[Update] 5 Cara Mengatasi Web Tidak Bisa Diakses di HP

DOWNLOAD VIDEO

Hayo, siapa yang di sini sering mencari 5 Cara Mengatasi Web Tidak Bisa Diakses di HP? Aplikasi semacam ini memungkinkanmu untuk membuat beragam video estetik dengan kualitas HD, loh. Menariknya, kamu nggak perlu lagi kok pakai kamera mahal seperti DSLR untuk melakukannya.

Buat yang belum tahu, bokeh effect di sini tidak merujuk pada video-video museum yang kerap dinikmati orang dewasa, melainkan sebuah efek yang membuat hasil tangkapan kameramu lebih menarik. Dengan menggunakan efek ini, kamu bisa membuat objek utama semakin jelas dan latar belakang lebih buram. Jadi lebih valuable, loh!

Nah, kalau kamu tertarik ingin mencari 5 Cara Mengatasi Web Tidak Bisa Diakses di HP, Jaka sudah siapkan beberapa rekomendasi terbaiknya di sini. Langsung simak aja, yuk!

Ada berbagai penyebab saat Anda gagal membuka suatu website melalui perangkat ponsel. Kali ini akan dijelaskan cara mengatasi web tidak bisa diakses di HP Chrome atau dengan menggunakan browser lainnya.

Setiap orang terkadang mengalami kesalahan saat browsing dan ingin membuka web yang bisa dikunjunginya. Beberapa kode kesalahan, seperti Error 404, mudah dimengerti. Namun, pesan lain seperti “Situs ini tidak dapat dijangkau” lebih tidak jelas dan tidak memberikan informasi apa pun tentang cara mengatasinya.

Ada beberapa kemungkinan penyebab munculnya pesan kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau” di Google Chrome. Memahami penyebab tersebut akan membantu Anda memilih metode pemecahan masalah apa yang akan digunakan, sehingga Anda dapat mengakses situs web yang Anda perlukan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab masalah “Situs ini tidak dapat dijangkau” dan beberapa cara untuk memperbaikinya.

Penyebab Web Tidak Bisa Diakses di HP

Apabila Anda tidak bisa mengakses web di HP padahal biasanya website tersebut bisa Anda buka secara normal atau muncul pesan Situs ini tidak dapat dijangkau, maka penyebabnya bisa beragam.

Salah satu alasan kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau” bisa menjadi cukup membuat kurang nyaman adalah karena Chrome tidak mengetahui dengan jelas apa penyebabnya. Selain itu, pesan tersebut bisa muncul bersama berbagai kode kesalahan.

Misalnya, Anda bisa mendapatkan notifikasi tersebut jika mengalami kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Selain itu, Pesan kesalahan yang sama juga akan muncul jika koneksi Anda terputus atau jika Anda menemukan kode ERR_CONNECTION_RESET

Google Chrome menggunakan pesan “Situs ini tidak dapat dijangkau” sebagai deskripsi menyeluruh untuk banyak kesalahan. Secara umum, penyebab paling umum adalah:

  • Kesalahan resolusi Sistem Nama Domain (DNS).
  • Cache web browser
  • Kegagalan keseluruhan koneksi internet Anda
  • Pengaturan internet, jaringan, atau firewall salah dikonfigurasi

Meskipun Chrome menyarankan beberapa perbaikan dalam setiap layar kesalahan, ada lebih banyak cara untuk memecahkan masalah ini.

Cara Mengatasi Web Tidak Bisa Diakses di HP

Untuk bagian ini, kami akan memandu Anda melalui beberapa cara (dari yang paling sederhana hingga yang agak rumit) untuk memecahkan masalah kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau” di Chrome Android. Mari kita mulai dengan perbaikan paling sederhana, yaitu memeriksa koneksi Anda.

1. Restart Koneksi Internet Anda

Meskipun Anda memiliki koneksi internet yang terlihat tidak ada gangguan, pesan error “Situs ini tidak dapat dijangkau” bisa muncul jika ada jenis kesalahan apa pun di dalamnya. Meskipun kedengarannya terlalu sederhana, memutus lalu menyambungkan koneksi internet Anda sering kali dapat mengatasi masalah ini dengan cepat.

Karena memulai ulang koneksi Anda biasanya hanya membutuhkan beberapa detik saja, ini adalah solusi pertama yang harus Anda coba.

Jika Anda menggunakan HP Android, silahkan coba aktifkan Mode Pesawat, lalu matikan kembali mode tersebut. Kemudian, Anda juga bisa masuk ke bagian Jaringan Seluler, lalu pilih opsi reset APN. Setelah itu, silahkan coba buka kembali web yang tadinya gagal Anda akses.

2. Bersihkan Cache Browser

Seringkali masalah web tidak bisa diakses di HP Chrome Android adalah dikarenakan cache browser. Jadi, Anda bisa membersihkannya untuk mengetahui hasilnya.

Saat Anda membuka web, Chrome menyimpan banyak data dan file dari situs web yang Anda kunjungi. Browser Anda menyimpan file-file tersebut dalam cache lokal, sehingga tidak perlu memuat ulang situs secara penuh setiap kali Anda mengunjunginya.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengalami kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau” karena masalah dengan file cache Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus menghapus cache browser Anda.

Apabila masalahnya adalah dikarenakan cache, maka setelah Anda membersihkan cache browser selanjutnya Anda akan bisa membuka web tersebut secara lancar tanpa ada kendala lagi.

Dengan asumsi Anda menggunakan Chrome, Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Hapus Data Penjelajahan.

3. Perbarui Google Chrome

Google sering kali mendorong pembaruan baru untuk browser Chrome-nya, sehingga pengalaman browsing Anda tetap bebas bug. Kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau” mungkin disebabkan oleh aplikasi Chrome yang sudah usang.

Dalam hal ini, perbarui browser web Anda, dan masalah Anda kemungkinan akan teratasi. Anda bisa ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini atau langsung buka Google Playstore untuk menginstal versi terbaru.

  • Buka Chrome, pilih tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih Bantuan > Tentang Google Chrome.
  • Izinkan Chrome memeriksa pembaruan baru secara otomatis.
  • Izinkan Chrome memasang pembaruan yang tersedia. Lalu, pilih Buka kembali untuk membuka kembali Chrome dan menerapkan pembaruan.

4. Reset Google Chrome

Jika Anda masih tidak dapat mengatasi pesan kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau”, setel ulang browser Chrome Anda ke setelan awal (default) dan lihat apakah tindakan tersebut menyelesaikan masalah. Proses penyetelan ulang menghapus semua opsi khusus Anda, memperbaiki konfigurasi yang ditentukan secara tidak benar.

Perhatikan bahwa Anda akan kehilangan semua data yang disimpan di Chrome saat menyetel ulang browser.

  • Buka Chrome, pilih tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih Pengaturan.
  • Pilih Reset pengaturan di sidebar.
  • Pilih Pulihkan pengaturan ke default aslinya di sebelah kanan.
  • Pilih Reset pengaturan pada jendela pop-up konfirmasi.

5. Matikan Program Antivirus

Program antivirus Anda mungkin mendeteksi situs tersebut sebagai potensi ancaman dan memblokir akses. Dalam kasus ini, Anda dapat mematikan proteksi antivirus dan melihat apakah tindakan tersebut menyelesaikan masalah.

Kesimpulan

Berbagai faktor dapat menyebabkan kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau” di Google Chrome di HP atau komputer Anda. Jika Anda menemukan pesan error ini dan tidak yakin bagaimana cara mengatasinya, lakukan beberapa perubahan jaringan dan browser pada sistem Anda, seperti dijelaskan di atas. Masalah Anda kemudian akan diperbaiki, dan Anda dapat melanjutkan sesi penjelajahan Anda.

Meskipun kesalahan “Situs ini tidak dapat dijangkau” dirasa cukup mengganggu, pemecahan masalahnya tidak terlalu sulit. Dalam kebanyakan kasus, kesalahan berasal dari masalah dengan koneksi internet Anda atau DNS dan pengaturan cache.

1718998635

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *