10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik

Diposting pada

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap elektronik pendingin ruangan atau AC (air conditioner) sangatlah tinggi. Kehadiran AC di dalam ruangan akan menghadirkan suasana dingin yang berujung pada kenyamanan dalam aktivitas harian. Bagi Anda yang selalu kesal karena kondisi ruangan gerah akibat cuaca yang panas, maka sudah sepatutnya Anda memiliki sebuah AC untuk dipasang di rumah.

Sharp, Samsung, Daikin, dan Panasonic menjadi merek AC terbaik yang banyak ditemui produknya di Indonesia. Anda bisa menyiapkan bujet sekitar 2 – 5 jutaan untuk bisa membeli salah satu di antara AC yang disediakan oleh masing-masing produk. Tapi, apakah Anda telah mengetahui manakah produk yang paling tepat untuk Anda? Silakan Anda simak ulasan kami satu ini hingga akhir jika Anda masih bingung harus memilih AC dari produsen mana.

10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik

AC bukan hanya berperan sebagai pendingin ruangan, tetapi penggunaan AC yang tepat dapat mengatasi heatstroke, gangguan tidur, mencegah gangguan pernapasan, dan menjaga suhu ruang bagi Anda yang memiliki bayi. Kami akan tampilkan merek AC terbaik yang dapat Anda pilih. Mari berburu AC untuk kamar, ruang tamu atau bahkan ruangan kantor Anda!

1. Sharp AH-A5UCY

Sharp AH A5UCY

Kisaran harga: Rp2.400.000

Dapat memberitahu Anda saat terdapat kondisi abnormal dari segi instalasi maupun komponen

AC bagus Sharp Split AH-A5UCY merupakan produk ideal bagi Anda yang mendambakan suhu ruangan dingin dengan beban biaya listrik yang rendah. Produk persembahan produsen asal Tokyo, Jepang ini akan memanjakan Anda. Hadir bersama fitur Turbo Cooling, AC terbagus dari Sharp satu ini dapat mendinginkan ruangan hingga suhu yang Anda ingin dalam waktu lebih singkat.

Sharp mengandalkan Freon R32 sebagai bahan pendingin yang mana diklaim bahwa tipe freon tersebut dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan terhadap global warming. Sharp melengkapi AC terbaik ini dengan Self Diagnosis System yang akan berkedip sebagai tanda terdapatnya keadaan tidak normal atau performa kurang baik pada AC. Pendingin ruangan ini juga termasuk hemat energi karena hanya memakai daya sebesar 350 W.

Jumlah PK (Paard Kracht)½ PK
Daya listrik350 watt
FiturTurbo Cooling, Self Diagnosis, dan X-Fan Function

 

2. Samsung AR05KRFLAW

Samsung AR05KRFLAW

Kisaran harga: Rp2.600.000

Hidupkan mode Fast Cool, ruangan langsung dingin seketika!

Bagian filter yang dapat dilepas pasang dengan mudah menjadikan AC Samsung satu ini ramai digunakan oleh keluarga Indonesia. Ketika pemasangan atau instalasi, Samsung AR05KRFLAW akan mendiagnosa hasil pemasangan untuk menginformasikan apakah AC telah terpasang dengan sempurna. Pendeteksian terhadap integritas pipa udara dan refrigeran juga dapat terjadi secara otomatis sewaktu Anda pertama kali menghidupkan AC.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan suhu ruangan rendah dalam waktu lebih singkat, Anda hanya perlu menghidupkan mode Fast Cool untuk mewujudkannya. Saat ruangan telah dingin sebagaimana Anda inginkan. AC merek Samsung ini akan mengubah secara otomatis ke mode Comfort Cool untuk mempertahankan suhunya. Triple Protector yang turut disematkan menjadikan AC ini dapat mencegah kompresor dan controller dari beban aliran listrik berlebihan.

Jumlah PK (Paard Kracht)½ PK
Daya listrik400 watt
FiturSingle User Mode, Fan Mode, Fast Cool, Good Sleep, Dehumidification, Full HD Filter, dan Smart Installation

 

3. Sharp AH-A9UCY

Sharp AH A9UCY

Kisaran harga: Rp3.000.000

Memakai Freon R32 yang tidak menghasilkan CFC (chlorofluorocarbon) dan HCFC (hydrochlorofluorocarbon). Jaga bumi tetap ramah huni!

Apakah Anda memerlukan AC paling dingin untuk ruang tamu yang cukup besar? Sharp menghadirkannya! Elektronik pendingin ruangan satu ini dapat Anda pasang pada ruang tamu sebagai tempat berkumpul keluarga atau kerabat dekat selagi ada acara. Pada seri ini tidak terdapat perbedaan yang jauh dari segi teknologi yang digunakan dengan seri AH-A5UCY.

Sharp menerapkan Freon R32 yang telah teruji bebas kandungan bahan yang bisa merusak lapisan ozon. Teknologi pendingin Turbo Cool yang ditanamkan pada kipas unit indoor menjadikan AC terbaik satu ini bekerja dengan kecepatan maksimum untuk menciptakan ruangan yang sejuk dan dingin lebih cepat. X-Fan Function di dalamnya akan tetap beroperasi untuk meniupkan sisa air di dalam saluran udara sewaktu AC dimatikan.

Jumlah PK (Paard Kracht)1 PK
Daya listrik750 watt
FiturR32 Eco New Refrigerant, Turbo Cooling, Self Diagnosis System, dan X-Fan Function

 

4. Daikin FTNE-35MV

Daikin FTNE 35MV

Kisaran harga: Rp4.850.000

Satu produk untuk 2 ruangan kamar di rumah Anda

Bila Anda mencari AC yang dapat dipakai untuk 2 ruangan kamar dengan efek dingin yang maksimal, tentu AC dari Daikin ini patut dipertimbangkan. Jumlah PK mencapai 1 ½ PK menjadikan AC ini dapat menghembuskan udara dingin hingga ke sudut kedua ruangan kamar di rumah Anda. Biasanya AC ini diinstalasi pada sekat tembok yang telah didesain berlubang yang sengaja dibuat sehingga muat untuk dimasukkan AC.

Selain untuk ruangan ganda, AC buatan Jepang ini juga dapat dipasang pada kantor Anda. Adanya Saringan Pemurni Udara menjadikan produk ini lebih fungsional dalam urusan menghilangkan bakteri serta mengusir partikel mikroskopis yang terjebak di udara. Daikin melengkapi AC bagus dan awet ini dengan Sirip Penukar Panas berlapiskan resin akrilik tipis untuk menghasilkan sirip yang tahan hujan dan korosi asam pada unit oudoor-nya. Dengan demikian, produk ini tergolong sebagai AC yang anti karat akibat sering terkena tetesan atau cipratan air.

Jumlah PK (Paard Kracht)1 ½ PK
Daya listrik933 watt
FiturTidak diketahui

 

5. Daikin FTV15BXV14

Daikin FTV15BXV14

Kisaran harga: Rp3.150.000

Mode hening untuk mengurangi kebisingan hingga 25 dB menjadikannya tidak berisik saat beroperasi!

AC best seller dari Daikin satu ini memiliki tampilan fisik yang elegan sehingga dapat menjadikan interior kamar atau ruangan tamu Anda lebih stylish. Jika Anda memerlukan AC yang tidak berisik atau minim kebisingan, Daikin FTV15BXV14 ini patut dipertimbangkan. Pasalnya, AC ini dibekali model hening yang secara otomatis dapat menurunkan kebisingan hingga 25 dB sehingga tidak timbul dengung suara mesin yang mengganggu.

Kelebihan lain dari AC bagus dan awet ini terletak pada mode Turbo Cooling yang dapat mencapai suhu yang ditentukan hanya dalam waktu 20 menit. Pendingin udara satu ini disertai layar LCD 40 mm yang menonjol untuk menunjukkan informasi suhu dan jam yang sesuai. Daikin menyertakan remote dengan tombol khusus untuk mengatur mode Hening dan Turbo yang akan memberikan Anda kontrol penuh terhadap AC.

Jumlah PK (Paard Kracht)¾ PK
Daya listrik580 watt
FiturMode Turbo Cooling, Mode Hening, dan Restart Acak Otomatis

 

6. Toshiba RAS-05BKS-ID

Toshiba RAS 05BKS ID

Kisaran harga: Rp2.850.000

Keterangan Hemat Energi 4 Bintang untuk Anda yang ingin terhindar dari tagihan listrik membengkak

Label hemat energi bintang 4 yang tercantum dalam badan produk menjadikan AC ini cocok untuk Anda yang tak ingin dikejutkan oleh tagihan listrik yang membengkak. Toshiba merancang AC terbaik ini dengan tingkat efisiensi pemakaian listrik paling tinggi. Berkat fitur hemat listrik ini, Anda pun bisa lebih tenang saat menghidupakn AC dalam jangka waktu lama.

Toshiba melengkapi elektronik ini dengan double filter yang didesain untuk menciptakan kualitas udara lebih baik, bebas debu, dan partikel kotoran lainnya. Pendingin ruangan ini dapat diakses dengan mode Turbo Cooling untuk menghasilkan ruangan yang dingin dalam waktu singkat. Tambahan fitur Silence Function menjadikan komponen dalam AC paling hemat listrik ini bekerja cepat tanpa menimbulkan suara hembusan angin yang tidak nyaman.

Jumlah PK (Paard Kracht)½ PK
Daya listrik390 watt
FiturGolden Fin, High Density Filter, Turbo/Silence Function, 2 Ways Draining Connection, Louver Position Memory Function, dan Sleep Mode

 

7. AUX ASW-09B4FOR1

AUX ASW 09B4FOR1

Kisaran harga: Rp2.760.000

Mampu hidup sendiri beberapa saat setelah listrik yang padam kembali hidup

Berdimensi 85 x 19 x 30 cm, AC cepat dingin ini begitu ideal dipasangkan pada dinding rumah Anda. Ukurannya yang kecil tak membuat produk ini berperforma lemah. AUX menyediakan sejumlah fitur untuk menjamin keamanan setiap penghuni rumah. Seperti Double Mute System, fitur ini akan meminimalisir suara yang ditimbulkan saat AC menyala. Anda bisa tidur lebih nyenyak tanpa diganggu oleh suara AC yang berisik.

AUX ASW-09B4FOR1 dapat hidup kembali sesaat setelah listrik yang padam kembali hidup. Teknologi bernama Auto Restart yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Selain itu, evaporator dan kondensor pada AC China terbaik merek AUX ini menggunakan lapisan Golden Hydrophilic Alumunium Foil yang menjadikan kedua komponen tersebut anti karat dan anti jamur.

Jumlah PK (Paard Kracht)1 PK
Daya listrik680 watt
FiturGolden Fin, Auto Restart, dan Double Mute System

 

8. Panasonic CS-XN5TKJ

Panasonic CS XN5TKJ

Kisaran harga: Rp3.948.000

Sistem pengalir udara dua arah, ruangan Anda sejuk dan dingin lebih optimal

Teknologi Twinflap Aerowings yang dilengkapi 2 motor memungkinkan AC terbaik ini bergerak mengalirkan udara secara efektif ke lebih banyak arah. Setiap hembusan udara yang dikeluarkan oleh AC yang paling hemat energi ini akan menonaktifkan bakteri dan kuman. Jika Anda ingin menjadikan ruangan di setiap rumah bebas dari partikel berbahaya yang bertebaran, segera gunakan AC anti bakteri Panasonic CS-XN5TKJ.

Panasonic menggunakan sistem pemurnian udara Nanoe-G yang mutakhir untuk memastikan udara di ruangan rumah tetap bersih dan dingin. Selain itu, elektronik pendingin besutan Panasonic ini juga dapat mempertahankan suhu dingin tanpa menambah beban pemakaian listrik berkat teknologi iAuto-nya. Ruangan yang panas akan sejuk dengan cepat berkat AC dengan watt paling kecil ini. Keterangan label hemat energi bintang 4 semakin menenangkan Anda karena terhindar dari pemakaian energi yang tak efisien.

Jumlah PK (Paard Kracht)½ PK
Daya listrik320 watt
FiturNanoe-G, Double Flap Aerowings, i-Auto, R32 Freon, aLowa, dan 4 Stars

 

9. Gree GWC-09MOO3

Gree GWC 09MOO3

Kisaran harga: Rp2.840.000

Dengan Triple Protection yang anti api, temperatur tinggi, dan kebocoran

Jika Anda ingin memakai AC dengan kualitas terbaik untuk penggunaan jangka panjang, sudah pasti yang Anda perlukan adalah AC yang tahan lama. Gree GWC-09MOO3 meluncurkan penidngin dengan evaporator unit pada indoor air conditioner yang dilapisi gold fin sehingga teruji aman dan tahan karat (anti korosi), Lapisan ini tahan terhadap air hujan atau udara dengan kadar garam tinggi, cocok bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang tidak bersahabat sekalipun.

Rangkaian listirk pada AC buatan China ini dilengkapi grouning untuk mengurangi risiko terjadinya kebakaran saat timbul korsleting listrik. Pada bagian kerangka luar, Gree menerapkan pelapis baja sehingga membuat AC terbaik ini kokoh dan tidak mudah rapuh. Bicara performa, AC ini dilengkapi MOO3 yang menjadikannya AC Standard paling aman dengan Triple Protection (anti temperatur tinggi, anti api, dan anti bocor).

Jumlah PK (Paard Kracht)1 PK
Daya listrik755 watt
FiturSelf Diagnosis, Humidity Filter, dan MOO3 Triple Protection

 

10. Polytron AC Energy Saver PAC09VG

Polytron AC Energy Saver PAC09VG

Kisaran harga: Rp2.650.000

Fitur Auto Clean yang dapat memberikan udara steril dan terbebas dari berbagai substansi yang merugikan

Tak perlu mengeluarkan uang hingga 3 juta rupiah untuk bisa mendapatkan AC berukuran 1 PK ini. AC terbaik dari Polytron ini disertakan fitur Auto Clean yang mana berguna untuk mengurangi beban pengeluaran tahunan Anda. Dengan teknologi tersebut, AC ini hanya perlu dirawat dengan cara dicuci atau dibersihkan oleh teknisi dua kali dalam setahun.

Selain itu, AC Polytron PAC09VG juga memiliki durabilitas terhadap korosi, menjadikan perangkat satu ini berusia lebih panjang. Lapisan Gold Fin Evaporator yang ikut menambah kelebihannya dalam hal menciptakan ruangan yang lebih dingin, terhindarkan dari jamur, dan terbebas dari bau tak sedap. Lalu, i-Feel Technology yang turut dibenamkan menjadikan AC ini dapat menyesuaikan gerakan setiap penghuni di dalam suatu ruangan.

Jumlah PK (Paard Kracht)1 PK
Daya listrik880 watt
FiturSleep Mode, Auto Self Diagnosis, Auto Compressor Protection, Auto Restart, Auto Swing Louver, Timer, Smart Control, dan Auto Cleaning

 

Baca juga rekomendasi penyejuk ruangan lainnya!

Pada beberapa waktu, mungkin Anda tak memerlukan penggunaan AC. Namun, Anda tetap memerlukan udara sejuk di dalam ruangan. Pada saat itulah Anda bisa menggunakan penyejuk ruangan lain yang lebih murah dan hemat listrik berupa kipas angin.

Kami telah menerbitkan artikel mengenai cara memilih kipas angin serta memberikan rekomendasinya untuk pembaca. Apakah Anda memerlukan desk fan, standing fan, atau wall fan? Setiap jenis kipas dibekali fitur yang beragam, seperti timer, thermofuse, dan suara motor yang halus. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan Anda baca tulisan kami berikut ini!

Kesimpulan

Saat Anda menemukan AC terbaik yang paling cocok dengan kebutuhan, pastikan Anda bijak dalam penggunaannya. Tak cuma itu, memperhatikan kebersihan AC juga penting. Buat jadwal rutin kapan Anda membersihkan AC dengan menyesuaikannya dengan tingkat penggunaan. Saat AC menimbulkan tanda-tanda seperti aroma tidak sedap, maka itu berarti Anda sudah harus membersihkannya.

Jika ingin lebih mudah, Anda bisa memanggil jasa pembersih AC. Sementara apabila Anda mau membersihkannya sendiri, selalu ikuti instruksi dari buku petunjuk yang diberikan. Dengan demikian, AC Anda tetap terjaga dan tentunya lebih awet. Anda pun bisa lebih tenang dan senang saat beraktivitas di dalam ruangan berkat adanya pendingin ruangan ini.