[Update] Jazakumullah Khairan Katsiran, Jazakumullah Atau Jazakillah?

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Jazakumullah Khairan Katsiran, Jazakumullah Atau Jazakillah?? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Jazakumullah Khairan Katsiran, Jazakumullah Atau Jazakillah?, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Jazakumullah khairan katsiran merupakan doa dan ucapan singkat yang sering diucapkan umat islam saat menerima kebaikan dari orang lain.

Ada beberapa jenis pengucapan tergantung pada orang yang memberikan hal yang baik.

Entah Anda sedang sendiri atau mempunyai teman, laki-laki atau perempuan, berikanlah, ini bisa mengubah kalimat atau doa yang dipanjatkan.

Untuk lebih jelasnya agar Anda tidak salah mengucapkan doa kepada orang baik, ikuti terus penjelasannya di artikel ini.

Makna dan Makna Kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran

Jika kita melihat makna yang terkandung dalam bahasa arab, kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran “جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا“. Mempunyai arti seperti di bawah ini:

Arab Latin Arti
baiklah Jazaa Semoga menambah
كُمُ Kum Anda
اللهُ Allah Allah
خَيْرًا Khairan Baik
كَثِيْرًا Katsiron Banyak

Jadi jika Anda menyelesaikan kalimatnya Tuhan memberkati mempunyai arti “Semoga Allah membalas kebaikan anda dengan limpah”

Kalimat di atas menunjukkan doa kebaikan kepada orang yang telah berbuat baik, namun bukan kepada satu orang melainkan kepada banyak orang.

Sebagaimana kebaikan dibalas dengan kebaikan, maka ketika orang lain memberi atau membantu dengan kebaikan, hendaknya mereka juga membalasnya dengan doa atau kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran.

Rasulullah juga sangat menganjurkan umatnya untuk mengucapkan doa-doa di atas sebagaimana tercantum dalam sebuah hadits.

Insya Allah ْ أَتَى إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَلْيُكَافِئْ بِهِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَط semoga Tuhan memberkatimu

Itu berarti: “Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang diberi suatu amal maka hendaklah dia membalasnya dan siapa yang tidak mampu, maka sebutlah (kebaikan), dan siapa yang menyebutkannya (kebaikan), maka sesungguhnya dia telah mensyukurinya dan barangsiapa merasa puas dengan sesuatu yang tidak dimilikinya, maka ibarat orang yang memakai pakaian palsu.” SDM. Ahmad dan dihasan oleh Al Albani dalam kitab Sahih At Taghib Wa At Tarhib,.

فَدَلَّ هَذَا الْحَدِيث عَلَى أَنَّ مَنْ قَالَ لِأَحَدٍ جَزَاك ال pada َقّه كَ baiklah. baiklah.

Itu berarti : “Hadits ini menunjukkan bahwa barangsiapa mengucapkan “Jazakallah khairan” kepada seseorang satu kali, maka sesungguhnya dia telah menunaikan gentian, padahal haknya banyak.” Lihat buku ‘Aun al Ma’bud.

Sekilas dari penjelasan hadis di atas, sangat dianjurkan jika mendapatkan kebaikan dari seseorang. Baik dalam bentuk bantuan maupun pemberian bingkisan, dianjurkan untuk mendoakan orang yang memberikan bingkisan tersebut.

Perbedaan Kalimat Jazakumullah, Jazakallah, Jazakillah

Bagi umat Islam yang taat tentunya sudah saatnya mengamalkan sunnah Rosulullah SAW tentang mendoakan orang yang telah beramal shaleh.

Namun agar kata-kata atau doa yang disampaikan tepat sasaran dan tidak terjadi salah pengucapan, ada baiknya kita memahami maksud dari beberapa kalimat yang hampir mirip namun berbeda makna.

Jazakumullah Khairan Katsiran Arab

Tuhan memberkati dalam kitab Nahwu Shorof dijelaskan kalimat tersebut كُمُ memberikan makna yang ditujukan kepada banyak orang.

Jadi sangat tepat jika mendapat hadiah dari banyak orang atau rombongan, misalnya mengucapkan doa atau kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran.

Jazakallah Khairan Katsiran

Jika melihat penjelasan dalam kitab Nahwu Shorof, kalimat atau doanya berbunyi: Tuhan memberkati ‘Jazakallah Khairan Katsiran”.

Bahwa ada dhomir khaf”ك“yang bersifat kasroh, hal ini menunjukkan bahwa maknanya ditujukan kepada perempuan.

Bagi anda yang ingin mendoakan seseorang yang telah berbuat baik atau menolong anda dan dia laki-laki, maka tepat sekali anda membaca doa Jazakallah Khairan Katsiran.

Jazakillah Khairan Katsiran

Lihatlah arti kalimatnya Tuhan memberkati “Jazakillah Khairan Katsiran” menurut ilmu yang ada di Kitab Nahwu Shorof.

Pada kalimat ini terdapat huruf Khaf”ك” sebagai tanda dhomir yang bersifat kasroh, kalimat atau doa tersebut mempunyai makna yang ditujukan kepada seorang wanita.

Jika ada wanita yang memberimu hadiah atau membantumu, maka kalimat atau doa yang tepat untuk diucapkan adalah Jazakillah Khairan Katsiran.

Cara Menjawab Doa Jazakumullah Khairan Katsiran

Indahnya ummat Islam adalah ketika yang diberi doa maka yang memberi hadiah atau bantuan terdorong untuk membalas atau menjawabnya.

Untuk menjawab doa Jazakumullah Khairan Katsiran sebenarnya tidak sulit, rangkumannya seperti di bawah ini:

  • Jawaban doa kebaikan yang ditujukan kepada wanita Waiyyaki (وَاِيَّاكِ) Artinya dan sebaliknya juga bagi Anda.
  • Jika shalatnya ditujukan untuk laki-laki Waiyyaka (وَاِيَّاكَ) Artinya dan sebaliknya juga bagi Anda.
  • Jika doanya ditujukan kepada banyak orang, maka sampaikanlah waiyyakum (وَاِيَّاكُمْ) Makna dan kebaikan balasannya untukmu juga

Penutupan

Demikian penjelasan mengenai Jazakumullah Khairan Katsiran yang dapat dipahami dalam artikel Rekomendasiterbaik.id Untuk menambah pemahaman tentang doa kepada orang yang telah memberi hadiah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi ladang amal sesuai sunnah Rosulullah SAW, sekian dan terima kasih.

1698473146

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *