[Update] Apa Itu SEO? (Search Engine Optimization) Jenis, Manfaat dan Cara Kerjanya

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari Apa Itu SEO? (Search Engine Optimization) Jenis, Manfaat dan Cara Kerjanya? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari Apa Itu SEO? (Search Engine Optimization) Jenis, Manfaat dan Cara Kerjanya, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Reading Time: 4 minutes

Banyak cara dapat dilakukan guna meningkatkan traffic pengunjung website, salah satunya dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization) di dalam website yang sedang kamu kelola.

Jika kamu adalah seorang pemula dalam pengelolaan website, SEO adalah hal yang wajib kamu kuasai, kamu sudah semestinya mengetahui SEO itu apa, manfaat, cara kerja hingga jenis-jenis SEO yang nantinya akan membantumu dalam memahami SEO itu sendiri.

Tentu dengan adanya artikel ini akan membantumu dalam mengenal SEO dengan lebih jelas dan pastinya akan mudah kamu pahami.

Yuk baca selengkapnya mengenai Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Kerja SEO dalam website.

Apa yang dimaksud dengan SEO?

Apa sih SEO itu? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan oleh user.

Dengan menempati halaman pertama atau dengan menempati di urutan pertama di mesin pencari maka akan lebih berpotensi untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

SEO sangat berfokus kepada kata kunci yang diinputkan oleh user, oleh karena itu dengan menerapkan teknik SEO ini akan membantumu dalam menemukan target user yang tepat untuk semua konten yang kamu buat. Tentu dengan memfilter kata kunci yang ada, user dengan target yang tepat akan mendapatkan manfaat dari isi konten yang kamu buat. Dengan manfaat yang didapat oleh user dari konten yang kamu buat, tidak mustahil jika user akan kembali lagi ke websitemu dan membaca konten-konten update yang kamu sediakan.

Apa manfaat SEO?

Kenapa kita harus menerapkan SEO pada website kita?

Kalian ketahui fungsi dari SEO adalah membantu untuk memudahkan mesin pencari untuk menentukan peringkat website di mesin pencari sehingga dapat ditampilkan sesuai dengan relevansi dari kata kunci yang diinputkan user.

1. Mendapatkan Traffic

Selain itu, menggunakan teknik SEO pada website, akan meningkatkan traffic pengunjung jauh lebih banyak pada halaman pertama. Tentu pengunjung akan banyak mengunjungi situsmu jika kamu berhasil menerpakan teknik SEO ini dan tampil di halaman pertama pada mesin pencari. User secara otomatis akan memilih website yang pertama kali dia lihat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat.

2. Relevansi Target

Manfaat penerapan SEO pada website yang akan kamu dapatkan adalah relevansi atau ketepatan target. Mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan dengan menginputkan kata kunci. Ini akan membuat website atau konten yang kamu buat menjadi lebih sesuai dengan target yang diharapkan.

3. Meningkatkan Kepercayaan terhadap website kamu

Website yang tampil di halaman pertama sudah dipastikan memiliki kepercayaan pelanggan lebih tinggi. Itu dikarenakan rekomendasi yang diberikan oleh mesin pencari dianggap sangat relevan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user.

4. Meningkatkan Brand

Jika kamu seorang pembisnis atau seorang marketer, SEO dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness yang memberikan keuntungan yang berkali-kali lipat. Bagaimana tidak? Bayangkan saja dengan penerapan SEO ini akan meningkatkan mesin pencari untuk menemukan website kamu, jika webite-mu berada pada halaman pertama menyebabkan banyak orang baru yang tahu mengenai website mu. Secara tidak sadar akan menjadi sebuah promosi yang berpeluang mendatangkan pelanggan baru.

5. Promosi Berkelanjutan

Kamu dapat memanfaatkan teknik SEO untuk melakukan promosi 24 jam tanpa biaya. Berbeda jika kamu menggunakan google ADS yang memerlukan biaya yang extra untuk mendatangkan pembeli. Dengan menggunakan SEO kamu dapat mempromosikan brand 24 jam tanpa henti selama situs kamu tidak hilang.

Lalu bagaimana cara kerja SEO?

Nah, kamu pasti ingin tau bagaimana cara kerja SEO itu sendiri bukan?

Perlu kamu perhatikan bahwa mesin pencari akan membantu user untuk menemukan topik yang dicari dengan menginputkan kata kunci (keyword). Oleh karena itu kamu harus menentukan kata kunci yang tepat untuk artikel ataupun konten yang hendak kamu publikasikan.

Tapi dengan menentukan kata kuncipun belum efektif jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dan bagaimana bisa mesin pencari menempatkan websitemu di top position anatara peringkat 1 sampai peringkat 3.

Proses SEO

  • Crawling: Proses pertama yang dilakukan oleh mesin pencari. Bot mesin pencari akan mengumpulkan informasi mendetail dari sebuah website, seperti halaman, judul, kata kunci, gambar, hingga internal link yang ada pada website.
  • Indexing: Data-data yang dikumpulkan akan disimpan pada database mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Halaman-halaman yang belum terindex tidak akan tampil di hasil pencarian.
  • Processing: Mesin pencari akan menerima permintaan dari user dengan inputan kata kunci yang diketikkan. Selanjutnya, mesin pencari akan membandingkan kata kunci tersebut dengan website-website yang terindex di database.
  • Calculating Relevancy: Mesin pencari akan membandingkan halaman-halaman website yang terindex untuk mencari website dengan kata kunci relevan sesuai dengan permintaan user. Semakin relevan sebuah website, semakin besar kemungkinan untuk tampil di halaman utama mesin pencari.
  • Retrieval: Mesin pencari akan memberikan halaman website yang relevan dengan permintaan user. Setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda untuk menentukan halaman yang akan ditampilkan di halaman pertama.
  • Ranking: Mesin pencari akan menentukan peringkat pencarian berdasarkan relevansi dan kualitas website. Halaman yang paling relevan dan berkualitas tinggi akan mendapatkan peringkat teratas.

SEO bekerja untuk mengoptimalkan keyword agar mudah terindeks oleh mesin pencari, sehingga halaman tersebut mendapat peringkat teratas dan ditampilkan di halaman pertama google.

Jenis-Jenis SEO

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dalam memfilter website untuk ditampilkan di halaman utama, penting untuk memahami jenis-jenis dari Search Engine Optimization (SEO) yang ada.

1. SEO On-Page

SEO on-page adalah optimisasi SEO yang dilakukan di dalam halaman website itu sendiri. Fokus utamanya adalah pada elemen-elemen seperti:

  • Permalink: URL yang ramah SEO.
  • Judul Konten: Menarik dan mengandung kata kunci yang relevan.
  • Struktur Konten: Penataan konten yang logis dan mudah dipahami.
  • Gambar Konten: Penggunaan gambar yang relevan dan dioptimalkan dengan baik.
  • Sebaran Kata Kunci: Penggunaan kata kunci yang tepat dalam konten.
  • Kualitas Konten: Konten yang informatif, relevan, dan bermanfaat bagi pengguna.
  • Internal Linking: Menautkan halaman-halaman dalam website secara terstruktur.
  • Elemen SEO Lainnya: Seperti meta description, tag, dan lainnya.

Dengan menerapkan SEO on-page, halaman website dapat dioptimalkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari.

2. SEO Off-Page

Berbeda dengan SEO on-page, SEO off-page berfokus pada optimisasi di luar halaman website. Fokusnya termasuk:

  • Link Building: Membangun tautan balik (backlink) dari website lain ke halaman website Anda.
  • Peningkatan Domain Authority (DA): Meningkatkan otoritas domain website Anda.
  • Peningkatan Page Authority (PA): Meningkatkan otoritas halaman-halaman tertentu dalam website Anda.
  • Promosi melalui Media Sosial atau Marketing Lainnya: Mempromosikan konten website melalui berbagai saluran pemasaran.

Dengan menerapkan SEO off-page, website Anda dapat memperoleh kredibilitas yang tinggi di mata mesin pencari, yang dapat meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil pencarian.

3. Technical SEO

Technical SEO adalah optimisasi SEO yang berkaitan dengan aspek-aspek teknis di dalam website. Ini mencakup:

  • Kecepatan Website: Memastikan website Anda memuat dengan cepat.
  • Struktur Website: Memiliki struktur website yang teratur dan mudah dinavigasi.
  • XML Sitemap: Membuat sitemap XML untuk memudahkan mesin pencari dalam mengindeks halaman-halaman website.
  • Keamanan (SSL): Memastikan website menggunakan protokol HTTPS yang aman.
  • Tema yang SEO Friendly: Menggunakan tema atau template yang ramah SEO.
  • Layout Website dan Navigasi: Menyusun layout website dan navigasi yang memudahkan pengguna dan mesin pencari.

Dengan menerapkan technical SEO, website Anda akan memiliki struktur yang baik dan mudah diindeks oleh mesin pencari.

Setiap jenis SEO memiliki peranannya masing-masing dalam meningkatkan visibilitas dan peringkat website Anda dalam hasil pencarian mesin pencari. Kombinasi dari ketiga jenis SEO ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kredibilitas website Anda secara keseluruhan.

1717454684

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *