[Update] Contoh Iklan Lowongan Kerja untuk Menarik Calon Pekerja

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Contoh Iklan Lowongan Kerja untuk Menarik Calon Pekerja? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Contoh Iklan Lowongan Kerja untuk Menarik Calon Pekerja, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Rekomendasiterbaik.id – Iklan Lowongan Kerja ini akan membantu Anda menemukan kandidat pelamar yang berkualitas. Karena dalam Iklan Lowongan Kerja sudah pasti banyak informasi mengenai posisi yang dibutuhkan.

Ada banyak contoh lowongan pekerjaan yang tersedia di luar sana. Mulai dari berbagai posisi dengan berbagai konten dan isi yang berbeda.

Jadi, apa sebenarnya contoh iklan lowongan kerja yang baik dan apa yang harus ditampilkan? Baca di bawah ini untuk informasi lebih lanjut tentang Contoh Iklan Lowongan Kerja.

Apa Contoh Iklan Lowongan Kerja?

Iklan Lowongan Kerja ini berfungsi untuk mencari calon karyawan atau staf baru untuk mengisi posisi yang kosong. Lowongan ini biasanya terjadi karena karyawan lama mengundurkan diri atau karena masa kerja dan kontraknya telah berakhir.

Kemudian setelah itu, perusahaan tentu membutuhkan karyawan pengganti yang harus mengisi posisi yang kosong tersebut. Karena sangat tidak mungkin posisi tersebut kosong tanpa ada yang mengisinya.

Dapat dikatakan bahwa tujuan utama dari Iklan Lowongan Kerja sebenarnya adalah seperti di atas. Jika bukan untuk mencari kandidat baru, tidak ada tujuan yang lebih baik dari itu.

Namun perlu Anda ketahui bahwa saat ini banyak sekali Iklan Lowongan Kerja palsu yang bertujuan untuk menipu. Jadi pastikan Anda melihat dan dapat membandingkan Contoh Iklan Lowongan Kerja yang benar dan tidak.

Agar nantinya Anda tidak terjebak dan terjerumus dalam tipu daya mereka. Sudah banyak tempat yang menggunakan nama-nama perusahaan terkenal dan sukses dalam iklannya untuk menipu.

Tak sedikit pula masyarakat Indonesia yang terkecoh dengan mengajukan pinjaman di tempat tersebut. Dengan tawaran yang sangat menguntungkan namun meminta sejumlah uang di muka untuk uang muka dan jaminan.

Itulah mengapa penting untuk memiliki wawasan dan informasi yang perlu Anda ketahui untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Karena dengan wawasan tersebut, Anda akan sangat terbantu untuk bisa memilih tempat melamar yang tepat.

Jadi, seperti apa sebenarnya Contoh Iklan Lowongan Kerja yang baik dan asli dari perusahaan? Secara umum, seharusnya sangat mudah untuk membedakannya.

Yaitu, mulailah melihat tempat yang ditampilkan dalam iklan. Apakah alamat tersebut benar-benar alamat asli perusahaan yang juga ditampilkan dalam iklan?

Jika berbeda, maka keaslian iklan tersebut patut dipertanyakan. Semoga Anda tidak melamar di sana dan tidak tertipu oleh orang-orang yang ingin berbuat curang.

Apa Contoh Iklan Lowongan Kerja yang Baik?

Sebagai seorang perekrut, sangat penting untuk memiliki informasi terperinci yang harus diketahui sebelum membuat Iklan Lowongan Kerja. Agar nantinya Anda tidak membuat Iklan Lowongan Kerja yang membingungkan bagi para pelamar.

Kelengkapan konten dalam iklan ini juga sangat penting guna mendapatkan kandidat pelamar yang sesuai dengan kualifikasi. Apalagi jika posisi yang dibutuhkan merupakan posisi yang cukup berpengaruh dan tidak bisa asal-asalan.

Anda perlu membuat Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan selengkap mungkin. Berisi berbagai informasi mulai dari posisi, job desk, hingga kelengkapan lainnya.

Dengan memiliki konten yang lengkap dalam lowongan pekerjaan yang Anda iklankan, hal tersebut akan sangat membantu Anda. Sehingga para pelamar yang membacanya merasa jelas tentang tujuan dari iklan tersebut dan memahami maknanya.

Juga tidak lagi membingungkan karena ketidaksesuaian informasi job desk dengan posisi yang dibutuhkan. Kekurangan yang paling umum dalam pembuatan iklan ini adalah ketidakterkaitan antara keduanya.

Yang dibutuhkan adalah posisi A, tetapi tugas yang harus dilakukan adalah B, C, D, bukan A. Kesalahan seperti ini sangat sering ditemukan dalam lowongan pekerjaan, bahkan di perusahaan besar.

Lalu apa dampak dari kesalahan ini? Para pelamar yang ingin melamar merasa tertipu dan bingung sehingga akhirnya memilih untuk tidak melamar pekerjaan tersebut.

Sebab dalam benak seorang kandidat, ketimpangan tersebut akan dianggap sebagai tindakan mengambil keuntungan. Dimana pekerjaan yang seharusnya tidak dapat dilakukan oleh jabatan tersebut, harus juga dilakukan pada jabatan tersebut.

Itulah mengapa sangat penting untuk memuat dan menampilkan konten informasi dalam iklan sedetail dan selengkap mungkin. Tidak hanya bagi kandidat, tetapi juga bagi perekrut yang juga membutuhkan kandidat baru untuk mengisi posisi yang kosong.

Berikut ini adalah beberapa informasi dan konten yang harus disertakan sebagai Contoh Iklan Lowongan Kerja yang baik. Sampai pelamar yakin dan melamar ke perusahaan Anda.

1. Tuliskan dengan jelas posisi yang ingin dilamar

Informasi pertama yang sangat wajib dan tidak boleh ditinggalkan adalah posisi pekerjaan. Posisi ini adalah posisi yang kosong dan Anda ingin mencari kandidat baru untuk mengisinya.

Selain itu, penting juga untuk mencantumkan posisi yang ingin dilamar di bagian tengah iklan. Tujuannya adalah untuk menonjolkan posisi yang Anda cari.

Karena hal pertama yang akan dilihat oleh pelamar adalah posisi apa yang sedang dicari. Karena dari posisi tersebut Anda akan mendapatkan gambaran tentang deskripsi pekerjaan meskipun Anda belum membaca semua isi iklannya.

Penting juga untuk menampilkan posisi ini lebih menonjol daripada informasi lainnya. Tujuannya tetap sama, yaitu agar pelamar mengingat posisi yang kosong tersebut melalui keterkaitannya dengan informasi lainnya.

Misalnya, perusahaan A membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Operator Produksi. Akan lebih baik jika ditulis seperti ini “OPERATOR PRODUKSI”. Akan lebih mudah dipahami, bukan?

2. Meja Kerja

Setelah menuliskan posisi yang ingin dilamar, langkah selanjutnya adalah menjelaskan deskripsi pekerjaan yang menjadi tanggung jawab posisi tersebut. Jelaskan secara singkat dan langsung pada intinya.

Agar nantinya isi Contoh Iklan Lowongan Kerja tidak penuh dan banyak tulisannya. Seperti yang Anda ketahui, semakin banyak tulisan, maka orang akan semakin malas untuk membacanya.

Jadi buatlah sesingkat dan sejelas mungkin mengenai pekerjaan apa yang perlu dilakukan. Informasi ini juga berguna bagi pelamar untuk lebih memahami jenis posisi yang dicari oleh perekrut.

Pasti akan banyak sekali iklan yang menampilkan posisi yang masih asing di telinga. Job desk ini akan membantu Anda untuk mengetahui lebih banyak detail tentang posisi tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat mengambil inisiatif untuk mencari tahu lebih dalam tentang posisi tersebut. Perekrut juga biasanya sering menanyakan kembali deskripsi pekerjaan apa yang diketahui tentang posisi yang diiklankan.

Tidak hanya itu, penting juga untuk membuatnya tidak bertentangan dengan posisi yang dilamar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, hal ini dapat mengurangi minat kandidat untuk melamar.

Anda sebagai perekrut, yang tentunya sudah lebih memahami posisi yang ingin dilamar, harus memberikan informasi yang relevan sebisa mungkin. Usahakan untuk tidak membingungkan pelamar yang berminat dengan posisi tersebut.

Tak hanya itu, jika diperlukan, Anda juga bisa mencantumkan alur kerja dari posisi tersebut. Namun, biasanya alur kerja ini jarang ditampilkan dalam iklan yang tersebar di luar sana.

3. Syarat dan Kualifikasi

Untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, tentu ada persyaratannya, bukan? Tidak mungkin Anda bisa langsung diterima tanpa ada persyaratan dokumen.

Terutama pada perusahaan besar yang membutuhkan lebih banyak dokumen sebagai pembukuannya. Karena jangkauan karyawan yang dimiliki tidak hanya seratus atau dua ratus.

Sebagai pelamar, Anda juga dituntut untuk melamar posisi yang sesuai dengan kualifikasi Anda, mengapa demikian? Karena jika tidak sesuai, itu hanya akan memudahkan Anda di awal, tetapi akan menyulitkan di kemudian hari.

Dalam proses rekrutmen, ada tahapan yang disebut tahap wawancara. Jika Anda mengaku mampu mengerjakan deskripsi pekerjaan pada saat wawancara, tetapi tidak mampu mengerjakannya di lapangan, apa yang akan terjadi?

Bukan hanya penilaian atasan Anda yang akan menurun. Namun juga keanehan karyawan lain yang bertanya-tanya mengapa Anda diterima di perusahaan itu.

Itulah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Jika Anda penggemar tantangan di luar zona nyaman, silakan saja.

Namun jangan mencobanya bagi Anda yang belum siap dengan tekanan yang akan didapatkan. Cobalah secara perlahan mulai dari yang mudah ditangani terlebih dahulu, jadikan sebagai pengalaman untuk melompat lebih tinggi.

Sebagai pelamar, Anda juga harus mewaspadai kualifikasi yang tidak sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Hindari penipuan dari iklan yang ditayangkan.

4. Informasi Detail Pekerjaan

Apa saja yang termasuk dalam informasi terperinci pekerjaan ini? Yaitu, tingkat pekerjaan apa yang dibutuhkan.

Bagi Anda yang sudah lulus dan memang berniat mencari pekerjaan penuh waktu, maka sebaiknya Anda mengambil pekerjaan penuh waktu. Namun, jika Anda ingin menambah uang saku dan mengisi waktu luang, maka melamarlah sebagai pekerja lepas.

Selain itu, alamat perusahaan dan lokasi penempatan juga harus dicantumkan pada iklan lowongan kerja. Sebab, ada beberapa perusahaan yang alamat perusahaan dan lokasi penempatan kerjanya berbeda.

Jadi, pastikan untuk menampilkan informasi dengan jelas jika ada perbedaan. Sebagai pelamar, Anda juga harus mengetahui lokasi yang akan Anda tempati.

Yang paling umum yang akan Anda temukan adalah paruh waktu, penuh waktu, dan lepas. Ketiga level tersebut akan sangat bagus jika Anda dapat menemukannya dalam Contoh Iklan Lowongan Kerja.

Karena dengan begitu, Anda bisa mengetahui jam kerja dari posisi yang dibutuhkan. Bagi yang masih kuliah dan sekolah, akan cocok untuk bekerja paruh waktu. Karena waktunya tidak penuh dan hanya setengah dari waktu penuh.

Bagi Anda yang sudah lulus dan memang berniat mencari pekerjaan penuh waktu, maka sebaiknya Anda mengambil pekerjaan penuh waktu. Namun, jika Anda ingin menambah uang saku dan mengisi waktu luang, maka melamarlah sebagai pekerja lepas.

Selain itu, alamat perusahaan dan lokasi penempatan juga harus dicantumkan pada iklan lowongan kerja. Sebab, ada beberapa perusahaan yang alamat perusahaan dan lokasi penempatan kerjanya berbeda.

Jadi, pastikan untuk menampilkan informasi dengan jelas jika ada perbedaan. Sebagai pelamar, Anda juga harus mengetahui lokasi yang akan Anda tempati.

5. Persyaratan Pekerjaan dan Pengalaman

Persyaratan pengalaman yang dimaksud di sini adalah jenis kelamin. Sebab, ada beberapa posisi pekerjaan yang hanya dapat diisi oleh satu orang, yakni pria atau wanita.

Oleh karena itu, sebagai perekrut, penting untuk mencantumkan kebutuhan yang ingin Anda temukan. Sekali lagi, tujuannya bukanlah untuk membingungkan pelamar.

Selain itu, pengalaman yang dibutuhkan juga penting untuk ditampilkan jika memang diperlukan. Jika posisi yang ingin dilamar membutuhkan pengalaman untuk dapat mengisinya, maka tulis saja dengan jelas.

Karena banyak perusahaan yang memperbolehkan fresh graduate atau yang belum berpengalaman untuk melamar. Namun pada kenyataannya saat wawancara ditolak karena belum memiliki pengalaman sama sekali.

6. Batas Waktu dan Cara Mendaftar

Penting juga untuk mencantumkan tanggal lowongan dibuka. Ini akan menjadi Contoh Iklan Lowongan yang baik karena mencantumkan tenggat waktu.

Sehingga para pelamar baru yang ingin melamar dapat mengetahui apakah mereka masih bisa melamar atau tidak. Atau apakah posisi tersebut sudah terisi atau belum.

Berdasarkan beberapa contoh Iklan Lowongan Kerja yang saya temukan selama ini, sangat jarang sebuah iklan menuliskan tentang gaji yang akan diterima.

Karena gaji ini bukan sesuatu yang harus disampaikan Pada iklan lowongan kerja. Karena jika Anda lolos tahap selanjutnya, maka gaji ini akan dibicarakan langsung oleh perekrut.

Yang mana Anda dapat menanyakan lebih detail dan nyaman karena Anda membicarakannya secara langsung. Jadi gaji ini tidak termasuk dalam informasi wajib, tetapi akan lebih baik jika ditampilkan.

Tunjukkan juga cara melamar posisi tersebut dalam iklan. Baik secara online melalui email atau situs web, atau secara langsung dengan datang ke pabrik/kantor.

FAQ Seputar Iklan Lowongan Kerja

Bagaimana Membedakan Alamat Asli dan Palsu?

Yaitu dengan mencarinya di Google dengan mengetik nama perusahaan yang tercantum pada iklan tersebut. Jika alamat pada iklan tersebut sama dengan alamat yang muncul di Google, maka ada kemungkinan 99% bahwa lowongan tersebut benar.

Apakah Gaji Bukan Informasi Wajib Ditampilkan?

Berdasarkan beberapa contoh Iklan Lowongan Kerja yang saya temukan selama ini, sangat jarang sebuah iklan menuliskan tentang gaji yang akan diterima.

Karena gaji ini bukanlah hal yang wajib disampaikan dalam iklan lowongan kerja. Karena jika lolos tahap selanjutnya, maka gaji ini akan dibicarakan langsung oleh perekrut.

Yang mana Anda dapat menanyakan lebih detail dan nyaman karena Anda membicarakannya secara langsung. Jadi gaji ini tidak termasuk dalam informasi wajib, tetapi akan lebih baik jika ditampilkan.

Akhir kata

Berikut ini adalah informasi mengenai cara membuat Iklan Lowongan Kerja yang baik dan benar beserta informasi yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bagi para pencari kerja!

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui seputar dunia kerja yang tentunya bermanfaat untuk Anda pelajari:

  • Cara Resign dari Pekerjaan dengan Sopan dan Baik
  • Cara Daftar atau Membuat SKCK Online dengan Mudah
  • Panduan Trading Emas Online untuk Cuan yang Menguntungkan! Patut Dicoba
  • Memahami Trading Forex dan Langkah Tepat Menghasilkan Uang
  • Cek Bantuan Sosial Online Kemensos BST, BNPT, BLT BBM dan PKH
  • 3 Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris-Indonesia yang Akurat, Terbaik, dan Gratis
  • Memahami Robot Perdagangan Cara Kerjanya dan Cara Menggunakannya untuk Menghasilkan Uang
  • 5 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Menarik Perhatian HRD

1720172958

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *