[Update] 7 Perbedaan Windows 10 dan 11 dari Berbagai Aspek/Hal

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari 7 Perbedaan Windows 10 dan 11 dari Berbagai Aspek/Hal? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari 7 Perbedaan Windows 10 dan 11 dari Berbagai Aspek/Hal, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Di bulan Juni, secara resmi Microsoft telah mengeluarkan sistem operasi PC terbaru yaitu Windows 11. Ini merupakan penerus dari Windows 10 yang ada sejak tahun 2015. Lalu apa yang menjadi perbedaan Windows 10 dan 11?

Tentu kamu bisa melihat tampilan dari Windows 11 yang berhasil membawa perombakan besar-besaran. Baik itu dari peningkatan fitur desain maupun dukungan aplikasi Android. Tidak hanya itu saja, kamu sendiri pun juga bisa merasakan perbedaan diantara keduanya yang sangat menonjol.

Para pemilik Windows memang merasa sangat tergoda ingin melakukan upgrade ke Windows 11, karena fiturnya yang jauh lebih menarik. Namun sebelumnya, ada baiknya jika kamu mengetahui perbedaan diantara keduanya.

Ini Perbedaan Windows 10 dan 11 dari Berbagai Aspek

Agar kamu tidak merasa ragu dan kecewa ketika ingin melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11, pastinya kamu sebagai pengguna harus mengetahui perbedaan diantara keduanya. Berikut ini informasi selengkapnya:

1. Perbedaan Tampilan Antarmuka

Jika dilihat dari segi tampilan, untuk Windows 10 dihadirkan dengan tampilan yang minimalis, namun terlihat segar. Terutama di bagian menu taskbar maupun start. Di bagian menu ini, tidak akan kamu jumpai pada sisi kiri seperti yang ada pada Windows 10.

microsoft telah menggeser sisinya ditengah agar terlihat mirip dengan tampilan antarmuka Mac OS. Di bagian menu startnya juga berpindah pada sisi tengah. Selain itu, diantara keduanya juga mempunyai perbedaan pada bagian fitur lifetiles yang ada di Windows 11.

Untuk lifetiles ini menjadi fitur Windows yang akan menampilkan kolom notifikasi. Hal ini mencangkup seperti kalender, cuaca maupun informasi yang lainnya.

2. Bentuk Logo Jendela

Untuk logo yang ada di Windows 11 ini memang terlihat berbeda jika dibandingkan dengan Windows 10. Pada bagian Windows 11 memiliki logo jendela yang terlihat seperti jendela menghadap ke arag depan. Sedangkan logo Windows versi 10 mengusung bentuk empat kotak berbentuk dimensi.

Hal ini terlihat seperti bendera yang sedang berkibar. Tidak hanya dari segi logo, untuk suara startup sound maupun suara opening terdengar ketika perangkat dinyalakan ikut serta diperbarui.

3. Dapat Menjalankan Aplikasi Android

Kabar yang sangat menggembirakan, Windows 11, mempunyai kesempatan yang bagus untuk menjalankan aplikasi Android. Memang aplikasi Android hanya dapat dijalankan pada sistem operasi Windows. Pastinya hal ini berkat adanya bantuan emulator maupun melakukan dual boot OS.

Sedangkan untuk aplikasi Android ini dapat dijumpai pada Microsoft store. Kemudian dilakukan pengunduhan melalui Amazon app to. Apabila proses pengunduhan sudah dilakukan, maka aplikasi dapat disematkan pada taskbar maupun disandingkan dengan jenis aplikasi yang lain.

4. Widget

Perbedaan Windows 10 dan 11 selanjutnya yaitu terletak di widget yang mana untuk Windows 11 ini mempunyai pilihan widget baru. Tentu hal ini didukung oleh Microsoft edge dan juga AI. Perlu diketahui bahwa widget ini bisa diakses melalui kursor yang diarahkan pada sebelah kiri layar.

Sedangkan widget aneka informasi bisa membantu pengguna agar memperoleh informasi apapun yang dibutuhkan. Seperti berita, cuaca, foto, maupun yang lainnya sesuai apa yang ditawarkan oleh Windows 11.

Hal ini tentu sangatlah memanjakan para penggunanya. Bagaimana tidak? Aspek gaming menjadi salah satu hal yang cukup menarik perhatian dari para pengguna Microsoft. Khususnya untuk kamu yang suka menjalankan game pada Windows 11.

5. Dukungan Monitor Eksternal dan multitasking

Jika dibandingkan dengan Windows 10, memang keberadaan dari Windows 11 sudah dilakukan upgrade besar-besaran. Update tersebut mampu menghadirkan multitasking beserta dukungan monitor secara eksternal.

Ini menjadi fitur secara eksklusif yang ditawarkan oleh Windows 11. Sayangnya untuk fitur ini tidak bisa dijumpai pada Windows 10. Hal ini dikarenakan beberapa alasan, seperti pada Windows 11. Pengguna dapat meningkatkan pengalaman multitasking melalui fitur snap Windows.

Fitur inilah yang menjadi hasil pengembangan dari fitur multitasking menurut pengembangan dari Microsoft. Tidak hanya itu saja, Windows 11 juga memiliki dukungan untuk melakukan monitor eksternal.

Dengan demikian, Windows 11 yang kamu gunakan tetap dapat melihat tanggal maupun waktu di layar sekunder. Sementara sebelumnya tidak bisa dijumpai pada Windows 10.

6. Kompatibilitas

Banyak yang menanyakan bagaimana perbedaan Windows 10 dan 11 dari segi kompatibilitas. pastinya jawaban dari perbedaan tersebut akan mengalami beberapa permasalahan. Sehingga sudah sewajarnya apabila Windows menggunakan sistem operasi baru.

Sayangnya untuk laptop yang sudah berusia di atas 5 tahun tidak dapat menggunakan atau meng-upgrade sistem operasi yang dimiliki oleh Windows 11. Alasannya, karena perangkat yang ingin dilakukan upgrade harus mempunyai TPM 2.0.

TPM itu sendiri adalah sebuah chip di motherboard yang memiliki tugas untuk menangani enkripsi sekaligus menyimpan data penting maupun rahasia. Sudah sewajarnya apabila dari segi kompatibilitas Windows 10 dikatakan kurang maksimal.

Meskipun demikian, tidak semua laptop bisa menggunakan Windows 11. Mengingat bahwa syarat yang harus dipenuhi yaitu laptop harus mempunyai TPM 2.0. Sehingga tidak bisa dilakukan pada laptop yang sudah berusia tua.

7. Performa

Jika dilihat dari segi performa, sudah bisa dipastikan bahwa sistem operasi terbaru adalah Windows 11. Hal ini bisa dipastikan bahwa perbedaan performa Windows 10 dan 11 yang ada sangat signifikan. Performa windows 11 ditawarkan jauh lebih tinggi apabila dibandingkan Windows 10.

Salah satu bukti yang bisa kamu lihat yaitu bahwa Windows keluaran terbaru memiliki performa terbaik dan efisien. Khususnya dari sumber daya bagian CPU atau dari sumber daya alam.

Ketika kamu menggunakan aplikasi di Windows 11, pada bagian sistem secara otomatis daya CPU yang diberikan lebih tinggi. Kamu tetap bisa menggunakan aplikasi lebih cepat, lancar tanpa terkendala. Sedangkan pihak dari Windows 11 itu sendiri dapat mengatasi beban kerja yang tinggi.

Tidak sampai di situ saja, Windows 11 juga dapat membantu penggunaan yang lebih hemat yaitu kisaran 37% pada bagian RAM. Sementara RAM kisaran 32%. Pastinya hal ini jauh lebih efisien dibandingkan dengan windows versi sebelumnya.

Windows 10 dan Windows 11 memang mempunyai banyak kesamaan. Akan tetapi masih banyak pula perbedaan diantara keduanya yang memberikan bukti sangat mencolok.

Penutup

Dengan informasi mengenai perbedaan windows keluaran terbaru dengan versi sebelumnya, seperti penjelasan di atas, diharapkan kamu tidak perlu bingung dalam menentukan pilihan Windows yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan kamu selama mengoperasikan perangkat laptop atau PC.

Mengingat bahwa Windows 11 sebagai keluaran terbaru, mensyaratkan bahwa pengguna harus memiliki TPM minimal 2.0. Selain itu, tidak semua perangkat PC atau laptop bisa menggunakan Windows 11.

Itulah alasan mengapa perbedaan Windows 10 dan 11 cukup mencolok dan banyak dicari supaya tidak merasa kecewa ketika ingin melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11.

Baca Juga:

1717227864

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *