[Update] Cara Memberi Watermark KTP Lewat Online Agar Tidak Disalah Gunakan

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Cara Memberi Watermark KTP Lewat Online Agar Tidak Disalah Gunakan? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Cara Memberi Watermark KTP Lewat Online Agar Tidak Disalah Gunakan, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Cara Memberi Watermark KTP-Setiap orang yang sudah memiliki umur cukup pastinya memiliki KTP atau kartu tanda penduduk. Kartu ini tidak hanya digunakan sebagai pengenal saja, akan tetapi sering juga dipakai sebagai persyaratan melamar pekerjaan atau pinjaman kepada pihak bank atau seperti yang sedang marak saat ini yaitu pinjaman online.Salah satu cara menghindari pencurian dan penyalahgunaan data pribadi adalah dengan memberi watermark pada foto KTP elektronik ketika digunakan untuk verifikasi data pengguna. Cara ini bisa dilakukan secara digital maupun manual.
 
Dikutip dari akun Instagram @indonesiabaik.id, terdapat cara memberi watermark yang jempolan. Cara ini disebut membuat oknum tidak bertanggung jawab kesusahan mengotak-atik.

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan identitas resmi seorang warga negara Indonesia yang berisi informasi pribadi seperti nama, tempat tanggal lahir, hingga alamat lengkap.

Data-data yang tercantum dalam KTP bersifat sangat privasi dan sensitif, sehingga kamu harus berhati-hati agar informasi tersebut tidak disalahgunakan.

Sekilas Tentang Watermark KTP

Watermark KTP bisa jadi alternatif cara untuk mencegah data pribadi di e-KTP disalahgunakan. Coba bikin yuk!

Tak dipungkini, saat ini marak penipuan yang terjadi karena data pribadi kita di e-KTP tersebar luas. Bahkan, ada juga yang menyalahgunakan scan atau fotocopy KTP tanpa sepengetahuan kita.

Watermark KTP bisa menjadi solusi untuk meredam ragam penipuan. Cara ini pernah disosialisasikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lewat Instagram.

Ada cara mudah menjaga informasi pada KTP, yaitu dengan menambahkan watermark atau tanda air yang muncul di KTP dan tampak seperti bayangan di belakang tulisan asli.

Fungsi watermark tersebut memudahkan kamu melacak penggunaan KTP jika disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Mudahnya melakukan pinjaman online yang hanya memakan waktu hitungan menit saja membuat banyak orang tergiur. Padahal apabila kita melihat perkembangan berita saat ini, ternyata ada cukup banyak aplikasi pinjam online yang tidak resmi. Apabila kamu memang ingin melakukan pinjaman online, maka anda bisa mencari terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut resmi atau tidak.

Selain itu agar nantinya ktp kita tidak disalah gunakan, maka ada baiknya anda memberi watermark terlebih dahulu pada ktp anda sebelum di kirim atau upload sebagai salah satu persyaratan.

beberapa aplikasi e-wallet atau dompet elektronik membutuhkan identitas KTP pengguna untuk verifikasi.

Kamu dapat menambahkan watermark pada KTP saat memberikan data ke aplikasi tersebut.

Misalnya, dengan menuliskan watermark seperti “Scan KTP pada (tanggal/bulan/tahun) untuk verifikasi e-wallet”.

Cara Membuat Watermark Pada KTP

Cara memberi watermark pada KTP ini ada cukup banyak cara, mulai dari aplikasi hingga menggunakan tool online. Dengan aplikasi sendiri memang cukup ribet dan memakan waktu. Oleh karena itu cara yang paling simple pastinya adalah lewat online, untuk itu pada ulasan kali ini kami akan mencoba berbagi cara memberi watermark ktp online.

Berikut cara mudah membuat watermark saat scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun dokumen penting lainnya secara digital:
1. Foto KTP dengan benar
2. Buka aplikasi sunting foto seperti Phonto, PicsArt, atau Instagram Story
3. Klik fitur tambahkan tulisan yang ada dalam aplikasi
4. Ketik informasi berupa tanggal scan dan kepentingannya. Contoh scan KTP pada 01-09-2024 untuk verifikasi e-wallet
5. Taruh tulisan di area kosong yang ada di KTP. Pastikan tidak menutupi informasi penting di KTP.
6. Turunkan opacity atau transparansi teks agar informasi dan watermark sama-sama bisa terbaca.

Cara Memberi Watermark KTP Lewat Online

Menurut akun Instagram Kemenkominfo pada 16 September, berikut ini langkah demi langkah membuat watermark untuk KTP:

  1. Buka aplikasi untuk mengedit foto.
  2. Tambahkan teks yang berisi keterangan scan.
  3. Atur ukuran dan posisi teks agar menutupi informasi penting pada KTP.
  4. Turunkan opacity atau transparansi teks pada aplikasi edit agar informasi dan watermark sama-sama masih bisa terbaca.

Watermark pada KTP akan lebih sulit untuk diedit kembali atau dihapus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jika kamu diminta untuk mengunggah foto langsung dari aplikasi, disarankan untuk menulis keterangan scan KTP pada kertas kecil saat memotretnya.

Untuk tambahan informasi saja, cara yang akan kami bagikan merupakan karya dari anak bangsa Indonesia. Proses pengeditannya pun sangatlah mudah, karena hanya memerlukan beberapa langkah saja. Terdapat cukup banyak fitur menarik lainnya agar watermark yang sudah kita buat lebih menarik lagi. Selengkapnya dapat anda simak caranya seperti berikut:

  • Pertama anda perlu menyiapkan KTP yang nantinya akan anda beri watermark
  • Selanjutnya kita dapat mengunjungi alamat websitenya yaitu watermarkktp.com
  • Anda dapat memilih menu pilih gambar, anda akan masuk pada galeri smartphone anda dan pilih foto KTP milik kita
  • Pada menu “Input Text” anda bisa memasukan kata yang akan dijadikan watermark, contohnya “Verifikasi Pinjaman Online”
  • Agar terlihat menarik, maka anda bisa mengubah font lewat menu yang ada
  • Tentukan posisi watermark
  • Pilih ukuran watermark yang ingin kita pergunakan
  • Kita juga dapat mengatur warna, merotasi text dan mengatur opasitas text
  • Apabila semua tahapan diatas sudah anda terapkan, maka untuk langkah yang terakhir adalah download foto ktp yang sudah kita beri watermark.

Cara ini lebih mudah dibandingkan menggunakan aplikasi, karena anda tidak perlu menginstall aplikasi. Alasan anda harus memberi watermark sendiri ialah agar ktp yang sudah anda berikan kepada pihak terkait tidak disalah gunakan untuk kepentingan yang lainnya. Sudah bukan rahasia lagi apabila sekarang ini banyak sekali kasus penipuan yang mengatas namakan orang lain. Untuk itu kita sebagai orang yang hendak menggunakan layanan tertentu maka hendaknya berhati-hati ketika menyerahkan data pribadi kita, terutama yang bersifat privasi.

Jangan sampai kita terkena getahnya atau ulah dari orang yang tidak bertanggung jawab. Kita hanya memerlukan sedikit kreatifitas untuk menjadikan data kita aman, termasuk diantaranya dengan memberi watermark ktp seperti cara yang sudah kami bagikan diatas.

Untuk Lebih Jelasnya anda bisa membuat tulisan watermark di KTP secara mudah dengan membaca postingan

https://indonesiabaik.id/infografis/buat-watermark-saat-kirim-file-ktp-level-advance

1716863083

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *