[Update] Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Fitur Mail Merge

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Fitur Mail Merge? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Fitur Mail Merge, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Fitur Mail Merge – MAIL merge merupakan fitur Microsoft Word yang memungkinkan Anda membuat surat, undangan atau dokumen dengan lebih cepat. Mail merge adalah salah satu fitur yang bisa digunakan untuk membuat surat, sertifikat, undangan, serta dokumen lain secara lebih ringkas.

Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat. Nah artikel ini akan mengulas lengkap tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Fitur Mail Merge yang belum kalian pahami, simak yuk dibawawah ini.

Pengertian Mail Merge

Mail merge adalah fitur dalam Microsoft Word yang sering di gunakan dalam pembuatan surat, sertifikat, amplop, undangan, serta dokumen tertentu. Para pengguna seakan dimudahkan dengan adanya fitur tersebut sehingga kebutuhan membuat dokumen khusus bisa segera diselesaikan secara praktis.

Asal mula istilah mail merge adalah surat massal, sehingga berfokus dalam menciptakan surat yang memiliki banyak penerima sekaligus. Fiturnya selalu memiliki kaitan terhadap proses pembuatan dokumen yang mirip dan memiliki perbedaan pada data kecil.

Mengenal pengertian mail merge tersebut semestinya mampu membuka ide baru bagi para pekerja kantoran. Bagaimana tidak, fasilitas ini selalu bisa menjadi andalan apabila kamu butuh tahap formatting suatu surat dan dokumen dalam waktu cepat.

Keunggulan utama mail merge adalah prosesnya cepat, mudah, praktis, dan sederhana sesuai database milik pengguna.

Manfaat dan Fungsi Mail Merge 

Mengingat kebutuhannya, tentuya akan ada manfaat dan fungsi mail merge tersebut. Adapun fungsinya adalah:

  1. Membuat Dokumen yang Isinya Sama

Sudah diketahui bahw mail merge memang berfungsi untuk membuat dokumen yang isinya sama dalam jumlah banyak, karena akan dikirim pada banyak tujuan.

  1. Mengirim Ke Banyak Penerima Secara Cepat

Dengan adanya mail merge, maka selain membuatnya Anda juga bisa mengirim massal ke banyak tujuan dlam waktu yang relatif cepat.

  1. Dapat Membuat Selain Surat

Fungsi lainnya bukan hanya bisa bermanfaat untuk membuat surat, tapi Anda juga bisa membuat sertifikat, amplop, proposal, surat penawaran barang dengan cara yang sama dan banyak lagi jenis lainnya.

  1. Memudahkan Membuat dan Mengirim Surat dengan Efektif

Sudah bisa dipastikan kemudahan yang diberikan mail merge dari fungsinya akan membuat Anda bekerja lebih praktis dan efektif tanpa membuang waktu banyak.

Peran Mail Merge Pada Aplikasi Word

Perlu diketahui, mail merge sangat bermanfaat dan mempunyai peran sendiri terhadap microsift office. Fungsi dari fasilitas mail merge pada microsoft word adalah ada beberapa poin penting, diantaranya adalah mempermudah pekerjaan membuat dokumen data pada aplikasi microsoft word tersebut melalui banyak fitur.

Cara Membuat Mail Merge 

Jika sudah mengetahui definisi dan fungsinya, tentu setelah itu adalah cara membuatnya. Dimana cara membuat mail merge sebenarnya tidak sulit. Yaitu, dengan cara:

  1. Siapkan Dokumen

Hal yang pertama tentunya Anda harus menyiapkan dokumennya terlebih dulu, yaitu dokumen yang akan dibuat dalam bentuk apa beserta tujuannya secara lengkap. Dokumen utama juga sudah harus dilengkapi dengan data pendukung.

  1. Buat Dengan Microsoft Word

Setelah data dan dokumen yang akan dibuat siap, maka Anda bisa memulai dengan menggunakan dan membuka aplikasi word. Caranya:

  • Buat Kerangka surat atau undangannya
  • Buka dokumen yang sudah Anda buat dan akses ke menu mailing
  • Klik drop down pada start mail merge dan pilih step by step mail merge wizard
  • Akan muncul jendela mail merge, dan pilih tipe dokumen yang akan dipakai
  • Setelah muncul jendela pemilihan dokumen, pilih ‘use current document’.
  • Memilih dokumen data yang berisi data informasi penerima dokumen 
  • Klik browse untuk memilih dokumen data yang digunakan.
  • Muncul data yang ada di dokumen, maka klik Ok jika sudah sesuai
  • Klik next untuk melanjutkan penulisan dan pengiriman dokumen
  • Edit dokumen, yaitu pengisian nama dan alamat penerima
  • Pilih field yang sesuai dengan yang diinput, pada saat muncul list field
  • Akan muncul karakter tambahan jika field sudah diisi
  • Jika input field merge selesai, klik next
  • Lakukan preview pada setiap dokumen untuk mengecek kesalahan
  • Klik completed untuk menyelesaikan proses mail merge jika sudah selesai
  • Lakukan proses pengiriman email dokumen dengan mengklik ‘finish and merge’ dilanjutkan dengan klik ‘send email message’
  • Pilih field yang berisi daftar akun email, isi subjek email dan klik ok untuk mengirim

Cukup mudah bukan membuat mail merge, dan tentunya sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan Anda. Oleh karena itu, manfaatkanlah mail merge untuk membuat Anda menjadi lebih praktis.

Contoh Mail Merge

Dalam pembuatan contoh mail merge, tentunya kamu dapat melakukan pencarian terkait bentuk naskah dan alur berdasarkan gambar. Dengan tambahan panduan di atas, harusnya semakin mudah pula bagi kamu dalam mempelajari cara mail merge melalui Microsoft Word.

Nah, buat kamu yang sekarang sedang mengembangkan bisnis, tentunya kamu membutuhkan email bisnis untuk mengirimkan penawaran. Selain itu dengan email bisnis kamu juga bisa membuat perusahaan menjadi lebih profesional dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

1699327243

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *