10 Rekomendasi Scanner Terbaik Untuk Dokumen

Diposting pada

Upaya digitalisasi pada era modern menjadikan segala urusan yang berkaitan dengan berkas fisik menjadi lebih mudah. Para pelaku usaha, orang dengan mobilitas tinggi, birokrat, hingga kaum profesional begitu antusias menyambut era digitalisasi ini. Satu perangkat yang memberikan nilai praktis terhadap pengubahan berkas analog menjadi bentuk digital adalah scanner terbaik.

Scanner yang berasal dari kata “to scan” berguna untuk menggandakan berkas yang kasat mata. Yang sebelumnya berkas dalam bentuk fisik, kemudian diubah menjadi bentuk visual yang bisa diedit atau dimanipulasi melalui komputer dan perangkat sejenis. Jika Anda sedang mengadopsi kehidupan digital demi menunjang kegiatan harian, Anda memerlukan sebuah scanner untuk banyak aktivitas kerja Anda..

Cara Memilih Scanner Dokumen

Scanner hadir dalam banyak bentuk dan fitur yang juga beragam. Anda bisa membeli scanner dengan berbagai pilihan merek, seperti Epson, Canon, Brother, dan lain sebagainya. Untuk bentuknya sendiri, scanner hadir dalam bentuk flatbed, sheetfed, portable, dan sebagainya. Pada bagian ini, kami akan memandu Anda dalam memilih scanner dokumen. Silakan disimak dengan cermat!

Pilih Berdasarkan Jenis Scanner dan Fungsinya Masing-masing

Peranti masukan komputer ini menjadi teknologi yang pertama kali menggantikan mesin foto kopi keluaran Xerox. Scanner datang menawarkan banyak fungsi, seperti menyalin, mengelola, mendokumentasikan, dan mengamankan berkas. Alat pemindai dokumen ini juga dirancang dalam banyak model seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Masing-masing jenis scanner punya fungsi yang sama namun membedakan target penggunaannya.

Sheetfed Scanner: Terdapat Fitur Automatic Document Feeder (ADF) untuk Memindai Lebih Banyak Dokumen Sekaligus

Sheetfed Scanner Terdapat Fitur Automatic Document Feeder ADF untuk Memindai Lebih Banyak Dokumen Sekaligus

Sheetfed scanner merupakan scanner yang dapat memindai berkas dalam bentuk tunggal, seperti lembaran buku, majalan, atau koran yang sudah dipisah dari bentuk utuhnya. Jenis ini tak bisa menggandakan berkas pada halaman tertentu dari buku, majalah, atau sumber bacaan lain. Harga jual dari sheetfed scanner cukup mahal dibandingkan tipe lain.

Tipe scanner ini memungkinkan Anda memindai langsung dokumen yang datang dari mesin fax untuk dijadikan bentuk visual langsung ke dalam komputer. Fitur yang umum ditemukan pada sheetfed scanner dan menjadi pembeda dengan jenis lain adalah Automatic Document Feeder (ADF). Ini adalah fitur yang dapat melakukan scanning dalam jumlah banyak secara berkelanjutan.

Selain itu, sheetfed scanner juga bisa ditemui bersama perangkat lunak Optical Character Reader (OCR) yang mana dapat mengedit teks pada dokumen langsung di dalam komputer. Kecepatan pindai dari tipe sheetfed berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Begitu juga dengan kualitas dan performa yang dihasilkan pada produk visual, semua ini bergantung pada brand dan teknologi yang digunakan.

Flatbed Scanner: Mampu Memindai Berbagai Jenis Dokumen Baik Berukuran Tebal ataupun Tipis

Flatbed Scanner Mampu Memindai Berbagai Jenis Dokumen Baik Berukuran Tebal ataupun Tipis

Tipe flatbed menawarkan kelebihan seperti mampu membaca berkas tunggal dengan tingkat ketebalan kecil hingga besar. Flatbed scanner termasuk yang paling umum dijumpai dan paling awal kehadirannya. Scanner ini cocok untuk pemakaian rumahan atau perkantoran. Bentuk dari flatbed scanner sendiri kompak dan terdapat dua bagian yang bisa saling mengatup.

Pada bagian bawah atau dasar scanner merupakan tempat dimana berkas ditempatkan, kemudian bagian atasnya sebagai penutup saat proses pemindaian berlangsung. Kelebihan dari tipe ini adalah lembaran tidak perlu digerakkan dengan roller seperti pada sheetfed scanner, Tingkat resolusi yang mampu dihasilkan bervariasi, tergantung dari modelnya. Beberapa flatbed scanner dapat menghasilkan kualitan salinan dengan resolusi 1.200 dpi (dots per inch).

Selain bisa menggandakan dokumen ke bentuk digital beresolusi tinggi, flatbed scanner juga memberi akses kepada pengguna untuk melakukan pengaturan warna. Anda bisa menggunakan perangkat lunak bawaan untuk mengatur apakah dokumen ingin berwarna hasilnya atau hanya hitam putih. Jika untuk scan foto, jenis ini juga bisa memberikan kualitas warna sesuai dengan yang diharapkan.

Photo Scanner: Foto yang Buram Tetap Terbaca dengan Kualitas Bagus

Photo Scanner Foto yang Buram Tetap Terbaca dengan Kualitas Bagus

Pada photo scanner terdapat teknologi berupa mesin yang memiliki image-processing tinggi (HQ). Dengan demikian, pengguna dapat melihat bentuk digital dari foto yang negatif atau buram menjadi lebih bagus.. Meski pada flatbed scanner juga ada yang ditanamkan fitur pemroses gambar yang sangat andal, scanner jenis ini tetap dipilih karena dinilai mempunyai tingkat capability yang tinggi, terutama untuk berbagai objek yang akan dibaca.

Handheld Scanner: Gunakan Tangan Anda untuk Menggerakkan Sensor yang Dapat Membaca Dokumen

Handheld Scanner Gunakan Tangan Anda untuk Menggerakkan Sensor yang Dapat Membaca Dokumen

Sesuai namanya, handheld scanner berarti alat pemindai yang dioperasikan dengan cara digenggam. Salah satu contoh dari scanner tipe handheld adalah barcode scanner yang lazim dipakai pada kasir supermarket.  Selain dipegang, handheld scanner juga ada yang diletakkan dalam posisi tegak atau berdiri sebelum membaca dokumen.

Kelebihan dari scanner tipe ini yaitu bisa membaca berbagai macam dokumen selama lebarnya tidak melewati badan scanner. Bahkan, scanner ini juga dapat memindai kain. Produk ini bekerja dengan mengirimkan cahaya yang direfleksikan dengan kaca sehingga bisa dibaca oleh sensor untuk kemudian dicetak dalam bentuk digital.

Meski terkesan praktis, jenis ini sebenarnya agak sulit digunakan karena tak adanya teknologi yang mampu mengantisipasi tangan yang bergeser atau bergerak tidak sesuai jalur secara mendadak. Hal ini bisa menyebabkan hasil pindai cenderung buram atau blur. Apabila Anda membutuhkan scanner yang mobile dan portable, tak ada salahnya membeli scanner model handheld.

Portable Scanner: Gandakan Dokumen Menjadi Soft File, Kapanpun dan Dimanapun

Portable Scanner Gandakan Dokumen Menjadi Soft File Kapanpun dan Dimanapun

Tipe handheld memang dapat digolongkan sebagai portable scanner. Akan tetapi, pada bentuk yang sebenarnya dari scanner portable adalah mampu memindai dokumen tanpa harus digerakkan dengan tangan. Prinsip kerjanya mirip dengan sheetfed scanner yang bergerak otomatis melalui sensor. Ukuran dari portable scanner lebih besar dari tipe handheld dan lebih kecil jika dibandignkan dengan tipe flatbed.

Dengan sifatnya yang praktis, scanner portable akan menunjang mobilitas Anda yang tinggi. Guna menjunjung tinggi profesionalitas, Anda bisa menyiapkan scanner tipe kemana pun Anda pergi yang memerlukan aktivitas pindai dokumen. Bentuk yang ringkas juga memungkinkan scanner ini muat ke dalam tas travel Anda. Biasanya scanner tipe ini memakai sumber energi dari baterai AAA berjumlah 2 – 3 buah atau bisa juga dicolokkan langsung ke source energi utama memakai kabel USB.

Ketahui Resolusi dari Setiap Produk untuk Memastikan Kualitas Pemindaiannya

Ketahui Resolusi dari Setiap Produk untuk Memastikan Kualitas Pemindaiannya

Salah satu faktor yang menentukan kualitas cetakan dalam bentuk digital dinilai bagus atau tidak bisa dilihat dari kepadatan piksel atau resolusi yang dihasilkan. Anda dapat melihat pada keterangan scanner terbaik perihal resolusi yang diberikan. Satuan yang dipakai untuk mengukur resolusi adalah dpi (titik per inci) atau ppi (piksel per inci).

Semakin besar angka resolusi, maka akurasi hasil –terutama gambar, yang dikeluarkan juga semakin baik. Anda perlu memeriksa hal ini dengan cermat sebab sebagian produk juga ada yang tidak dapat mengukur kualitas dokumen karena resolusinya yang terlalu tinggi. Rata-rata scanner saat ini memiliki kemampuan memindai dokumen dengan kualitas resolusi 600 dpi. Sebagian produsen ada juga yang menciptakan scanner dengan output resolution di atas 1.000 dpi.

Sesuaikan Fitur yang Disediakan dengan Kebutuhan Penggunaan

Sesuaikan Fitur yang Disediakan dengan Kebutuhan Penggunaan

Hal penting lain untuk diperhatikan dalam memilih scanner adalah mempertimbangkan fitur yang terdapat pada sebuah scanner apakah Anda butuhkan atau tidak. Dengan menyesuaikan kebutuhan penggunaan Anda terhadap fitur atau teknologi yang disematkan, tentu ini akan sangat membantu rutinitas pekerjaan Anda.

Berikut ini beberapa fitur dan fungsinya yang perlu Anda perhatikan dari sebuah scanner.

  • Automatic Feeder. Berbeda dengan ADF (Automatic Document Feeder), fitur ini memberikan fasilitas kepada pengguna untuk melakukan pemindaian dokumen dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Beberapa scanner ada yang mampu dibebani tumpukan maksimal 50 dokumen untuk diproses dalam satu kali scanning. Fasilitas ini akan sangat memudah Anda yang ingin mengirim banyak berkas dalam waktu cepat.
  • Duplexing. Duplexing adalah fitur yang dapat membaca 2 sisi dokumen atau lembaran secara bersamaan. Dengan fitur ini, Anda bisa –sebagai contoh, melakukan penggandaan 20 halaman bolak-balik dengan hasil tangkapan langsung menjadi 40 halaman. Selain bisa mempecepat pekerjaan scanning, sebagian produk dengan fitur duplexing memiliki kemampuan untuk menghapus blank page.
  • Resolution. Pada scanner dokumen tidak memerlukan resolusi yang begitu tinggi, cukup sekitar 300 – 600 dpi sudah bagus untuk membaca karakter semacam huruf dan nomor dari lembaran. Sedangkan scanner foto disarankan mencari yang beresolusi 6.400 dpi atau lebih sehingga tidak blur jika gambar ingin diperbesar.
  • Scan to Cloud. Ini adalah fitur yang mewah dari sebuah scanner. Bersama teknologi kirim ke awan, Anda bisa langsung melakukan scanning dan diunggah ke penyimpanan cloud seperti Google Drive, One Drive, atau Dropbox.

 

10 Rekomendasi Scanner Terbaik Untuk Dokumen

Jika Anda telah menyimpulkan poin-poin penting yang harus ditengok saat memilih scanner, maka Anda bisa langsung memilih scanner terbaik untuk dokumen teks atau foto yang akan kami bagikan. Berikut ini terdapat banyak merek scanner yang bisa Anda beli di Indonesia, baik melalui toko komputer atau secara online via marketplace/online shop. Silakan dipilih!

1. Brother DS – 620 Portable Scanner

Brother DS 620 Portable Scanner

Kisaran harga: Rp2.190.000

Hubungkan ke laptop dengan kabel USB, perangkat ini siap digunakan!

Jika pekerjaan Anda menuntut kebutuhan pindai dokumen dengan frekuensi tinggi, Anda wajib memiliki scanner satu ini. Brother DS 620 adalah scanner portabel terbaik yang berukuran kompak sehingga memudahkan Anda dalam menyimpannya ke dalam tas. Produk ini juga bisa Anda bawa bepergian untuk kebutuhan travel-working. Pekerjaan remote Anda akan sangat terdukung oleh perangkat ini.

Brother DS 620 mampu memindah berbagai macam dokumen dengan ukuran yang beragam. Produk berdimensi 11,4 x 2,1 x 1,4 inci ini memiliki kemampuan memindai 8 halaman per menit. Kepadatan piksel untuk dokumen teks mencapai 600 x 600 dpi dan 1200 x 1200 untuk dokumen berbentuk gambar. Scanner satu ini bisa digunakan untuk mendigitalkan lembaran seperti kwitansi, kartu nama, atau tanad pengenal lain.

2. Plustek SmartOffice PS3060U

Plustek SmartOffice PS3060U

Kisaran harga: Rp8.500.000

Berkonsep scan 1 tombol, Anda dapat langsung menyimpan dokumen ke dalam berbagai format file dan tempat yang diinginkan

Plustek dikenal akan produk scanner terbaik keluarannya. Pada SmartOffice PS3060U, Plustek menyediakan fitur duplexing untuk menggandakan langsung pada dua sisi halaman. Kertas yang bisa di-scan oleh alat ini hingga ukuran folio dan legal. Scanner ini memiliki kecepatan scan 30 lembar per menit. Dengan fitur ADF-nya, pekerjaan kantoran yang memerlukan scan dokumen berjumlah banyak akan sangat terbantu dengan alat ini.

Scanner untuk kantor ini disematkan fitur “Contonunous scanning” yang membuatnya mampu memindai berulang kali dengan hasil yang dapat ANda simpan langsung dalam 1 file PDF. Selain format PDF, perangkat ini juga menyediakan format penyimpanan lain seperti JPEG, TIFF, PNG, BMP, TXT, DOC, dan XLS.

3. Epson Workspace DS-30 Portable Scanner

Epson Workspace DS 30 Portable Scanner

Kisaran harga: Rp2.026.000

Hanya memiliki berat 325 gram, Anda tak akan terbebani saat menjinjing tas berisikan scanner ini!

Desain yang kompak dan ringan menjadikan scanner portable ini banyak diburu pekerja remote atau freelancer. Dengan bobot hanya 325 gram, Anda bisa membawa produk ini ke dalam tas tanpa harus memakan banyak tempat. Produk ini dapat digunakan tanpa memerlukan akses ke tenaga listrik. Cukup dengan menyambungkannya ke USB port pada laptop atau komputer, Anda sudah bisa menggunakan scanner ini.

Meski berdesain ringkas, alat pemindai dari Epson ini memiliki perforam yang mumpuni. Epson DS-30 dapat memindai hingga resolusi 600 dpi. Kecepatan pindai dari alat ini mencapai 13 detik per lembar. Epson emnerapkan sensor CIS dan sumber daya RGB LED untuk membantu hasil scan dokumen hitam putih atau berwarna hingga ukuran maksimal A4.

4. Epson Perfection V39 Flatbed Color Image Scanner

Epson Perfection V39 Flatbed Color Image Scanner

Kisaran harga: Rp875.000

Hasil pemindaian lebih tajam berkat tingkat resolusi mencapai 4.800 dpi

Kebutuhan Anda terhadap scanner cepat lebih banyak untuk dokumen berupa gambar penuh warna? Epson turut menghadirkan scanner foto bertipe flatbed yang dikatakan mempunyai resolusi pindai hingga 4.800 dpi dengan kedalaman 48-bit. Setiap foto atau gambar yang Anda scan dengan alat ini akan memperlihatkan hasil yang tajam dan detail sehingga meningkatkan nilai trust dari klien atau kolega Anda.

Selain mendukung hasil berkualitas tinggi untuk gambar, Epson Perfection V39 juga akan memberikan hasil konsistem pada dokumen teks hitam putih ataupun berwarna. Dengan alat ini, Anda diberikan keleluasaan untuk memindai hingga 500 halaman per hari. Tak hanya itu, Epson Perfection V39 juga menyediakan opsi penyimpanan dalam banyak format, seperti JPEG, PDF, TIFF, dan searchable PDF.

5. Epson DS-410 Scanner Classic White

Epson DS 410 Scanner Classic White

Kisaran harga: Rp5.115.000

Letakkan seluruh berkas meski berbeda ukuran tanpa khawatir hasil scan tak menyeluruh

Apabila Anda memerlukan scanner yang bagus untuk mendukung kinerja di kantor, Epson DS-410 perlu dipertimbangkan. Scanner terbaik dari Epson satu ini dirancang untuk menunjang siklus harian yang tinggi, yaitu mencapai 3.000 halaman. Adanya roller pemisah, pemindai ini akan menjamin kelancaran proses dengan kualitas berkas visual yang tampak stabil.

Alat ini memungkinkan Anda melakukan scanning dokumen ukuran A3 tanpa memerlukan lembar operator hanya dengan mengganti ke mode non-pemisahan. Epson menyediakan built-in software yang dapat mengenali barcode, karakter, dan halaman kosong untuk dipisahkan ke dalam folder berbeda. Baki untuk meletakkan kertas pada alat ini juga dapat membaca ukuran kertas yang berbeda sekali pun.

6. iScan 01 Full Color High Speed LCD Screen Portable Scanner

iScan 01 Full Color High Speed LCD Screen Portable Scanner

Kisaran harga: Rp530.000

Simpan langsung hasil tangkapan ke dalam microSD milik Anda!

iScan dirancang sebagai scanner portable terbaik dengan harga di bawah 1 jutaan. Scanner ini dapat memindai gambar penuh warna dengan resolusi tinggi mencapai 900 dpi. Pada bagian atas scanner terdapat layar LCD yang akan memudahkan Anda dalam mengontrol operasi kerja. Scanner ini dapat digunakan untuk menangkap bagian kasat mata dari dokumen berukuran A4.

iScan 01 Portable Scanner memiliki kecepatan pindai 12 detik per halaman. Pada badan perangkat dilengkapi slot untuk kartu memori yang up to 32 GB. Jika Anda menggunakan microSD berkapasitas 1G, kartu tersebut dapat menampung sekitar 170 gambar full color beresolusi 900 dpi. Hasil scan dari alat ini bisa disimpan dalam format JPEG dan PDF.

7. Canon Lide 120 Flatbed Scanner

Canon Lide 120 Flatbed Scanner

Kisaran harga: Rp825.000

Ingin melakukan file sharing berkas hasil pindai dengan lebih mudah? Gunakan saja scanner ini!

Tak perlu mengeluarkan bujet besar untuk mendapatkan flatbed scanner terbaik. Canon Lide 120 sudah bisa Anda bawa pulang hanya dengan harga jual 800 ribuan. Teknologi pemindai persembahan Canon ini menyediakan fitur utama berupa penyimpanan hasil scan langsung ke cloud storage. Scanner yang beredar di pasaran ini juga dibekali kemampuan proses pindai berbagai macam dokumen yang sangat cepat dan memberikan hasil tajam.

Produk ini dirancang dengan bentuk yang tipis dan berukuran kompak sehingga tak memakan banyak ruang di workstation Anda. Dalam memindai dokumen, Canon Lide 120 akan memberikan hasil tangkapan beresolusi maksimal 2.400 x 4.800 dpi. Dengan kepadatan piksel yang sedemikian besar, Anda tak perlu khawatir hasil pemindaian menjadi pecah atau blur. Bahkan, Canon tingkat kedalaman warna hingga 48 bit akan membuat detail dokumen menjadi lebih sempurna.

8. Canon Scan Lide 300 Portable Scanner

Canon Scan Lide 300 Portable Scanner

Kisaran harga: Rp800.000

Tak punya bujet banyak untuk membeli sebuah scanner? Jangan cemas, Canon hadir bersama alat pemindai ekonomis dengan performa yang jempolan!

Bagi Anda yang mahasiswa, tentu memiliki printer saja di rumah belumlah cukup. Saat mendapatkan tugas kampus yang mengharuskan Anda melakukan scanning, Anda harus ke tempat foto kopi terlebih dahulu yang mana biaya scan yang dipatok tergolong mahal per lembarnya. Agar Anda tak dibebani kebutuhan operasional dengan cost tinggi, miliki saja scanner ini.

Canon mendatangkan alat scanner portable dengan harga terjangkau bagi kantong mahasiswa. Produk ini dapat memindai kertas A4 pada resolusi 300 dpi hanya dalam 10 detik. Selain cepat, scanner terbaik ini juga mendukung proses scan buku atau majalah yang tebal. Untuk mempermudah konektivitas antar perangkat, Canon menyediakan satu port USB yang sekaligus terintegrasi dengan power pada scanner ini.

9. Epson V370 Flatbed Color Scanner

Epson V370 Flatbed Color Scanner

Kisaran harga: Rp1.725.000

Edit langsung teks yang telah didigitalkan melalui fitur Optical Character Recognition-nya

Scanner tipe flatbed persembahan Epson ini mempunyai sumber cahaya LED yang hemat energi namun tetap mengutamakan produktivitas yang tinggi. Melalui pemindai ini, Anda ditawarkan empat tombol yang memungkinkan Anda melakukan scan, copy, scan to email, dan menyimpan file dalam format PDF tanpa harus mengaturnya secara manual.

Teknologi OCR (Optical Character Recognition) yang dibenamkan ke dalam Epson V370 memungkinkan Anda mengubah dokumen ke dalam bentuk teks yang dapat diedit. Produk ini memiliki optic resolution 4.800 x 9.600 dpi, sangat tinggi, bukan? Bukan cuma itu, scanner terbaik Epson ini juga memiliki kemampuan dalam mengembalikan warna utuh dan detail pada hasil foto yang blur berkat teknologi Easy Photo Fix-nya.

10. Avision ScanQ Portable Scanner

Avision ScanQ Portable Scanner

Kisaran harga: Rp1.890.000

Scanner portable ringan yang tak akan membebani salah satu atau kedua pundak Anda!

Seri ScanQ cetusan Avision ini hanya mempunyai dimensi 11,4 x 2 x 1,4 inci. Dengan berat sekitar 400 gram, Anda bisa memasukkan perangkat ini ke dalam tas tanpa harus membebani pundak Anda saat menjinjingnya. Avision ScanQ ditenagai oleh baterai Li-Ion yang dapat di-recharge melalui kabel USB sebagaimana proses pengisian ulang pada smartphone atau powerbank.

Bagian pemindai pada produk ini dapat memuat lembaran hingga ukuran 14 inci panjangnya dan ketebalan mencapai 0,8 mm. Avision menyertakan microSD slot pada salah satu sisi bodi untuk memudahkan Anda menyimpan file langsung ke dalam kartu memori. Anda bisa menyajikan hasil scan dalam format JPEG atau PDF dengan alat ini.

Kesimpulan

Usai sudah pembahasan kami tentang cara memilih dan rekomendasi scanner terbaik pada tahun ini. Bagaimana menurut Anda? Kami harap dengan adanya artikel ini, Anda bisa menemukan produk pemindai yang paling ideal untuk menunjang kegiatan harian Anda, terutama dalam hal pekerjaan. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, kami akan sangat senang jika Anda ingin membagikan artikel ini ke teman-teman Anda. Terima kasih, ya!