[Update] Kelompok Guru Honorer Yang Tidak Bisa Daftar PPPK 2024

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Kelompok Guru Honorer Yang Tidak Bisa Daftar PPPK 2024? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Kelompok Guru Honorer Yang Tidak Bisa Daftar PPPK 2024, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Table of content:


[Hide]
[Show]

PUSAT DAPODIK – Ternyata tidak semua guru honorer dapat mendaftar PPPK 2024. Pada bulan Januari 2024 lalu Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia membuka rekrutmen ASN 2024 secara besar-besaran.

Lebih jelasnya, ada sebanyak 2,3 juta formasi yang dibuka pada tahun 2024 ini. Hal ini tentunya akan menjadi kabar baik, tidak terkecuali untuk para guru honorer yang ingin berubah statusnya menjadi ASN PPPK.

Formasi PPPK 2024 untuk guru pun mendapatkan porsi yang cukup besar, yaitu mencapai 419.146. Angka tersebut belum termasuk formasi khusus fresh graduate sebanyak 690.822, yang mana juga bisa diperebutkan oleh guru.

Maka dapat dikatakan bahwa lulusan sarjana pendidikan untuk menjadi ASN cukup terbuka pada tahun ini. Hanya saja, tidak semua guru honorer dapat memanfaatkan kesempatan untuk mendaftar PPPK 2024. Oleh sebab itu, jika Anda berencana mendaftar PPPK 2024, pastikan Anda tidak termasuk ke dalam kelompok-kelompok berikut.

6 Kelompok Guru Honorer yang Tidak Bisa Daftar PPPK

Tercatat ada sebanyak enam kelompok guru honorer yang tidak bisa mendaftar PPPK 2024.

  1. Adapun, yang pertama adalah guru honorer yang tidak terdaftar di Dapodik (Data pokok pendidikan). Hal ini menjadi wajar mengingat acuan yang digunakan oleh pemerintah adalah data Dapodik dan data lulusan PPG Kemendikbud ristek.
  2. Yang kedua adalah guru honorer yang namanya terdaftar di Dapodik, tetapi bukan sebagai guru. Contohnya, ketika status Anda di Dapodik merupakan sebagai tenaga administrasi, maka Anda tidak dapat mendaftar PPPK guru 2024 meskipun mempunyai gelar sarjana pendidikan.
  3. Yang ketiga adalah guru honorer yang tidak melakukan verval (verifikasi dan validasi) ijazah di dalam situs Info GTK Kemdikbud. Pada saat Anda tidak melakukan verval ijazah, prodi yang Anda masukkan ketika mendaftar di situs SSCASN tidak bisa muncul. Hal ini akan membuat Anda tidak dapat melanjutkan pendaftaran PPPK 2024.
  4. Kelompok yang keempat yang tidak dapat mendaftar PPPK 2024 adalah guru honorer yang terlibat di politik praktis. Anda tidak diperbolehkan untuk mendaftar PPPK 2024 jika terdaftar sebagai anggota maupun pengurus partai politik. Oleh sebab itu, dipastikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) Anda tidak tergabung ke partai mana pun.
  5. Kelima, yaitu guru honorer yang daerahnya tidak membuka formasi jabatan sesuai dengan kesesuaian ijazah. Maksudnya bagaimana? Sebagai contoh, Anda memiliki ijazah sarjana pendidikan olahraga, tetapi daerah Anda tidak membuka formasi untuk sarjana pendidikan olahraga, maka Anda tidak dapat mendaftar.
  6. Keenam, adalah guru honorer yang tidak mendapatkan sisa formasi. Formasi PPPK untuk guru menggunakan mekanisme prioritas. Yakni ada P1, P2, P3 dan P4. Saat guru dengan kriteria P1, P2, dan P3 telah memenuhi kuota formasi, maka guru dengan kriteria P4 tidak dapat mendaftar. Perlu diketahui, P1 adalah peserta PPPK tahun 2023 (tahun lalu) yang telah memenuhi nilai ambang batas. P2 merupakan guru honorer di instansi pemerintah yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja lebih dari 3 tahun. P3 merupakan guru honorer di instansi pemerintah yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja kurang dari 3 tahun. Dan P4 adalah pelamar umum seperti guru swasta dan lulusan PPG Prajabatan.

Jadwal Pendaftaran PPPK 2024

Pendaftaran seleksi untuk PPPK 2024 ditargetkan akan dibuka pada bulan Juni atau Juli mendatang. Dikutip dari laman resmi BKN, pendaftaran khusus perekrutan PPPK akan dilaksanakan dengan dua tahap.

Adapun, untuk tahap pertama akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan PPPK pada bulan Juni 2024. Sedangkan tahap kedua pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan PPPK dilaksanakan pada periode Agustus tahun 2024.

Dilansir dari laman resmi PANRB, seleksi PPPK akan dilakukan setelah mendapatkan SK (Surat Keputusan) penetapan kebutuhan pegawai ASN. Hal ini juga akan dikoordinasikan oleh instansi pemerintah dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi serta persiapan seleksi tahun 2024.

Menteri PNRB juga berharap untuk pengumuman terkait waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) nanti sudah bisa keluar di awal bulan Juli.

Syarat Pendaftaran PPPK Guru

Sampai dengan saat ini masih belum ada persyaratan terkait pembukaan PPPK 2024 yang diumumkan secara resmi. Namun jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya ada beberapa ketentuan umum yang perlu calon pelamar diketahui sebelum mendaftarkan diri dalam seleksi PPPK sebagaimana yang dikutip dari laman resmi PANRB:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 20 tahun dan paling tinggi setahun sebelum batas usia tertentu di jabatan yang akan dilamar
  3. Tidak pernah dipidana selama penjara dua tahun atau lebih
  4. Tidak pernah diberhentikan secara hormat baik atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai anggota ASN, Prajurit TNI, anggota Kepolisian RI, dan pengawas swasta
  5. Tidak sedang menjadi anggota/pengurus Parpol dan terlibat politik praktis
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  7. Mempunyai kompetensi yang diperlukan dengan keahlian atau keterampilan tertentu
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan yang dilamar

Sebagai informasi tambahan, bagi calon pelamar hanya dapat mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan.

Kesimpulan

Itulah di atas informasi lengkap terkait kelompok guru honorer yang tidak bisa daftar PPPK 2024. Demikian informasi terkait guru honorer yang tidak bisa daftar PPPK 2024. Semoga informasinya bermanfaat!

1717554637

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *