Niat Sholat Hajat 4 Rakaat Serta Doa dan Tata Caranya 1695149379

DOWNLOAD VIDEO

Niat Sholat Hajat – Pada hari istimewa contohnya pada hari Nisfu Sya’ban umat muslim biasa mengisinya dengan amalan ibadah yaitu salat hajat.

Yaitu dengan berdoa setelah sholat hajat umat muslim memohon dan keinginannya Insya Allah dikabulkan oleh Allah SWT.

Sholat hajat ini biasanya dilaksanakan oleh manusia yang sedang memiliki keinginan agar keinginan tersebut dikabulkan oleh Allah SWT. Sholat Sunnah ini telah dilaksanakan seorang ketika telah berusaha dengan segala kemampuannya,

Agar dapat mewujudkan mimpi serta keinginannya tersebut. Setelah anda melakukan ikhtiar semampu dan sekuat tenaga anda. Maka hasil bahwa S sambil terus memohon dengan cara melakukan sholat hajat.

Arti dari hajat adalah keinginan. tentunya keinginan setiap orang akan berbeda-beda dengan orang lainnya. Oleh karena itu setiap orang pasti mempunyai mimpi serta keinginan dalam karir masa depan serta kehidupan berkeluarganya.

Untuk mencapai keinginan tersebut. Teman-teman Rekomendasiterbaik.id dianjurkan agar berusaha serta selalu mengiringinya dengan lantunan doa setelah sholat hajat.

Dengan cara memanjatkan berbagai doa kepada Allah SWT bagi umat muslim itu merupakan suatu ikhtiar agar hajat terkabul.

Bukan hanya berdoa umat muslim banyak juga dianjurkan agar melaksanakan sholat hajat. Dikarenakan sholat hajat dilaksanakan untuk memohon kepada Allah SWT agar segala keinginan atau hajatnya segera dikabulkan.

Untuk tata cara beserta niat sholat hajat sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda dengan sholat sunnah yang lainnya.

Dikarenakan kita sudah mengetahuinya. kita sangat berharap permohonan yang akan kita sampaikan pada sholat hajat tersebut akan segera terkabulkan.

Untuk niat sholat hajat sendiri diawali atauharus diucapkan dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan dan sunnah nabi Muhammad SAW. Langsung saja simak niat sholat hajat beserta Tata caranya dan juga keistimewaannya.

Untuk sumber dari penulisan artikel berita tentang niat sholat hajat ini dirangkum dari berbagai sumber-sumber Islami yang terpercaya. Jadi langsung saja kita kalian simak penjelasan mengenai sholat hajat ini.

Keutamaan Dari Sholat Hajat Nisfu Syaban

Sebelum kita mengetahui seperti apa niat untuk melaksanakan salat hajat. Ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui keutamaan dari salat hajat ini yang sangat luar biasa tentunya. Keutamaan dari salat hajat akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Doanya Akan Dikabulkan Baik Secara Cepat Maupun Lambat

Ketika melaksanakan salat sunah hajat ini. Sholat ini akan membantu seseorang agar hajatnya terkabulkan. Sebagaimana yang sudah diterangkan dalam sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda:

‘’Siapa saja yang mengambil wudhu serta wudhunya sempurna dan kemudian ia salat dua rakaat dan juga rakaatnya sempurna niscaya Allah berikan apa yang dia inginkan secara cepat maupun lambat’’. (HR. Ahmad).

Dapat dilihat dari hadis di atas bahwa kita dapat mengetahui Rasulullah SAW mengajarkan kepada seluruh umatnya agar senantiasa selalu meminta kepada Allah SWT dengan cara salat. Terutama apabila kita sedang memiliki suatu keinginan atau hajat.

2. Akan Merasa Semakin Dekat Dengan Allah SWT

Melaksanakan salat hajat juga dapat menjadikan seseorang akan merasa semakin dekat dengan Allah SWT. Ketika orang melaksanakan sholat hajat biasanya ia sedang berada pada kondisi yang mendesak. Dan berharap keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT.

Salat hajat merupakan suatu wujud kepasrahan seorang seorang hamba setelah melakukan ikhtiar yang sudah ia laksanakan. Sehingga dengan melaksanakan sholat hajat dia akan merasa semakin dekat dengan Tuhannya.

Ketika seorang hamba sudah merasa semakin dekat dengan Tuhannya. Maka kemungkinan keinginannya akan segera terkabul menjadi lebih mudah.

Sholat hajat juga memiliki keutamaan yang akan menumbuhkan rasa ikhlas pada hati seorang umat muslim. Seseorang dapat menerima apapun yang sudah ditakdirkan kepada dirinya oleh Allah SWT.

Manusia telah diajarkan untuk selalu pasrah dan berserah diri kepada Allah ketika dalam kesusahan.

Bukan itu saja manusia juga dianjurkan untuk selalu ikhlas serta sabar. Agar dapat mendapatkan pemikiran dan perasaan itu sholat hajat merupakan salah satu solusinya.

4. Akan Lebih Tawakal Kepada Allah SWT

Ketika sedang mengerjakan sholat hajat hal ini juga dapat meningkatkan tawakal seorang hamba kepada Allah SWT.

Dikarenakan dengan melaksanakan salat hajat kita dapat berkeyakinan dan yakin Allah pasti akan memberikan apa yang dibutuhkan oleh hambanya tersebut.

Waktu Sholat Hajat yang Dianjurkan Oleh Rasulullah SAW

Pada nbsp untuk tata cara sholat Hajat sebetulnya tidak terdapat waktu yang khusus untuk mengerjakan sholat tersebut. Untuk melaksanakan sholat hajat dapat dilakukan pada waktu siang maupun malam hari.

Asalkan saja tidak dilaksanakan pada waktu yang terlarang. Waktu yang dilarang adalah ketika melaksanakan sholat hajat setelah Subuh sampai dengan matahari terbit.

Dan setelah waktunya Ashar sampai dengan matahari terbenam dan sebagainya. Harus kita ketahui di mana sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dapat dilakukan karena memiliki sebab.

Sama seperti sholat istikharah yang kita lakukan ketika kita mendapatkan pilihan dan ingin memilih yang terbaik diantaranya yang dapat kita kerjakan kapan saja.

Walaupun demikian waktu salat hajat yang mustajab adalah pada waktu malam hari. Dan terutama pada sepertengahan atau sepertiga di akhir malam.

Bacaan Niat Sholat Hajat 4 Rakaat

Dari pembahasan di atas kita telah mengetahui kesamaan apa saja yang dimiliki oleh sholat hajat tersebut. Maka selanjutnya akan dijelaskan tentang niat sholat hajat. Niat sholat hajat sebenarnya tidak Banyak berbeda dengan niat sholat sunnah lainnya.

Akan tetapi pada salat Sunnah ini kita niatkan untuk hajat. Sholat hajat ini terdiri dari dua rakaat dimana diawali dengan niat serta diakhiri dengan salam.

Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menyatakan. Bahwa sholat hajat dapat kita laksanakan 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat. Untuk lebih mudahnya kalian dapat mengikuti niat sholat hajat yang sudah dituliskan di bawah ini.

Bacaan niat sholat hajat sangat penting untuk diketahui agar dapat melaksanakan sholat hajat yang sah. Niat sholat hajat adalah hal yang pertama yang harus kamu lakukan ketika sedang melaksanakan sholat tersebut.

Sholat hajat ini berbeda dengan sholat sunah lainnya. Sehingga kita Jangan sampai salah Membaca niat sholat lain ketika sedang melakukan sholat hajat ini. Berikut merupakan bacaan yang dapat kalian ucapkan ketika sedang melakukan sholat hajat.

Usholli Sunnatal Haajati Rok’ aataini Adaa’an Lillaahi Ta’ aala

Artinya: Saya berniat untuk melakukan sholat hajat 2 rakaat hanya karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Tata Cara Melakukan Sholat Hajat 2 Rakaat

Setelah teman-teman Rekomendasiterbaik.id memahami dan membaca bacaan niat sholat hajat yang sudah diberikan di atas.

Maka selanjutnya kalian dapat mengerjakan Bagaimana tata cara sholat hajat yang baik dan benar seperti yang akan diterangkan sebagai berikut.

  1. Takbiratul Ihram.
  2. Membaca doa iftitah. doa ini hukumnya Sunnah.
  3. Membaca surat al-fatihah.
  4. Membaca surat dari Alquran salah satunya saja dan lebih diutamakan jika membaca surat Al Kafirun sebanyak tiga kali.
  5. Ruku dengan tuma’ninah.
  6. I’tidal dengan tuma’ninah.
  7. Sujud dengan tuma’ninah.
  8. Duduk diantara dua sujud dengan melakukan tuma’ninah.
  9. Sujud yang kedua dengan tuma’ninah.
  10. Lalu berdiri untuk melaksanakan rakaat yang kedua.
  11. Dilanjutkan dengan membaca salah satu surah atau ayat yang ada di dalam Alquran tetapi untuk rakaat kedua diutamakan jika membaca surat al-ikhlas sebanyak tiga kali.
  12. Ruku dengan tuma’ninah.
  13. Ideal Dengan tuma’ninah.
  14. Lalu sujud dengan tuma’ninah.
  15. Dilanjutkan duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah.
  16. Sujud yang kedua dengan tuma’ninah.
  17. Duduk tahiyat akhir dengan tuma’ninah.
  18. Membaca tahiyat akhir.
  19. Membaca sholawat nabi.
  20. Lalu yang terakhir mengucapkan salam dengan cara menoleh ke kanan dan dilanjutkan menoleh ke kiri.
  21. Di atas tadi merupakan niat sholat hajat dan juga beserta tata cara dan juga keutamaannya sangat luar biasa bagi seorang Muslimin. Apabila kalian memiliki suatu keinginan dan keinginan kalian tak berkunjung terkabulkan.

Maka ada baiknya kalian segera melakukan salat Hajat. Dan dengan itu maka segala keinginan yang sesuai dengan syariat akan langsung terkabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Dzikir Rasulullah Setelah Melaksanakan Sholat Hajat

Ketika selesai melaksanakan sholat hajat maka dilanjutkan dengan membaca doa sholat hajat dan boleh saja juga sebelum kita berdoa. Kita boleh membaca dzikir terlebih dahulu. Akan lebih bagus lagi apabila selesai mengucapkan salam bersujud yang dimaksudkan untuk tadzallul.

Bagi kalian yang masih bingung tentang tadzallul itu apa. jadi tanggal itu adalah sikap untuk merendahkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahwa sejatinya hanya Allah yang Maha Tinggi lagi maha pengasih dan maha penyayang.

Ketika kita melakukan sujud ini kita dapat membaca. Subhanallah walhamdulillah wala’ilaha illallah wallahu akbar wala’haula wala’ quw’wata il’la bil’lahil aliyil adzim. Bacaan tersebut dibacakan sebanyak 10 kali.

Setelah membaca zikir yang tadi maka dapat dilanjutkan dengan membaca. Allahumma shol’li al’la say’yidina muhammad wa’ala ali say’yidina muhammad. Bacaan ini juga dilakukan sebanyak 10 kali.

Artinya :

Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kepada kami kebaikan yang ada di dunia dan juga Berikan pula kebaikan yang ada di akhirat Serta lindungilah kami dari Pedihnya siksa api neraka.

Dalam salat hajat. doa-doa yang sering dipanjatkan Rasulullah SAW ini selalu dibaca sebanyak 10 kali.

Doa Setelah Melaksanakan Sholat Hajat

Berikut ini merupakan doa-doa yang dapat kalian amalkan ketika selesai melaksanakan sholat hajat.

1. Membaca Surat Al-Fatihah

Bertawasul dengan cara memberikan sebuah hadiah bacaan Alfatihah kepada Rasulullah SAW. Beserta keluarganya para sahabat, para alim ulama, para guru – guru kami, orang tua dan juga seluruh umat muslim.

2. Membaca Surat-Surat Yang Ada Pada Al-Quran

Setelah kita membaca berbagai surat persurat al-ikhlas, surah al-falaq, surah an-nas dan juga ayat kursi. masing-masing itu dibacakan sebanyak tiga kali.

3. Membaca Doa Setelah Melaksanakan Sholat Hajat

Berikut ini merupakan bacaan doa setelah melaksanakan salat hajat .

Laa iillaha illallah Halimul Kariimu Subhannallah Robbil’ Arsyil’ Azhiim. Alhamdulillahi robbil Alamiin. As’aluka Muujibari Rohmatika Wa’Azaaima Maghfitotika Wal Ghoniimata Min Kul’li Itsmin Laa Tada’lii Dzamvan Il’la Ghofartahu Walaa Hamman Illaa Farojtahu Walaa Haajatan Hiya Laka Riddhon Il’la Qod’hoitahaa Yaa Arhammar Roohimiin.

Artinya :

‘’Satu – satunya Tuhan hanya Allah yang Maha lembut dan maha penyantun, dan juga Tuhan maha pemelihara Arsy yang begituAgung. Segala puji baginya Allah Tuhan alam semesta sekalian. Kepada mulah Ya Allah aku memohon sesuatu yang mewajibkan memerlukan rahmatmu. Dan datang sesuatu ampunanmu serta Memperoleh keuntungan pada setiap dosa-dosa.

Janganlah engkau biarkan saja dosa-dosa pada diriku ini. Melainkan jika engkau ampuni serta tidak ada sesuatu kepentingan melainkan jika engkau memberi jalan keluar. Dan tidak pula suatu keinginan atau hajat yang mendapat kerelaanmu Ya Allah melainkan jika engkau kabulkan. Wahai Allah Tuhan yang pengasih serta penyayang’’.

4. Menyampaikan Suatu Hajat Atau Keinginan

Setelah kita membaca berbagai rangkaian bacaan serta doa sholat hajat yang sudah dijelaskan di atas.

Maka kalian dapat menyampaikan semua keinginan atau hajat kalian menggunakan kata-kata atau bahasa kalian sendiri.

Pada dasarnya doa yang terbaik merupakan doa yang kita mengerti makna dan artinya. Apabila kita berdoa dan tidak mengerti apa yang kita pinta maka itu sama saja sia-sia.

Kisah Tentang Hebatnya Sholat Hajat yang Kamu Harus Tahu

Pada pembahasan di atas sebelumnya telah dijelaskan apa saja keutamaan ketika kita melaksanakan sholat hajat. Di sisi lain terdapat juga kisah-kisah yang dapat membuktikan betapa hebatnya sholat hajat ini.

Seperti yang sudah diriwayatkan dari Abu Sira an-naki yang menerangkan bahwa:

‘’Terdapat seorang pemuda atau laki-laki yang lagi menempuh perjalanan dari negeri Yaman. Ketika tepat di tengah perjalanan itu keledai yang ia tunggangi mati, lalu ia pun pergi mengambil wudhu kemudian melaksanakan salat dua rakaat dan ia berdoa :

‘’Ya Allah ya Tuhanku sesungguhnya hamba datang dari negeri yang begitu jauh agar dapat berjuang di jalanMu serta mencari ridho. Hamba bersaksi bahwasanya hanya Engkaulah yang dapat menghidupkan makhluk yang telah mati dan membangkitkan seluruh manusia dari kuburnya. Janganlah engkau menjadikan hamba berhutang Budi pada seseorang yang hamba temui pada hari ini. Saat ini juga hamba memohon kepada engkau ya Allah supaya membangkitkan keledaiku yang telah terkapar mati’.

Maka seizin Allah keledai itu pun bangkit dari kematiannya lalu hidup seperti semula dan juga keledai itu mengibaskan telinganya. ( HR. Baihaqi)’’

Demikianlah contoh kisah kedahsyatan dari salat hajat. Di mana keledai yang awalnya mati dapat hidup kembali seperti semula. Hal tersebut Hanya Allah lah yang dapat melakukannya.

Sampai di sini pembahasan mengenai sholat hajat dimulai dari niat sholat hajat tata cara sholat doa-doa setelah sholat hajat serta kisah betapa hebatnya sholat hajat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Pembaca Rekomendasiterbaik.id sekalian. terima kasih.

Baca Juga:

By channa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *