[Update] Kumpulan Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahnya

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Kumpulan Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahnya? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Kumpulan Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahnya, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Rekomendasiterbaik.id | Hujan yang turun ke dunia merupakan salah satu Rahmat Allah SWT yang diberikan kepada semua makhluk Allah hidup. Terutama manusia yang sangat membutuhkan air, teringat ketika datangnya masa kemarau.

Sangat terasa panas dan keringnya bahkan banyak pepohonan yang sebelumnya hijau menjadi kering dan mati. Hal ini menjadi bukti bahwa semua makhluk Allah yang hidup di bumi sangat membutuhkan air.

Akan tetapi ada kalanya hujan yang Allah turunkan ke bumi menimbulkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya.

Maka dari itu sudah sewajarnya sebagai seorang hamba yang taat untuk memohon kepada Allah SWT agar hujan yang turun adalah Rahmat.

Daftar Bacaan Doa Turun Hujan Allaahumma Shoyyiban Nafi’an

Seperti yang telah disampaikan pada laman di atas bahwa membaca doa turun hujan sangat penting, terlebih jika sering turun hujan lebat dan angin kencang. Memohon kepada Allah agar hujan yang diturunkan tidak menimbulkan bencana alam.

Karena tidak sedikit manusia yang meninggal dunia, rumah hancur dan terbawa arus derasnya air ketika datangnya banjir bandang. Sehingga dengan harapan doa yang dipanjatkan hujan yang turun menjadi berkah dan menjadikan rezeki bagi makhluk dunia.

Dengan hal ini dunia yang disirami dengan runtuhan air hujan rahmat akan tumbuh subur dan hijau serta memberikan kemakmuran bagi makhluk hidup.

Salah satu doa turun hujan yang sering dibaca oleh umat muslim dan tidak asing lagi adalah seperti dibawah ini.

Latin : “Allahumma shoyyiban nafi’an.”

Artinya : “Ya Allah, datangkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat.”

Doa Turun Hujan Deras Lebat Dan Petir

Ketika hujan turun dengan sangat deras, seringkali kita merasa cemas terhadap kemungkinan dampak buruk seperti banjir atau longsor. Oleh karena itu, penting bagi seorang muslim untuk berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa memohon perlindungan.

Berikut ini adalah doa ketika hujan turun dengan sangat deras, lengkap dengan teks dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya :

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin : Allohumma hawalaina wala alaina, Allahumma ‘alal akami wadh-dhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.

Artinya :

Ya Allah, curahkanlah hujan di sekitar kami, bukan diatas kami. Ya Allah, curahkanlah hujan di atas bukit, dataran, lembah, dan tempat tumbuhnya pohon.

Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika hujan turun dengan sangat deras. Dan doa tersebut berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Selain doa di atas umat muslim juga bisa berdoa dengan doa ini ketika hujan deras turun :

اَللّٰهُمَّ اسْقِنَا غَيْثاً مُغِيْثاً مَرِيْئاً مُرِيْعاً نَافِعاً غَيْرَ ضَارٍّ عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Latin :

Allahumma sqina ghaytham mughiitsan marii’an muriian nafi’an ghaira dzarrin ‘ajilan ghaira ajilin.

Artinya : Ya Allah, berikanlah kami hujan yang bermanfaat, tidak membahayakan, segera datang, dan tidak ditunda-tunda.

Doa Turun Hujan Deras Dan Petir Disertai Angin Kencang

Dalam situasi ketika hujan turun dengan sangat deras, sangatlah penting bagi seorang untuk mengingat Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya.

Doa-doa di atas tentunya sangat membantu seorang muslim agar merasa lebih tenang dan yakin bahwa Allah akan melindungi dari bahaya yang mungkin timbul akibat hujan deras tersebut.

Ketika hujan turun dengan deras dan disertai angin kencang, dalam kehidupan sehari-hari sering menghadapi berbagai fenomena cuaca. Dalam situasi seperti ini, sangat penting bagi seorang muslim untuk melindungi diri dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Salah satu cara melakukannya adalah dengan membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut adalah doa ketika hujan turun dengan angin kencang dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya.

Doa Hujan Deras Dan Petir Disertai Angin Kencang Pilihan Yang Pertama

Bacaan doa ketika turun hujan deras dan petir disertai angin kencang dapat dibaca dan diamalkan seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَذِهِ الْغُصُونِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهَا

Latin :

Allahumma inni a’udzu bika min hadzihig ghusuuni, wa a’udzu bika min syarri maa fiihaa, wa a’udzu bika min syarri maa arsalta bihaa.

Artinya :

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ranting-ranting ini, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang ada padanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang Engkau kirimkan dengannya.

Doa Hujan Deras Dan Petir Disertai Angin Kencang Pilihan Yang Kedua

Selain bacaan doa tersebut yang telah ditulis pada laman diatas. ada amalan atau doa pilihan kedua ketika turun hujan deras dan petir disertai angin kencang berikut dibawah ini :

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Latin :

Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma ursilat bihi wa a’udzu bika min sharriha wa sharri ma fiha wa sharri ma ursilat bihi.

Artinya :

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan hujan ini, kebaikan yang ada padanya, dan kebaikan yang diperintahkan olehnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hujan ini, kejahatan yang ada padanya, dan kejahatan yang diperintahkan olehnya.

Kedua doa tersebut adalah doa untuk memohon perlindungan dan kebaikan dari hujan disertai angin kencang. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dan diriwayatkan dalam hadits yang diakui kevalidannya oleh para ulama. Doa ini penting untuk kita baca dalam situasi-situasi seperti itu sebagai bentuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Bacaan Doa Ketika Hujan Telah Berhenti

Umat muslim diajarkan untuk selalu bersyukur dalam situasi dan kondisi apapun, karena dengan adanya rasa syukur akan menambah kemudahan dalam menjalani hidup.

Begitu juga ketika hujan turun maupun hujan sudah reda, maka harus tetap mensyukurinya, adapun caranya adalah minimal dengan membaca doa.

Jadi membaca doa dalam kondisi hujan bukan hanya saat hujan turun saja melainkan saat setelah hujan reda juga sangat dianjurkan bukti rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Karena hujan yang turun tentunya tidak terlepas dari nikmat yang Allah berikan kepada makhluknya.

Adapun bacaan doa atau ungkapan rasa syukur atas nikmat hujan yang Allah SWT turunkan untuk makhluknya adalah seperti dibawah ini :

Alhamdulillahi ‘Ala Kulli Ni’matillah

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan nikmat kepadaku

Manfaat Membaca Doa Ketika Hujan Turun

Segala amalan baik yang wajib maupun sunnah tentu saja memiliki keutamaan bagi seorang muslim yang mengamalkan dengan tulus ikhlas. Keutamaan yang didapatkan bukan hanya Allah berikan didunia akan tetapi hingga akhirat.

Seperti halnya membaca doa ketika hujan turun memiliki manfaat banyak baik ketika masih berada di dunia terlebih jika sudah di akhirat.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh saat membaca doa saat hujan turun :

Mengakui Keagungan Allah

Membaca doa ketika hujan turun adalah cara seorang hamba untuk mengakui keagungan Allah. Tentunya menyadari bahwa hujan adalah salah satu anugerah dari Allah SWT yang sangat berharga, dan tentu berharap agar hujan tersebut membawa manfaat bagi seluruh makhluk hidup.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa hujan yang Allah SWT turunkan menjadi sebuah petaka menyebabkan banjir, tanah longsor dan semisalnya.

Padahal semua manusia tentu saja menginginkan kondisi kehidupan aman damai dan selamat, namun jika Allah SWT sudah berkehendak yang lain, semua itu kuasanya Dia.

Maka dari itu seorang muslim disunahkan untuk berdoa, memohon kepada Allah agar hujan yang turun merupakan rahmat bagi semua makhluk.

Mendapatkan Rahmat Dan Berkah

Dengan membaca doa saat hujan turun, kita memohon kepada Allah agar hujan tersebut menjadi rahmat dan berkah bagi semua makhluk. Dengan demikian, kita dapat merasakan manfaat dan kebaikan dari hujan tersebut, baik dalam diri lahir seseorang maupun batinnya.

Terkait rahmat adalah keinginan semua makhluk Allah SWT, karena jika bukan rahmat yang Allah turunkan melalui derasnya hujan tentu saja menjadi makhluk takut.

Karena tidak sedikit Allah memberikan contoh kepada manusia terkait hujan yang turun kemudian membawa malapetaka.

Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan

Membaca doa saat hujan turun membantu untuk selalu mengingat Allah dan mengingatkan hamba tentang kewajiban harus dipenuhi. Hal ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

Selain daripada itu dengan adanya doa yang dipanjatkan kepada Allah saat hujan turun menjadikan seorang hamba semakin yakin akan kekuatan dan kekuasaan Allah. Yang telah kuasa menurunkan dan menghentikan hujan tentu saja untuk makhluknya.

Doa Meminta Hujan Ketika Kemarau Panjang

Doa yang masih berhubungan dengan hujan selain membaca doa turun hujan ada juga doa meminta hujan ketika kemarau panjang. Yang sering banyak orang disebut dengan shalat Istisqa setelah sholat tersebut selesai maka dilanjutkan dengan membaca doa meminta hujan.

Terkait dengan pelaksanaan shalat Istisqa atau meminta hujan biasanya dilakukan di tengah tanah lapang, dan membawa beberapa hewan peliharaan. Seperti kambing, kucing ayam dan semisalnya.

Sekilas pengertian sholat istisqo adalah shalat yang dilakukan ketika dalam suatu daerah terdampak kekeringan air atau kemarau yang panjang. Sehingga semua penduduk dan juga makhluk hidup yang ada di daerah tersebut kesulitan untuk mendapatkan air.

Pengerjaannya dua rakaat biasanya dilakukan di tengah tanah yang lapang, karena melibatkan banyak penduduk berikut hewan ternak yang dibawa.

Adapun setelah selesai melaksanakan sholat istisqo kemudian dilanjutkan dengan membaca doa meminta hujan seperti dibawah ini.

Artinya :

“Ya Allah, hantarkan kepada kami hujan yang membantu, mudah, subur, lebat, melimpah, merata, komprehensif, serta memberikan manfaat abadi. Ya Allah, limpahkan kepada kami hujan. Janganlah kami termasuk dalam golongan yang putus asa. Ya Allah, banyak hamba, kota, serta berbagai jenis makhluk lain yang menghadapi musibah, kelaparan, dan kesulitan, dan kami hanya mengadu kepada-Mu. Wahai Allah, biarkanlah tanaman kami tumbuh, air susu ternak kami mengalir, hujan yang penuh berkah dari langit-Mu turun, dan tanaman kami berkembang dengan berkah dari bumi-Mu. Ya Allah, angkatlah beban kesengsaraan paceklik, kelaparan, dan kekurangan dari pundak kami. Hapuskanlah bencana yang hanya bisa diatasi oleh-Mu. Ya Allah, kami memohon ampunan kepada-Mu, karena Engkau adalah Yang Maha Pengampun. Maka turunkanlah kepada kami hujan deras dari langit-Mu.”

Baca Juga :

1700101170

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *