesium, serta kandungan seratnya yang juga tinggi. Kandungan nutrisi dalam kentang tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin.

Buah berry

Buah berry yang kaya akan vitamin juga sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Kandungan senyawa flavonid dalam berry mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif. Contoh buah yang baik dikonsumsi yakni stroberry, raspberry, dan blueberry.

Seledri

Seledri juga jadi salah satu makanan yang dikenal paling ampuh menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seledri memiliki kandungan n-butylphthlide yang dikenal ampuh menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi pada seledri juga mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah.

Tak hanya darah tinggi, rutin mengonsumsi seledri juga bisa menurunkan kolesterol dan membuat kulit semakin cerah karena kandungan dalam seledri juga berfungsi sebagai detox tubuh.

Itulah rekomendasi beberapa makanan yang baik untuk darah tinggi atau hipertensi yang bisa dikonsumsi secara rutin. Selain menjaga pola makan, baiknya bagi penderita darah tinggi juga untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan ke dokter.

Baca Juga:

  • Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jakarta Apa Saja Selain Makanan
  • Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin
  • Contoh Proposal Usaha di Bidang Fashion dan Makanan (Lengkap)
  • Kampung Kuliner Binjai, Ini Harga Menu Makanan & Daya Tariknya
  • Rekomendasi Tanaman Hias Kekinian dan Populer di 2023
  • Heha Ocean View Yogyakarta: Rute, HTM, Jam Buka, Fasilitas
  • Resep Jamur Kancing Asam Manis, Saus Tiram, Dijamin Enak!
  • Resep Ikan Patin Simpel dan Mudah (Bumbu Kuning, Goreng, dll)
  • Resep Ikan Nila Sederhana (Asam Manis, Bakar, Bumbu Rujak, dll)

1717300278

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *