[Update] Cek Bansos Kemensos Go Id 2023 PKH Terbaru Hari Ini Cair!

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Cek Bansos Kemensos Go Id 2023 PKH Terbaru Hari Ini Cair!? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Cek Bansos Kemensos Go Id 2023 PKH Terbaru Hari Ini Cair!, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Rekomendasiterbaik.id Memang di tahun 2023 ini sudah banyak sekali dilakukan penyaluran bantuan sosial dari pemerintah. Nah, salah satu bantuan sosial yang diberikan ini adalah PKH. Namun, untuk yang memang belum mendapatkannya, bisa lakukan cara cek bansos Kemensos Go Id 2023 yang akan disampaikan disini.

Karena memang nantinya untuk melakukan pengecekannya ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tetapi, untuk yang belum tahu cara apa saja yang bisa dilakukan disini, jangan khawatir.

Kami akan sampaikan informasi secara lengkap mengenai beberapa cara yang akan bisa dilakukan untuk pengecekannya. Bukan hanya caranya saja, tetapi akan ada juga informasi penting lainnya. Langsung simak ke informasi di bawah ini sekarang.

Informasi Seputar Bansos Kemensos Go Id 2023

Sebelum masuk ke cara mengeceknya ini, sekarang akan kami sampaikan beberapa informasi yang penting mengenai bansos Kemensos Go Id ini. Jadi, supaya tidak berlama-lama langsung masuk ke informasi yang selengkapnya di bagian kali ini.

Memang penyaluran dana bantuan sosial atau yang disingkat sebagai bansos ini telah berlangsung sejak lama. Namun, proses penyalurannya ini akan bisa dilakukan bertahap. Ya, tidak secara langsung disalurkan kepada masyarakat Indonesia. Nah, bantuan sosial ini pun nantinya tidak akan disalurkan ke semua masyarakat.

Tetapi, ada beberapa golongan yang memang berhak untuk mendapatkan bantuan sosial tersebut atau disebut sebagai KPM (keluarga penerima manfaat). Untuk di tahun 2023 ini banyak sekali jenis bantuan sosial yang dicairkan oleh pemerintah. Tentunya bantuan tersebut disalurkan untuk membantu perekonomian masyarakat yang membutuhkannya.

Ada beberapa jenis bantuan yang nantinya bisa didapatkan, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Permakanan yang diperuntukkan untuk disabilitas dan juga lansia mandiri, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Ada juga bantuan yang bernama BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau Program Sembako, bantuan untuk pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP). Untuk di bidang kesehatan ada juga bantuan Iuran Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau BPJS Kesehatan.

Sangat banyak sekali bukan bantuan yang akan bisa didapatkannya ini. Namun, kalau ini kami hanya akan sampaikan mengenai bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan. Untuk program ini sudah sampai di tahap ketiga yang dicairkan mulai dari bulan Juli sampai dengan September tahun 2023.

Untuk program ini, sasaran penyalurannya ada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerimanya. Nah, untuk pembaca yang termasuk ke dalam penerima manfaat, bisa lakukan cek secara berkala. Nah, untuk mengeceknya, di bawah ini akan disampaikan cara cek bansos Kemensos Go Id 2023.

Syarat Dan Ketentuan Untuk Penerima Bansos Kemensos Yang Harus Dipenuhi

Hal yang wajib diketahui juga sebelum masuk ke cara mengeceknya ini adalah persyaratan dan juga ketentuan untuk penerima bantuan sosialnya ini. Karena memang setiap hal yang akan dilakukan, pastilah harus memiliki syarat dan ketentuannya.

Hal ini bertujuan supaya hal yang dilakukannya ini memang tepat dan juga tidak salah langkah. Sama seperti pencairan bantuan sosialnya ini, dimana nanti harus memenuhi persyaratan dan juga ketentuan yang adanya. Supaya penyaluran dana bantuannya ini tidak salah orang.

Dengan begitu, semua orang-orang yang memang berhak menerimanya ini benar-benar merasakan manfaat yang ada. Nah, untuk persyaratan dan ketentuan penerimaan bansos PKH ini, setidaknya ada empat butir. Namun untuk pembaca yang belum tahu apa saja persyaratannya tersebut, langsung simak disini.

Dimana Rekomendasiterbaik.id akan sampaikan ke pembaca beberapa persyaratan dan ketentuan untuk bisa dapatkan bantuan sosial PKH yang memang sedang berjalan pencairannya saat ini. Kalau begitu, langsung simak perincian mengenai beberapa persyaratannya tersebut.

Tidak Termasuk Anggota ASN, TNI, Polri

Persyaratan yang pertama untuk penerimaan dana bantuan sosial PKH ini adalah calon penerima bukanlah termasuk ke anggota ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia). Jadi, kalau memang bukan merupakan atau termasuk ke anggota ASN, TNI, atau pun Polri bisa langsung saja mengecek bantuannya.

Khusus Untuk Warga Negara Indonesia

Kalau persyaratan yang kedua ini adalah penerima bantuan haruslah warga negara Indonesia atau WNI. Karena memang bantuan ini disalurkan dari pemerintah Indonesia, jadi nantinya orang yang berhak menerima bantuan ini harus benar-benar warga negara Indonesia.

Untuk membuktikan kalau calon penerima ini adalah warga negara Indonesia, bisa melalui KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau e-KTP yang dimiliki oleh calon penerima tersebut.

Belum Pernah Menerima Bantuan Lain

Persyaratan yang ketiga ini adalah calon penerima merupakan seseorang yang memang belum pernah mendapatkan bantuan-bantuan jenis lain. Ya, bantuan yang dimaksud ini adalah bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah. Seperti saja Bantuan Langsung Tunai UMKM (BLT UMKM).

Selain itu bantuan-bantuan lainnya, contohnya Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Subsidi Gaji (BLT Subsidi Gaji) dan lain-lain. Jadi, kalau misalnya sudah pernah mendapatkan salah satu bantuan tersebut, nantinya tidak akan bisa dapatkan bantuan PKH ini lagi.

Termasuk Ke Dalam Golongan Keluarga Berkebutuhan

Untuk persyaratan yang terakhir adalah calon penerima bantuan sosial kemensos ini adalah seseorang yang namanya sudah tercatat di golongan keluarga berkebutuhan di kelurahan tempat tinggal setempat.

Selain itu pun, nama calon penerima harus sudah terdaftar di dalam DTKS atau yang memiliki kepanjangan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos RI. Bagaimana sudah tahu bukan tentang berbagai macam persyaratan untuk mendapatkan bantuan sosial ini? Kalau memang pembaca sudah memenuhi persyaratannya dan belum pernah dapatkan bantuan bisa daftarkan diri atau mengajukan usulannya segera.

Beberapa Kategori Penerima Bansos PKH 2023 Yang Wajib Diketahui

Nah, bukan hanya beberapa persyaratannya saja yang harus diketahui, tetapi harus ketahui juga tentang kategori penerimaan bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan) ini. Karena memang di bantuan sosial ini akan ada beberapa kategori yang akan mendapatkan bantuan sosialnya.

Di setiap kategori yang ada pun nantinya akan berbeda-beda nominal yang diterimanya. Oleh sebab itulah, bisa langsung simak dan pahami beberapa kategori yang akan bisa menerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan).

  • Untuk penerima bansos di kategori ibu hamil dan masa nifas akan bisa dapatkan bantuan sebesar Rp750.000 di setiap tahapan yang ada dan Rp3.000.000 per tahunnya.
  • Untuk penerima bansos di kategori anak-anak dari usia 0 sampai 6 tahun akan bisa dapatkan bantuan sebesar Rp750.000 di setiap tahapan yang ada dan Rp3.000.000 per tahunnya.
  • Untuk penerima bansos kategori lansia yang sudah berumur 70 tahun akan bisa dapatkan bantuan sebesar Rp600.000 di setiap tahapan yang ada dan Rp2.400.000 per tahunnya.
  • Untuk penerima bansos di kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) akan bisa dapatkan bantuan sebesar Rp500.000 di setiap tahapan yang ada dan Rp2.000.000 per tahunnya.
  • Untuk penerima bansos di kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan bisa dapatkan bantuan sebesar Rp375.000 di setiap tahapan yang ada dan Rp1.500.000 per tahunnya.
  • Untuk penerima bansos di kategori Sekolah Dasar (SD) akan bisa dapatkan bantuan sebesar Rp225.000 di setiap tahapan yang ada dan Rp900.000 per tahunnya.
  • Untuk penerima bansos di kategori penyandang disabilitas berat akan bisa dapatkan bantuan sebesar Rp600.000 di setiap tahapan yang ada dan Rp2.400.000 per tahunnya.

Itulah beberapa kategori yang nantinya akan bisa mendapatkan bantuan sosial Kemensos. Jadi, bagaimana sudah tahu dan paham bukan tentang beberapa kategori bantuan PKH ini.

Tutorial Daftar Bansos Kemensos Go Id Dengan Mudah & Cepat

Nah, kalau memang sudah tahu beberapa hal yang penting mengenai bantuan sosial Kemensos Go Id ini, sekarang saatnya mengetahui untuk cara daftar bantuan sosialnya ini. Karena memang untuk orang yang termasuk ke dalam kategorinya dan belum pernah mendapatkan bantuan, bisa usulkan untuk mendapatkan bantuannya.

Untuk dapatkan bantuannya ini pun sangatlah mudah, bisa langsung daftar secara online melalui sebuah aplikasi. Jadi, berikut ini beberapa langkah untuk mendaftarkan diri atau mengusulkan usulan untuk dapatkan bantuan sosialnya dengan mudah.

  1. Download dahulu aplikasi Cek Bansos di dalam platform resmi pada perangkat, yaitu Google Play Store dan App Store.
  2. Setelah selesai, bisa langsung membuka aplikasinya dan klik tombol Buat Akun Baru untuk melakukan registrasi di dalamnya.
  3. Kemudian, bisa langsung masukkan data-data yang diminta di dalamnya. Seperti NIK, nama dan lainnya. Masukkan data-datanya dengan benar.
  4. Lalu, unggah dokumen yang dimiliki, seperti KTP dan swafoto dengan KTP. Lakukan pengunggahan dengan benar.
  5. Kalau sudah, tekan tombol Buat Akun Baru.
  6. Akan langsung diberikan verifikasi melalui email. Selesaikan verifikasi yang diberikan tadi.
  7. Jika sudah, masuk ke aplikasi Cek Bansos.
  8. Di halamannya nanti bisa langsung memilih Daftar Usulan.
  9. Masukkan data diri yang diminta. Isilah sesuai dengan ketentuannya dengan benar.
  10. Kemudian pilih jenis bantuan yang diinginkan, bisa PKH atau pun BPNT.
  11. Setelah itu, bisa memilih Tambah Usulan.
  12. Selesai.

Untuk yang memang sudah terdaftar dan ingin mengecek bansos Kemensos Go Id, maka bisa juga melakukan pengecekannya dengan mudah. Nanti untuk cek bansos Kemensos Go Id 2023 ini pun bisa dilakukan hanya melalui online atau bantuan situs resmi.

Jadi, untuk yang belum tahu dan belum paham bagaimana cara mengecek bantuan sosial Kemensos Go Id ini, bisa simak langkah-langkah yang ada di bawah ini dengan seksama.

  1. Bukalah Browser yang ada di dalam perangkat.
  2. Kemudian, bisa langsung akses situs resmi Kemensos atau dengan link https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  3. Setelah itu, langsung isi semua informasi yang dibutuhkan di dalamnya. Mulai dari wilayah dan juga nama penerima manfaat. Isilah dengan baik dan benar.
  4. Kalau semuanya sudah disini, bisa klik kode Captcha yang diberikan.
  5. Jika sudah, klik tombol Cari Data.
  6. Nantinya akan bisa mendapatkan data apakah kamu terdaftar atau tidak di bantuan sosial yang disalurkan.
  7. Selesai.

Dapatkan Artikel Yang Serupa Lainnya :

1701296553

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *