10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik

Diposting pada

Bedak bayi telah banyak digunakan oleh para orangtua untuk berbagai kebutuhan si kecil, salah satunya mencegah ruam dan kulit gatal pada area-area tertentu. Meskipun bedak bayi mempunyai sejumlah manfaat untuk bayi, sebenarnya para dokter kurang menyarankan penggunaan bedak untuk anak yang masih berusia dini. Hal ini dikarenakan sebagian bedak (talcum powder) mengandung partikel bubuk yang berbahaya apabila terhirup oleh hidung bayi.

Namun apabila penggunaan bedak bayi dilakukan dengan benar, maka risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan semakin kecil. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat ingin menggunakan bedak bayi adalah menempatkan si kecil pada area yang kering. Hindari penggunaan di area-area genital karena akan menyumbat pori-pori. Selain itu, matikan juga kipas angin atau tutup jendela dan pintu semisal angin sedang kencang.

Lebih baik saat memakai bedak bayi tidak menggunakan sponge dan hindari area pemakaian di sekitaran hidung. Anda juga disarankan menggunakan bedak yang talc free, menyesuaikan pH bedak denagn kulit bayi, dan utamakan memilih bedak yang berbahan zaitun. Jika Anda ingin mencari bedak bayi terbaik, pada kesempatan ini Rekomendasiterbaik.id akan membantu Anda memilih produk yang tepat. Selamat memilih!

1. Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic

Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic

Kisaran harga: Rp34.000

Salah satu ciri bedak bayi yang bagus adalah mengantongi label hypoallergenic. Produk semacam ini aman untuk bayi karena sifat kulit bayi yang sangat sensitif terhadap produk kosmetik yang digunakan. Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic adalah bedak bayi berbentuk padat yang mempunyai karakteristik hypoallergenic. Anda bisa menggunakan bedak ini untuk mencegah ruam kulit dan biang keringat pada kulit bayi.

Bedak padat untuk bayi persembahan Pigeon ini dibuat khusus untuk kebutuhan kulit si kecil. Di dalamnya terdapat kandungan squalene yang akan bekerja menjaga kelembaban dan kelembutan kulit bayi. Dikarenakan berjenis bedak padat, Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan jenis bedak padat tabur. Produk ini mudah digunakan pada area-area lipatan untuk mencegah timbulnya keringat.

2. Zwitsal Baby Powder Classic Soft Floral

Zwitsal Baby Powder Classic Soft Floral

Kisaran harga: Rp18.000

Jaga kulit si kecil tetap lembut dan wangi dengan Zwitsal Baby Powder Classic Soft Floral. Produk yang sudah beredar sangat lama di Indonesia ini menjadi salah satu bedak terbaik untuk bayi yang bisa Anda pilih. Zwitsal Baby merancang bedak ini dengan perpaduan kehaduran bunga Lilac, bunga Violet, dan Vanilla yang tahan lama. Aroma yang diciptakan pun akan menempel pada kulit bayi yang aktif sepanjang hari.

Zwitsal Baby Powder Classic Soft Floral juga dibekali dengan kandungan Canola Oil yang bekerja sebagai pemberi nutrisi dan kelembutan terhadap kulit bayi. Sama seperti bedak bayi merek Pigeon, produk ini juga sudah teruji hypoallergenic sehingga aman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif sekalipun. Selain baik dan aman untuk bayi, bedak bayi dari Zwitsal ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Mothercare All We Know Baby Liquid Talc

Mothercare All We Know Baby Liquid Talc

Kisaran harga: Rp135.000

Apabila Anda menginginkan bedak bayi yang sudah terjamin keamanannya, kami sarankan Anda membeli Mothercare All We Know Baby Liquid Talc. Sesuai dengan namanya, ini adalah produk bedak bayi dalam bentuk cair (liquid talc). Tekstur yang dimiliki oleh produk ini seperti lotion yang bisa dengan mudah dioleskan pada kulit. Setelah diusapkan, losion tersebut akan mengering dan berubah menjadi bedak yang mengeluarkan aroma wangi.

Mothercare juga menjamin kalau produk ini aman bagi kulit sensitif karena sudah teruji secara dermatologis dan bersifat hypoallergenic. Bahan alami seperti olive oil yang menjadi kandungan utama dalam bedak bayi terbaik ini akan membantu melembabkan kulit. Tak hanya itu, Mothercare juga menggandeng kandungan lain berupa ekstrak chamomile yang bisa membantu menenangkan kulit yang iritasi. Produk ini juga bebas kandungan paraben sehingga aman digunakan bahkan untuk bayi yang baru lahir sekalipun!

4. Caladine Powder

Caladine Powder

Kisaran harga: Rp13.000

Caladine Powder adalah bedak yang bukan hanya cocok dipakai untuk bayi, tapi juga seluruh anggota keluarga. Produk ini dirancang khusus untuk keperluan mengatasi kulit yang gatal akibat biang keringat yang mengganggu kenyamanan. Rasa gatal yang timbul akibat gigitan serangga, alergi, hingga biduran juga bisa diatasi dengan menggunakan bedak ini. Bahan utama yang tersimpan di dalam bedak bayi untuk biang keringat ini antara lain calamine, champora, zinc oxide, mentol, dan parfum.

Bedak untuk bayi gatal yang mudah ditemukan di apotek, supermarket, minimarket, dan bahkan warung-warung kelontong dekat rumah ini sudah lama menjadi pilihan banyak keluarga. Tak sedikit orang yang dari usia kecil hingga dewasa yang mempercayakan penanganan kulit gatal dengan Caladine Powder. Anda bisa menjadikan bedak untuk bayi alergi ini sebagai andalan ketika si kecil ataupun anggota keluarga lain ditimpa gatal-gatal karena keringat.

5. Purol Poeder

Purol Poeder

Kisaran harga: Rp125.000

Purol adalah salah satu brand asal Negeri Kincir “Belanda” yang turut mengeluarkan jajaran produk bedak bayi. Merek terkenal satu ini sudah akrab oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 80-an. Purol Poeder adalah nama bedak yang diusung dimana dulunya dikemas dalam bentuk kalengan dan sekarang sudah dimodifikasi sehingga mampu bersaing dengan produk-produk serupa dari brand lainnya.

Purol Poeder sendiri merupakan jenis bedak untuk bayi yang aman berbentuk tabur. Bedak ini mempunyai tugas utama untuk membunuh bakteri dan kuman yang sekaligus memberikan efek menenangkan bagi kulit. Produk satu ini bukan hanya bisa digunakan oleh kulit anak bayi, melainkan kulit orang dewasa juga bisa. Dengan aroma bedak yang netral, pada kulit orang dewasa tak menimbulkan kesan seperti aroma bayi.

6. Bambi Baby Prickly Powder Heat

Bambi Baby Prickly Powder Heat

Kisaran harga: Rp45.000

Bedak bayi terbaik yang juga tak kalah terkenal dengan brand-brand lokal lainnya adalah Bambi Baby Prickly Powder Heat. Dibuat dengan cara kerja utama untuk mencegah kulit yang gatal akibat biang keringat, bedak ini akan mencegah si kecil mengalami rewel. Bambi merancang bedak ini dengan mempedulikan nilai keamanannya. Hal tersebut bisa dilihat dari klaimnya yang baik digunakan bahkan untuk bayi yang baru lahir.

Bambi Baby Prickly Powder Heat sendiri dikemas dengan sejumlah kandungan Anti Irritant Complex, yakni Pro-Vitamin B5, liqorice, dan minyak chamomile. Di samping itu, bedak bayi dari Bambi ini juga bisa meredakan kulit yang kemerahan, timbul bercak putih, dan kulit kasar dikarenakan iritasi ringan. Semua kemampuan tersebut hadir berkat adanya kandungan zinc oxide di dalamnya. Pemakaian bedak untuk bayi baru lahir Bambi juga akan membuat kulit lebih sejuk.

7. Konicare Bedak Biang Keringat

Konicare Bedak Biang Keringat

Kisaran harga: Rp15.500

Tentu Anda sudah bisa menebak kegunaan utama dari bedak bayi anti biang keringat satu ini. Benar sekali, Konicare Bedak Biang Keringat adalah bedak yang dibuat khusus untuk perawatan mencegah gatal akibat biang keringat dan gangguan kulit lainnya. Bahan-bahan utama yang digunakan untuk menyusun bedak ini antara lain Calamine, Zinc Oxide, Allantoin, Vitamin E, Zinc Stearate, Magnesium Carbonat, Talc, dan Parfum.

Konicare Bedak Biang Keringat bisa digunakan setelah si kecil mandi pada area-area lipatan atau daerah yang rentan terhadap biang keringat. Kandungan di dalamnya akan bekerja dengan baik untuk menyerap keringat. Selain bisa mengurangi rasa gatal yang timbul, Konicare juga mengklaim kalau produk buatannya ini dapat membantu mengurangi iritasi ringan seperti ruam popok.

8. Burt’s Bees Baby Dusting Powder

Burts Bees Baby Dusting Powder

Kisaran harga: Rp175.000

Jika Anda menginginkan bedak yang aman untuk bayi, maka gunakan Burt’s Bees Baby Dusting Powder. Bedak bayi terbaik ini diklaim aman karena tidak terdapat talc di dalamnya (talc free). Dengan bebasnya kandungan talc, maka bedak ini tidak akan membawa dampak negatif akibat terhirup oleh saluran pernapasan dan masuk ke dalam paru-paru si kecil. Selain itu, bedak ini juga terbuat dari bahan dasar jagung (cornstarch) yang lebih ramah terhadap kulit bayi tanpa menimbulkan iritasi.

Dikarenakan terbuat dari cornstarch, Burt’s Bees Baby Dusting Powder mempunyai tekstur bedak berupa serbuk yang cukup kasar dan berat. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir bedak akan dengan mudahnya terhirup oleh hidung si kecil dan menjadi penyakit yang mengerikan di kemudian hari. Bedak bayi yang tidak mengandung talc ini juga tergolong aman karena bebas kandungan sulfates, parabens, phthalates, dan petrochemicals.

9. Biolane Talc Liquide

Biolane Talc Liquide

Kisaran harga: Rp200.000

Area-area pada kulit bayi yang rawan terhadap keringat antara lain leher, kaki, bawah ketiak, dan selangkangan. Apabila pada daerah tersebut terkena masalah seperti biang keringat, kemerahan, dan bahkan iritasi maka tak jarang si kecil akan rewel karena merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sebagai orangtua yang baik, Anda perlu mencegahnya dengan memakai Biolane Talc Liquide.

Biolane Talc Liquide adalah bedak bayi yang diformulasikan dengan bentuk cair sehingga lebih aman saat bersentuhan dengan kulit bayi. Formula yang ringan tersebut akan bekerja dengan maksimal untuk melindungi semua area lipatan yang rentan terhadap kemerahan, iritasi, dan lembab. Bedak bayi ini sudah teruji aman karena bebas kandungan paraben. Bukan cuma itu, produk ini juga sudah dibekali dengan formula bernama hydra-bleine yang akan membantu melembutkan kulit bayi Anda.

10. My Baby Powder Soft & Gentle

My Baby Powder Soft Gentle

Kisaran harga: Rp18.000

My Baby Powder Soft & Gentle merupakan produk yang mempunyai bentuk serbuk sangat halus sehingga tidak akan mudah menggumpal dan menyebabkan cemong pada kulit, terutama area wajah. Bedak bayi yang dijual dengan harga murah ini mempunyai tekstur bubuk halus berwarna putih dengan aroma yang wangi. Selain wangi, bedak dari My Baby juga akan menjaga kulit bayi tetap kering dan bebas dari biang keringat.

Bedak satu ini sangat cocok dipakai oleh bayi yang mempunyai kondisi kulit kering. Alasannya, My Baby Powder Soft & Gentle sudah dibekali dengan kandungan bernama chamomile oil yang akan memberikan kelembaban alami pada kulit si kecil. Tak hanya itu, bedak bayi satu ini juga bisa mencegah terjadinya iritasi ringan pada kulit bayi.

Itulah ke-10 pilihan bedak bayi terbaik yang bisa Anda gunakan. Bagi Anda yang berstatus “ibu baru”, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara penggunaan bedak yang tepat untuk bayi. Sebab meskipun punya beberapa fungsi yang baik seperti mencegah ruam akibat pemakaian popok, tak sedikit dokter yang menyarankan para orangtua untuk mengurangi pemakaian bedak bayi demi mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi.