[Update] Bagaimana Cara Kerja GPS Mobil?

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Bagaimana Cara Kerja GPS Mobil?? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Bagaimana Cara Kerja GPS Mobil?, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

GPS di mobil sekarang ini sudah menjadi tren. Memasang GPS di mobil membantu pemilik untuk memantau kendaraan mereka dimanapun kendaraan tersebut berada sehingga ketika mobil dicuri atau hilang maka pemilik tetap bisa melacak mobil tersebut.

Hal yang menarik mengenai GPS di mobil adalah tentang cara kerja GPS tersebut. Dalama artikel ini Rekomendasiterbaik.id akan menguraikan cara kerja GPS di mobil yang tentunya akan berguna bagi Anda sebagai bahan pengetahuan.

Ketika mobil Anda memiliki GPS aktif, maka Anda akan mendapatkan sejumlah benefit. Anda dapat membeli GPS dengan harga yang relatif murah untuk kemudian Anda pasang di mobil Anda apabila saat ini mobil Anda belum dilengkapi GPS.

Anda dapat menggunakan GPS dengan kartu SIM atau jenis GPS mobil lainnya. Setelah mobil terpasang GPS, nantinya Anda dapat mengontrol lokasi mobil Anda dan juga menyadap percakapan disekitar.

Tentang GPS Mobil

Teknologi tracking lokasi sangat memudahkan manusia dalam memonitor mobil mereka. GPS (Global Positioning System) adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui lokasi sebuah mobil atau motor maupun jenis kendaraan lainnya.

GPS merupakan sistem navigasi satelit yang dibuat untuk keperluan penyediaan informasi perihal posisi kendaraan secara cepat dan akurat. Keberadaan alat GPS di mobil tentunya dapat Anda manfaatkan untuk melacak lokasi mobil Anda secara real-time (pada saat itu juga).

Cara Kerja GPS di Mobil

Jika sudah mengetahui manfaat dari GPS di mobil, Anda pasti tertarik untuk mengetahui cara kerja GPS yang ada di mobil.

GPS di mobil bekerja dengan cara menerima sinyal dari satelit GPS untuk menentukan titik lokasi, kecepatan, arah, dan waktu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini dijelaskan mengenai langkah-langkah cara kerja GPS di mobil secara umum:

GPS Receiver

Mobil yang telah dilengkapi GPS Receiver (Penerima GPS), yang umumnya terpasang di dalam perangkat navigasi atau sistem infotainment mobil, alat berupa GPS Receiver tersebut berfungsi untuk menerima sinyal dari satelit GPS.

Satellite Signal

Satellite Signal atau Satelit GPS yang mengorbit bumi mengirimkan sinyal radio yang berisi informasi waktu dan posisi mereka. Setidaknya diperlukan sebanyak empat satelit untuk menghitung posisi yang tepat di permukaan Bumi.

Trilaterasi

GPS Receiver di dalam mobil menerima sinyal dari beberapa satelit GPS. Dengan menggunakan waktu yang diperlukan oleh sinyal-sinyal ini untuk mencapai Receiver, GPS Receiver mampu menghitung jarak relatif antara mobil dan setiap satelit yang terlihat.

Perhitungan Lokasi

Setelah GPS Receiver menentukan jarak relatif ke setidaknya empat satelit, selanjutnya ia dapat menggunakan proses yang disebut trilaterasi untuk menghitung posisi mobil secara akurat. Trilaterasi adalah teknik yang memungkinkan perangkat GPS untuk menentukan lokasi dengan membandingkan jarak relatif ke beberapa titik referensi.

Penyediaan Informasi

Hasil dari perhitungan tersebut lantas akan disajikan pada layar navigasi atau sistem infotainment yang tedapat di mobil. Anda dapat menyimak informasi seperti peta, lokasi saat ini, kecepatan, arah, dan mungkin juga termasuk rute yang harus diikuti untuk mencapai tujuan.

Pembaruan Secara Berkelanjutan

GPS di mobil melakukan pembaruan informasi lokasi secara terus-menerus dan arah saat mobil bergerak. Hal ini memungkinkan sistem navigasi untuk memberikan petunjuk giliran dan rute yang akurat selama perjalanan.

Koreksi Sinyal

Agar akurasinya lebih bisa ditingkan, beberapa sistem GPS di mobil dapat menggunakan koreksi sinyal dari stasiun pangkalan darat yang dikenal sebagai Differential GPS (DGPS). Koreksi sinyal tersebut dapat membantu mengatasi gangguan sinyal dan akurasi.

Untuk diketahui, beberapa GPS mobil juga bisa terhubung ke internet untuk menyediakan informasi lalu lintas langsung, peringatan cuaca, dll. GPS di mobil membantu pengendara untuk melakukan navigasi yang lebih aman serta efisien.

BACA JUGA:

Manfaat Memasang GPS di Mobil

Memasang GPS di mobil tentu memiliki banyak manfaat bagi pemilik. Anda akan mendapatkan beberapa benefit ketika mobil Anda telah dilengkapi alat GPS.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dinikmati pengguna mobil yang pada mobilnya telah terpasang GPS tracker atau alat pelacak lokasi.

Melacak Lokasi Mobil yang Dicuri

Fungsi dasar GPS yang dapat digunakan untuk melacak lokasi memungkinkan pemilik kendaraan untuk mengetahui lokasi mobil mereka secara real-time. Jadi, dengan memasang GPS di mobil tentunya juga akan menjadi langkah antisipatif karena akan berguna ketika mobil dicuri.

Penyadapan Pembicaraan

Hal penting lainnya yang dapat dilakukan dengan GPS di mobil adalah memudahkan pemilik kendaraan untuk menyadap percakapan. Dengan telah terpasangnya GPS di mobil, pemilik mobil bisa mendengar suara percakapan yang terjadi di dalam mobil tersebut.

Mengetahui Riawayat Perjalanan

GPS Tracker juga dapat digunakan untuk menampilkan data lengkap riwayat perjalanan mobil selama jangka waktu tertentu. Anda dapat mengetahui lokasi, waktu keberangkatan, dan juga kedatangan dari kendaraaan Anda. Semua informasi tersebut akan tersimpan di dalam sistem GPS yang sewaktu-waktu bisa diakses secara mudah.

Cara Pasang GPS di Mobil

Apabila mobil Anda belum terpasang GPS, Anda juga dapat memasangnya sendiri. Anda bisa memilih jenis GPS mobil sesuai keperluan.

Sebelum memasang alat GPS di mobil, perlu diperhatikan bahwa alat ini sebaiknya tidak dipasang secara asal, melainkan Anda harus memilih lokasi pemasangan yang paling sesuai. Adapun letak pemasangan GPS mobil yang dapat dipertimbangkan adalah di dashboard. Tujuannya adalah supaya sinyal GPS bisa terpancar dengan lebih maksimal serta lebih aman.

Untuk Anda yang belum pernah memasang GPS di mobil, silahkan ikuti panduan yang dijelaskan dibawah ini:

Siapkan Kartu SIM GPS

Tugas pertama Anda adalah sebelum memasang GPS di mobil adalah menyiapkan kartu SIM (SIM Card). Anda bisa memilih provider yang menyediakan layanan kartu SIM untuk GPS. Dalam hal ini sebaiknya Anda memilih provider yang memiliki jangkauan sinyal paling bagus.

Setelah memiliki kartu SIM untuk GPS, kemudian Anda dapat melakukan registrasi kartu SIM lewat HP yang selanjutnya Anda pasang ke dalam GPS yang telah terpasang di dalam mobil.

Kelengkapan Komponen GPS Mobil

Jika kartu SIM GPS telah didaftarkan, Anda perlu memastikan kelengkapan komponen yang didapatkan untuk memasang GPS di mobil, seperti baut, sekring, kabel plus, dan kabel minus.

Untuk dicatat, kabel plus atau kabel power berwarna merah, adapun kabel minus berwarna hitam dan biasa disebut sebagai kabel ground.

Menyambungkan Kabel

Langkah berikutnya adalah memasang GPS dengan melakukan pemasangan kabel. Apabila masih kebingungan pada bagian ini, Anda dapat menemukan referensi tambahan, baik itu dengan membaca artikel atau nonton video di YouTube.

Saat memasang kabel, pastikan terlebih dahulu untuk memasang kabel plus atau kabel berwarna merah ke sekring GPS mobil untuk menghindari korsleting akibat arus pendek pada mobil. Setelah itu, pemasangan kabel dilakukan dengan menyambung sisi lain kabel plus ke bagian kutub positif pada aki dan kabel minus ke kutub negatif aki.

Pemasangan Server

Setelah selesai memasang kabel secara benar, kini saatnya memasang server GPS di mobil. Saat pemasangan server, Anda juga bisa langsung menginstal sistem dan menyesuaikannya. Beberapa hal yang perlu disesuaikan pada server GPS mobil diantaranya adalah fitur volume, kartu memori, penyadapan suara, status mesin, sampai cara mematikan GPS mobil.

Setting Peralatan GPS

Setelah server terpasang dengan sebagaimana mestinya, Anda bisa mengatur peralatan GPS pada mobil secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar perangkat GPS dapat dijalankan secara online, sehingga lokasi mobil dapat dipantau dengan sebagaimana harusnya.

Pasang Kartu SIM di GPS

Selanjutnya, Anda bisa memasang kartu SIM di GPS. Harap pastikan untuk memasukkan kartu SIM saat GPS dalam kondisi mati. Tujuannya adalah supaya sinyal tidak terganggu. Kemudian, hidupkan perangkat GPS untuk mengecek sinyal yang masuk ke perangkat.

1718033538

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *