[Update] 8 Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari 8 Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari 8 Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

HP Android adalah jenis smartphone yang saat ini paling banyak digunakan – selain iOS dengan iPhone. Sebagai pengguna Android, pernahkah Anda mendapati HP Android Anda tiba-tiba menjadi sangat lemot atau mengalami penurunan performa?

Meskipun Anda memiliki salah satu ponsel Android terbaru dan terhebat, HP Android Anda mungkin berjalan lebih lambat dari yang diharapkan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, jadi jangan khawatir jika HP Android baru Anda dirasa lemot.

Apabila Anda khawatir dengan HP baru Anda, sebaiknya lakukan langkah-langkah penting ini setelah menyiapkan perangkat Android tersebut. Selanjutnya mungkin dapat meringankan beberapa masalah yang biasa dihadapi oleh telepon baru. Namun, jika Android lama Anda bermasalah, baca terus untuk mengetahui tips penting untuk mempercepat HP Android yang lambat.

1. Restart HP Android Anda

Anda dapat memulainya dengan langkah yang sederhana namun tak jarang cukup efektif dalam mengatasi HP lemot. Melakukan boot ulang dapat menjadi tindakan pemecahan masalah pertama Anda jika Anda melihat penurunan kinerja secara tiba-tiba.

Beberapa proses yang terjadi di latar belakang dapat menyebabkan HP lemot untuk sementara, tetapi sulit untuk mengidentifikasinya. Melakukan restart adalah metode yang cepat dan efektif untuk menghentikannya.

Sistem manajemen memori Android sangat bagus, dan sebagian besar ponsel memiliki RAM lebih dari cukup. Namun restart dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan jika Anda menggunakan perangkat dengan RAM 3GB atau 4GB atau kurang. Sebaiknya Anda melakukan restart HP Anda setidaknya sekali seminggu. Adapun jika HP tersebut terlihat masih relatif lemot, tingkatkan frekuensinya restart menjadi dua hari sekali.

2. Batasi Penggunaan Ruang Penyimpanan

Seringkali HP Android menjadi lemot karena terlalu banyak penyimpanan hingga ruang penyimpanan menjadi full penggunaan. Anda mungkin terbiasa dengan kehabisan penyimpanan jika Anda memiliki ponsel lama.

Segala sesuatunya menjadi berjalan lebih lambat ketika memori penyimpanan ponsel Anda hampir habis, dan Google mengklaim Anda akan melihat masalah kinerja ketika perangkat Anda memiliki sisa ruang penyimpanan kurang dari 10%. Mempertahankan ruang penyimpanan yang tidak terpakai sekitar 20% adalah pilihan yang lebih baik.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan menghabiskan ruang penyimpanan di HP Android Anda dan dapat mengurangi ketersesiaan sumberdaya memori (RAM) jika dijalankan di latar belakang. Jika Anda mengunduh aplikasi yang tidak lagi digunakan, menghapus instalannya dapat meningkatkan kelancaran sistem dan masa pakai baterai.

Ada berbagai cara untuk mencopot pemasangan aplikasi, namun biasanya Anda dapat menekan lama ikon aplikasi dan memilih Copot pemasangan atau seret ikon tersebut ke perintah pencopotan pemasangan di bagian atas layar.

4. Ubah Kecepatan Animasi Sistem

Mengubah kecepatan animasi sistem di hp Android Anda tidak akan mempercepatnya, tetapi akan menciptakan persepsi bahwa perangkat Anda bekerja lebih cepat. Perasaan peningkatan kinerja sistem ini disebabkan oleh berkurangnya penundaan animasi, yang menyebabkan rangkaian grafis selesai lebih cepat.

Trik ini hampir terasa seperti sulap jika animasi di ponsel Android Anda tampak lambat atau lamban. Anda dapat mematikan animasi sistem untuk hasil yang lebih baik. Namun, Anda akan mengorbankan efek transisi yang mencolok dalam prosesnya. Pengaturannya biasanya tersembunyi di opsi pengembang, jadi ikuti panduan kami tentang mempercepat animasi di ponsel Android Anda.

5. Hapus Cache di Android

Anda bisa menghapus cache pada perangkat Android dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Ketuk “Hapus Cache“. Menghapus berkas sementara ini terkadang dapat meningkatkan kinerja smartphone, namun pada akhirnya berkas tersebut akan diunduh ulang, sehingga Anda perlu membersihkannya secara berkala.

6. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Banyak aplikasi seperti Instagram menawarkan aplikasi edisi Lite untuk perangkat Android lama dan kelas bawah dengan RAM dan penyimpanan terbatas. Aplikasi versi Lite lebih kecil dan tidak memerlukan banyak sumber daya dibandingkan aplikasi versi lengkap.

Google menutup aplikasi Lite-nya, namun banyak aplikasi media sosial yang saat ini masih menawarkan versi Lite.

7. Perbarui Perangkat Lunak

Jika ponsel Anda terasa lemot, periksa pembaruan yang tersedia. Google mengoptimalkan Android dengan setiap rilis baru. Kebanyakan produsen melakukan hal yang sama untuk perangkat lunak mereka. Jadi, meningkatkan ke versi Android terbaru dapat mengosongkan sumber daya sistem di perangkat Anda, yang dapat membantu waktu pemuatan aplikasi lebih cepat dan meningkatkan kelancaran sistem.

Setelah Anda mengonfirmasi bahwa Anda memiliki Android versi terbaru, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa Google Play Store untuk melihat apakah Anda memiliki aplikasi yang harus diperbarui. Panduan pembaruan aplikasi kami memandu Anda melalui langkah-langkahnya. Pembaruan aplikasi sering kali mencakup perbaikan bug dan peningkatan lainnya.

Anda juga dapat mengaktifkan pembaruan otomatis di Google Play Store. Dengan pembaruan otomatis, aplikasi diperbarui saat Anda tidak menggunakan ponsel dan memiliki koneksi Wi-Fi. Anda dapat mengubah pengaturan untuk mengizinkan pembaruan data seluler, namun penyedia layanan Anda mungkin mengenakan biaya tambahan atau memperlambat kecepatan internet Anda jika Anda melebihi batas data bulanan.

8. Lakukan Factory Reset

Jika Anda telah menerapkan semua saran diatas dan sejauh ini Anda masih berurusan dengan HP Android lemot, reset ke setelan pabrik bisa menjadi opsi yang dapat Anda pilih. Reset pabrik adalah cara terbaik namun ekstrem untuk meningkatkan kinerja. Ini mengembalikan perangkat Anda ke kondisi stoknya dan menghapus semua data Anda.

Jika Anda siap mengembalikan perangkat Android Anda ke setelan pabrik, buat cadangan data penting Anda terlebih dahulu. Kemudian, ikuti panduan kami untuk melakukan reset pabrik dengan aman.

1720527068

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *