10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik

Diposting pada

Kipas angin adalah elektronik penyejuk ruangan yang telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia. Saat cuaca sedang terik, beristirahat ditemani hembusan angin sepoi-sepoi dari kipas akan membuat Anda tak kekuarangan oksigen saat berada dalam ruangan yang pengap. Peranti satu ini juga bisa menjadi alternatif yang lebih murah dan hemat listrik dibandinkan AC (air conditioner).

Jika saat ini Anda berencana untuk membeli kipas angin baru, kami akan membagikan rekomendasi kipas angin terbaik yang bisa Anda gunakan. Di Indonesia sendiri, terdapat bermacam merek kipas angin, seperti Cosmos, Miyako, Sekai, dan Maspion. Setiap produsen membekali produk keluarannya dengan fitur dan harga yang berbeda-beda.

Cara Memilih Kipas Angin

Jika Anda ingin sirkulasi udara di dalam ruangan tetap sehat, maka Anda bisa menggunakan kipas angin. Segala bau pengap juga bisa diminimalisir oleh elektronik satu ini. Apabila Anda tak ingin keliru atau salah dalam memilih penyejuk ruangan ini, kami akan membagikan cara memilih kipas angin pada bagian ini. Yuk, disimak poin-poin apa saja yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan!

Pilih Berdasarkan Model dan Jenis Kipas Angin

Berbeda dengan air conditioner (AC) atau pendingin ruangan, kipas angin paling bagus memiliki lebih banyak pilihan model. Anda bisa memilih kipas angin model duduk (floor fan), kipas dinding (wall fan), kipas berdiri (standing fan), dan kipas multfungsi (3 in 1 fan). Setiap model dan jenis kipas angin ini diciptakan dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Kipas Angin Duduk (Floor Fan)

Kipas Angin Duduk Floor Fan

Model kipas angin cukup banyak ditemui di pasaran karena nilai produksi yang juga tinggi. Floor fan terdiri dari dua bahan dasar pembuatan komponen kerangka, yakni plastik dan besi. Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan sewaktu memindahkan kipas, maka pilihlah kipas angin duduk yang terbuat dari material plastik.

Sedangkan floor fan yang memakai besi sebagai material pembuatannya lebih berat, namun juga lebih kokoh dan tahan lama dibandingkan plastik. Kipas angin duduk termasuk yang paling lama keberadaannya, bahkan bisa dikatakan model ini menjadi pionir yang menginspirasi kehadiran model lain. Jenis kipas ini memang ergonomis dari segi rancangan, namun untuk performanya sendiri kurang baik akibat daya jangkau angin yang tidak luas.

Kipas Angin Berdiri (Standing Fan)

Kipas Angin Berdiri Standing Fan

Generasi berikutnya yang meneruskan kepopuleran kipas angin duduk adalah standing fan. Model ini dirancang untuk menjangkau lebih banyak area dalam satu ruangan. Pada bagian kerangka, standing fan biasanya disertai leher yang bisa diatur tinggi pendeknya. Fitur leher fleksibel ini tidak selalu ada pada kipas angin berdiri, sebab tergantung dari harga jual yang ditawarkan.

Kipas angin murah berkualitas tipe berdiri dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang biasa mengumpul dengan keluarga di ruang tengah. Dengan daya hembus angin yang luas dan swing antara 90 – 180 derajat, semua orang yang berada di ruangan tersebut akan terkena udara kipas. Kipas model ini juga dinilai lebih aman untuk Anda yang mempunyai anak kecil apabila bagian lehernya dinaikkan hingga titik paling tinggi.

Kipas Angin Dinding/Tempel (Wall Fan)

Kipas Angin Dinding Tempel Wall Fan

Model kipas yang satu ini biasa digunakan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kamar. Apabila kamar tidur Anda tidak memiliki space yang luas, tentu kipas dingin (wall fan) dapat Anda gunakan. Instalasi dari kipas angin yang menempel di dinding terbilang mudah. Secara umum, kipas ini sudah bisa melekat di tembok dengan cara mengaitkannya pada paku yang sudah Anda tancapkan sebelumnya.

Meski menempel di dinding, kipas angin yang aman untuk bayi ini tetap bisa berputar hingga 90°, seperti produk keluaran Cosmos, Miyako, dan sebagainya. Beberapa produsen biasanya juga melengkapi kipas angin dinding terbaik dengan remote control sehingga Anda tak perlu menyentuh switch untuk menaikkan atau mengurangi kecepatan putar baling-balingnya.

Kipas Angin Multifungsi (3 in 1 Fan)

Kipas Angin Multifungsi 3 in 1 Fan

Beberapa tahun belakangan, jajaran produk elektronik rumah tangga juga ikut berkembang agar bisa memenuhi kebutuhan setiap keluarga. Jika sebelumnya kami membahas tentang kipas angin duduk, berdiri, dan dinding, kipas angin model 3 in 1 juga dapat menjadi alternatif yang lebih baik. Kipas angin ini bersifat multifungsi alias bukan hanya bisa diinstalasi ke dalam satu model, akan tetapi bisa diatur pemasangannya sesuai kondisi dan keinginan Anda.

Anda bisa menjadikan kipas multifungsi sebagai kipas duduk, berdiri, maupun dinding. Brand-brand besar semacam Maspion, Sekai, dan sebagainya turut mengeluarkan kipas angin model ini. Dari segi harga, kipas ini tentu lebih mahal dibandingkan model-model lainnya, sebab ada 3 bentuk dalam satu unit. Rata-rata kipas angin multifungsi dipasarkan mulai Rp400.000 ke atas. Meski ada yang lebih murah, biasanya produk tersebut tidak disertai fitur tambahan seperti remot kontrol atau leher yang bisa diatur ketinggiannya..

Bagi yang Punya Anak Kecil, Hindari Kipas Angin Model Duduk

Bagi yang Punya Anak Kecil Hindari Kipas Angin Model Duduk

Untuk orang dewasa, kipas angin duduk mungkin terkesan lebih praktis dibandingkan kipas berdiri maupun kipas dinding. Mereka bisa memindahkan kipas duduk kemana pun mereka mau tanpa terkendala oleh beban kipas ataupun harus mencopotnya dulu dan menginstalasinya lagi di ruangan lain. Meski banyak menyimpan keunggulan, sebaiknya kipas angin duduk dihindari oleh Anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak yang masih kecil, apalagi usianya masih bayi.

Tangan anak terkadang suka iseng saat berada di dekat kipas duduk. Tak jarang mereka memasukkan jarinya melalui front guard karena didorong rasa penasaran. Baling-baling yang sedang berputar ini akan melukai tangannya, meskipun blade kipas terbuat dari plastik. Jika Anda tetap menginginkan floor fan, maka carilah yang dilengkapi kaki sehingga Anda bisa mengubahnya menjadi standing fan agar tak mudah dijangkau anak Anda.

Perhatikan Jumlah dan Diameter Baling-baling

Perhatikan Jumlah Baling baling dan Diameter Kipas

Performa angin yang dihembuskan oleh kipas dapat dipengaruhi dengan jumlah dan ketebalan dari baling-baling yang digunakan. Secara teori, semakin banyak baling-baling, maka temperatur angin yang dihasilkan semakin rendah. Ini berarti, ruangan Anda bisa lebih sejuk. Bahkan, pada kipas pendingin komputer misalnya, jumlah baling-baling yang dipakai bisa mencapai 7 – 8 buah, sehingga processor tetap dingin saat bekerja.

Beralih pada kipas angin yang biasa dipergunakan sehari-hari, produk kipas dengan 4 baling-baling akan terasa lebih sejuk dibandingkan produk lain yang memakai 3 baling-baling saja. Selain jumlah baling-baling, faktor lain yang penting diperhatikan adalah diameter dan kapasitas motor atau mesin yang dipakai.

Sebagai contoh, kipas angin dengan 3 baling-baling dan berdiameter 16 inci akan lebih kencang hembusan anginnya dibandingkan kipas angin dengan 3 baling-baling dan berdiameter 8 inci. Akan tetapi, kecepatan putar motor juga berpengaruh. Misal, pada kipas 8 inci yang memakai daya listrik 50 watt akan lebih terasa kesejukannya daripada kipas 16 inci dengan jumlah baling-baling sama namun motornya mengambil daya listrik sebesar 30 watt saja.

Pertimbangkan Memilih Kipas Angin Portable Tanpa Kabel

Pertimbangkan Memilih Kipas Angin Portable Tanpa Kabel

Kipas angin bukan hanya tersedia dalam bentuk kabel (wired), melainkan yang wireless alias tanpa kabel juga ada. Kipas jenis portable ini mempunyai banyak kelebihan. Saat terjadi pemadaman listirk misalnya, tentu satu ruangan akan terasa gerah, apalagi saat siang hari. Dengan adanya kipas angin portable yang bagus tanpa kabel, Anda bisa tetap merasakan kesejukan berkat energi yang tersimpan dalam baterai di dalam kipas.

Jenis baterai yang digunakan juga bukan seperti baterai batangan yang biasa digunakan pada remote TV atau mouse wireless. Daya tampung energi dari baterai lebih besar sehingga kipas bisa beroperasi dalam waktu cukup lama saat kondisi genting, seperti mati lampu tadi. Dengan kipas ini, Anda juga tak akan terganggu dengan keberadaan kabel yang harus dicolokkan ke stopkontak.

Pilih Kipas Angin Dengan Daya dan Voltase Rendah

Pilih Kipas Angin Dengan Daya dan Voltase Rendah

Agar biaya pemakaian listrik Anda tidak begitu besar, maka pilihlah kipas angin yang tidak berlebihan dalam mengonsumsi listrik, namun tetap berperforma baik dalam menyejukkan ruangan. Sejumlah produsen, dari Jepang misalnya, sudah banyak menghadirkan kipas angin kencang yang tidak memakai banyak listrik. Dengan begini, Anda juga bisa menghemat anggaran bulanan walaupun menambahkan elektronik baru di dalam rumah.

Pertimbangkan Kipas yang Memiliki Fitur-fitur Ini

Pertimbangkan Kipas yang Memiliki Fitur fitur Ini

Persaingan yang begitu ketat menuntut setiap produsen menghadirkan kipas angin dengan klaim yang saling mengunggulkan. Agar Anda bisa merasakan segala kelebihan yang ditawarkan, kami sarankan Anda memilih salah satu produk yang mengantongi fitur-fitur seperti berikut:

  • Timer. Fitur ini berguna untuk mematikan kipas dalam interval waktu yang telah ditentukan. Jika Anda tak ingin masuk angin akibat terpapar oleh kiriman udara dari kipas yang intens, maka timer dari kipas angin bisa menghindari Anda dari masuk angin. Fitur ini juga berguna untuk Anda yang suka kelupaan untuk mematikan kipas sebelum pergi keluar rumah atau ruangan lain.
  • Thermofuse. Mesin kipas yang terus berputar dapat menyebabkan over-heat sehingga ruangan Anda, yang seharusnya menjadi sejuk setelah dikipasi, justru menjadi semakin gerah dan panas karena hal motor yang over-heat. Karena itu, utamakan kipas angin dengan thermofuse safety yang dapat mencegah dan mengamankan mesin kipas dari over-heating.
  • Suara Motor Senyap/Halus. Mungkin perlu mengeluarkan anggaran lebih untuk bisa memiliki kipas angin dengan fitur ini. Meski demikian, Anda bisa terhindar dari gangguan suara motor kipas yang berisik. Suara dengung yang mengganggu tak akan Anda dengarkan lagi. Ini tentu akan memberikan kenyamanan pada Anda, terlebih saat tidur.

 

10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik

Berikutnya, kami akan memperkenalkan merek kipas angin terbaik yang dapat Anda beli. Silakan Anda datangi toko barang-barang elektronik terdekat, biasanya mereka akan menjual kipas angin bagus dengan brand-brand ternama seperti dalam daftar ini. Selamat memilih!

1. Miyako Desk Fan KAD-927B

Miyako Desk Fan KAD 927B

Kisaran harga: Rp164.000

Pilihan ideal untuk Anda yang membutuhkan kipas murah dan hemat energi!

Bagi Anda yang mencari kipas angin hemat listrik, tentu Miyako Desk Fan KAD-927B ini wajib dimiliki. Kipas ini bekerja pada dua kecepatan berbeda dengan memangkas daya listrik sebesar 30 watt saja. Selain hemat energi, kipas ini juga bisa Anda tempatkan bukan hanya di meja, melainkan di dinding juga bisa. Benar sekali, kipas angin Miyako ini menyediakan lubang pada bagian bawah untuk dikaitkan ke tembok ruangan.

Anda dapat menggunakan kipas ini dalam waktu lama tanpa takut menyebabkan motor rusak. Hal ini dapat terjadi karena Miyako melengkapi teknologi thermofuse pada mesin kipas sehingga aman dari risiko over-heating. Suara motor dari kipas ini juga halus dan tidak berisik, Anda bisa tidur lebih nyenyak dengan hembusan udara sejuk dari kipas angin awet Miyako satu ini.

2. Sekai HFN-1050 Velocity Fan

Sekai HFN 1050 Velocity Fan

Kisaran harga: Rp184.000

Telah memiliki sertifikat ISO yang menjamin standar keamanannya

Sewaktu banyak tamu yang berkunjung ke rumah, Anda tentu ingin membuat mereka betah dan nyaman. Sekai HFN-1050 Velocity Fan dapat Anda beli sebagai elektronik yang akan memastikan setiap tamu tidak merasa gerah saat ada di rumah Anda. Kipas angin murah yang telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 ini dirancang khusus untuk menghasilkan angin yang lebih kencang.

Komponen rangka dari kipas ini terbuat dari besi dan baling-balingnya berasal dari alumunium dengan ketebalan yang ideal. Meski terbuat dari komponen berbahan padat, kipas angin buatan Indonesia satu ini tetap ringan. Berat dari kipas ini hanya 1,93 kg. Baling-baling dari Sekai HFN-1050 juga mampu berputar kencang tanpa menimbulkan suara bising. Produk ini dilengkapi dengan sekring pengaman panas berlebih.

3. Cosmos 16SDB Stand Fan

Cosmos 16SDB Stand Fan

Kisaran harga: Rp248.000

Fitur 3 tombol pengatur kecepatan untuk aktivitas dan tidur lebih nyaman

Setiap sudut ruangan di dalam rumah Anda akan terasa sejuk apabila terdapat kipas angin besar ini. Cosmos 16SDB merupakan kipas angin berdiri yang bukan hanya bisa diinstalasi di lantai, melainkan sebagai kipas dinding juga bisa. Anda hanya perlu melepas bagian tengah kipas untuk diubah menjadi wall fan.

Cosmos menyematkan tiga tombol pengatur kecepatan angin, mulai dari normal, auto, dan sleep yang dapat diatur sesuai kebutuhan dan luas ruangan. Komponen mesin dari kipas ini mampu menghasilkan angin kencang tanpa khawatir timbul suara berisik. Kipas angin yang tidak berisik dari Cosmos dapat beroperasi dengan mengonsumsi daya listrik sebesar 50 watt.

4. Cosmos 16 WFO Wall Fan

Cosmos 16 WFO Wall Fan

Kisaran harga: Rp243.000

Ukuran cukup besar untuk angin lebih kencang tanpa membuat boros listrik!

Ruangan kamar Anda yang sempit akan terbebas dari temperatur rendah setelah membeli Cosmos 16 WFO Wall Fan. Kipas angin dinding berkualitas persembahan Cosmos ini akan senantiasa menyejukkan kamar tidur Anda. Dengan model ringkas, Anda bisa lebih mudah saat menginstalasinya. Desain minimalis pada kipas ini juga bisa menyatu dengan segala konsep interior kamar.

Kipas angin terbaik dari Cosmos ini berukuran 16 inch. Tergolong hemat listrik karena hanya memerlukan listrik berdaya 45 watt agar bisa mempekerjakan motornya. Mesin dari kipas ini juga tidak berisik sehingga kualitas tidur Anda akan lebih baik. Cosmos 16 WFO Wall Fan juga bisa mencegah Anda dari masuk angin karena menyediakan 3 mode kecepatan yang bisa diatur sesuai kemauan.

5. Sekai IST-1851 3 in 1 Fan

Sekai IST 1851 3 in 1 Fan

Kisaran harga: Rp330.000

Mau dijadikan kipas berdiri, dinding, ataupun meja? Semua bisa!

Sekai selalu mengutamakan mutu dari setiap produk keluarannya. Tak heran kalau IST-1851 3 in 1 Fan, kipas angin multifungsi keluarannya ini menjadi unggulan dan begitu laris di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memakai kipas angin berkualitas terbaik, maka kami menyarankan produk satu ini. Kipas ini bisa Anda instalasi sebagai kipas berdiri, dinding, maupun kipas meja.

Sekai ISG-1851 3 in 1 Fan dilengkapi dengan baling-baling berukuran 18 inci untuk menciptakan hembusan angin yang lebih besar. Anda tak perlu cemas akan kedinginan saat terpapar lama dengan kipas ini karena Sekai telah menyematkan 3 switch kecepatan yang bisa Anda atur sendiri berdasarkan suhu default dari ruangan.

6. Miyako KAD-1227 B Desk Fan

Miyako KAD 1227 B Desk Fan

Kisaran harga: Rp187.000

Motor bertenaga besar dengan 3 volume kecepatan yang bisa disesuaikan

Sirkulasi udara di dalam ruangan rumah Anda akan tetap sejuk pada cuaca panas jika ditemani oleh Miyako KAD-1227 B. Walau secara fisik kipas angin meja ini tampak sebagai kipas meja, Miyako menyematkan fitur lain yang mana menjadikannya bisa dikaitkan ke dinding ruangan.

Kipas angin ini dimotori oleh kecepatan yang dapat diatur hingga 3 pilihan. Miyako merancang alat penyejuk ini dengan ukuran 12 inci. Kipas ini dilengkapi dengan lampu darurat LED. Untuk sumber tenaganya sendiri, Miyako KAD-1227 B hanya memerlukan 35 watt dan tegangan sebesar 220 V atau 50 Hz.

7. Cosmos 16 WFCR Wall Fan

Cosmos 16 WFCR Wall Fan

Kisaran harga: Rp387.000

Baling-baling berukuran besar untuk menjangkau lebih banyak area pada ruangan yang luas

Jika Anda membutuhkan kipas angin berukuran besar yang dapat menjangkau lebih banyak area di dalam ruangan, kami sarankan kipas dinding dari Cosmos ini. Produk ini mempunyai baling-baling sebesar 16 inci yang ditanamkan teknologi Super Spread untuk mengirimkan angin lebih besar dan segar.

Kipas ini sangat cocok Anda pasang di dinding samping ruang tamu. Saat banyak orang yang mengumpul, kipas ini akan bekerja dengan baik untuk menjamin kenyamanan setiap orang. Kipas angin merek Cosmos ini memiliki fitur timer mulai ½ sampai 7 ½ jam. Bicara mengenai daya listrik yang dibutuhkan, kipas ini dapat berputar kencang dengan memakan daya sebesar 46 watt.

8. Maspion Box Fan JF-1221

Maspion Box Fan JF 1221

Kisaran harga: Rp375.000

Rasakan kesejukan meski tengah terjadi pemadaman listrik

Pada saat listrik di rumah padam, Anda yang terbiasa hidup dengan alat penyejuk tentu akan terganggu akibat tubuh yang gerah dan ruangan menjadi panas. Jika Anda tak ingin mengalami masalah semacam ini, kami menyarankan Anda membeli Maspion Box Fan JF-1221. Ini adalah kipas angin kecil dengan tenaga baterai yang bersifat portabel alias mudah dipindahkan.

Di bagian sisi kipas angin portable sampai ke atas terdapat semacam pegangan yang memungkinkan Anda memindahkan kipas ini kemana pun Anda mau. Hanya dengan mengisi penuh baterai kipas, Anda bisa menjadikan alat ini sebagai penyelamat ketika terjadi pemadaman listrik. Apabila baterai terisi penuh, kipas angin charger atau casan ini mampu menyala hingga 5 jam lamanya.

9. Turbo Wall Fan CFR 5889

Turbo Wall Fan CFR 5889

Kisaran harga: Rp263.000

Kipas dinding dengan double blade berangin kencang tanpa menimbulkan kebisingan

Turbo cukup inovatif dalam merancang produk satu ini. Baling-baling kipas yang dibuat double alias bertumpuk dinilai lebih baik dalam mengalirkan udara secara lebih merata ke sisi tengah dan samping ruangan. Fitur yang dinamai Double Blade oleh Turbo pada kipas angin dinding terbagus ini berputar dengan motor yang powerful dan bertenaga tinggi.

Kipas angin dingin ini tidak berisik saat beroperasi, Anda tak akan terusik kenyamanannya saat tidur atau menikmati momen santai di dalam rumah. Produk inii terbuat dari plastik berkualitas yang kokoh. Berat dari kipas angin ini 2,1 kg. Selain bisa dijadikan kipas dinding, Turbo Wall Fan CFR 5889 juga ideal untuk diubah menjadi wall fan maupun standing fan.

10. Regency Tornado Fan Deluxe DLX 16

Regency Tornado Fan Deluxe DLX 16

Kisaran harga: Rp460.000

Kerangka dari material besi dan baling-baling stainless steel untuk menjamin keawetan lebih lama

Kipas ini terbuat dari material besi yang kokoh untuk menjamin daya tahan yang lebih lama. Regency menerapkan motor atau dinamo mesin yang terbuat dari tembaga murni. Anda bisa mengatur kecepatan putar baling-baling dari kipas angin ini hingga 3 pilihan. Untuk baling-balingnya sendiri, kipas ini terbuat dari stainless steel yang tipis namun dapat menghasilkan angin super kencang.

Kipas angin besi yang bagus ini dirancang sebagai kipas meja atau kipas duduk. Agar bisa berdiri tegak, Regency memasangkan kaki stand yang terbuat dari besi dimana bagian bawahnya ditempelkan karet kaki sehingga tidak mudah bergeser dan menimbulkan goresan pada lantai. Kipas angin ini dapat di arahkan hingga 90 derajat sampai ke langit-langit. Namun perlu diingat, kipas ini tidak mempunyai fitur swing.

Kesimpulan

Dari sekian banyak pilihan kipas angin terbaik, apakah Anda sudah menemukan yang paling tepat dengan kebutuhan Anda? Kami harap sudah, ya! Kehadiran kipas angin di rumah memang cukup vital mengingat kondisi cuaca di Indonesia yang kerap panas. Dengan memiliki kipas angin sendiri, Anda bukan hanya dibuat nyaman oleh angin segar yang dikeluarkan, melainkan bisa juga menjaga stabilitas sirkulasi udara di dalam ruangan.