[Update] HP Samsung OIS 2023 Termurah Kamera Stabil Harga 2 Jutaan

Hayo, siapa yang di sini sering mencari HP Samsung OIS 2023 Termurah Kamera Stabil Harga 2 Jutaan? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari HP Samsung OIS 2023 Termurah Kamera Stabil Harga 2 Jutaan, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!






HP Samsung OIS 2023 Termurah Kamera Stabil Harga 2 Jutaan



















Skip to content

Rekomendasiterbaik.id – Ada banyak HP Samsung OIS termurah yang bisa dipilih dalam menunjang kebutuhan sehari-hari. Cek spesifikasi dan harganya di tahun 2023.

OIS merupakan singkatan dari Optical Image Stabilizer. Ini merupakan salah satu fitur yang banyak bermunculan di dalam sebuah perangkat ponsel. Biasanya ada pada sektor kamera.

Fitur OIS sendiri seperti namanya merupakan stabilisasi yang akan membuat perekaman suatu gambar atau video agar tidak mudah goyang. Jadi kamu tidak perlu khawatir ketika menggunakan ponsel tersebut untuk merekam sambil berjalan atau bahkan berlari. Hasilnya masih tetap akan baik.

Menariknya, fitur OIS ini juga bisa ditemukan pada ponsel yang memiliki harga terjangkau dan dari berbagai merek, misalnya brand Samsung. Berikut ini deretan HP Samsung OIS termurah yang dapat jadi pilihan untuk para

Kumpulan HP Samsung OIS Termurah

Samsung Galaxy A23 5G

Sebagai salah satu HP Samsung OIS termurah, Galaxy A23 5G memiliki spesifikasi yang andal. Spesifikasinya juga tidak kalah menarik dengan para pesaingnya.

Smartphone tersebut datang dengan ukuran ketebalan sekitar 8,4 mm dan berat 197 gram. Desain minimalisnya masih mirip dengan seri pendahulunya, yakni Galaxy A23 4G, A52, hingga A72 dengan menyusun kamera belakang secara vertikal pada modul yang menonjol.

Penampilan dari Galaxy A23 5G ini cukup elegan. Dia hadir dengan empat pilihan warna, yakni hitam, biru muda, silver, dan juga oranye.

Pada sisi layarnya, Samsung seri A ini dilapisi panel PLS LCD seluas 6,6 inci yang beresolusi FHD+. Ini akan memberikan pengalaman multimedia yang menyenangkan.

Terlebih di dalamnya juga ada setelan refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling 240 Hz yang mulus serta responsif. Jadi bersosial media hingga bermain game akan terasa cukup memuaskan. Bahkan menonton video juga akan terasa nyaman berkat rasio layarnya yang luas.

Untuk lebih aman lagi, Samsung kemudian membekali produknya dengan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya menjadi lebih tahan banting dan layar tidak mudah pecah.

Bergeser pada bagian kamera, HP Samsung OIS termurah ini punya empat lensa. Di bagian belakang, terpasang kamera utama dengan kekuatan 50 MP. Kamera tersebut juga sudah mendapatkan dukungan teknologi PDAF.

Lalu terdapat pula lensa ultrawide dengan kekuatan 5 MP, lensa depth 2 MP, hingga lensa makro 2 MP. Tetapi yang menarik, lensa utamanya sudah mendapatkan fitur stabilisasi OIS yang anti guncangan. Jadi merekam gambar tidak akan goyang walaupun dipakai berlarian.

Pada sisi depannya, ada lensa selfie berkekuatan 8 MP. Walaupun kekuatannya masih kalah dengan ponsel lain, tetapi kemampuan dari HP Samsung yang satu ini tetap bisa diandalkan dalam hal mengambil foto selfie. Sementara untuk fungsi perekamannya, Galaxy A23 5G maksimal hanya bisa sampai resolusi 1080p@30fps.

Bagian mesinnya diisi oleh Snapdragon 695. Chipset tersebut merupakan buatan Qualcomm yang sudah mendapatkan dukungan jaringan 5G. Supaya lebih maksimal, prosesor tersebut dibantu dengan GPU Adreno 9 untuk mengoptimalkan bagian grafis.

Sedangkan pada sisi memorinya, HP Samsung OIS termurah ini datang dengan opsi yang beragam. Ada RAM 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Lalu untuk memori internalnya sekita 128 GB. Alhasil, ponsel ini masih cukup luas untuk menyimpan banyak file.

Perihal baterai, Samsung membekali seri A23 5G dengan baterai yang besar, yakni 5000 mAh. Padahal ponsel tersebut kini dijual dengan harga di bawah Rp5 jutaan. Selain itu, ada pula dukungan teknologi fast charging 25W untuk memangkas waktu pengecasan. Dengan fitur fast charging, HP OIS murah ini dapat mengisi penuh daya dalam waktu 1 jam 20 menit.

Tabel Spesifikasi

Dimensi Ketebalan 8,3 mm
Bobot 197 g
Layar IPS LCD 6,6 inci resolusi FHD+
Refresh rate 120Hz
Chipset Snapdragon 695
Memori RAM 4GB/6GB/8GB
Memori internal 128GB
Kamera depan 8MP
Kamera belakang 50MP (utama), 5MP (ultrawide), 2MP (makro), 2MP (depth)
Baterai 5000mAh
Sistem operasi Android 12
SIM Dual Nano SIM
Fitur lain Gorilla Glass 5, fingerprint, dan lainnya
Warna Black, light blue, silver, dan orange

Samsung Galaxy A33 5G

HP OIS murah selanjutnya adalah Samsung Galaxy A33 5G. Ponsel tersebut datang dengan layar yang berpanel Super AMOLED. Diketahui panel Super AMOLED memiliki visual yang lebih maksimal dalam menampilkan komposisi gelap terang serta kecerahan.

Lebih lanjut, Samsung Galaxy A33 5G membawa layar seluas 6,4 inci dengan rasionya ke bodi 83,7 persen. Dengan ukuran tersebut, ponsel ini masih cukup nyaman untuk dipakai streaming video. Terlebih, smartphone ini juga memiliki refresh rata hingga 90 Hz, yang membuat layar tampil mulus ketika dipakai untuk bermedia sosial atau bermain game.

Tapi tidak hanya itu, HP Samsung OIS termurah ini juga dibekali dengan sertifikasi IP67 yang terkenal tahan terhadap debu serta air. Dengan begitu, ponsel tersebut masih aman dari goresan atau benturan.

Beralih ke sisi fotografi, kamera dari Galaxy A33 5G terdiri dari empat lensa. Kamera utama yang terpasang di bagian belakang memiliki resolusi 48 MP, lengkap dengan fitur OIS yang menjaga pengambilan gambar tidak mudah goyang.

Selanjutnya ada pula lensa ultrawide dengan kekuatan resolusi 8 MP, makro 5 MP, serta lensa depth yang berkekuatan 2 MP. Penyusunan kameranya sendiri dibuat seperti boba, layaknya di iPhone, sehingga terasa stylish.

Sementara itu pada sisi depannya, Galaxy A33 5G datang dengan kamera swafoto berkekuatan 13 MP. Untuk fungsi merekam video, kamera depan dan belakang mampu melakukan perekaman video hingga kualitas gambar 4K. Tetapi jika menggunakan lensa ultrawide, kamera tersebut hanya mampu merekam dengan resolusi FHD.

Selanjutnya, HP Samsung OIS murah ini mengusung Exynos 1280 pada bagian mesinnya. Chipset buatan Samsung tersebut mampu bersaing dengan smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon. Bahkan, mesin tersebut cukup bisa diandalkan dalam hal multitasking. Sayangnya dalam hal bermain game, smartphone ini masih kurang.

Kapasitas RAM yang tersedia di dalam perangkat Samsung ini juga luas. Tercatat ada RM 6 GB serta 8 GB yang dipadukan dengan memori internal 128 GB atau 256 GB.

Dengan kapasitas tersebut, ponsel ini akan terasa lapang untuk menyimpan berbagai macam data. Jika masih belum cukup, Galaxy A33 5G juga menyediakan slot microSD untuk menambah kapasitas memori.

Perihal baterainya, HP OIS murah ini memiliki daya berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut cukup besar untuk ponsel dengan harga terjangkau. Di dalamnya, smartphone ini juga sudah mendapatkan fitur fast charging 25W. Alhasil, smartphone tersebut bisa memangkas waktu pengisian ulang daya, yakni sekitar 1 jam 10 menit.

Tabel Spesifikasi

Dimensi Ketebalan 8,1 mm
Bobot 186 g
Layar Super AMOLED 6,4 inci resolusi FHD+
refresh rate 90Hz, Corning Gorilla Glass 5
Chipset Exynos 1280
GPU Mali G68
Memori RAM 6GB/8GB
Memori internal 128GB/256GB
Kamera depan 13MP
Kamera belakang 48MP (utama, teknologi PDAF, OIS)
8MP(ultrawide)
5MP (makro)
5MP (depth)
Baterai 5000mAh
Fast charging 25W
Sistem operasi Android 12, One UI 5
SIM Hybrid dual SIM
Fitur lain Under display fingerprint scanner, speaker stereo, Bluetooth, WiFi, USB-C, dan lainnya
Warna Awesome black, awesome white, awesome blue, awesome peach
Harga Mulai dari Rp3,5 jutaan

Samsung Galaxy A73 5G

Samsung seri A73 5G datang dengan ukuran yang ringkas, sehingga nyaman untuk dipakai bepergian. Tetapi tentunya, digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari masih tetap nyaman.

Selanjutnya, HP Samsung OIS termurah ini sudah menggunakan panel Super AMOLED Plus seluas 6,7 inci. Untuk urusan ketajaman gambar, Samsung mendapatkan dukungan resolusi hingga FHD+.

Rasio layar ke bodinya juga didesain dengan ukuran 87 persen. Ini akan memberikan pengalaman multimedia yang memuaskan. Kegiatan menonton video pun akan terasa nyaman.

Tak ketinggalan ada dukungan refresh rate hingga 120 Hz. Dengan begitu, layar akan lebih halus dan mulus ketika dipakai. Supaya bisa lebih aman dari goresan, maka Samsung telah memberikan kaca pelindung berupa Corning Gorilla Glass 5.

Selain itu, tedapat pula rating IP67 yang tahan terhadap air serta debu. Jadi, para penggunanya bisa lebih lega lagi apabila perangkat smartphone Samsung Galaxy A73 5G terkena percikan air.

Soal kamera, HP Samsung OIS termurah tersebut menghadirkan kamera yang andal untuk menawarkan kualitas gambar yang mumpuni. Sisi belakangnya terdiri dari lensa utama yang memiliki kekuatan 108 MP lengkap dengan fitur OIS.

Selanjutnya ada pula lensa ultrawide dengan kekuatan 12 MP, diikuti lensa makro 5 MP, depth 5 MP. Di sisi lain, lensa selfie yang terpasang di bagian depan memiliki resolusi 32 MP supaya bisa mendampingi kamera utamanya.

Perihal perekaman video, ponsel ini sanggup merekam dengan kekuatan hingga 4K pada kecepatan 30 fps. Hasilnya cukup baik dan tidak mudah goyang.

Masuk ke bagian mesinnya, Samsung A73 5G mendapatkan tenaga Snapdragon 778 5G. Chipset tersebut akan memberikan kinerja yang unggul, bahkan memiliki daya yang efisien. Terlebih ada pula dukungan dari GPU Adreno 642L yang berperan dalam menunjang grafisnya.

Lanjut ke bagian memori, HP Samsung yang satu ini memiliki RAM yang luas, yakni 6 GB dan 8 GB. Kapasitas tersebut kemudian ditunjang dengan penyimpanan internal seluas 128 GB dan 256 GB. Ini akan membuat para penggunanya menjadi lebih nyaman ketika bermain game karena ruang penyimpanannya cukup lapang.

Bahkan smartphone ini bisa dipakai untuk bermain Genshin Impact, salah satu game yang terkenal berat untuk ponsel. Bahkan grafisnya masih tetap baik, tidak banyak drop.

Terkait dengan kapasitas baterainya, seri A yang satu ini hadir daya 5000 mAh. Selain itu, ada pula fitur pengisian cepat dengan daya 25W yang memungkinkan pengecasan menjadi lebih cepat.

Tabel Spesifikasi

Dimensi Ketebalan 7,6 mm
Bobot 189 g
Layar Super AMOLED+ 6,7 inci resolusi FHD+
refresh rate 120Hz, Corning Gorilla Glass 5
Chipset Snapdragon 778G
GPU Adreno 642L
Memori RAM 6GB/8GB
Memori internal 128GB/256GB
Kamera depan 33MP
Kamera belakang 108MP (utama, teknologi PDAF, OIS)
12MP (ultrawide)5MP (makro)
5MP (depth)
Baterai 5000mAh
Fast charging 25W
Sistem operasi Android 12, One UI 5
SIM Hybrid dual SIM
Warna Gray, Mint, White
Harga Rp5,8 jutaan (Juli 2023)

Samsung Galaxy A52s

Ponsel kelas menegah seperti Samsung Galaxy A52s memiliki ketebalan 8,4mm dan berat 189g. Ukurannya masih tergolong ringan jadi akan nyaman dipakai sehari-hari.

Ponsel ini terbuat dari plastik di bagian belakang dan kaca di bagian depan. Namun, bahan plastiknya itu bisa mengurangi sidik jari yang lengket.

Selain itu, ponsel ini tetap tampil dengan desainnya yang stylish dan sangat berjiwa muda. Galaxy A52s tersedia di Indonesia dalam tiga warna: Awesome Black, Awesome Violet, dan Awesome Mint.

Samsung juga menerapkan konsep seamless pada model A52s dengan desain modul kamera yang selaras dengan warna casingnya Selain itu, bahannya juga dibuat dengan warna yang lembut.

Layar dengan panel AMOLED FDH+ menjadi salah satu keunggulan Samsung Galaxy A52s 5G. Karena dengan layar ini, pengguna dapat merasakan layar yang tajam dan jernih. Dari segi ukuran, layar HP Samsung OIS termurah ini berdiameter 6,5 inci.

Selain itu, desain layar depannya mengusung konsep Infinity-O-Display, yakni lubang di tengah untuk ruang kamera selfie. Tapi bukan itu saja, Smartphone ini menawarkan pergerakan yang mulus berkat kecepatan refresh 120 Hz.

Seolah itu belum cukup, Samsung menghadirkan fungsi Eye Comfort Shield yang disertifikasi oleh SGS Eye Care Certification. Dengan fitur ini, layar ponsel dapat membantu mengurangi cahaya biru yang kuat.

Ada juga sertifikasi Widevine L1 yang menempatkan ponsel ini pada posisi untuk menghadirkan konten berkualitas kepada siapa pun. Tak hanya tahan air, ponsel besutan perusahaan asal Korea Selatan itu juga punya ketahanan yang baik di sisi layarnya. Pasalnya, layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang cukup tangguh dari goresan.

Samsung Galaxy A52s 5G mengandalkan kamera utama 64 MP yang dipasangkan dengan sensor Sony IMX628 Exmor RS dan kemampuan OIS untuk hasil yang stabil. Selain itu, terdapat kamera lain di bagian belakang ponsel ini, antara lain lensa ultra-wide 12MP, lensa makro 5MP, dan lensa 5MP.

A52s 5G memiliki kamera selfie 32 megapiksel di bagian depan. Sama seperti kamera belakang, kamera selfie juga mendukung resolusi video hingga 4K.

Performa Samsung A52s mengusung chipset Snapdragon 778 5G. Sedangkan untuk baterainya, sebenarnya kapasitas yang digunakan Samsung A73 itu sekitar 4500 mAh. Namun mengingat ukurannya, tersebut, maka ponsel ini akan bertahan sepanjang hari. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 25W.

Samsung A52s sudah memiliki sertifikat IP67 dan karenanya tahan air. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi pengguna. Pasalnya, ponsel ini akan bertahan meski terkena air

Ttabel spesifikasinya.

Dimensi Ketebalan 8,4 mm
Bobot 189 g
Layar Super AMOLED 6,5 inci resolusi FHD+
refresh rate 120Hz, Corning Gorilla Glas 5
Chipset Snapdragon 778G 5G
GPU Adreno 642L
Memori RAM 8GBMemori internal 256GB
Kamera depan 32MP
Kamera belakang 64MP (utama, teknologi PDAF, OIS), 12MP (ultrawide), 5MP (makro), 5MP (depth)
Baterai 4500mAh
Fast charging 25W
Sistem operasi Android 11, OneUI 3.1
SIM Hybrid dual nano SIM
Fitur lain In display fingerprint scanner, speaker Dolby Atmost, Face Unlock, Bluetooth, WiFi, USB-C, RAM Plus (4GB), Eye Care Shield, NFC, dan lainnya
Warna Awesome black, awesome violet, awesome mint
Harga Rp4,4 jutaan (Juli 2023)

Samsung Galaxy A34 5G

Samsung Galaxy A34 5G cukup tipis dan ringan. Tebalnya sekitar 8.2mm dan beratnya 199 gram. Ukuran ini juga memudahkan untuk memegang perangkat dengan satu tangan atau membawanya ke mana pun saat pergi.

Di bagian luar, Samsung mendesain seri ini agak mirip dengan ponsel flagship terbarunya Galaxy S23. Ini karena mereka melepas sebagian modul kamera dari belakang.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki desain bodi yang ramping dengan bagian tepi yang terlihat melengkung seperti Samsung S23. Untuk warna, Samsung A34 5G di Indonesia tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Awesome Silver, Awesome Violet, dan Awesome Graphite.

Berlanjut pada bagian layar, HP Samsung OIS termudrah memiliki panel Super AMOLED berukuran 6,6 inci. Layarnya mendukung resolusi Full HD Plus dan kecerahan maksimumnya adalah 1000 nits dan penguat visual.

Dengan begini layar tetap jernih dan cerah meski digunakan di luar ruangan saat cuaca panas. Selain itu, ada juga pengaturan berupa refresh rate hingga 120 Hz. Dengan demikian, konten yang bergerak terasa halus, lancar, dan responsif.

Di bagian kamera, Samsung A34 5G memiliki tiga kamera belakang yang menunjukkan kemampuan terbaiknya saat mengambil foto. Terdapat dua kamera tambahan dan satu kamera utama di bagian belakang.

Untuk resolusinya, Samsung memasang lensa ultra wide-angle berkekuatan 8 megapiksel dan aperture f/2.2. Selain itu, terdapat kamera utama 48 MP dengan aperture f/1.8 dan dilengkapi OIS stabilization.

Terakhir, ada kamera makro 5 MP dengan bukaan f/2.4. Ketiga lensa tersebut tertata rapi secara vertikal tanpa modul kamera. Selain ketiga kamera tersebut, terdapat juga lampu flash yang dapat memberikan penerangan di kondisi minim cahaya.

Di bagian depan, Samsung memasang kamera selfie beresolusi 13 MP dan aperture f/2.2. Di antara fitur pendukung foto dari Galaxy A34 5G adalah night photography yang meningkatkan kualitas gambar di malam hari. Ini juga memiliki fungsi stabilisasi OIS untuk menghindari guncangan perekaman video.

Selain itu, kamera dari HP OIS murah ini sudah dilengkapi dengan berbagai mode foto dan video.

Dari segi performa, Samsung mengandalkan produk terbarunya dengan chipset MediaTek Dimensity 1080 di bagian mesin. Chipset tersebut dikembangkan menggunakan proses manufaktur 6nm agar lebih efisien.

Untuk meningkatkan performa, prosesor tersebut didukung dengan kecepatan prosesor hingga 2,6 GHz dan GPU Mali G68 MC4 yang memaksimalkan tampilan grafis.

Di bagian depan perangkat lunak, perangkat Samsung terbaru menggunakan sistem operasi Android 13 dan dipasangkan dengan antarmuka pengguna OneUI 5.1.

Masalah memori, kapasitas RAM ponsel ini adalah 8GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya tersedia dua pilihan yaitu 128GB dan 256GB. Jika ini tidak cukup, penyimpanan internal dapat diperluas hingga 1 TB dengan kartu microSD.

Sedangkan untuk baterainya, perusahaan asal Korea Selatan ini memasang baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan kemampuan tersebut, Galaxy A34 5G bisa dipakai seharian. Fungsi pengisian cepat mendukung daya hingga 25W, yang dapat mempercepat proses pengisian daya menggunkana kabel tipe C.

Tabel Samsung A34 5G

Dimensi 161,3 x 78,1 x 8,2 mm
bobot seberat 191 gram.
Layar Super AMOLED seluas 6,6 inci
resolusi gambar FHD Plus
refresh rate hingga 120 Hz
kecerahan hingga 1000 nits
vision booster
Chipset MediaTek Dimensity 1080 (6nm)
CPU Octa Core clockspeed 2.6 GHz
GPU Mali G68 MC4
OS Android 13, One UI 5.1
Memori RAM 8GB
Storage 128 GB/256 GB
MicroSD hingga 1 TB
SIM Dual SIM
Kamera belakang 48 MP (utama, OIS), 8 MP (ultrawide), 5 MP (makro)
Kamera depan 13 MP
Baterai 5000mAh
Fast charging 25W
Fitur Speaker berteknologi Dolby Atmos, IP67, jaringan 5G, USB tipe C, NFC, dan lain-lain.
Warna Graphite, white, dan violet
Harga Mulai Rp3,5 jutaan (Juli 2023)

Samsung Galaxy A54

Galaxy A54 5G tampil dengan dimensi di atas kertas 158,2 x 76,7 x 8,2 mm dan bobot seberat 202 gram. Dari dimensinya tersebut, perangkat ini memang tergolong agak tebal dan berat.

Tetapi, Galaxy A54 masih nyaman dalam hal pemakaian seharian. Banyak di genggaman pun terasa kokoh dan enak untuk dibawa ke mana saja. Bahkan, ukurannya juga tidak begitu memakan banyak tempat.

Sementara untuk eksterior, penampilan dari Samsung Galaxy A54 5G ini mengadopsi desain seri flagship Galaxy S23. Tampilan yang mengilap pada sisi punggungnya membuat ponsel tersebut mirip dengan seri S terbaru Samsung.

Selain itu, layout dari kameranya juga tidak terpasang di dalam sebuah modul. Samsung mendatangkan ketiga kamera boba-nya untuk dipasangkan di sisi belakang smartphone.

Tak ketinggalan pula, Samsung A54 5G kini tampil dengan sisi bodi yang datar dengan lengkungan di bagian ujungnya. Sementara untuk warna, ponsel ini tersedia dalam empat pilihan. Ada awesome graphite, white, violet, dan lime yang bisa dipilih sesuai selera.

Pada sektor layar, Samsung menyematkan panel Super AMOLED seluas 6,4 inci dengan desain Infinity O. Display sudah mendapatkan resolusi gambar FHD Plus dan kedalaman warna hingga 16 juta. Hal ini akan memberikan pengalaman visual yang menyenangkan bagi pengguna. Layar akan terlihat cerah dan visibilitasnya juga jelas.

Selain itu, Galaxy A54 5G juga membawa laju penyegaran hingga 120 Hz. Konfigurasi ini membuat transisi dari tampilan layar menjadi mulus dan cepat tanggap ketika sedang asyik scrolling di media sosial ataupun menjalankan game di ponsel.

Dalam urusan fotografi, Samsung Galaxy A54 5G punya tiga kamera yang terpasang di sisi punggung serta siap memberikan hasil jepretan yang berkualitas. Kamera yang dihadirkan terdiri dari satu kamera utama serta dua lensa pendukung yang terpasang di sisi belakang.

Perihal kekuatannya, Samsung memberikan kekuatan sebesar 12 MP pada kamera ultrawide. Lensa ini juga memiliki bukaan diafragma f/2.2 untuk menghasilkan gambar yang semakin baik dalam mengabadikan gambar pemandangan ataupun lainnya yang membutuhkan sudut lebih luas.

Selanjutnya, kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP yang didesain dengan diafragma f/1.8. Di dalamnya sudah terdpat fitur OIS agar menghasilkan gambar yang stabil.

Terakhir, terdapat kamera makro dengan kekuatan 5 MP yang berfungsi dalam mengambil gambar dengan lebih detail. Ketiga kamera tersebut tersusun secara vertikal di punggung Samsung A54 5G.

Di bagian depannya, terdapat kamera selfie yang disematkan Samsung. Lensanya datang dengan resolusi 32 MP serta bukaan f/2.2. Beda dengan lensa utama, kamera selfie yang berada di depaan ini tidak mendapatkan dukungan fitur OIS. Akan tetapi, sensor tersebut masih cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan dalam mengambil foto selfie yang cantik.

Adapun kamera pada Galaxy A54 ini juga sudah mendapatkan dukungan dari berbagai mode fotografi. Ada Nightography untuk menghasilkan foto yang terang dan cerah, photo remaster yang mengurangi keburaman dan noise, hingga object eraser untuk mengedit foto.

Masuk ke bagian videografi, Samsung menyematkan fitur stabilitas VDIS dan angle OIS yang lebih lebar. Fitur tersebut berfungsi dalam membantu memberikan hasil rekaman yang stabil dan berkualitas. Apalagi fitur itu juga bisa melakukan reframing dan autofocus otomatis, yang akan membuat rekaman menjadi lebih bagus.

Untuk resolusinya, perangkat ini sanggup merekam video hingga kekuatan resolusi 4K pada kecepatan 30 fps dan mode slow motion berkecepatan 240 fps pada konten HD.

Pada sektor hardware, ponsel ini mengandalkan tenaga dari chipset Exynos 1380 dengan fabrikasi 5nm. Dengan arsitektur tersebut, diharapkan keluaran tenaga pada ponsel ini menjadi lebih efisien.

Samsung mengatakan bahwa chipset Exynos 1380 pada seri A54 ini sudah membawa peningkatan CPU sekitar 20 persen dan GPU sekitar 26 persen daripada tipe chipset Exynos pada pendahulunya, seri A53. Sedangkan untuk software, Galaxy A54 5G berjalan menggunakan One UI 5.1 berbasis Android 13.

Agar lebih lancar, ponsel ini mendapatkan memori yang cukup luas. Kapasitas RAM sekitar 8 GB yang berpadu pada dua opsi penyimpanan internal sebesar 128 GB dan 256 GB. Apabila belum cukup, ponsel ini menyediaka slot microSD untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan. Tambahan ruangnya bahkan hingga 1 TB, sangat lapang untuk menyimpan beragam jenis data.

Beralih ke sektor baterai, penerus Galaxy A53 ini memiliki daya sekitar 5.000 mAh untuk bisa bertahan lama. Selain itu, terdapat fitur pengisian cepat dengan daya 25W, yang memungkinkan pengecasan ulang daya sekitar 50 persen bisa diisi dengan waktu 30 menit.

Ponsel ini pun sudah dibekali dengan berbagai fitur tambahan yang menarik, seperti speaker stereo dengan dukungan teknologi Dolby Atmos, adanya rating tahan air dan debu IP67, NFC, dan masih banyak lagi.

Tabel Spesifikasi

Dimensi 158,2 x 76,7 x 8,2 mm
bobot seberat 202 gram.
Layar Super AMOLED seluas 6,4 inci
resolusi gambar FHD Plus
kedalaman warna hingga 16 juta
refresh rate hingga 120 Hz
Chipset Exynos 1380 (5nm)
CPU Octa Core clockspeed 2.4 GHz
OS Android 13, One UI 5.1
Memori RAM 8GB
Storage 128 GB/256 GB
MicroSD hingga 1 TB
SIM Dual SIM
Kamera belakang 50MP (utama, OIS), 12 MP (ultrawide), 5 MP (makro)
Kamera depan 32 MP
Baterai 5000mAh
Fast charging 25W
Fitur IP67, USB tipe C, NFC, DolbY aTMOS.
Warna Graphite, putih, violet, serta lime
Harga Mulai dari Rp3,4 jutaan (Juli 2023)

Samsung Galaxy A72

HP Samsung OIS murah selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah Galaxy A72. Smartphone tersebut datang dengan bodi yang masih nyaman dibawa ke mana-mana. Ketebalannya 8,4 mm dengan bobot seberat 203 gram.

Dari sisi desain, Samsung mendesainnya mirip dengan Galaxy A52s, Warna yang hadir juga beragam dan hadir dalam warna yang lembut, seperti hitam, ungu, putih, juga ungu.

Perihal layar, HP OIS murah yang satu ini datang dengan layar Super AMOLED berkonsep Infinity U yang berukuran 6,7 inci. Layarnya sudah beresolusi FHD+.

Ini akan membuat Galaxy A72 menjadi nyaman untuk dipakai menonton seharian. Terlebih di dalamnya juga sudah ada teknologi Eye Comfort Shield yang dapat mengurangi cahaya biru agar mata tidak mudah lelah.

HP Samsung OIS termurah ini hadir dengan empat kamera belakang. Susunannya terdiri dari lensa utama beresolusi 64 MP dan aperture f/1.8 serta fungsi stabilisasi OIS. Selain itu, ada kamera ultra-wide 12 MP dengan aperture f/2.2.

Tak ketinggalan kamera pendamping, berupa lensa telefoto 8 MP dengan aperture f/2.4 dan kemampuan OIS. Lensa ini juga memiliki 3x optical zoom dan 30x spatial zoom untuk gambar yang lebih detail. Terakhir, ada lensa makro bertenaga 5 MP dengan aperture f/2.4, yang mendukung gambar dengan efek bokeh.

Sementara itu, terdapat kamera selfie di bagian depan dengan kapasitas sekitar 32 MP. Samsung menawarkan pengaturan ini untuk membuat foto beresolusi tinggi yang jelas.

Dalam hal perekaman video, ponsel ini menawarkan perekaman video UHD 4K dengan resolusi 30fps. Sementara video slow time lapse bisa direkam dengan kecepatan 240 fps.

Dari segi mesin, performa ponsel Samsung A72 5G didasarkan pada performa chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Ini juga mendukung prosesor octa-core dengan kecepatan 2,3 GHz dan Adreno 618.

Bagian perangkat lunak, Samsung A72 menggunakan Android 11 dan One UI 4.1 untuk membuat sistem operasi berjalan lancar.

Guna mengoptimalkan kinerja mesin, Galaxy A72 punya kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Ada RAM 8 GB yang dipasangkan dengan storage 128 GB. Jika kurang, kartu microSD memiliki kapasitas ekspansi hingga 1TB.

Dengan begitu, ponsel ini dapat menyimpan banyak file dalam berbagai format. Bahkan, game juga bisa berjalan lancar.

Karena masalah baterai, perangkat Samsung A72 ini menghabiskan daya hingga 5000 mAh. Dengan jumlah tersebut, ponsel ini akan tetap awet meskipun digunakan seharian untuk menjelajahi web, menonton video, dan mendengarkan musik.

Di dalamnya juga sudah didukung dengan teknologi pengisian cepat yang memiliki daya 25W untuk mengisi penuh pengisi daya. Pengisian daya didukung oleh kabel USB Type-C.

Sebagai tambahan, Samsung memberi perangkatnya sertifikat IP67 yang tahan air dan debu. Jadi mengambil foto tidak lagi menjadi masalah meski ponsel sedikit basah. Tabel Spesifikasi

Dimensi 169.5 x 74.4 x 8.4 mmbobot 203 gram
Layar AMOLED berukuran 6,7 inci
resolusi FHD Plus
refresh rate hingga 120 Hz
kecerahan hingga 800 nits
Hardware dan software Snapdragon 720G
CPU Octa-core berkecepatan 2.3 GHz
GPU Adreno 618
Android 11 dan One UI 4.1 
Memori RAM 8 GBmemori internal 128 GB
perluasan microSD hingga 1 TB
Kamera Depan 32 MP
Kamera Belakang 64 MP (utama, aperture f/1.8 dan OIS
12 MP (ultrawide, aperture f/2.2)
8 MP (telephoto, aperture f/2.4, 3x optical zoom, 30x space zoom)
5 MP (makro, aperture f/2.4, efek bokeh) 
Video UHD 4K @30fps
240fps@HD
Baterai 5600 mAh
Fast charging 25W
Fitur Fingerprint, IP67, gyroscope, WiFi, NFC, Bluetooth, USB-C, dan lainnya
Warna hitam, violet, putih, dan biru.
Harga Mulai dari Rp4 jutaan

Akhir Kata

HP Samsung OIS termurah dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih ketika mencari ponsel yang nyaman untuk dipakai membuat berbagai konten. Tenang saja, kualitasnya juga tidak kalah menarik dan berkualitas daripada berbagai ponsel lainnya.

Dengan harganya yang terjangkau dan masih di bawah Rp8 jutaan, deretan ponsel tersebut masih bisa dengan mudah didapatkan. Jadi membuat berbagai konten video tidak akan mudah goyang lagi ketika dipakai berjalan atau berlarian. Gimana, tertarik untuk membeli salah satu HP Samsung OIS termurah di atas?

Baca Juga:

1718061953

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *