10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik

Diposting pada

Sepatu lari atau running shoes sudah bukan berperan hanya sebagai penunjang kegiatan olahraga. Zaman sekarang, peran dari sepatu running telah dianggap sebagai bagian dari gaya hidup. Meski demikian, Anda tetap tidak boleh sembarangan memakai sepatu lari. Salah dalam memilih sepatu bisa memperbesar risiko terjadi cedera.

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan informasi kepada Anda terkait cara memilih sepatu lari. Tak lupa kami juga telah mengumpulkan daftar sepatu lari terbaik dari berbagai merek. Anda bisa melihat sepatu keluaran brand kondang seperti Adidas, Nike, New Balance, dan League. Karena sepatu bagaikan fondasi rumah, maka Anda wajib menggunakan produk yang tepat untuk menunjang aktivitas olahraga Anda.

Cara Memilih Sepatu Lari

Sepatu lari pria ataupun wanita harus menjamin kenyamanan saat digunakan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui spesifikasi tertentu dari sebuah sepatu apakah cocok untuk Anda atau tidak. Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli running shoes. Untuk rinciannya, kami akan memaparkan poin-poin tersebut pada bagian ini.

Pahami Dulu Bedanya Sepatu Running, Training, dan Casual

Pahami Dulu Bedanya Sepatu Running Training dan Casual

Jika dahulu sepatu bisa dipakai untuk berbagai macam kegiatan, saat ini trennya sudah berbeda. Kebanyakan produsen merilis sepatu yang disesuaikan dengan jenis aktivitasnya. Semisal pada olahraga, ada yang disebut sepatu running dan sepatu training. Sementara untuk rutinitas sehari-hari atau sekadar hangout dengan teman, sneakers atau casual shoes bisa dipilih.

Ketiga jenis sepatu ini tentu dirancang dengan tujuan berbeda. Untuk itu, sebaiknya Anda memahami perbedaan dari masing-masing jenis sepatu tersebut. Singkatnya, Anda bisa melihat 3 poin yang akan kami jabarkan di bawah ini:

  • Sepatu Running. Sesuai namanya, sepatu running didesain untuk kebutuhan olahraga yaitu lari. Jenis sepatu ini dibagi lagi menjadi tiga macam, yakni road running, trail running, dan cross training. Sepatu lari dibuat lebih lentur, berbeda dengan sepatu training yang umumnya kaku.
  • Sepatu Training. Jenis sepatu ini dirancang untuk olahraga yang melatih otot-otot tubuh sebagian atau menyeluruh. Training shoes umumnya dipakai sewaktu di pusat kebugaran (gym/fitness), melakukan senam, atau yoga. Semua sepatu training dirancang untuk memobilisasi gerakan ke segala arah (gerakan variatif). Sepatu ini juga dapat menjaga kaki tetap seimbang karena memiliki grip lebih lengket ke permukaan.
  • Sepatu Casual. Sejalan dengan namanya, sepatu kasual adalah jenis sepatu yang dirancang untuk santai. Teknologi yang diterapkan berbeda dengan sepatu running dan training. Anda bisa menggunakan casual shoes untuk jalan-jalan atau nongkrong di kedai kopi. Pada sepatu ini, bagian upper dibuat lebih tebal, rigid, dan kaku dengan bahan yang beragam. Material yang beragam ini memang ditujukan untuk tampilan, bukan olahraga.

 

Pilih Sepatu Berdasarkan Medan Permukaan Berlari

Jenis sepatu lari yang digunakan juga harus disesuaikan dengan medan permukaan jalan. Setidaknya ada tiga macam sepatu lari seperti yang telah kami bahas pada poin pertama perihal perbedaan sepatu, yakni pada sepatu running terbagi lagi menjadi sepatu road-running, trail-running, dan cross-training. Masing-masing jenis sepatu lari ini akan kami ulas lebih detail pada ketiga poin di bawah.

Road-running Shoes: Berbobot Ringan untuk Lari di Jalanan, Aspal, atau Trotoar

Road running Shoes Berbobot Ringan untuk Lari di Jalanan Aspal atau Trotoar

Tipe pertama ini paling cocok digunakan untuk Anda yang tinggal di kawasan ibukota atau kota-kota besar. Jalanan yang umumnya sudah dicor, diaspal, dan di-conblock memerlukan sepatu jenis ini. Road-running shoes dirancang dengan berat ringan dan bersifat fleksibel. Pada bagian bantalan atau penyeimbang kaki dapat membantu pelari saat melangkah berat yang berulang, bahkan di permukaan yang kasar.

Trail-running Shoes: Tangguh dalam Medan Off-Road yang Berbatu dan Berlumpur

Trail running Shoes Tangguh dalam Medan Off Road yang Berbatu dan Berlumpur

Beda dengan sepatu road-running, jenis trail-running digagas agar dapat berperforma tangguh pada medan off-road. Sepatu ini sangat andal pada rute yang berbatu, berlumpur, dan berakar. Bagi Anda yang ingin melakukan hiking atau ikut kompetisi maraton melewati kaki gunung, gunakanlah trail-running shoes.

Sepatu lari bisa buat naik gunung ini memiliki bagian tapak yang agresif untuk menopang daya tarik yang solid. Bagian sol juga dilapisi bahan yang akan menghasilkan stabilitas serta melindungi telapak kaki. Medan berat dan ekstrim akan bisa dilalui dengan baik oleh sepatu lari jenis ini.

Cross-training Shoes: Sepatu Lari yang Cocok Juga Anda Gunakan untuk Gym

Cross training Shoes Sepatu Lari yang Cocok Juga Anda Gunakan untuk Gym

Jika Anda ingin membeli sepatu yang bukan hanya dipakai untuk jogging, melainkan untuk olahraga di pusat kebugaran atau latihan silang lainnya, Anda bisa memilih sepatu cross-training. Pada bagian sol sepatu dibuat dengan bantalan lebih keras sehingga dapat menunjang aktivitas olahraga yang melibatkan keseimbangan.

Perhatikan Bentuk Kaki yang Mempengaruhi Cara Berlari Anda

Perhatikan Bentuk Kaki yang Mempengaruhi Cara Berlari Anda

Sepatu lari awet murah juga digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan tipe pronasi. Pronasi adalah istilah yang menunjukkan gerakan telapak kaki yang mengayuh masuk ke dalam saat berlari. Dengan memahami perbadaan ini, Anda bisa mempersempit pilihan saat mencari sepatu lari. Dalam hal ini, beda merek mungkin menggunakan penamaan yang berbeda. Namun, secara prinsip tetaplah sama.

  • Under Pronation (Supination). Yakni arah telapak kaki yang bergulir ke luar saat dipakai berlari dimana tumpuan terletak pada jari-jari kaki selain ibu jari. Jenis sepatu lari yang cocok untuk tipe pronasi ini adalah cushioning. Sepatu cushioning memiliki sol di bagian tengah yang lembut (last). Bentuk last juga lebih melengkung sehingga dapat membantu pergerakan kaki lebih fleksibel.
  • Neutral Pronation. Yakni arah telapak kaki ke depan dan bertumpu pada bagian depan secara merata. Sepatu yang diperuntukkan bagi pelari dengan tipe pronasi ini adalah neutral. Sepatu ini ideal memberikan banyak bantalan (hanya sedikit pada bagian samping/lengkung kaki). Pelari yang berpronasi netral juga dapat menggunakan sepatu lari jenis cushioning.
  • Over Pronation. Saat berlari, telapak kaki pada orang berpronasi over ini akan cenderung bergulir ke arah dalam dengan tumpuan pada ibu hari dan jari telunjuk kaki. Jenis sepatu lari yang tepat dipakai adalah stability atau semi-curved. Umumnya, sepatu stability dibekali bantalan dan dukungan yang seimbang lewat medial post (midsole dengan ketebalan ganda untuk mengatasi perguliran kaki ke arah dalam semakin jauh).
  • Severe Over Pronation. Ini adalah versi lebih tinggi dari over pronation. Telapak kaki orang yang berpronasi severe over cenderung bergulir ke arah dalam secara berlebihan. Untuk tipe ini disarankan memakai sepatu motion control karena dirancang untuk membatasi perguliran secara berlebihan ke arah dalam. Jenis sepatu ini bukan hanya terdapat medial post, melainkan last-nya berbentuk lurus sehingga mampu menjaga pergerakan kaki lebih stabil.

 

Pilihlah Ukuran Sepatu yang Lebih Besar dari Ukuran Kaki Anda

Pilihlah Ukuran Sepatu yang Lebih Besar dari Ukuran Kaki Anda

Disarankan untuk memilih sepatu yang memiliki ukuran setengah lebih besar dari ukuran kaki Anda. Ukuran yang dimaksud mencakup panjang dan lebar kaki. Setidaknya terdapat ruang sekitar satu jempol antara ujung kaki dengan ujung sepatu. Pilih juga sepatu lari atlet yang bagian samping (kanan dan kiri) tidak menjepit lebar kaki Anda.

Pertimbangkan juga untuk memilih sepatu yang sedikit elastis sehingga dapat menyesuaikan pelebaran kaki, terutama pada sore dan malam hari. Dengan menggunakan sepatu berukuran setengah lebih besar dari ukuran panjang dan lebar kaki, tentu hal ini akan membuat Anda lebih nyaman.

Cobalah Membeli Sepatu Saat Sore atau Malam Hari

Cobalah Membeli Sepatu Saat Sore atau Malam Hari

Ukuran telapak kaki akan melebar pada sore atau malam hari. Ini dapat terjadi karena aktivitas Anda yang tentu bertumpu pada telapak kaki. Maka itu, jika Anda tak ingin mendapati sepatu yang tiba-tiba berubah agak sempit saat dipakai sore hari, kami sarankan Anda membeli sepatu pada sore atau malam hari.

Meski ukuran kaki ini tidak berubah secara berlebihan, namun tetap membawa dampak terhadap kenyamanan kaki saat dipasangkan sepatu. Pemilihan waktu pembelian dan penggunaan juga bisa membantu Anda mendapatkan kualitas lari yang lebih baik. Misal Anda memang jarang berolahraga sore, maka Anda tetap bisa memilih sepatu di pagi hari. Namun, biasanya sepatu akan terasa lebih sempit saat dipakai sore dan malam hari.

Pilihlah Sepatu yang Sesuai dengan Kemampuan Lari Anda

Pilihlah Sepatu yang Sesuai dengan Kemampuan Lari Anda

Bagi Anda yang baru memulai gaya hidup sehat dengan memasukkan kegiatan lari sebagai rutinitas harian, Anda bisa dikatakan masih pemula. Sebaiknya Anda memilih sepatu yang mempunyai bobot ringan (250 – 300 gram). Pilih juga sepatu lari bagus dengan bantalan sol yang empuk. Dengan memakai sepatu yang ringan dan berbantalan empuk, Anda akan lebih nyaman saat beradaptasi dari waktu ke waktu.

Jika kegiatan ini sudah rutin Anda lakukan hingga 2 – 3 minggu, Anda bisa berganti sepatu yang mengutamakan bantalan sol lebih tipis. Tentu sepatu ini lebih ringan namun tetap tidak cocok dipakai oleh pelari pemula. Alasannya, sepatu lari untuk profesional dirancang guna menunjang pelari memperoleh goal mereka, biasanya jarak tempuh lari yang semakin jauh.

10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik

Setiap produsen menawarkan running shoes yang memiliki kelebihannya masing-masing. Anda perlu menyesuaikan sepatu yang hendak dibeli dengan kebutuhan dan level kemampuan Anda. Berikut ini kami akan cantumkan sepuluh merek sepatu lari terbaik yang dapat Anda pertimbangkan untuk dibeli.

1. Nike Tanjun – Black/White

Nike Tanjun Black White

Kisaran harga: Rp628.000

Sepatu yang mengusung konsep kesederhanaan dan kenyamanan secara bersamaan!

Nike mengusung sepatu yang menyemat kata “Tanjun”. Kata tersebut berasal dari bahasa Jepang yang berarti kesederhanaan. Dalam produk keluarannya ini, Nike melahirkan produk yang mengutamakan kenyamanan kaki pelari. Hal ini dibuktikan dengan pemakaian bahan yang breathable pada upper-nya.

Pada foam midsole dan outsole terdapat bantalan yang ringan sehingga tak akan membebani kaki saat dipakai berlari dengan jarak jauh. Nike Tanjun sendiri hadir dalam warna hitam dan putih. Sepatu lari buat jalan dan lari dari Nike ini dapat dibeli melalui online store resminya atau melalui outlet resmi Nike pada marketplace-marketplace mainstream di Indonesia.

2. Eagle Aero Running Shoes

Eagle Aero Running Shoes

Kisaran harga: Rp179.000

Produk yang akan menjaga kesehatan fisik sekaligus dompet Anda!

Eagle tidak merancang sepatu ini dengan mengedepankan aspek desain, melainkan performa. Karena itu pula yang sebenarnya menjadikan sepatu lari buatan Indonesia ini cocok dipakai oleh pria dan wanita berkat desainnya yang unisex. Bagi Anda yang memerlukan sepatu running bagus dengan harga terjangkau, Eagle Aero pilihannya.

Sepatu ini diluncurkan dengan beberapa pilihan warna, seperti Black & Light Grey, Grey & S. Blue, dan Light Grey & Dark Red. Eagle menerapkan breathable upper pada sepatu ini. Berkat fitur tersebut, kaki Anda tak akan berkeringat saat memakai sepatu lari cepat ini. Material durable synthetic dari sepatu ini juga dapat mengikuti kontur kaki saat melakukan pergerakan.

3. Adidas Duramo 9

Adidas Duramo 9

Kisaran harga: Rp595.000

Belikan sepatu ini kepada anak Anda, ajak dia untuk memulai hidup sehat sejak kecil

Jika Anda memerlukan sepatu lari untuk anak Anda, maka Adidas Duramo 9 patut dipertimbangkan. Sebagai brand ternama, Adidas tak main-main dalam merancang produk ini. Bagian upper sepatu dibuat berlapis memakai mesh dengan overlay tanpa jahitan melalui proses cetak. Penerapan teknologi tersebut yang kemudian memberikan kelancaran sirkulasi udara dan ekstra topangan untuk kaki anak Anda.

Bantalan tengah sol menggunakan cloudfoam yang responsif sehingga empuk saat diinjak. Pada outsole sepatu lari ternama ini dirancang dengan bahan khusus yang menjadikannya lebih awet dan tahan terhadap pemakaian sehari-hari. Adidas melengkapi sepatu lari terbaik ini dengan tali yang berbentuk pipih sehingga memudahkan proses pemasangan ke lubang-lubang yang tersedia.

4. Phoenix Women Voleta

Phoenix Women Voleta

Kisaran harga: Rp252.000

Desain sporty yang semakin keren saat Anda pakai, ladies!

Dengan Phoenix Women Voleta, setiap wanita bisa lari dengan tingkat kepercayaan diri lebih baik karena memakai sepatu lari khusus wanita. Phoenix menciptakan running shoes ini melalui proses panjang. Pemanfaatan bahan berkualitas yang diterapkan menjadikan sepatu ini layak dibeli oleh setiap wanita yang gemar berlari.

Sepatu yang cocok untuk lari ini memiliki desain sporty dengan detail eyelets sebagai lubang talinya. Pada bagian outsole-nya, Phoenix memberikan busa Phylon dan Cushion yang dapat menyerap benturan antara kaki dengan permukaan jalan sehingga terasa lebih empuk dan ringan. Jika Anda menginginkan support kenyamanan saat berlari, milikilah sepatu lari murah ini.

5. League Kumo Hub Bw

League Kumo Hub Bw

Kisaran harga: Rp500.000

Midsole berbahan EVA yang menjadikan sepatu terasa empuk saat dipijak

Midsole pada sepatu ini menggunakan bahan EVA yang dianggap sebagai yang paling baik dalam memberikan kenyamanan. EVA sendiri merupakan jenis plastik yang paling ringan saat dijadikan bantalan sepatu. Tak heran kalau sepatu lari terbaik League Kumo Hub Bw ini cukup dicari dan bahkan menjadi salah satu produk favorit para pelari profesional.

Selain menerapkan material EVA pada midsole-nya, sepatu lari lokal ini juga menerapkan outsole berupa carbon rubber. Desain soft ride pada sepatu ini membuatnya sangat nyaman dipakai untuk lari ringan yang menekankan endurance performance. Bagi Anda yang ingin meningkatkan jarak lari, Anda bisa mencoba sepatu ini.

6. New Balance FuelCore Coast 3

New Balance FuelCore Coast 3

Kisaran harga: Rp609.000

Sepatu yang dapat digunakan untuk lari di road track ataupun treadmill!

New Balance terkenal akan sepatu lari keluarannya yang tampak stylish. Pada seri FuelCore Coast 3, New Balance menyeimbangkan kebutuhan akan tampilan visual dan performa yang diberikan. Sepatu lari ini didesain untuk keduanya, sehingga bukan hanya nyaman saat dipakai, tetapi tetap terlihat sporty berkat desainnya yang berkarakter.

Dihadirkan sebagai sepatu jenis cushioning, Anda yang memiliki bentuk kaki tipe under pronation sangat ideal memakai sepatu lari terbaik ini. New Balance FuelCore Coast 3 ini bukan hanya bisa Anda gunakan untuk aktivitas road running, tetapi sebagai sepatu untuk gym atau fitness juga bisa, lho!

7. Skechers GOrun 600

Skechers GOrun 600

Kisaran harga: Rp419.000

Kaki Anda bebas keringat saat berlari memakai sepatu ini!

Skechers GOrun 600 adalah sepatu training yang sempurna dipakai untuk berbagai kegiatan olahraga, baik pada indoor ataupun outdoor. Sepatu ini memiliki konstruksi yang baik. Seperti bahan utama berupa mesh yang super ringan dan breathable, kaki Anda tak akan berkeringat meski memakai sepatu ini dalam waktu lama sebagai teman lari Anda.

Midsole berbantalan 5GEN pada sepatu ini pun akan menunjang performa Anda saat berlari atau melakukan olahraga di gym. Pada bagian luar sepatu dilapisi motif 3D sintetis yang bukan hanya menambah nilai visual pada sepatu ini, tetapi juga memberikan dukungan ekstra terhadap gerak kaki Anda. Kemudian pada panel tumit terdapat bahan solid yang akan meningkatkan stabilitas pada kaki.

8. Asics Gel Kenun Lyte

Asics Gel Kenun Lyte

Kisaran harga: Rp2.500.000

Karet tebal outsole yang memberikan daya pantul pada kaki Anda

Bagian upper Asics Gel Kenun Lyte dirancang dengan serius untuk mengurangi potensi iritasi atau cidera akibat jahitan biasa. Selain itu, sepatu ini juga tidak memiliki overlay, melainkan hanya dibekali desain tali pengunci di sepanjang punggung kaki. Tujuannya tak lain untuk menjaga posisi kaki tetap konsisten di tempatnya.

Sepatu ini memiliki outsole yang terbuat dari durable rubber sehingga ideal dipakai untuk road running pada track aspal atau cor yang keras. Material karet berdurabilitas tinggi ini juga berukuran cukup tebal sehingga tak akan menimbulkan trauma saat dipijak pada medan yang kokoh hingga ratusan atau bahkan ribuan langkah.

9. Reebok Driftium

Reebok Driftium

Kisaran harga: Rp479.000

Hindari kaki lecet dengan produk unggulan Reebok ini!

Meski diciptakan sebagai sepatu lari terbaik, Reebok Driftium tetap bisa Anda gunakan untuk aktivitas santai karena casual look-nya. Jadinya, Anda bisa tetap nongkrong penuh gaya berkat dukungan sepatu ini. Bicara performanya, sepatu ini tentu dapat Anda jadikan teman setia untuk olahraga lari pagi ataupun sore hari.

Reebook memanfaatkan bahan mesh yang terkenal akan kemampuannya mengalirkan udara lebih baik. Kaki Anda akan bebas dari keringat sewaktu berlari menggunakan sepatu ini. Tak hanya itu, sepatu ini juga didesain berpotongan rendah sehingga ruang gerak Anda semakin bebas, terutama pada bagian pergelangan kaki.

10. Sketchers Track Bucolo

Sketchers Track Bucolo

Kisaran harga: Rp539.000

Ingin terlihat lebih cool saat berlari di kompleks perumahan Anda? Gunakanlah sepatu ini!

Gaya tetap menjadi aspek yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli sebuah sepatu lari terbaik. Sketchers meluncurkan sepatu yang akan membuat Anda tampak keren saat berlari. Tak hanya itu, Sketchers juga memastikan aktivitas lari Anda berkualitas. Alasannya tak lain karena performa dari sepatu ini yang telah dibuktikan banyak orang.

Berbahan kulit yang lembut dan bagian upper yang menerapkan jaring mesh, sepatu ini bukan hanya cocok Anda pakai untuk berlari, tetapi juga kegiatan training lainnya. Aksen jahitan pada sepatu ini turut menambahkan nilai visual yang membuatnya tampak lebih sporty. Jika Anda menginginkan sepatu yang bukan hanya nyaman, tetapi apik saat terpasang di kaki Anda, belilah sepatu ini.

Kesimpulan

Pemilihan sepatu lari terbaik dengan memperhatikan poin-poin dalam cara memilih yang telah kami bahas sangatlah penting Anda lakukan. Pasalnya, meski berlari membawa manfaat bagi jantung, pembuluh darah, dan mental, tak menutup kemungkinan risiko terhadap cidera terjadi.

Salah satu faktor pemicu cidera saat berlari bukan hanya teknik yang salah, tetapi bisa juga karena sepatu yang digunakan tidaklah tepat. Bahkan, menurut Dr. Andi Kurniawan, SpKO (dikutip dari HelloSehat), cedera selalu menghantui pelari sebesar 80% jika salah dalam menyesuaikan sepatu yang digunakan.