[Update] Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp Web dan HP dengan Cepat

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp Web dan HP dengan Cepat? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp Web dan HP dengan Cepat, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!






Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp Web dan HP dengan Cepat



















Skip to content

Sebagai aplikasi yang amat banyak penggunanya, WhatsApp memang menyediakan ragam pilihan bahasa agar memudahkan penggunanya. Tercatat ada 60 pilihan bahasa untuk perangkat Android dan 40 pilihan bahasa untuk iOS. Cara mengubah bahasa di WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mengubah pengaturan bahasa di aplikasi WhatsApp. Alasan terbesar adalah kemudahan dalam penggunaannya sehari-hari. Meski begitu banyak juga yang membiarkannya dalam pengaturan awal berbahasa Inggris.

Mengubah bahasa sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Baik langsung dari aplikasi maupun dari pengaturan umum di perangkat. Semuanya ini akan menjadi bahasan pokok dalam artikel ini. Lengkap dengan petunjuk langkah-langkah untuk mengubah pengaturan bahasa tersebut.

Berbagai Alasan Mengubah Bahasa di WhatsApp

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa alasan mengapa pengguna melakukan pengubahan pengaturan bahasa di aplikasi WhatsApp. Seperti yang disebutkan berikut ini:

1. Bahasa Sehari-hari dan Kemudahan

Umumnya aplikasi ini memang digunakan sebagai sarana komunikasi sehari-hari sehingga akan lebih terasa nyaman dan mudah jika bahasanya sama. Apalagi bagi mereka yang aktif penggunaannya. Sehingga bisa menghindari kesalahan penerjemahan jika menggunakan bahasa asing.

2. Pengoperasian Lebih Mudah

Karena bahasanya sudah sama dengan bahasa yang digunakan sehari-hari, maka akan lebih mudah jika perlu melakukan pengaturan sistem. Misalnya ingin mengirimkan lampiran foto atau dokumen, mengubah status dan lainnya. Sehingga bisa menghindari kesalahan pengaturan (setting).

3. Belajar Bahasa Baru

Banyak pengguna yang mengubah pengaturan bahasa ke bahasa asing yang ingin dipelajarinya. Misalnya bahasa sehari-harinya adalah Indonesia tapi pengaturannya sengaja ke bahasa Arab agar bisa memperlancar penggunaan bahasa tersebut.

4. Mobilitas

Di setiap negara tentunya akan berbeda pengaturan bahasanya. Sehingga akan memudahkan jika pengaturan di perangkat sendiri tetap mengikuti bahasa asli mereka. Itu sebabnya perlu diubah pengaturan bahasanya jika bepergian ke negara lain.

Perlu diingat bahwa pengaturan bahasa ini berlaku pada sistem aplikasi, bukan bahasa yang diketik saat mengobrol (chat). Bawaan asli aplikasi WhatsApp adalah bahasa Inggris sehingga akan memudahkan pengguna jika sistem pengaturannya diubah ke bahasa yang biasa digunakan sehari-hari.

Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp untuk Android

Perangkat Android memang merupakan perangkat yang paling banyak digunakan orang. Karena memang mudah dikoordinasikan dengan perangkat lain yang sifatnya umum. Berikut ini adalah cara mudah mengubah pengaturan bahasa langsung di aplikasi untuk perangkat Android:

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp lalu klik ikon “titik tiga” di kanan atas layar
  • Pilih opsi “Setting” (pengaturan) dan nanti akan dialihkan ke halaman pengaturan umum.
  • Lalu lanjutkan dengan memilih opsi “App Language” (bahasa aplikasi).
  • Nanti akan ditampilkan daftar 60 alternatif bahasa yang bisa dipilih.
  • Geser ke atas untuk menemukan pilihan Bahasa Indonesia lalu tandai bulatan di depan bahasa Indonesia.
  • Maka bahasa yang digunakan pada sistem di aplikasi akan langsung berubah ke Bahasa Indonesia.

Hal yang sama akan berlaku untuk pilihan bahasa lainnya. Ingatlah bahwa bawaan asli aplikasi WhatsApp adalah bahasa Inggris. Jadi sekarang bisa dengan mudah diubah sesuai keinginan.

Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp untuk iPhone

Para pengguna iPhone dan iPad memang tidak bisa mengikuti langkah di atas karena sistem operasi yang berbeda. Khusus produk Apple memang menggunakan sistem iOS, bukan Android. Namun mengubah bahasa juga tidak sulit, ikuti saja langkah berikut:

  • Masuk ke menu “Setting” (pengaturan) di aplikasi lalu pilih opsi “General” (umum)
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “Language & Region” (bahasa dan wilayah)
  • Kemudian pilih “iPhone Language” (bahasa iPhone)
  • Pilih salah satu dari 40 alternatif bahasa yang ada
  • Sistem akan langsung berubah dengan bahasa yang dipilih.

Sama seperti pada perangkat Android, bahasa bawaan untuk perangkat iOS juga berbahasa Inggris. Jadi silahkan pilih bahasa yang diinginkan dan ubah dengan mudah.

Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp dari Pengaturan Perangkat

Sebenarnya pengaturan bahasa juga bisa diterapkan bukan hanya pada aplikasi WhatsApp saja. Tapi juga berlaku untuk seluruh pengaturan di perangkat. Begini cara melakukan perubahan bahasa tersebut:

  • Masuk ke bagian “Setting” sistem di perangkat (ikon roda gerigi)
  • Lanjut ke opsi “Additional Settings” (pengaturan tambahan)
  • Pilih opsi “Languages & Region” (bahasa & wilayah) lalu pilih opsi “Language
  • Nanti akan ditampilkan berbagai alternatif bahasa yang bisa dipilih
  • Klik bahasa yang diinginkan, misalnya Bahasa Indonesia. Maka sistem perangkat akan langsung berubah menjadi berbahasa Indonesia.

Umumnya bahasa bawaan perangkat adalah bahasa Inggris. Jadi bisa diubah ke bahasa lain yang tersedia dalam pilihan bahasa. Nantinya seluruh sistem dalam perangkat akan menggunakan bahasa yang dipilih, termasuk juga pada aplikasi WhatsApp.

Jadi jika ingin mempermudah pengaturan sistem seluruh perangkat, memang paling nyaman jika menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari. Misalnya bahasa Indonesia. Jadi saat perlu mengatur sistem, tidak akan menemukan kendala bahasa yang berpotensi melakukan kesalahan.

Cara Mengubah Bahasa di WhatsApp untuk Web

Banyak pengguna WhatsApp yang lebih suka menggunakan WhatsApp Web dengan alasan lebih mudah dalam mengetikkan obrolan. Namun ini berarti bahwa perangkat harus dihubungkan dengan laptop atau PC. Dengan memindai (scan) barcode melalui menu “Link Devices” (menghubungkan perangkat).

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp Web lalu klik ikon “titik tiga” di bagian kiri layar.
  • Tekan opsi “Setting” (pengaturan) dan lanjutkan ke opsi “App Language” (bahasa aplikasi).
  • Nanti akan ditampilkan daftar 60 alternatif bahasa yang bisa dipilih.
  • Untuk Bahasa Indonesia, tandai bulatan di depan pilihan bahasa Indonesia.
  • Maka bahasa yang digunakan pada sistem di aplikasi akan langsung berubah ke Bahasa Indonesia.

Perlu diingat bahwa karena kedua perangkat tersebut terhubung, maka perubahan yang dilakukan pada WhatsApp Web juga akan diterapkan pada pengaturan di perangkat.

Kendala yang Terjadi

Meskipun cara mengubah bahasa di WhatsApp dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, ternyata tetap ada kendala yang terjadi. Persoalan yang paling umum adalah kegagalan dalam mengubah bahasanya. Sehingga tetap dalam bahasa asli bawaan aplikasi. Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Tidak Ada Opsi Bahasa

Hal ini bisa terjadi pada beberapa aplikasi yang berada pada wilayah yang mungkin tidak menyediakan pengaturan bahasa yang banyak. Sehingga pilihan bahasanya terbatas, yang membuat opsi bahasa tidak lengkap. Dalam hal ini mungkin akan lebih aman jika menggunakan bahasa bawaan aplikasi.

2. Keterbatasan Sistem

WhatsApp versi Android memiliki 60 alternatif pilihan bahasa sementara sistem iOS hanya memiliki 40 alternatif. Jadi ada kemungkinan terjadi di mana bahasa yang diinginkan tidak tersedia.

3. Dalam Mode Terbatas

Saat pengaturan sedang dalam mode terbatas seperti “mode penerbangan” (flight mode) atau “mode hemat baterai” (power save). Maka perangkat akan membatasi pengaturan tertentu agar bisa menghemat daya baterai. Pengaturan bahasa juga termasuk di antaranya.

4. Kendala Teknis

Ada juga kemungkinan terjadinya kendala teknis atau adanya ‘bug’ dalam sistem atau perangkat. Cobalah melakukan pembaruan (update) aplikasi ke versi terbaru. Bisa juga dengan membersihkan ‘cache’ agar perangkat tidak terlalu berat.

Penutup

Cara mengubah bahasa di WhatsApp tidak sulit dilakukan dan seringkali lebih disukai karena memudahkan penggunanya melakukan pengaturan. Bisa dilakukan dengan berbagai cara secara mudah. Sayangnya, terkadang juga bisa terjadi kendala meskipun juga bisa diatasi.

Bahasa memang berperan penting dalam melakukan pengaturan sehingga dapat dipahami bahwa fitur seperti ini sangat bermanfaat. Selain itu, juga bisa mendukung pembelajaran bahasa baru dengan membiasakan diri menggunakan bahasa asing.

Baca Juga:

1717712115

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *