[Update] Contoh Soal Pre Test Modul 2 Guru Penggerak Dan Jawabannya

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Contoh Soal Pre Test Modul 2 Guru Penggerak Dan Jawabannya? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Contoh Soal Pre Test Modul 2 Guru Penggerak Dan Jawabannya, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Table of content:


[Hide]
[Show]

PUSAT DAPODIK – Berikut ini merupakan contoh soal Pre test Modul 2 Guru Penggerak lengkap dengan kunci jawabannya untuk latihan mandiri. Guru Penggerak adalah salah satu program besutan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Untuk dapat mengikuti program guru penggerak ini, calon peserta harus mengikuti beberapa serangkaian tes, salah satunya yaitu Pre test Modul 2 dengan materi tentang Pedagogik, Kepribadian, dan Sosial. Biasanya, bentuk soal pre test Modul 2 berupa studi kasus dimana akan dijelaskan suatu kondisi yang harus dijawab dengan tepat.

Contoh Soal Pre Test Modul 2 Guru Penggerak

Soal 1

Manakah dari sikap berikut ini yang perlu dihindari oleh fasilitator:

  1. Tidak diskriminatif
  2. Mengarahkan/mengajari
  3. Memberi harapan berlebihan
  4. Sabar dan tidak merendahkan orang lain
  5. Menjadi teladan yang baik dan patut dicontoh

A. 1 dan 3

B. 1 dan 4

C. 3 dan 5

D. 2 dan 3

E. 2 dan 4

Jawaban: D

Soal 2

Pak Yanto merupakan guru pembina OSIS. Pada suatu hari ada kejadian yaitu bendahara OSIS (Arum) tidak sengaja menghilangkan uang kas OSIS dengan sebesar Rp100.000,00.

Pak Yanto lalu mengajak bicara baik-baik Arum terkait hal ini. Ia mengingatkan kepada Arum bahwa sebagai bendahara, ia bertanggung jawab untuk dapat menjaga uang kas OSIS sebaik-baiknya.

Ia juga menanyakan kepada Arum, cara apa yang sebaiknya dilakukan oleh Arum untuk mengganti uang tersebut. Setelah berdiskusi, pada akhirnya Arum mengusulkan untuk mengganti uang yang hilang tersebut dari uang jajannya yaitu dengan mencicil selama 1 bulan.

Pak Yanto kemudian menyetujui usulan tersebut, dan mengingatkan kepada Arum bahwa usulan tersebut artinya akan membuatnya mengurangi jatah jajannya setiap hari. Akhirnya Arum berhasil mengganti uang tersebut. Tindakan Pak Yanto merupakan contoh penerapan pembelajaran sosial emosional yang tepat, karena …

A. Bersedia untuk mendampingi serta membimbing murid guna menghadapi pihak yang merasa dirugikan

B. Berinisiatif untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan erat dengan integritas, dan memberikan contoh dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

C. Membimbing murid untuk dapat mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan dengan bertanggung jawab

D. Proaktif mengajak para murid untuk bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri

E. Bersedia untuk membicarakan permasalahan yang terjadi dengan kepala dingin dan diskusi terbuka untuk dapat mendapatkan kesepakatan bersama.

Jawaban: C

Soal Pre Test 3

Nita merupakan seorang murid yang sangat pintar di kelasnya. Namun akhir-akhir ini ia terlihat selalu menyendiri jika ada di dalam kelas. Jika mengerjakan tugas kelompok selalu dikerjakan sendiri. Sebenarnya ia ingin bergabung untuk bisa bekerja kelompok atau mengerjakan soal-soal bersama dengan anggotanya. Namun anggota kelompok yang lain hanya ngobrol dan bermain HP sehingga ia merasa lebih baik bekerja sendiri dan tidak ikut kelompok. Sesuai pada kasus tersebut, pertanyaan-pertanyaan berikut yang merupakan pertanyaan coaching yang menggali potensi coache yaitu….

A. Bagaimana perasaanmu, saat anggota kelompok yang lain ketika saat mengerjakan tugas kelompok?

B. Apa hal-hal yang sudah Anda lakukan selama ini supaya Anda tidak bekerja sendiri?

C. Apakah Anda sudah menegur anggota kelompok yang ngobrol dan bermain HP?

D. Bagaimana jika Anda menegur langsung teman yang ngobrol atau bermain HP?

E. Mengapa Anda tidak menegur langsung anggota kelompok yang ngobrol atau bermain HP?

Jawaban: B

Soal Pre Test 4

Pak Nindo merupakan guru baru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ketika sedang berjalan menuju ke kelas untuk mengajar, ia tak sengaja mendengar percakapan beberapa orang murid yang sedang membicarakan dirinya.

Ia menangkap jika murid-murid tersebut beranggapan dirinya merupakan guru yang tidak objektif dalam menilai karena cenderung pilih kasih dan banyak memberi tugas yang tidak diperiksa, sehingga waktu mereka habis hanya untuk mengerjakan tugas saja.

Jika Anda merupakan Pak Nindo, tindakan apa yang bisa dilakukan oleh Anda dan berikan alasannya?

A. Menenangkan diri agar bisa mengenali dan menerima perasaan yang muncul karena perlu melakukan introspeksi diri akan kesalahan-kesalahan.

B. Mencoba melihat siapa saja yang terlibat aktif dalam diskusi tersebut, dan berencana untuk memanggil mereka ke ruang guru tepatnya setelah selesai mengajar. Dengan demikian murid-murid akan lebih mengenal Anda sebagai guru yang objektif.

C. Mencoba melihat dari sudut pandang lain, lalu menghampiri murid-murid dan berusaha untuk menghentikan obrolan tentang diri Anda dalam rangka mendekatkan diri dengan murid-murid.

D. Berpikir positif dengan cara mencoba menerima informasi tersebut sebagai masukan guna meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan mengajar sesuai dengan kebutuhan murid dan memberikan teladan bagi murid.

E. Membahas secara terbuka dan secara berkala perihal ketidaksukaan murid-murid di kelas. Hal ini dilakukan agar mendapatkan transparansi komunikasi dalam kelas.

Jawaban: D

Soal Pre Test 5

Berikut ini adalah beberapa ciri fasilitator yang baik, terkecuali……

A. Menjadikan peserta sahabat

B. Dapat mengelola konflik

C. Mempunyai keterbukaan

D. Selalu bisa menjawab pertanyaan

E. Sensitifitas/ empati yang tinggi

Jawaban: D

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait contoh soal Pre Test Modul 2 Guru Penggerak lengkap dengan jawabannya. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan diatas bermanfaat bagi Anda.

1718073397

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *