[Update] Cara Memotret Blur Dengan Kamera HP

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Cara Memotret Blur Dengan Kamera HP? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Cara Memotret Blur Dengan Kamera HP, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Memfoto blur atau bokeh dengan kamera HP sekarang ini dapat dilakukan secara mudah seiring dengan teknologi kamera smartphone yang sudah ditingkatkan kemampuannya dalam mengambil gambar sesuai dengan yang diinginkan penggunanya.

Kali ini kita akan share cara memotret blur dengan kamera HP Android yang juga dapat diterapkan pada perangkat iOS berupa iPhone. Baik di Android maupun iOS, cara memfoto bokeh sama-sama mudahnya.

Cara mengambil foto blur di HP sangat sederhana sekali langkah-langkahnya. Sekalipun Anda tidak punya background di dunia fotografi, Anda dapat mendapatkan efek blur pada obyek yang Anda foto dengan sangat mudah.

Cara membuat background foto tidak fokus di Android dengan kamera HP terbaru memang bukan hal yang sulit. Anda bisa menerapkan efek yang Anda inginkan dengan teknik memfoto yang tidak membutuhkan skill tingkat ahli, bahkan tanpa perlu cara setting kamera blur belakang pada HP Anda.

Cara Memotret Blur Dengan Kamera HP Android dan iPhone

Smartphone atau ponsel pintar saat ini mampu menangkap gambar dengan kualitas tingkat profesional sehingga dapat digunakan untuk mengambil potret dan gambar close-up lainnya.

Memiliki foto dengan background bokeh dalam skenario ini dapat membuat subjek menonjol dalam fotografi, dan ini dapat menjadi alat komposisi yang bagus untuk menarik perhatian pada subjek.

Anda dapat mengambil gambar dengan latar belakang buram bahkan menggunakan smartphone (iPhone atau ponsel Android) yang Anda miliki. Hasilnya mungkin masih ada ketidaksempurnaan, namun dengan teknik yang tepat dan langkah kreatif Anda, hal tersebut bisa menjadi mudah.

Untuk mengetahui beberapa cara kreatif memburamkan latar belakang gambar Anda saat menggunakan HP Android untuk fotografi cara bisa Anda simak dibawah ini.

Berikut ini dijelaskan beberapa cara memburamkan background gambar menggunakan kamera HP Android yang bisa Anda ikuti dan terapkan. Kiat dan teknik dibawah ini akan membantu Anda mengambil gambar yang menonjol dengan latar belakang buram.

Gunakan Mode Potret

iPhone dan ponsel Android terbaru hadir dengan kamera dan aplikasi kamera yang mendukung mode potret. Mode potret menggunakan perangkat lunak efek kedalaman untuk memburamkan latar belakang sehingga subjek tetap tajam, dan latar belakang dibuat buram oleh aplikasi.

Fitur ini bagus untuk potret, namun juga dapat digunakan untuk subjek lain, jika Anda ingin latar belakang buram atau dalam situasi di mana Anda ingin menghilangkan atau mengurangi efek latar belakang yang mengganggu.

Berikut cara menggunakan mode potret:

  • Buka aplikasi kamera dan ketuk potret untuk memilih opsi “Potret” atau mode “Potret”. Ini dapat bervariasi tergantung perangkat atau ponsel, dan Mode Potret iPhone ditemukan di bagian bawah layar saat aplikasi kamera dibuka.
  • Pastikan subjek berada pada jarak yang direkomendasikan oleh kamera agar efek kedalaman bekerja secara efektif, untuk memburamkan latar belakang dengan mudah, atau untuk mendapatkan hasil terbaik. Biasanya, jaraknya antara 2 hingga 8 kaki dari kamera, bergantung pada ukuran subjek.
  • Komposisikan foto dan atur fokus pada subjek atau wajah subjek jika dipotret.
  • Sesuaikan eksposur dan ambil foto.
  • Jika ada opsi untuk mengubah aperture saat memotret, atur nilai aperture yang diinginkan, sebaiknya nilai lebar seperti f/2.8, pada tahap ini untuk mendapatkan depth of field yang diinginkan, yaitu latar belakang buram. Fitur ini tersedia di beberapa Android dan iPhone.
  • Beberapa ponsel, termasuk iPhone terbaru, dapat menyesuaikan seberapa banyak keburaman yang Anda inginkan di latar belakang saat mengedit. Untuk mencapai hal ini, Anda harus mengambil foto dalam mode Potret, dan ponsel Anda harus merupakan model yang cukup baru agar fitur ini dapat berfungsi.
    • Buka foto di aplikasi “Foto” (untuk iPhone) lalu ketuk “Edit.” Beberapa ponsel Android memiliki fitur atau nama seperti “Bokeh” untuk mengatur nilai aperture.
    • Ketuk nilai f-number di kiri atas.
    • Pilih nilai keburaman latar belakang yang diinginkan untuk mencapai efek buram yang diinginkan. Jangan berlebihan, karena gambar dengan latar belakang yang terlalu buram yang diambil pada ponsel dapat terlihat sangat tidak wajar.
    • Anda juga dapat bermain-main dengan fitur pencahayaan yang tersedia di iPhone dan mengontrol kekuatannya untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan pada gambar akhir.

Catatan: Beberapa model iPhone dan Android mungkin tidak berfungsi dalam mode potret kecuali model tersebut mendeteksi wajah. Jadi akan sulit menangkap gambar still life menggunakan mode potret. Selain itu, sejumlah tipe HP mengizinkan Anda menggunakan fungsi zoom dalam mode potret, sementara ponsel lainnya tidak.

Lihat juga:

Lebih Dekat Dengan Subjek

Sama seperti cara Anda mendekatkan subjek untuk mendapatkan lebih banyak keburaman latar belakang (kedalaman bidang dangkal) saat menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, Anda dapat menggunakan teknik yang sama di iPhone atau ponsel Android untuk mendapatkan latar belakang yang lebih buram. Anda dapat menggunakan opsi ini jika Anda tidak memiliki mode potret di ponsel Anda. Semakin dekat Anda, semakin buram latar belakangnya.

Pastikan Anda berada dalam batas jarak pemfokusan minimum karena kamera ponsel tidak dapat memfokus dengan benar jika Anda terlalu dekat dengan subjek, dan hal ini dapat menyebabkan gambar menjadi buram. Selalu periksa fokus yang tajam dan sesuaikan jarak antara kamera dan subjek untuk fokus yang akurat dan tajam.

Gunakan Fungsi Zoom Optik

Banyak iPhone dan ponsel Android hadir dengan lebih dari sekedar lensa yang memungkinkan fotografer untuk melebarkan atau memperbesar pemandangan. Jika Anda memiliki opsi seperti lensa zoom 2x atau lebih, gunakan opsi tersebut untuk memfokuskan dan mengambil foto subjek Anda. Ini akan membantu Anda mengambil gambar dengan latar belakang yang lebih buram karena fungsi zoom akan memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan subjek sehingga latar belakang menjadi lebih buram.

Pilih opsi di atas hanya jika Anda tidak memiliki mode potret di ponsel Anda atau jika Anda tidak puas dengan hasil dalam mode potret.

Coba Pengaturan Manual

Beberapa HP, khususnya ponsel Android, dilengkapi dengan aplikasi kamera yang memungkinkan Anda menggunakan pengaturan manual untuk mengambil foto. Anda dapat mengatur nilai aperture, iso, dan shutter speed untuk mendapatkan eksposur yang diinginkan. Untuk mendapatkan latar belakang buram, atur aperture ke nilai yang lebih luas, misalnya f/2.8, bergantung pada minat visual Anda.

Ada juga aplikasi kamera pihak ketiga yang memungkinkan Anda menggunakan pengaturan manual untuk mengambil gambar. Gunakan salah satu aplikasi ini dan pilih nilai aperture yang lebih lebar, sehingga gambar yang dihasilkan memiliki latar belakang buram yang menyenangkan. Anda dapat menyesuaikan nilai aperture sesuai dengan persepsi visual Anda.

Gunakan Mode Makro

Beberapa smartphone mungkin dilengkapi dengan mode makro yang akan membantu menghasilkan latar belakang buram untuk gambar jarak dekat tanpa banyak usaha. Fitur ini mungkin tidak berguna saat mengambil potret, namun dapat berguna untuk mengambil gambar makro serangga, bunga, dan objek lain dengan keburaman latar belakang yang bagus.

Gunakan Lampiran Makro

Jika Anda ingin mengambil foto makro dengan perbesaran yang baik namun sekaligus memburamkan foto sebagai latar belakang, maka pemasangan lensa makro adalah alat yang bagus untuk dipertimbangkan. Ada banyak lensa di pasaran yang hadir dengan harga terjangkau, beberapa di antaranya adalah Moment, Apexel, Olloclip, dll.

Saat menggunakan lampiran lensa makro, bagian pemfokusan bisa jadi rumit karena bidang fokusnya relatif tipis. Pastikan Anda fokus pada area atau titik yang tepat di tempat yang Anda inginkan, lalu ambil gambarnya.

Gunakan Aplikasi Bokeh Effect

Ada berbagai aplikasi fotografi di App store dan Playstore untuk iPhone dan ponsel Android, dan aplikasi ini memungkinkan fotografer menangkap latar belakang buram dalam gambarnya. Kebanyakan dari mereka datang dengan pengaturan manual, sehingga fotografer memiliki kontrol lebih besar terhadap gambar yang dihasilkan.

Simak juga:

Gunakan Alat Blur Saat Pasca Pemrosesan

Jika Anda tidak dapat menangkap latar belakang yang cukup buram pada gambar Anda atau Anda memiliki gambar lama di perpustakaan foto Anda yang memerlukan pemburaman latar belakang, maka ada aplikasi yang akan membantu Anda dengan opsi tersebut.

Aplikasi bekerja secara berbeda dalam arti bahwa beberapa aplikasi memungkinkan Anda menyikat latar belakang dan memburamkannya atau menggunakan alat seperti alat laso poligonal untuk memilih subjek. Sebaliknya, filter lain mungkin memiliki filter radial yang akan membantu mengaburkan area di luar area lingkaran.

Pilih aplikasi yang sesuai untuk Anda, dan harap dicatat bahwa opsi keburaman radial mungkin tidak selalu terlihat alami dalam hal keburaman latar belakang.

Kesimpulan

Mode potret bisa menjadi pilihan bagus untuk cara memfoto blur dengan kamera HP di Android atau iPhone. Namun, terkadang hal ini dapat membuat gambar secara umum menjadi lembut, dengan detail yang lebih halus di sekitar tepinya menjadi buram. Ini bagus untuk subjek yang lebih besar namun juga dapat digunakan dengan hati-hati saat menangkap subjek yang lebih kecil. Selalu ambil foto percobaan dan perbesar untuk melihat apakah bagian tepinya telah ditangkap dengan memuaskan.

Karena smartphone adalah ponsel yang sering kita bawa, smartphone dapat menjadi alat yang cukup membantu untuk mengambil gambar dengan hasil yang hampir terlihat profesional.

1717436615

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *