[Update] HTM, Lokasi, Jam Buka & Daya Tarik

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari HTM, Lokasi, Jam Buka & Daya Tarik? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari HTM, Lokasi, Jam Buka & Daya Tarik, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Pengalaman liburan rasanya kurang apabila belum pernah mengunjungi Kawah Putih Bandung. Pasalnya obyek wisata kawah ini sangat terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa. Bahkan keindahannya tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Sesuai dengan namanya, kawah ini mempunyai hamparan tanah berwarna putih yang unik. Sedangkan warna air di dalam kawahnya agak kehijauan. Pemandangan alam yang mengelilingi di sekitar area kawah juga membuat suasana liburan semakin berkesan.

Sejarah Kawah Putih Bandung

Jika ditinjau dari sejarahnya, Kawah Putih awalnya terbentuk karena adanya letusan dari Gunung Patuha. Letusan tersebut dipercaya terjadi dua kali pada abad ke 10 dan 12. Akibatnya muncullah sebuah kawah besar yang mengeluarkan bau belerang.

Saking dahsyatnya letusan yang terjadi pada waktu itu, membuat hutan di sekitar kawah jadi terlihat mati. Burung dan hewan yang melintas di sekitar kawah langsung mati dan tidak pernah kembali. Akhirnya masyarakat setempat menganggap kawah tersebut sebagai daerah angker.

Namun pada tahun 1987, ada seorang ahli geologis asal Jerman yang meneliti tentang Gunung Patuha. Ia bernama Franz Wilhelm Junghuhn dan telah melakukan penelitian, hingga menemukan fakta bahwa kawah yang dianggap angker tersebut mempunyai keindahan luar biasa.

Setelah kemerdekaan, barulah pemerintah bersama warga setempat mengembangkan potensi wisata di Kawah Putih Bandung. Hingga kini kawah yang identik dengan tanah putihnya telah menjadi destinasi liburan paling ramai.

Alamat dan Lokasi Kawah Putih Bandung

Bagi yang ingin berkunjung ke Kawah Putih harus pergi ke Kabupaten Bandung Selatan terlebih dahulu. Lokasinya agak jauh dari pusat kota, dengan jarak kurang lebih 50 km. Namun jangan khawatir karena denah kawah ini sudah ada di googlemaps.

Untuk alamat Kawah Putih Bandung sendiri berada di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11, Bandung, Jawa Barat. Jika masih bingung Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju kebun teh Rancabali karena lokasi kawah tidak jauh dari situ.

Selain itu di sepanjang jalan menuju Kawah Putih juga sudah ada papan petunjuk jalan. Wisatawan hanya perlu mengikuti papan tersebut sampai ke area parkir. Lalu lanjutkan perjalanan dengan transportasi umum yang sudah disediakan.

Rute Menuju Kawah Putih Bandung

Akses jalan menuju ke Kawah Putih sudah memadai dan beraspal, sehingga bisa dilewati berbagai kendaraan. Umumnya terdapat dua jenis kendaraan yang sering digunakan untuk ke kawah ini lengkap dengan rutenya, yaitu:

1. Kendaraan Pribadi

Apabila wisatawan mengendarai mobil pribadi, maka disarankan untuk menggunakan rute yang dimulai dari pintu Tol Kopo atau Tol Purbaleunyi. Tujuannya untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi saat akhir pekan dan musim liburan.

Dari pintu tol tersebut, lanjutkan perjalanan menuju ke kawasan Soreang. Selanjutnya ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Ciwidey. Setelah masuk ke kawasan ini Anda bisa menemukan pintu masuk Kawah Putih.

Sementara itu bagi wisatawan yang berangkat dari Jakarta ke Kawah Putih Bandung, sebaiknya lewat Tol Cipularang. Lalu pilih pintu keluar di gerang Tol Soreang dan terus lanjutkan perjalanan hingga masuk ke kawasan Ciwidey.

2. Kendaraan Umum

Selain menggunakan mobil pribadi, Anda juga bisa naik kendaraan umum untuk menuju ke Kawah Putih Bandung. Caranya adalah dengan naik angkot yang berangkat dari Terminal Leuwi Panjang menuju ke Terminal Ciwidey.

Kemudian ganti angkot dari Terminal Ciwidey ke tujuan Situ Patenggang dan berhenti tepat di gerbang masuk wisata kawah. Dari gerbang perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan transportasi khusus yang memang disediakan oleh pihak pengelola.

Sedangkan untuk wisatawan dari luar daerah yang berhenti di stasiun bisa langsung naik angkot ke Terminal Luewi Panjang. Setelah itu baru dilanjut dengan berganti angkot untuk menuju ke terminal berikutnya sampai ke Kawah Putih.

Jam Buka Kawah Putih Bandung

Jika ingin berkunjung ke kawah ini, lebih baik datang pada pagi hari karena masih sepi. Nanti setelah masuk waktu siang, biasanya kawasan kawah akan penuh dengan wisatawan. Maka dari itu disarankan untuk datang saat wisata kawah baru buka.

Untuk yang bertanya Kawah Putih Bandung buka jam berapa, jawabannya adalah dari pukul 07.00 pagi. Dari jam tersebut seluruh fasilitas di sekitar kawah juga mulai beroperasi. Sehingga wisatawan tak perlu khawatir apabila sudah datang dari pagi-pagi sekali.

Tempat wisata kawah ini dapat dikunjungi sampai sore hari karena baru tutup pada pukul 17.00. Namun setelah jam tersebut seluruh wisatawan diminta untuk meninggalkan kawasan kawah. Lantaran akses jalan akan mulai gelap dan bisa membahayakan keselamatan.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Bandung

Sama seperti destinasi wisata pada umumnya, untuk masuk ke kawasan Kawah Putih juga dibutuhkan tiket. Akan tetapi jangan khawatir karena harga tiket yang dijual tidak terlalu mahal dan bisa digunakan untuk berkeliling.

Harga tiket untuk wisatawan lokal hanya Rp 25.000 saja. Berbeda dengan wisatawan mancanegara yang harus membayar lebih mahal, sekitar Rp 75.000. Namun jika ingin mengunjungi beberapa spot dibutuhkan biaya tambahan sesuai harga tiket masing-masing.

Bagi yang ingin datang bersama rombongan akan dikenakan tarif Rp 150.000 untuk setiap mobil. Tarif tersebut belum termasuk hitungan tiket masuk per orang. Sehingga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk membeli tiket.

Selain itu, wisatawan juga perlu membayar ongkos parkir berdasarkan area dan jenis kendaraan. Apabila kendaraan pribadi diparkirkan di area bawah maka biaya parkirnya lebih murah daripada area atas yang lebih dekat dengan kawah.

Fasilitas di Kawah Putih Bandung

Setiap tempat wisata pasti dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para wisatawan. Begitu juga dengan wisata Kawah Putih yang didukung dengan fasilitas terlengkap, seperti:

1. Transportasi Khusus

Agar keamanan dan keselamatan wisatawan tetap terjaga, pihak pengelola mewajibkan pengguna sepeda motor dan rombongan bus untuk parkir di area bawah. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan menggunakan ontang-anting.

Transportasi ini bentuknya mirip seperti angkot tetapi ruang dan tempat duduknya terbuka. Tak perlu takut karena fasilitas ontang-anting sudah terbukti keamanannya dan dibawa oleh sopir yang berpengalaman.

Naik ontang-anting menuju ke Kawah Putih Bandung akan memberikan pengalaman yang berbeda dan mengasyikan. Para wisatawan dapat menikmati perjalanan sambil melihat indahnya pemandangan alam di sekitar kawah.

2. Area Parkir yang Luas

Sesampainya di gerbang pintu masuk kawah, kendaraan harus diparkirkan. Terdapat dua area parkir yang jaraknya agak jauh. Untuk wisatawan yang mengendarai sepeda motor bus pariwisata harus menitipkan kendaraannya di parkiran bawah.

Sedangkan untuk yang naik mobil pribadi diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan dan memarkirkan kendaraannya di area parkir atas. Area parkir ini jaraknya lebih dekat dengan kawah, bahkan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Aturan tentang perbedaan area parkir tersebut dibuat untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Lantaran medan jalan menuju ke Kawah Putih Bandung berkelok-kelok. Sehingga tidak sembarangan kendaraan bisa lewat dengan mudah.

3. Sarana Umum

Saking betahnya berkeliling di sekitar kawah, wisatawan sering kali lupa waktu dan mudah lelah. Maka dari itu, pihak pengelola menyediakan sarana umum yang bisa dijadikan tempat istirahat. Ada juga mushola untuk beribadah apabila sudah memasuki waktu sholat.

Ketersediaan toilet di tempat ini juga cukup banyak, sehingga wisatawan tidak perlu mengantre terlalu lama. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan karena sudah disediakan tempat sampah di setiap sudut tempat wisata.

4. Restoran dan Warung Makan

Berwisata di Kawah Putih Bandung selama berjam-jam tentunya membuat perut jadi keroncong. Tetapi jangan khawatir, karena di sekitar area parkir bawah terdapat berbagai restoran dan warung makan yang menjual makanan serta minuman.

Di sepanjang jalan menuju area kawah juga banyak pedagang kaki lima yang menjual jajanan. Bahkan ada juga warga setempat yang menjual buah-buahan, seperti stroberi dan jeruk. Sehingga dijamin selama berkeliling perut tetap aman.

Sebelum pulang, biasanya wisatawan membeli oleh-oleh khas Kawah Putih dan kawasan Ciwidey. Anda bisa membeli buah tangan di beberapa warung yang menjual produk asli hasil olahan warga sekitar.

Daya Tarik Kawah Putih Bandung

Suatu tempat wisata bisa selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung, bukanlah tanpa alasan. Berikut beberapa keistimewaan dari Kawah Putih yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

1. Pasir Berwarna Putih

Hal pertama yang membuat kawah ini menarik adalah tanahnya berwarna putih. Warna tersebut dipengaruhi oleh unsur belerang dan batuan kapur yang ada di sekitar kawah. Hamparan tanah tersebut sangat unik karena tidak ada di kawah lainnya.

Dengan warna tanah yang putih membuat pemandangan di sekitar wisata Kawah Putih Bandung jadi semakin indah. Bak seperti liburan di dunia kayangan yang dipenuhi dengan tanah putih bersih dan kawah jernih.

2. Warna Air Kawah

Selain tanahnya yang punya warna unik, air di dalam kawah juga berwarna putih kehijauan. Warna tersebut muncul akibat tingginya kandungan belerang atau sulfur di permukaan kawah. Namun warna air bisa berubah-ubah tergantung dengan karat sulfur dan suhu di sekitarnya.

Terkadang air kawah berubah warna menjadi biru seperti lautan. Tetapi bisa juga air tersebut warnanya berganti menjadi cokelat. Perubahan warna ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena bisa menghasilkan pemandangan yang berbeda-beda.

3. Pemandangan Alam di Sekitarnya

Kawah Putih Bandung terletak di area pegunungan Jawa Barat yang tingginya mencapai di atas 2.400 meter. Sehingga tidak heran jika kawasan di sekitar kawah ini dikelilingi dengan pemandangan khas pegunungan yang indah.

Uniknya di sekeliling kawah, wisatawan dapat menemukan pepohonan tandus yang sudah mati namun masih dibiarkan keberadaannya. Justru pohon-pohon tersebut dapat menambah suasana kawah menjadi semakin estetik.

4. Legenda

Tak hanya menarik dari segi pemandangan alamnya, ternyata kawah ini juga mempunyai legenda yang tidak terduga. Warga setempat percaya bahwa kawah tersebut merupakan kawasan yang sakral, angker, dan dihuni oleh makhluk halus.

Bahkan banyak warga yang bercerita bahwa hewan apa pun yang melintas di atas kawah akan mati dalam sekejap. Mereka juga menyatakan bahwa di puncak Gunung Patuha terdapat 7 makam leluhur yang paling dihormati.

Aktivitas Seru di Kawah Putih Bandung

Selain bisa berkeliling sambil melihat keindahan pemandangan kawah, ada berbagai aktivitas seru yang juga bisa dilakukan. Aktivitas tersebut telah didukung dengan fasilitas dan spot menarik yang sengaja dibangun oleh pihak pengelola.

1. Berkunjung ke Dermaga Apung

Aktivitas pertama yang wajib dilakukan sesampainya di kawasan kawah adalah mengunjungi Dermaga Apung. Spot ini sangat unik dan sering dijadikan tempat untuk berburu foto karena dapat menampilkan panorama Kawah Putih yang megah.

Untuk bisa sampai ke dermaga, wisatawan harus melewati jembatan apung yang terbuat dari kayu. Bentuk jembatan ini sederhana namun pemandangannya tidak kalah indah karena dibangun mengapung di atas kawah.

Sesampainya di dermaga, biasanya wisatawan langsung berswafoto sambil duduk dan menunjukkan bentangan kawah dengan berwarna putih kehijauan yang indah. Namun dibutuhkan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 untuk berkunjung ke dermaga ini.

2. Jalan-jalan ke Skywalk Cantigi

Selanjutnya Anda harus mencoba untuk jalan-jalan di Skywalk Cantigi yang dibangun mengelilingi Kawah Putih Bandung. Platform ini terletak di dalam hutan cantigi yang lokasinya tidak terlalu jauh dari area kawah.

Meskipun terbuat dari material bambu, namun paltform yang dibuat mirip dengan jembatan ini cukup kuat dan tidak mudah rusak. Jaraknya sekitar 2 sampai 3 meter dari permukaan tanah, sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan kawah dari ketinggian.

Terdapat menara pandang yang dijadikan sebagai spot favorit untuk melihat keindahan Kawah Putih. Biasanya menara tersebut juga digunakan untuk bersantai dan istirahat sejenak sebelum melanjutkan petualangan ke seluruh sudut kawah.

Sesampainya di platform terakhir, wisatawan dapat melihat view kawah yang sangat indah lengkap dengan pemandangan gunung di sekitarnya. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja untuk jalan-jalan sambil menikmati panorama alam.

3. Foto Prewedding

Dikarenakan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan, banyak wisatawan berdatangan ke kawah ini untuk melakukan foto prewedding. Bahkan disediakan juga paket khusus prewed atau photo session sebesar Rp 500.000.

Namun untuk menghasilkan foto di Kawah Putih Bandung yang bagus, Anda harus datang saat hari biasa atau ketika suasananya tidak terlalu ramai. Pasalnya jika ada banyak orang hasil fotonya akan kurang bagus.

Biasanya spot yang paling sering dijadikan latar belakang foto prewedding adalah area depan kawah dan dermaga apung. Tetapi masih banyak spot menarik lainnya yang menyuguhkan pemandangan indah dan romantis.

4. Mencoba Pemandian Air Panas

Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan dengan kadar belerang tinggi, membuat sumber air di sekitar kawah mempunyai suhu tinggi. Sehingga tersedia beberapa tempat pemandian air panas yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk kawah.

Bahkan ada pemandian yang mengandung sulfur tinggi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Dijamin tubuh yang awalnya lelah akan kembali segar setelah mandi dengan air belerang yang hangat. Meskipun baunya kurang sedap namun air ini punya banyak manfaat.

Tips Berkunjung ke Kawah Putih Bandung

Agar momen liburan ke Kawah Putih jadi lebih menyenangkan, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dan membuat rencana liburan. Tambahkan juga beberapa tips berkunjung berikut untuk menyempurnakan suasana liburan:

  • Datang pada pagi hari saat cuaca masih cerah.
  • Gunakan baju hangat karena suhu di kawah dingin.
  • Bawa kamera untuk berburu foto.
  • Berhati-hati dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Memakai masker apabila tidak tahan dengan bau belerang.

Itulah berbagai informasi penting yang perlu disimak ketika ingin berlibur ke Kawah Putih Bandung. Jangan lupa juga mempersiapkan kesehatan dan perlatan yang dibutuhkan. Dijamin Anda tidak akan rugi dan betah untuk menghabiskan waktu di kawah ini.

Baca Juga:

1698630501

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *