10 Rekomendasi Pomade Terbaik

Diposting pada

Tren gaya rambut kian berkembang dari waktu ke waktu. Tak mengherankan apabila di pasaran mulai beredar produk untuk menata serta mengunci gaya rambut, seperti pomade. Pomade terbaik kerap dipakai sebagai produk penata rambut. Sebelumnya, ada juga produk yang dipakai untuk memberi tatanan rambut penuh gaya seperti gel dan wax. Namun modern kini, pemakaian pomade menjadi lebih sering sehingga namanya pun ikut naik daun.

Walaupun hasil akhir dari pemakaian pomade, gel, dan wax sama-sama menjadikan rambut kaku, namun sejatinya ketiga produk ini berbeda dari banyak aspek. Terutama pada bahan dasar pembuatanya, sebagai contohnya gel tidak akan membuat rambut terlihat mengkilap, sedangkan pomade mampu melakukannya. Perbedaan lainnya bisa ditemukan pada pomade yang lebih sulit dibersihkan ketimbang gel.

Cara memilih pomade yang bagus dan berkualitas

Ingin tampil dengan berbagai macam gaya rambut yang sesuai dengan selera? Anda bisa mendapatkannya cukup dengan memakai pomade. Produk ini dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia, baik secara online ataupun offline seperti di barbershop juga banyak menjualnya. Berbagai nama seperti Oh Man!, Murray’s, dan Suavecito kerap dijumpai. Sebelum membelinya, kami sarankan Anda mengetahui tips memilih pomade yang tepat. Silakan simak bagian ini dulu, ya!

Ketahui dulu bahan dasar dari pomade

Ketahui dulu bahan dasar dari pomade

Pomade memang bisa memberikan kesan rapi dan klimis pada rambut. Tapi jika produk yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi rambut, maka kelebihan tersebut bisa hilang. Oleh karenanya, Anda perlu mengenali dahulu berbagai macam jenis pomade berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Setidaknya ada tiga macam bahan baku utama untuk merumuskan sebuah pomade, yakni air, minyak, hingga kombinasi air dan minyak.

Pomade berbahan dasar minyak dapat digunakan oleh Anda yang punya aktivitas lebih sering di luar ruangan. Alasannya, angin ataupun cuaca di luar ruangan rawan menjadikan rambut berkeringat, sehingga rambut rentan berantakan. Dengan menggunakan oil atau petroleum based pomade, Anda tak perlu khawatir tatanan rambut hilang karena bahan dasar minyak akan menahan gaya rambut lebih lama, bahkan saat hujan sekalipun.

Walaupun demikian, pomade warna yang bagus dari bahan dasar minyak lebih sulit dibersihkan, sehingga Anda perlu keramas dengan shampo beberapa kali. Kemudian ada juga pomade berbahan dasar air atau water based pomade, jenis ini punya kekuatan yang lebih rendah dibandingkan oil based pomade. Namun kelebihannya, pomade ini bisa memberikan kilap lebih baik dibandingkan jenis pomade lainnya.

Selain itu, pomade water based formula juga lebih mudah untuk dibersihkan, bahkan hanya dalam sekali keramas bisa hilang! Jenis pomade berbahan dasar air lebih cocok dipakai untuk kegiatan ringan seperti nongkrong atau kuliah. Pilihan pomade berdasarkan jenisnya yang lain adalah pomade mix based. Atau dengan kata lain, ini adalah pomade yang menggunakan minyak dan air sebagai campuran bahan utamanya.

Pomade dari kombinasi antara air dan minyak ini punya kekuatan lebih baik ketimbang jenis water based, namun lebih rendah daripada oil based. Bisa dibilang untuk kemampuan menahan gaya rambut dari jenis pomade ini standar, tidak terlalu kuat ataupun lemah. Sedangkan yang lainnya, pomade mix based memberikan hasil berupa rambut yang tidak begitu berkilau. Jenis pomade ini akan membuat rambut tampak lebih alami, cocok buat Anda yang tidak suka dengan kesan mencolok di mata orang.

Pada oil based pomade, ada tiga macam varian daya tahan

Pada oil based pomade ada tiga macam varian daya tahan

Di pasaran lebih banyak beredar pomade dalam bentuk oil based formula. Umumnya pomade jenis ini punya 3 varian kekuatan atau kemampuan menahan rambut, yakni light, medium, dan heavy hold. Setiap varian level kekuatan akan berpengaruh pada hasil akhir saat dipakai. Seperti light pomade, tipe ini dibuat khusus untuk memberikan penampilan klasik berupa rambut klimis dan mengkilap. Tekstur dari light pomade lebih lembut dan mudah diratakan dengan tangan.

Tipe pomade yang light juga punya daya kilap atau shine yang tinggi, cocok untuk kesan berkelas namun klasik. Sementara level hold dari pomade light sendiri cukup lemah sehingga kurang direkomendasikan untuk pemakaian di luar ruangan. Selanjutnya, ada tipe medium hold pomade. Tipe ini cocok dipakai oleh Anda yang ingin memakai pomade simpel tapi memberikan daya hold yang lumayan. Tekstur medium hold pomade agak lembut, namun lebih padat dan solid.

Jadinya, pomade medium hold agak berat untuk diratakan, namun tidak menyulitkan juga. Daya kilapnya sendiri, pomade tipe ini tidak begitu mengkilap atau matte. Kemudian untuk heavy hold pomade ideal dipakai oleh gaya rambut pompadour. Tekstur heavy hold pomade cukup keras sehingga agak sulit diaplikasikan dan diratakan. Untuk shine atau level kilapnya terbilang natural alias matte finish. Jenis pomade heavy adalah yang paling kuat dibandingkan varian light atau medium hold, cocok untuk tatanan rambut lebih kuat dan lama.

Sesuaikan dengan jenis rambut Anda

Sesuaikan dengan jenis rambut Anda

Punya rambut lurus dan tipis, lurus dan tebal, atau ikal bergelombang? Anda tidak bisa sembarangan memilih pomade. Pastikan Anda menyesuaikan pomade dengan jenis rambut Anda, agar gaya rambut yang diinginkan bisa tercapai. Buat yang punya rambut lurus dan tipis, maka carilah pomade dengan karakteristik yang ringan seperti water based (hold all type), oil based light, atau oil based medium pomade. Sedangkan untuk tipe oil based heavy pomade lebih baik dihindari karena berisiko menjadikan rambut semakin tipis.

Rambut yang lurus lebih cenderung mudah diatur dibandingkan ikal atau bergelombang, maka bagi yang memiliki rambut lurus dan tebal, Anda tak akan terlalu bingung dalam memilih pomade yang tepat. Pasalnya, Anda juga cocok memakai semua macam pomade, mulai water based, oil based, hingga mixed pomade. Tapi kalau bisa, hindari pomade dengan tipe light hold karena kurang mampu untuk menahan ketebalan rambut. Minimal, gunakanlah pomade dengan tipe medium hold.

Sementara buat Anda yang punya rambut sedikit bergelombang atau ikal, maka pomade yang cocok adalah tipe heavy. Pasalnya, rambut bergelombang agak sulit ditaklukkan sehingga memerlukan produk penata rambut dengan karakteristik tekstur cukup keras. Tipe heavy hold pomade akan sangat baik dipakai, meskipun pada pengaplikasiannya sedikit menyusahkan. Alternatif lain apabila Anda dengan rambut bergelombang ingin mendapatkan hasil akhir rambut berkilau, maka tipe light bisa dipakai, namun rambut menjadi lebih mudah kehilangan tatanannya.

Pilihlah pomade dengan aroma yang mewakili karakter Anda

Pilihlah pomade dengan aroma yang mewakili karakter Anda

Setiap produsen pomade tentu bersaing dengan menawarkan sejumlah keunggulan, salah satu aspek yang kerap dipertandingkan adalah aroma atau wanginya. Saat ini kita bisa dengan mudah mendapati pomade dengan berbagai macam pilihan aroma, mulai dari buah-buahan hingga aroma kombinasi yang menyegarkan. Hindarilah pomade yang menawarkan aroma begitu menyengat, selain mengganggu, tentu dikhawatirkan bahan pemicu aroma tersebut tidak baik untuk kesehatan rambut.

Jika Anda ingin tampil penuh gaya dengan bantuan pomade, namun karakter Anda yang tidak suka dengan perhatian lebih, maka carilah pomade dengan aroma natural. Saat ini sudah banyak merek-merek lokal ataupun dari luar negeri yang menawarkan pomade yang tidak berbau. Sementara bagi Anda yang mau terkesan lebih segar di dekat orang lain, maka pilihlah pomade yang punya wangi buah-buahan, seperti nanas atau apel yang enak.

Adapun untuk aroma yang umum dijumpai bisa seperti vanilla. Bagi para pria yang mau terlihat lebih maskulin, maka pomade yang bagus untuk dipilih adalah yang punya aroma semacam Tequila Cola. Jenis aroma ini begitu khas sehingga akan membuat banyak wanita tak bosan untuk berlama-lama di dekatnya. Anda bisa membeli pomade dengan aroma ini dengan beragam pilihan harga, pastikan jangan memilih produk karena harga yang murah saja, ya.

10 Rekomendasi merk pomade terbaik untuk gaya rambut yang keren

Tampil keren kini bukanlah hal yang mustahil bagi setiap orang. Khusus untuk pria, pemakaian produk pomade dengan kualitas yang baik sudah bisa memberikan pesona lebih di mata orang lain, terutama kaum wanita. Jika Anda ingin terlihat lebih cool dan maskulin, kami sarankan Anda menggunakan produk penata rambut berupa pomade yang bagus. Berikut ini Rekomendasiterbaik rangkum 10 pilihan pomade yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan jenis serta gaya rambut yang diinginkan.

1. Hanz De Fuko Modify Pomade

Hanz De Fuko Modify Pomade

Kisaran harga: Rp345.000

Ini adalah pomade dengan harga paling mahal yang kami rekomendasikan dalam daftar ini. Hanz De Fuko adalah brand non-lokal yang diformulasikan dengan bahan-bahan tradisional. Pomade yang dipakai artis ini dikemas dalam bentuk jar dengan segel tutup putar, sehingga sangat aman untuk dibawa berpergian. Tampilan dari kemasan pomade ini juga terlihat mewah dan berkelas, Anda akan lebih percaya diri saat menerapkannya meski di tempat banyak orang.

Modify Pomade dari Hanz De Fuko satu ini punya daya tahan medium. Bukan cuma mampu menahan rambut lebih lama, produk pemberi tatanan rambut ini juga bisa menampilkan kilau yang cukup terang. Formula yang digunakan oleh Hanz De Fuko untuk merancang produk ini begitu konsisten dalam memberikan tampilan klasik tanpa memerlukan karakteristik yang keras. Produk ini dikatakan terinspirasi dari gaya rambut undercut dan classic sleek.

2. Oh Man! Pomade Firm Hold

Oh Man Pomade Firm Hold

Kisaran harga: Rp80.000

Oh Man! adalah nama produsen pomade yang terkenal di Indonesia. Bagi yang belum tahu, brand pomade terbaik ini berasal dari Indonesia, lho. Diciptakan dalam tipe orthodox water based, produk ini akan mengering dan kaku saat digunakan ke rambut Anda. Oh Man! menggunakan campuran berbagai macam minyak esensial yang baik untuk memelihara kesehatan rambut agar terhindar dari kerusakan. Pomade terbaik ini juga punya ciri khas dan karakter yang simpel.

Untuk pemakaian sehari-hari, Oh Man! Pomade Firm Hold bisa dipilih. Warna dari pomade yang tidak merusak rambut ini aqua blue, tapi sebagian orang juga menganggap hijau tosca. Bicara mengenai teksturnya, produk penata rambut ini lembut namun tetap solid, sehingga enak di tangan, tidak lengket, dan pastinya ringan. Untuk aromanya sendiri wangi dan begitu menyegarkan. Scent yang manis, tidak berlebihan, dan tahan lama akan cocok untuk menemani kegiatan harian Anda.

3. Barbers Pomade Firm Hold

Barbers Pomade Firm Hold

Kisaran harga: Rp70.000

Firm Hold bukan hanya pomade terbaik yang dimiliki oleh Oh Man!, melainkan Barbers Pomade juga. Dipasarkan dengan harga di bawah 100 ribu, tentu ini bisa menjadi pilihan yang ramah di kantong buat Anda. Produk ini juga termasuk merek lokal dengan jenis water based formula. Bahkan, menurut sebuah situs disebutkan kalau Barbers Pomade menjadi pionir alias pemain pertama dalam negeri yang mengeluarkan pomade untuk rambut lurus berbahan dasar air. Luar biasa!

Barbers Pomade Firm Hold sudah mendapatkan sertifikasi dari BPOM, sehingga Anda tak perlu khawatir akan nilai keamanannya. Untuk deskripsinya, pomade ini punya warna cokelat transparan dengan tekstur yang solid dan mudah diratakan, meskipun berjenis water based. Kemudian perihal scent atau aroma, pomade lokal terbaik satu ini mengeluarkan wangi fresh cologne yang sangat menyegarkan. Level kilap yang dihasilkan juga lumayan, bisa dibilang medium namun tidak berlebihan.

4. Murray’s Pomade Superior

Murrays Pomade Superior

Kisaran harga: Rp45.000

Murray’s Pomade Superior begitu fenomenal untuk kalangan pria di Indonesia. Tren gaya rambut yang berkembang saat ini tak pernah lepas dari peran pomade Murray’s yang ikut di dalamnya. Buat Anda yang ingin memberikan warna rambut lebih hitam, lembab, serta wangi, maka produk ini cocok buat dibeli. Para hairstylist ternama juga banyak yang merekomendasikan pomade pria terbaik ini, walaupun harga jualnya terbilang sangat murah, hanya 40 – 50 ribuan!

Dikemas dalam kaleng bulat kecil dengan warna oranye cerah, kesan vintage pun dimilikinya. Ini adalah tipe pomade petrolatum alias oil based formula. Selain itu, ada juga bahan lain seperti mineral oil dan fragrance sebagai bahan baku pembuatannya. Kemudian, untuk daya tahannya, produk ini akan menguci gaya rambut yang tetap lembab dan tidak kering sepanjang hari! Pomade luar negeri ini berasal dari Amerika Serikat, tapi tenang saja karena saat ini Anda sudah bisa menemukannya di Indonesia.

5. Smith Dapper Spatter

Smith Dapper Spatter

Kisaran harga: Rp79.000

Dapper Spatter adalah pomade terbaik yang siap memberikan kesan stylish dengan nilai praktis tinggi. Produk ini dirancang dengan tingkat ketahanan tinggi namun berkilau sedang. Hadir bersama aroma lemon soda yang menyegarkan, orang-orang akan betah berada di samping Anda. Smith Dapper Spatter sendiri dibuat dari campuran air yang unik sehingga menjamin kemudahan saat dicuci, bahkan hanya dengan satu kali pencucian rambut!

Pomade yang paling bagus ini cocok untuk segala jenis rambut. Beragam gaya mampu dihasilkan, mulai dari slickback, executive contour, hingga scumbagboogie yang lebih keras. Pada suhu yang dingin atau dalam ruangan (indoor), produk ini memastikan rambut tetap terjaga tatanannya. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan pomade ini untuk keperluan acara penting, semisal bertemu klien atau investor. Bahkan, untuk kencan pertama atau makan malam dengan pasangan juga bisa memakai pomade ini.

6. Suavecito Premium Blends

Suavecito Premium Blends

Kisaran harga: Rp180.000

Buat orang-orang yang gemar tampil dengan rambut klimis, tentu sudah tak asing dengan Suavecito. Pada Premium Blends keluarannya, Suavecito menerapkan kombinasi antara air dan minyak, sehingga mampu mengeluarkan tingkat kilap yang baik namun tetap mudah dibersihkan. Berkat campuran waterbased dan petrolatum ini, pomade terbaik persembahan Suavecito cocok dipakai oleh orang dengan rambut ikal ataupun keriting. Tapi, buat rambut lurus yang mau memakainya juga bisa!

Pomade untuk rambut ikal dari Suavecito mampu menempel pada rambut, memberi ketahanan gaya dari pagi hingga sore hari. Hal ini dikarenakan Premium Blends mempunyai hold yang cukup kuat. Produk ini dibuat dari berbagai macam bahan-bahan alami semisal minyak kelapa, minyak lanolin, minyak benih jojoba, dan minyak lavender. Saat dipakai, pomade klimis ini tidak akan membuat rambut kering walaupun pemakaian berjam-jam. Tak hanya itu, produk ini juga memastikan rambut tetap ternutrisi.

7. Smith Pomade Bold Hold

Smith Pomade Bold Hold

Kisaran harga: Rp95.000

Sedang mencari oil based pomade yang bagus di Indonesia? Anda bisa mencoba Smith Pomade Bold Hold. Dibuat dengan bahan dasar minyak, produk ini akan mempermudah penataan rambut yang sulit diatur. Bold Hold dari Smith Pomade dirancang secara khusus untuk memberikan kemampuan menahan rambut yang sangat kuat. Sementara tingkat kilau yang diberikan tergolong rendah.

Dihadirkan dengan aroma vanilla tropis, pomade yang aman satu ini cocok dipakai untuk acara-acara yang berlangsung di luar ruangan. Anda bisa membentuk gaya rambut seperti high pompadour hingga scumbag boogie dengan Smith Pomade Bold Hold. Dengan tingkat ketahanan yang tinggi, Anda tak perlu khawatir rambut menjadi rusak tatanannya akibat diterpa angin ataupun matahari.

8. Railcar Fine Goods Pomade

Railcar Fine Goods Pomade

Kisaran harga: Rp265.000

Tentunya tak banyak dari Anda yang pernah mendengar nama pomade ini, bukan? Pomade dari Railcar Fine Goods hadir dalam dua varian, yakni standar hold dan supreme hold. Setiap varian diciptakan dengan bahan dasar air (waterbased). Dikemas dalam jar bermaterialkan kaca disertai tutup aluminium berwarna hitam, bergaya klasik dan tidak begitu mencolok di mata. Desain logo yang menempel pada kemasan juga membuatnya terlihat lebih keren.

Pomade ini punya warna merah gelap transparan, sekilas tampak seperti selai stroberi. Untuk aromanya sendiri, Railcar Fine Goods Pomade tercium seperti aroma raspberry, tapi sebagian orang ada juga yang kurang nyaman dengan aroma ini, karena ada sedikit bau asam. Kemudian mengenai teksturnya, pomade ini punya tekstur seperti gel yang mudah diratakan, baik di tangan ataupun rambut. Namun, ketika ingin menggunakan pomade ini, disarankan rambut dalam kondisi sedikit lembab karena gel pomade ini cepat mengering.

9. Chief Blue Water-Based Pomade

Chief Blue Water Based Pomade

Kisaran harga: Rp160.000

Buat para pemula, maka disarankan untuk menggunakan water based pomade yang berkualitas terbaik. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Chief Blue Water-Based Pomade. Dihadirkan dengan tujuan kemudahan pemakaian, Anda yang tergolong baru dalam dunia per-pomade-an cocok memakainya. Dengan kemudahan yang ditawarkan, Anda juga bisa lebih menghemat waktu saat pengaplikasiannya. Tipe ini juga lebih mudah dibersihkan pastinya.

Pada varian ini, Chief Blue menggunakan packaging dari jar kaca premium dengan sentuhan warna biru dan gold yang memberikan efek mewah. Tentang performa, pomade ini punya hold yang cukup bagus untuk menahan rambut agar tahan lama dalam gaya yang Anda inginkan. Untuk Anda yang tidak suka dengan hasil rambut kaku setelah memakai pomade, maka Chief Blue Water-Based Pomade cocok buat Anda. Selain itu, produk ini juga punya shine yang standar serta aroma American Pear yang enak.

10. Bellagio Pomade Oil Based

Bellagio Pomade Oil Based

Kisaran harga: Rp38.000

Bellagio selama ini mungkin lebih dikenal sebagai produk parfum, tapi tahukah Anda kalau ada juga pomade terbaik dengan brand Bellagio? Seperti satu ini, Bellagio Pomade Oil Based adalah pomade yang bisa ditemukan dengan mudah di minimarket sekitar rumah, seperti Indomaret dan Alfamart. Hadir dalam kemasan aluminium berbentuk bulat disertai tutup putar, Anda akan merasakan kesan segar darinya, terlebih dengan pilihan warna ungu dan oranye pada bagian luarnya.

Di dalamnya, pomade agar rambut terlihat basah ini mempunyai warna kuning seperti keju yang pucat. Untuk deskripsi lainnya, Bellagio Pomade Oil Based adalah tipe light pomade sehingga mempunyai tekstur yang sangat lembut dan bahkan bisa menimbulkan kesan basah di tangan. Bellagio menawarkan aroma jeruk klasik yang nyaman dan menenangkan. Menyoal shine, pomade ini punya shine yang tinggi, jadi begitu mengkilap dan terkesan basah, terutama saat pertama kali diaplikasikan.

Cara merawat rambut bagi pengguna pomade

Keluar rumah, beraktivitas, atau datang ke kantor dengan tampilan rambut yang rapi dan klimis tentu bisa berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri. Dengan kehadiran pomade, bahkan Anda bisa beraktivitas dengan perasaan lebih bahagia. Tak heran jika banyak orang yang hampir setiap hari menggunakan pomade. Tapi, tahukah Anda kalau pomade juga bisa berdampak buruk pada rambut? Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan rambut agar pomade tidak menyebabkan kerusakan. Seperti apa?

Pakai shampo khusus untuk membersihkan pomade

Pakai shampo khusus untuk membersihkan pomade

Yang pertama, Anda bisa menggunakan shampo khusus untuk pomade. Beberapa produk seperti Murray’s Clear Deep Shampoo, Royal Flush Lucky 13 Shampoo, atau DAX Removing Shampoo dihadirkan secara khusus untuk pengguna pomade. Shampo ini punya formula yang berbeda dari shampo biasa, sehingga direkomendasikan bagi Anda yang gemar memakai pomade. Setelah keramas, Anda juga bisa memakai conditioner agar rambut tidak kering akibat rambut sering terkena basuhan air.

Gunakan hair mask untuk memelihara rambut sehat

Gunakan hair mask jika ingin memastikan rambut tetap sehat

Selanjutnya, perawatan rambut dengan hair mask atau masker rambut juga bisa menjadi opsi yang perlu dipertimbangkan. Layaknya wanita, rambut pria yang sering dipakaikan produk penata rambut tentu perlu perawatan ekstra agar terhindar dari kerusakan. Produk hair mask ini dapat dipakai satu hingga dua minggu sekali agar rambut tetap ternutrisi dan terjaga kesehatannya. Jika tak ingin datang ke salon, Anda bisa melakukan proses ini sendiri dengan panduan di internet semisal dari video Youtube.

Langsung keramas saat sore hari

Langsung keramas saat sore hari

Meskipun kurang disarankan untuk memakai pomade pada malam hari, tak jarang juga orang yang menggunakannya. Namun apabila Anda menata rambut dengan pomade pada pagi hari, maka ketika sore hari Anda harus langsung keramas. Kenapa? Sebab, hal ini bisa mencegah pomade bermalam di kulit kepala atau rambut Anda sehingga menimbulkan masalah seperti rambut dan kulit kepala berketombe, rambut kering, dan bahkan jerawat. Keramaslah sampai bersih sehingga sisa-sisa yang menempel juga terangkat.

Bila perlu, pakai juga vitamin rambut

Bila perlu pakai juga vitamin rambut

Vitamin rambut berguna untuk memelihara kesehatan rambut. Masalah-masalah seperti ketombe, kekeringan, hingga mudah rontok bisa ditimbulkan apabila Anda sering memakai pomade namun tidak disertai dengan perawatan yang tepat. Maka dari itu, tak ada salahnya juga untuk menggunakan vitamin rambut. Di Indonesia tersedia banyak pilihan vitamin rambut seperti dari Ellips, Miranda, Kerastase, Lucido-L, dan Dove. Vitamin rambut ini bisa dipakai satu kali sehari atau hari dimana Anda memakai pomade.

Kesimpulan

Tak bisa disangkal bahwasanya pomade terbaik bisa menjadi andalan bagi setiap pria yang ingin tampil lebih keren dan mengagumkan. Harapan-harapan seperti dilirik banyak perempuan hingga dipromosikan juga menjadi alasan kenapa orang pakai pomade. Namun di balik ini semua, wajib juga untuk Anda menerapkan aturan pemakaian yang benar, sehingga alih-alih membuat rambut lebih rapi justru mengalami rusak dan berantakan. Dengan membaca tulisan ini dari awal hingga akhir, kami kira Anda akan terhindar dari kemungkinan buruk yang dapat muncul. Apabila Anda rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk dibagikan kepada teman-teman, ya!