10 Merk Hardisk Eksternal Terbaik di Indonesia

10 min read

Adata HD710 Pro 1TB

Salah satu perangkat penyimpanan portabel yang ramai dicari adalah hardisk eksternal. Saat ini, di Indonesia sudah beredar cukup banyak merk hardisk eksternal terbaik yang masing-masing menyimpan keunggulan sehingga berhasil menarik sebagian besar perhatian orang. Peranti penyimpanan eksternal satu ini sangat berguna untuk menyimpan file berukuran besar seperti film, video, ataupun foto beresolusi tinggi.

Hardisk eksternal sendiri tersedia dalam beberapa spesifikasi yang semakin fleksibel untuk menunjang kebutuhan pemakai. Jika Anda sedang memerlukan external hard drive, di Indonesia bisa ditemukan brand terkenal seperti Seagate, Western Digital (WD), Transcend, Adata, dan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan baca tulisan ini hingga tuntas, ya!

Kenapa Perlu Memiliki Hardisk Eksternal?

Suka menonton film berdurasi panjang dengan resolusi minimal 720p atau memerlukan media penyimpanan yang praktis? Tentu merk hardisk eksternal terbaik menjadi wajib dimiliki. Beberapa manfaat lain juga menjadi alasan mengapa setiap orang saat ini perlu memiliki setidaknya sebuah hardisk eksternal.

Ruang Penyimpanan Besar

Ruang Penyimpanan Besar

Tidak bisa disangkal kalau salah satu keunggulan dari hardisk eksternal adalah penyediaan ruang penyimpanan yang sangat besar. Rata-rata kapasitas hardisk portabel saat ini berkisar mulai dari ratusan giga bahkan hingga menyentuh terabyte. Jumlah yang semakin besar dari setiap hardisk juga memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak file di dalamnya.

Penyimpanan File Lama & Backup Data

Penyimpanan File Lama Backup Data

Tumpukan file-file lama di dalam komputer bisa menyebabkan hardisk internal membengkak. Karena itu penting sekali buat Anda menjaga file tersebut tetap eksis dengan cara membeli sebuah hardisk eksternal. Perangkat penyimpanan yang praktis ini sangat berguna untuk keperluan backup file tersebut. Terlebih semisal file foto dan video kenangan ataupun dokumen penting, maka kegiatan mengamankan di tempat lain semacam ini menjadi penting.

Nyaman & Praktis Digunakan

Nyaman Praktis Digunakan

Seperti yang dibahas dalam poin-poin sebelumnya, merk hardisk eksternal terbaik mengantongi keunggulan dari segi portabilitas. Walaupun produsen ada yang menciptakan hardisk eksternal yang bersifat non-portabel, tapi secara umum produk penyimpanan ini dirancang untuk orang-orang yang punya mobilitas tinggi.

Anda bisa membawa peranti ini kemana-mana. Ukuran yang kecil (namun tidak menyerupai flashdisk), desain yang ringkas, serta nilai guna yang tinggi juga menjadi alasan utama kenapa Anda perlu memiliki sebuah hardisk eksternal. DItempatkan di dalam poket-poket kecil pada tas kuliah atau tas kerja, kehadiran hardisk eksternal bisa bermanfaat untuk keperluan-keperluan mendesak.

Cara Memilih Hardisk Eksternal yang Bagus

Pada tulisan ini kami akan membantu Anda dalam menentukan hardisk eksternal berkualitas terbaik. Tapi sebelum membeli, kami akan berikan panduan dalam memilih hardisk eksternal yang bagus. Silakan disimak poin-poin yang penting diperhatikan saat berencana membeli hard disk eksternal berikut ini.

Kenali Perbedaan Hardisk Eksternal SSD dan Konvensional

Kenali Perbedaan Hardisk Eksternal SSD dan Konvensional

Ada dua jenis hardisk eksternal yang dijual, yaitu SSD atau solid state drive dan hardisk tradisional/konvensional (HDD). Kedua perangkat ini sama-sama berguna untuk menyimpan file dalam jumlah banyak. Tapi dari segi performa, SSD tentu lebih unggul dari segi kecepatan dibandingkan HDD biasa karena pemakaian material dan cara kerja menyimpan data yang berbeda.

Apabila Anda menginginkan proses pemindahan data berlangsung dalam waktu singkat, maka pilih hardisk eksternal berjenis SSD. Jenis penyimpanan ini juga lebih kecil terhadap risiko kerusakan akibat tidak terdapat piringan yang bergerak di dalamnya, membuat umurnya juga relatif panjang. Walaupun sangat unggul dari banyak sisi, SSD eksternal menyimpan kekurangan dimana rata-rata harga jualnya yang tergolong mahal, yaitu mencapai 2-3 kali lipat HDD biasa.

Sementara hardisk eksternal yang memakai teknologi lama masih menggunakan piringan berputar di dalamnya yang bergerak secara fisikal. Proses yang diperlukan untuk menerima atau mengirim data juga cukup lama. Di samping kekurangan ini, HDD konvesional eksternal tetap banyak dipilih karena selain harganya yang murah untuk kapasitas besar, tuntutan kebutuhan yang tidak mendesak juga menjadi alasan lain.

Pilih yang Non-Portabel atau Portabel?

Pilih yang Non Portabel atau Portabel

Tipe-tipe dari merk hardisk eksternal terbaik jika dilihat berdasarkan cara pemakaian bergantung pada dua sifat, yaitu non-portabel dan portabel. Buat Anda yang menginginkan produk penyimpanan non-internal namun tidak dibawa kemana-mana, kami sarankan untuk memilih tipe non-portabel. Tipe hardisk eksternal ini dirancang khusus sehingga tidak dapat dibawa kemanapun.

Hardisk eksternal non-portabel bekerja langsung dengan mencolokkan kabel USB dan kabel charger yang terhubung pada soket listrik. Walaupun terkesan kurang praktis, sebenarnya hardisk eksternal jenis non-portabel unggul dari segi harga dan performa. Dengan kisaran harga yang relatif terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan peranti penyimpanan luar yang lebih besar dibandingkan jenis portabel.

Namun apabila yang Anda butuhkan adalah external hard drive yang bersifat dinamis dari sisi penggunaan, pilihlah yang bersifat portable. Hardisk ini punya ukuran yang lebih kecil namun kapasitas penyimpanannya sangat besar. Kelebihan lain dari tipe ini adalah tidak memerlukan sumber daya listrik sendiri, sehingga Anda bisa lebih hemat pengeluaran bulanan. Tapi kekurangannya, tipe portabel dijual dengan harga lebih mahal dan juga rentan terhadap kerusakan.

Sesuaikan Kapasitas Penyimpanan Dengan Kebutuhan Anda

Sesuaikan Kapasitas Penyimpanan Dengan Kebutuhan Anda

Spesifikasi lain yang penting diperhatikan sebelum membeli hardisk eksternal adalah mengetahui seperti apa kebutuhan Anda. Dengan mengidentifikasi kebutuhan sedini mungkin, ini bisa menjadi referensi hardisk dengan kapasitas ruang sebanyak apa yang diperlukan. Saat ini sudah banyak pilihan ruang penyimpanan sehingga Anda tak perlu membeli dua buah hardisk hanya untuk menyimpan file-file yang jumbo size.

Jika Anda memerlukan perangkat penyimpnaan yang baik untuk mentransfer lebih banyak dokumen, foto, video, atau media lain, maka pilihlah hardisk yang berkisar antara 500 GB – 1 TB. Jika ternyata masih kurang, semisal Anda punya hobi mengoleksi film-film terlaris, maka tidak ada salahnya untuk memilih hardisk eksternal berkapasitas mencapai 2 TB atau bahkan 4 TB.

Namun apabila kebutuhan Anda hanya untuk pekerjaan kantor atau menyimpan dokumen-dokumen perkuliahan, maka pilihlah yang kapasitas penyimpannya berkisar antara 64 – 250 GB. Dengan begitu Anda tidak akan membuang-buang uang, walaupun sebagian orang merasa tidak dirugikan karena menganggap tindakan ini seperti investasi.

Pilih yang Memiliki Kecepatan Transfer Tinggi

Pilih yang Memiliki Kecepatan Transfer Tinggi

Kapasitas yang besar bukan satu-satunya hal yang penting dilihat ketika hendak membeli hardisk eksternal, melainkan kecepan transfernya juga. Apabila mobilitas Anda dalam mengirim atau menerima data cukup tinggi, maka pemilihan hardisk dengan kecepatan transfer tinggi sangatlah penting. Sebab perangkat dengan kemampuan kirim yang cepat akan menunjang aktivitas pekerjaan sehingga Anda tak perlu menunggu lama untuk menyelesaikannya.

Adapun faktor yang menjadikan kecepatan transfer dari masing-masing hardisk eksternal berbeda adalah teknologi penyimpanan dan konektor yang digunakan. Beberapa drive mungkin lebih cepat dibandingkan yang lain, seperti SSD yang bisa memproses data lebih cepat dibandingkan HDD, namun karena memerlukan effort lebih dari segi biaya, tak sedikit orang yang beralih ke HDD eksternal biasa.

Selain teknologi penyimpanan, konektor yang digunakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan portabel ini ke desktop, laptop, atau bahkan perangkat seluler juga memengaruhi kecepatan transfernya. Secara umum, saat ini hard drive menggunakan interface USB. Perbedaannya sendiri terletak pada versi dan generasinya.

Sebagai contoh, hardisk eksternal yang menggunakan USB 2.0 punya kecepatan transfer yang lambat dibandingkan versi terbaru seperti USB 3.0 atau USB 3.1. Antarmuka USB 3.0 sendiri menawarkan kecepatan transfer hingga 5 Gbps sedangkan USB 3.1 memberikan fitur kecepatan transfer hingga 10 Gbps. Bahkan, ada juga device penyimpanan eksternal yang mampu mentransfer media hingga kecepatan 40 Gbps.

Pertimbangkan Portabilitas dan Daya Tahannya

Pertimbangkan Portabilitas dan Daya Tahannya

Saat Anda memikirkan untuk membawa hardisk eksternal untuk keperluan di luar rumah, maka pertimbangkan portabilitas dari perangkat tersebut. Poin yang satu ini juga tak boleh diabaikan karena tak jarang ditemui kasus kerusakan akibat produk yang kurang tangguh untuk dipakai dengan mobilitas tinggi. Tak ada salahnya memilih hardisk eksternal berukuran kecil dan ringan bobotnya, namun pastikan produk tersebut juga gahar dari segi daya tahan.

Material pelindung sebagai casing hardisk menjadi salah satu faktor penting, disamping beban kerja, yang akan memengaruhi usia dari sebuah hardisk eksternal. Pastikan produk yang dipilih terbuat dari komponen berkualitas, terutama pada bagian casing yang mampu mengunci sempurna bagian-bagian kecil di dalam sehingga terkena benturan misalnya, komponen-komponen tersebut tidak mudah rusak.

Pilih yang Dibekali Fitur Tambahan Seperti Backup Otomatis dan Pelindung Bersandi

Pilih yang Dibekali Fitur Tambahan

Beberapa produsen merilis hardisk ekstenral yang disertai perangkat lunak bawaan yang bisa melakukan simpan data (backup) secara otomatis. Biasanya kegiatan ini berlangsung di belakang layar, hardisk akan menyimpan file-file lama atau baru yang sering digunakan ke penyimpanan berbasis awan (cloud storage). Walaupun proses ini berlangsung otomatis, Anda juga diberi kuasa untuk tidak menggunakan fitur ini kapan pun yang Anda mau.

Selain fitur backup otomatis, ada juga hardisk eksternal yang menyediakan fitur tambahan lain seperti perlindungan data dengan kata kunci. Biasanya produsen telah menancapkan sebuah perangkat lunak ke dalam perangkat sehingga siap digunakan. Cara kerja dari sistem pelindung bersandi ini adalah dengan mengunci file penting yang bisa Anda pilih dan sesuaikan. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir dokumen penting atau foto pribadi jatuh ke tangan orang yang salah.

10 Merk Hardisk Eksternal Terbaik di Indonesia

Untuk kegiatan mengirim data antar perangkat, backup data, sharing data, ataupun merekam siaran TV, Anda bisa memanfaatkan peranti penyimpanan portabel ini. Setelah mengetahui cara memilihnya, selanjutnya kami akan berikan rekomendasi merk hardisk eksternal terbaik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini daftarnya!

1. Toshiba Canvio Basic 1TB

Toshiba Canvio Basic 1TB

Kisaran harga: Rp797.000

Deskripsi Produk

  • Daya tampung foto, film, video, lagu, atau dokumen lebih banyak karena ukuran penyimpanan yang besar.
  • Dukungan port USB 3.0 yang menjamin proses pemindahan data atau file berukuran besar berlangsung 10x lebih cepat.
  • Walaupun menggunakan interface USB 3.0, perangkat ini tetap kompatibel dipakai untuk perangkat dengan port lebih rendah, semisal USB 2.0.
  • Selain berkapasitas 1TB, Toshiba Canvio Basic juga tersedia dalam ukuran 500 GB dan 750 GB dengan kisaran harga yang lebih rendah.
  • Bisa dibeli dengan mudah melalui marketplace favorit Anda.

 

2. Seagate Backup Plus Slim Portable 2TB

Seagate Backup Plus Slim Portable 2TB

Kisaran harga: Rp1.095.000

Deskripsi Produk

  • Salah satu merk hardisk eksternal terbaik di dunia yang sudah dipakai ratusan ribu orang.
  • Desain bodi yang elegan dengan balutan warna hitam dope, menjadikan produk ini memiliki tampilan yang mempesona.
  • Dirancang secara khusus untuk melakukan pencadangan data (backup) pada perangkat komputer berbasis Windows ataupun Mac tanpa melakukan reformatting.
  • Tersedia fitur menarik seperti menyimpan atau mengirim foto langsung dari/ke sosial media hanya dengan satu klik.
  • Tersedia dalam warna hitam dan abu-abu dengan bahan metal, menjamin produk ini tahan terhadap benturan.
  • Ukuran badan yang slim juga memungkinkan produk ini muat di saku kecil tas, bahkan poket belakang celana.
  • Dibekali fitur two easy backup yang dapat diatur secara terjadwal atau penyimpanan berkelanjutan.

 

3. WD My Passport Portable 1TB

WD My Passport Portable 1TB

Kisaran harga: Rp765.000

Deskripsi Produk

  • Sudah digunakan oleh banyak sekali orang, menjadikan hardisk eksternal ini tak perlu diragukan lagi soal kualitasnya.
  • Menggunakan port USB 3.0 untuk proses pengiriman data dengan kecepatan 3 kali lebih tinggi dibandingkan USB 2.0.
  • Western Digital (WD) membekali perangkat ini dengan fitur pelindung data ketika hendak diakses menggunakan username dan password.
  • Aplikasi pelindung data bersandi tersebut bisa digunakan bahkan pada PC/laptop yang belum terpasang WD Security.
  • Ditanamkan fitur lain berupa backup data otomatis atau terjadwal ke akun cloud storage seperti Dropbox dan Baidu.
  • Juga dibekali dengan fitur restore data yang sudah dicadangkan hanya dengan memilih file atau folder, lalu tekan tombol Restore pada halaman aplikasi WD My Passport Ultra.
  • Hardisk eksternal paling bagus dengan desain badan yang elegan ini mampu beroperasi pada sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Mac OS X.

 

4. ASUS FX 1TB 2.5 USB 3.1 Hardisk External Drive With Aura Sync

ASUS FX 1TB 2 5 USB 3 1 Hardisk External Drive With Aura Sync

Kisaran harga: Rp1.178.000

Deskripsi Produk

  • Inovasi terbaru dari Asus yang menawarkan desain menawan dengan Aura RGB lighting.
  • Lampu RGB dalam 16 juta pilihan warna yang hidup bergantian bisa diatur ritme atau urutannya sesuai kemauan Anda.
  • Hadir dengan antarmuka USB 3.1, memastikan hardisk eksternal terbaik ini memiliki performa kecepatan mentransfer data yang sangat cepat (mencapai 5 Gbps).
  • Dibekali dengan sistem pencadangan data yang bisa berjalan secara otomatis ataupun terjadwal.
  • Kompatibel pada sistem operasi Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Mac OS X 10.8 atau lebih tinggi.
  • Dimensi produk 128 x 80 x 16.3 mm dengan berat keseluruhan hanya 145 gram.

 

5. Hitachi Touro Mobile Portable Storage 2.5 Inch USB 3.0 1 TB

Hitachi Touro Mobile Portable Storage 2 5 Inch USB 3 0 1 TB

Kisaran harga: Rp662.000

Deskripsi Produk

  • External harddisk yang menyediakan ruang penyimpanan berkapasitas besar untuk semua file foto, film, musik,ataupun dokumen milik Anda.
  • Harga yang relatif terjangkau untuk hardisk dengan antarmuka USB 3.0 dan kapasitas penyimpanan 1 TB.
  • Selain tersedia dalam ukuran 1 terabyte, Hitachi Touro Mobile juga hadir dalam ukuran penyimpanan 500 GB dan 1,5 TB.
  • Dihadirkan dengan fitur penyimpanan berbasis awan mencapai ruang berukuran 3 GB.
  • Desain badan yang smooth dan solid, menjadikan Anda terlihat beberapa tingkat lebih keren saat menggunakannya di tempat ramai.
  • Kompatibel untuk perangkat dengan terminal USB 2.0.
  • Pembelian hardisk eksternal yang tahan lama ini sudah termasuk sebuah kabel USB dan 1 tahun garansi resmi.

 

6. Sony Hard Disk External 2TB HD-SL2

Sony Hard Disk External 2TB HD SL2

Kisaran harga: Rp1.875.000

Deskripsi Produk

  • Hardisk eksternal paling awet dengan fitur data transfer accelerator yang mampu melipatgandakan kecepatan transfer.
  • Dengan port USB 3.0, Anda bisa merasakan pengalaman kecepatan mengesankan 3 kali lebih cepat.
  • Disertai fitur tambahan berupa Backup Manager 2 yang dapat melakukan pencadangan data secara teratur ataupun otomatis.
  • Kapasitas penyimpanan yang sangat besar, ideal untuk Anda yang terbiasa mengoleksi film atau lagu terbaru untuk kebutuhan bisnis atau personal.

 

7. Seagate Expansion 1 T

Seagate Expansion 1 T

Kisaran harga: Rp785.000

Deskripsi Produk

  • Badan utama hardisk eksternal yang awet (tanpa casing pelindung tambahan) yang bersifat shockproof (tahan benturan).
  • Interface USB 3.0 untuk keperluan transfer data digital dari komputer ke perangkat lebih cepat dengan proses drag dan drop file.
  • Dimensi produk 178 x 120,6 x 36,6 mm dengan berat 0,95 kg, menjadikan perangkat ini berukuran kecil dan ringkas.
  • Diklaim tidak akan menguras energi listrik atau baterai laptop saat disematkan ke perangkat utama.

 

8. Transcend StoreJet 25M3 1 TB

Transcend StoreJet 25M3 1 TB

Kisaran harga: Rp795.000

Deskripsi Produk

  • Tampilan hardisk eksternal anti shock ini cukup menawan dengan desain minimalis, terdiri dari 2 kombinasi warna terang.
  • Dibekali kelebihan tahan terhadap guncangan melalui fitur military grade shock resistance yang dimilikinya.
  • Selain fitur anti guncangan, hardisk ini juga dilengkapi dengan durable anti-shock rubber outer case yang semakin menjaga kestabilan komponen saat dibawa berkendara.
  • Punya anti-shock protecton berlevel paling tinggi dibandingkan produk lainnya.
  • Dukungan kecepatan transfer sangat tinggi melalui interface USB 3.1 Gen 1 terbaru, mampu memberikan kecepatan hingga 5 GB/detik.

 

9. Adata HD710 Pro 1TB

Adata HD710 Pro 1TB

Kisaran harga: Rp847.000

Deskripsi Produk

  • Hardisk eksternal bagus berdesain gagah yang mengombinasikan warna terang dan gelap secara sempurna.
  • Dirancang khusus untuk memberikan daya tahan yang lebih baik terhadap getaran, guncangan, atau saat terkena benturan.
  • Telah diuji melewati standar IP68 sehingga menjadikannya anti debu dan anti air (berlaku hanya saat penutup port USB tertutup rapat).
  • Pengujian lain dengan standar militer MIL-STD-810G 516.6 untuk memastikan produk ini ampuh dalam menjaga data-data penting meskipun tidak sengaja jatuh dari ketinggian 1,5 meter.
  • Fitur pengaman data yang maksimal lewat dukungan badan yang dilapisi oleh silikon khusus anti guncangan.
  • Tersedia dalam pilihan warna lain dan kapasitas simpan mencapai 5 TB.
  • Menggunakan interface USB 3.1 yang kompatibel dengan perangkat berantar muka USB 2.0, baik pada OS Windows, Mac, ataupun Linux.

 

10. Toshiba Canvio Advance 1TB USB 3.0

Toshiba Canvio Basic 1TB

Kisaran harga: Rp729.500

Deskripsi Produk

  • Versi senior dari seri Toshiba Canvio Advance yang dihadirkan dengan desain lebih sleek dan modern.
  • Tersedia beberapa pilihan warna cerah (hitam, putih, biru, dan merah) yang memukau sehingga dari aspek desain juga lebih unggul dibandingkan hardisk eksternal lainnya.
  • Bekerja dengan baik pada port USB 3.0 dan USB 2.0 untuk perangkat berbasiskan Windows dan Mac.
  • Dibekali dengan fitur pencadangan terjadwal dan otomatis.
  • Terdapat aplikasi perlindungan data khusus yang bisa diunduh langsung melalui website resminya.

 

Tips Merawat Hardisk Eksternal Agar Awet

Tips Merawat Hardisk Eksternal Agar Awet

Sudah mendapatkan hardisk eksternal terbaik yang paling cocok dengan keperluan Anda? Pastikan produk tersebut juga berumur panjang, ya! Anda bisa mengikuti tips menjaga hardisk eksternal agar bisa berumur panjang melalui poin-poin berikut ini.

  • Selalu Pilih Opsi “Safe Remove Hardware. Tahukah Anda kalau proses pemindahan data dalam jumlah banyak bisa meninggalkan sisa berupa cache dalam memori. Untuk menghilangkan cache memori, Anda perlu melakukan Safe Remove Hardware saat selesai menggunakan hardisk. Hal ini juga bisa mencegah data rusak saat mencabut kabel USB-nya.
  • Jangan Sampai Terbanting. Walaupun sebagian hardisk eksternal dibekali fitur tahan guncangan, akan lebih baik jika Anda berhati-hati dan menjaga hardisk tidak sampai jatuh. Karena apabila peranti ini jatuh dalam jarak yang tinggi, maka risiko komponen mekanik yang keras mengalami kerusakan juga semakin besar. Akibatnya, performa dari HDD eksternal bisa berkurang.
  • Jauhkan Dari Cairan & Benda Bermagnet. Dalam beberapa kasus ditemui kecelakaan seperti hardisk eksternal jatuh ke dalam air atau terkenal tumpahan minuman. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu menjauhkan gelas minuman saat mengoperasikan produk. Selain itu, jauhkan juga produk dari medan magnet karena memungkinkan platter di dalamnya bisa rusak.
  • Gunakan Kabel USB Y. Mungkin terkesan repot ketika digunakan, tapi jenis kabel USB berbentuk Y (dua kepala) bisa membantu komponen hardisk lebih tahan lama karena memperoleh pasokan listrik yang lebih baik, terutama pada komputer yang USB slot-nya sudah kurang maksimal dalam aliran listrik.
  • Jangan Keseringan Lepas Pasang USB. Hardisk eksternal memang banyak dipakai pada perangkat yang berbeda-beda. Namun demikian, dalam pemakainnya jangan sampai Anda mencabut pasang kabel USB terlalu sering karena bisa membuat konektor USB haus. Gesekan yang timbul pada tembaga bisa membuat kepala konektor menipis sehingga performa kontak antar tembaga ikut menurun.
  • Jangan Menempatkan Hardisk di Tempat Bergetar. Tak sedikit juga orang yang teledor dengan meletakkan hardisk di atas speaker aktif. Tindakan semacam ini bisa membuat umur hardisk eksternal lebih pendek karena kemampuan kerja komponen mekanik di dalamnya terganggu.
  • Pastikan Hardisk Memperoleh Aliran Udara yang Baik. Saat beroperasi, piringan fisik di dalamnya akan berputar cepat sehingga perangkat bisa panas. Pada kondisi ini, alangkah baiknya hardisk memperoleh pasokan udara yang baik sehingga suhu panas juga bisa diredam. Jangan sampai ketika Anda melakukan pengiriman data, hardisk diletakkan di bawah bantal atau benda yang menutup aliran udara.

Dengan menerapkan tips merawat hardisk tersebut, Anda bisa memastikan merk hardisk terbaik yang sudah dibeli akan berusia panjang. Dengan demikian, Anda tak perlu merogoh kocek lebih sering untuk mengganti produk baru ketika terjadi kerusakan. Apabila tulisan ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman Anda, ya!