[Update] Arti Titik Hijau di Samping Baterai Android

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Arti Titik Hijau di Samping Baterai Android? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Arti Titik Hijau di Samping Baterai Android, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Bagi Anda yang baru menyadari muncul titik hijau di sebelah baterai di HP Android, Anda pasti penasaran apa arti titik hijau tersebut. Dalam artikel kali ini kami akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui tentang titik hijau di Android, lengkap dengan tips dan trik cara mematikannya apabila Anda tidak menginginkannya.

Peluncuran Android 12 telah dilengkapi beberapa tambahan fitur baru. Salah satu fitur tersebut adalah titik atau lampu hijau yang muncul disamping baterai, berukuran bulat sangat kecil.

Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan iPhone, Anda pasti sudah tak asing dengannya bahwa titik hijau ini menandakan kamera atau mikrofon HP Anda sedang digunakan. Begitu pula di perangkat Android, lampu hijau menunjukkan arti yang sama. Namun, ini adalah fitur baru bagi banyak pengguna, yang mungkin membuat mereka khawatir.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda lebih memahami arti titik hijau di Android, kami telah menyusun panduan lengkap yang mencakup alasan kenapa HP Android Anda menampilkan lampu hijau, mengidentifikasi aplikasi mana yang menggunakan kamera dan mikrofon, dan cara mematikannya. Jadi, mari kita mulai dengan pertanyaan tentang titik hijau disebelah baterai.

Kenapa Tiba-tiba Ada Titik Hijau di HP Android Saya?

Salah satu perhatian utama bagi pengguna ponsel cerdas adalah privasi mereka. Saat iOS 14 diluncurkan, ia menyertakan indikator titik hijau dan oranye yang berarti kamera atau mikrofon ponsel sedang digunakan. Android segera mengikutinya dan meluncurkan fitur yang sama di pembaruan Android 12.

Lampu hijau pada indikator HP Android memungkinkan pengguna mengetahui kapan kamera dan mikrofon HP Android mereka sedang digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang atau di depan.

Meskipun membantu pengguna mengetahui apakah kamera atau mikrofon sedang digunakan, alasan utama memperkenalkan fitur ini adalah keamanan.

Jika seseorang meretas perangkat Anda dan menggunakan kamera atau mikrofon, titik hijau di layar ponsel akan menyala, menandakan penggunaan tidak sah sehingga Anda dapat segera mengambil tindakan. Namun, bukan berarti setiap titik hijau muncul dan menyala itu artinya HP Anda sedang dimata-mati, melainkan ada aplikasi tertentu yang sedang menggunakan kamera atau mikrofon yang sejatinya memang telah Anda beri izin (contoh: aplikasi kamera, Google Assistance, WhatsApp, dsb).

Karena fitur ini bagi sebagian pengguan dirasa masih cukup baru, banyak pengguna yang memerlukan info untuk mengetahui aplikasi mana yang menggunakan kamera atau mikrofon. Dibagian berikut, kami akan memberi tahu Anda cara mengetahuinya.

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan Kamera/Mikrofon di Android

Jika Anda tiba-tiba melihat titik hijau di sebelah baterai, pertanyaan pertama yang terlintas di benak Anda adalah aplikasi mana yang menggunakan kamera atau mikrofon. Sebenarnya, cukup mudah untuk mengidentifikasi aplikasi yang menggunakannya di latar belakang. Berkut ini caranya:

Langkah 1. Segera setelah titik hijau muncul di sebelah icon baterai, buka bilah notifikasi.

Langkah 2. Klik tanda hijau untuk melihat aplikasi apa yang sedang menggunakan kamera atau mikrofon HP Anda.

Cara Mematikan Titik Hijau di Android

Bagaimana cara menonaktifkan titik hijau di Android 12? Meskipun tidak ada cara resmi untuk mematikan titik hijau Android di sebelah baterai secara permanen, Anda dapat menghilangkannya untuk sementara menggunakan metode berikut ini:

1. Tutup Aplikasi yang Mengakses Kamera dan Mikrofon

Salah satu cara mematikan titik hijau di Android adalah dengan menutup aplikasi yang menggunakan kamera dan mikrofon. Namun, jika ada aplikasi yang mengaksesnya kembali, titik hijau akan muncul kembali. Berikut cara mematikan lampu hijau di HP Android:

  • Saat Anda melihat lampu hijau di sebelah baterai, geser ke bawah untuk mengakses panel notifikasi dan melihat aplikasi mana yang menggunakan kamera atau mikrofon.
  • Tutup aplikasi untuk mematikan titik hijau.

2. Batasi Izin Aplikasi

Anda juga dapat mematikan titik hijau di sebelah baterai dengan membatasi aplikasi yang dapat mengakses kamera dan mikrofon ponsel Anda. Kami akan bahas langkah-langkahnya di bagian selanjutnya.

Periksa dan Kelola Izin Aplikasi

Seperti disebutkan sebelumnya, lampu hijau di sebelah baterai Samsung, Redmi, realme atau smartphone Android menunjukkan bahwa kamera dan mikrofon Anda sedang digunakan. Namun, memberikan atau membatasi akses kamera dan mikrofon ke aplikasi ada di tangan Anda.

Jika Anda ingin memeriksa aplikasi mana yang dapat menggunakan kamera dan mikrofon Anda serta ingin mengelola aksesnya, berikut yang perlu dilakukan:

  • Langkah 1. Buka “Pengaturan > Privasi > Manajer Izin.”
  • Langkah 2. Ketuk “Kamera” atau “Mikrofon.”
  • Langkah 3. Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat mengakses kamera dan mikrofon Anda.
  • Langkah 4. Ketuk aplikasi yang ingin Anda batasi penggunaan kamera dan mikrofonnya, lalu pilih opsi “Tolak”.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengecek dan mengelola aplikasi yang memiliki akses ke kamera dan mikrofon Anda.

Apa Arti Titik Hijau di Samping Baterai?

Telah dijelaskan secara detail bahwa arti titik hijau yang muncul di Android adalah karena terdapat aplikasi di HP Anda yang sedang menggunakan kamera atau mikrofon.

Pembaruan di Android 12 telah memperkenalkan beberapa fitur keamanan dan privasi baru. Artinya, keamanan Android kini telah ditingkatkan dari fitur dasar menjadi beberapa fitur lanjutan.

Berikut adalah beberapa peningkatan privasi baru di perangkat Android sehingga pengguna dapat memiliki kontrol lebih besar terhadap aplikasi yang diinstal di perangkat mereka:

Dasbor Privasi

Fitur Dasbor Privasi/Manajer Privasi memungkinkan Anda melihat aplikasi yang telah mengakses kamera, mikrofon, data, dan lokasi Anda dalam 24 jam terakhir. Ini memungkinkan Anda mengelola akses izin ke aplikasi tertentu.

Tombol Kamera dan Mikrofon

Bosan dengan aplikasi yang memata-matai Anda melalui kamera dan mikrofon HP Anda? Pembaruan Android 12 telah memperkenalkan fitur baru di mana Anda dapat mematikan tombol untuk berbagai aplikasi dan menghentikan akses aplikasi tersebut ke kamera dan mikrofon Anda selamanya.

Notifikasi Baca Papan Klip

Android 12 telah memperkenalkan fitur baru untuk memberi tahu aplikasi mana yang telah membaca data clipboard.

Semua fitur baru di Android 12 ini berfokus pada privasi pengguna untuk membantu mereka membedakan antara aplikasi yang tidak berbahaya dan aplikasi yang pengintai (spyware).

Apakah Titik Hijau Di Samping Baterai Android Berbahaya?

Keberadaan titik hijau di samping baterai Android sejatinya adalah sebuah fitur yang memudahkan Anda untuk mengetahui secara cepat apabila ada aplikasi yang sedang menggunakan mikrofon atau kamera. Adapun jika Anda merasa tidak sedang membuka apliksi apapun lalu titik hijau tiba-tiba muncul, maka segera periksa HP Anda karena bisa jadi itu adalah aplikasi spyware yang sedang memantau aktivitas Anda di HP.

Anda juga perlu lebih waspada, misalkan pada saat browsing lalu secara tiba-tiba icon warna hijau kecil muncul di samping baterai HP Anda, maka segera lakukan pengecekan.

Untuk memastikan smartphone Android Anda aman dan terbebas dari aplikasi yang melakukan akses ilegal, Anda dapat menginstal aplikasi antivirus yang bisa di download lewat Google Playstore. Selain itu, Anda juga bisa masuk ke Google Play, lalu pada kolom pencarian silahkan ketik “Play Protect”, selanjutnya pilih “Scan” untuk melakukan pengecekan aman dan tidaknya semua aplikasi yang telah terinstal di HP Anda.

1718902152

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *